Ngga pernah ngefek macem2 tuh...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Salam Kenal buat bro2 sekalian ini posting pertama gw mohon petunjuk...Satyabudi wrote:^^
Mercy aja wajip pake Shell Ultra AB 5W-30 selama 3thn pertama....
sebagai oli bengkel resmi-nya....
Begini bro grow...gw akan beri penjelasan semampu gw kalo ada yg salah tlg bro2 yg lain beri penerangan.growbuckme wrote:lam kenal jg bro sony...wah asik ni ada yg jualan olie jd ga ush jauh2 kalo mo beli olie...hehehe...
bro kebetulan nih, dan jg buat temen2 laen yg ngerti, kan byk org yg blg kalo olie dipake di mesin ada yg gampang hitam dan yg lama hitamnya. Kesimpulannya katanya yg gampang hitam itu bagus karena bearti zat pembersihnya bekerja. nah, pertanyaan gw adalah, apakah olie berubah hitam itu cuma dari efek pembersihannya aja? bukannya olie mesin itu dlm mesin kan terbakar dan terekspos panas yg tinggi sehingga dia jg bisa berubah warnanya? jadi mksd gw olie yg gampang hitam itu ga selalu bearti bagus dan menandakan dia punya zat bersih yg ok kan?
Sorry bro..gw nggak ngrangkap jualan oli cuman kebetulan itu profesi gw. Jd kalo gw punya pengetahuan dikit ttg oli dan mesin, gw cuman mau berbagi pengalaman aja ama bro2 disini. Cuman mau tau, kok tau kalo ket di dsr btl itu bln dan taon? Setau gw semua ket di dsr btl itu merujuk pd pembuatan btl termasuk recycle dll. Sedangkan ket olinya sendiri (termasuk kode produksi) tertera pd bag dpn ato blkg kemasan seperti di stempel gitu (berbentuk dot2) dan bukan timbul seperti di dsr kemasan. cuman itu setau gw. Kalo salah harap maklum.eNeR wrote:nah, mumpung ada yg merangkap sebagai penjual oli, aku mo nanya,
pertama aku beli shell vsx4, aku liat dasar botol tertera 08 anak panah menuju 4(maksudnya bulan 4 tahun 08), nah kemarin aku beli tertera 8/07, nah ntu maksudnya apa ya? apa tgl pembuatan botol atau produksi olinya?
pac wrote:Salam kenal smuanya ya.
Kalau saya tidak terlalu percaya dgn grade API, dll, dan punya cara test oli sendiri.
Karena gak punya alat untuk test, jadi parameter bagus tidak nya, paling mudah dgn merasakan enteng atau berat nya mesin kalau pedal gas di injak dalam2.
Caranya :
- Dimulai dengan ganti oli merk X dan oli filter
- Mobil dipakai sampai 5000 km
- Ganti dgn oli merk X (yg sama) di bengkel yg sama pula
- Setelah ganti oli, rasakan apakah pedal gas enteng/berat.
- Metode ini di ulang minimal 2 kali untuk menilai bagus tidaknya oli.
Pas setelah ganti oli dgn merk sama :
- Kalau pedal gas menjadi sangat ringan, dan kerja mesin meningkat pesat. Artinya oli merk X tersebut oli yg jelek
- Kalau pedal gas menjadi cukup ringan atau biasa-biasa aja, artinya oli tersebut cukup baik
Alasan :
- Oli setelah dipakai, mengalami kerusakan, ditandai dengan kekentalan yg turun (menjadi encer) yg mengakibatkan daya lumas rendah, sehingga kerja mesin menjadi berat dan pedal gas juga berat.
- Oli yg baik, performanya antara oli akhir dan oli awal (baru), gap nya tidak berbeda jauh. Jadi pedal gas terakhir sebelum ganti oli dan pedal gas setelah ganti oli, seharusnya dirasakan perbedaan nya tidak berbeda jauh. Semakin berbeda jauh artinya kualitas oli lama drop jauh dibandingkan oli baru (merk yg sama).
Dari beberapa thn pengamatan, tapi tidak untuk semua merk oli, karena kalau sudah cukup bagus, malas ganti2 merk lain, budget juga terbatas, jadi gak nyoba merk yg mahal2.
Oli disel : Caltex Delo dan Shell
Oli bensin : Castrol Magnatec, Shell
Kalau dilihat dari grade API Petronas Synthium, tapi performa nya tidak sesuai dgn grade yg disandangnya. Sori aja ... bisa dibilang pangkat Jendral, tapi performanya kopral. Hehehehe
Bagaimana pendapat kawan-kawan ?
Kita sebagai manusia terlalu sulit untuk dapat melihat kualitas oli menggunakan sensor panca indera kita.pac wrote:Salam kenal smuanya ya.
Kalau saya tidak terlalu percaya dgn grade API, dll, dan punya cara test oli sendiri.
Karena gak punya alat untuk test, jadi parameter bagus tidak nya, paling mudah dgn merasakan enteng atau berat nya mesin kalau pedal gas di injak dalam2.
Caranya :
- Dimulai dengan ganti oli merk X dan oli filter
- Mobil dipakai sampai 5000 km
- Ganti dgn oli merk X (yg sama) di bengkel yg sama pula
- Setelah ganti oli, rasakan apakah pedal gas enteng/berat.
- Metode ini di ulang minimal 2 kali untuk menilai bagus tidaknya oli.
Pas setelah ganti oli dgn merk sama :
- Kalau pedal gas menjadi sangat ringan, dan kerja mesin meningkat pesat. Artinya oli merk X tersebut oli yg jelek
- Kalau pedal gas menjadi cukup ringan atau biasa-biasa aja, artinya oli tersebut cukup baik
Alasan :
- Oli setelah dipakai, mengalami kerusakan, ditandai dengan kekentalan yg turun (menjadi encer) yg mengakibatkan daya lumas rendah, sehingga kerja mesin menjadi berat dan pedal gas juga berat.
- Oli yg baik, performanya antara oli akhir dan oli awal (baru), gap nya tidak berbeda jauh. Jadi pedal gas terakhir sebelum ganti oli dan pedal gas setelah ganti oli, seharusnya dirasakan perbedaan nya tidak berbeda jauh. Semakin berbeda jauh artinya kualitas oli lama drop jauh dibandingkan oli baru (merk yg sama).
Dari beberapa thn pengamatan, tapi tidak untuk semua merk oli, karena kalau sudah cukup bagus, malas ganti2 merk lain, budget juga terbatas, jadi gak nyoba merk yg mahal2.
Oli disel : Caltex Delo dan Shell
Oli bensin : Castrol Magnatec, Shell
Kalau dilihat dari grade API Petronas Synthium, tapi performa nya tidak sesuai dgn grade yg disandangnya. Sori aja ... bisa dibilang pangkat Jendral, tapi performanya kopral. Hehehehe
Bagaimana pendapat kawan-kawan ?
oli semy syn yang 10W-30 apa aja ya... boleh di share dong....DOHC wrote:btul bro, mesin2 skrg rata2 mengharuskan penggunaan oli "encer".... cuman sayang nya rata2 tuh oli2 "encer" tsb uda masuk kategori oli full synthetic jadi harganya jg 2 kali lipat oli semi syn lain nya....
tapi, kalo berbagai oli semi syn yg 10W-30 yg saya perna coba, koq rasa2nya lebi encer dan lebi enak tarikan nya daripada yg 10W-40
coba bantu jawab yah bro... kalo mesin nya uda lama pake oli mineral gt dan cocok, knapa diganti bro... apalagi dgn odometer yg uda tinggi, takutnya tingkat keausan mesin jg uda tinggi, nah dgn penggunaan oli semi syn yg encer gt ntar malah bikin konsumsi oli tinggi logh...alim ulama wrote:minta tolong saran nya yah ...
Great Corolla mesin 4A-FE
odometer 200rb dari baru selalu pake Mesran Prima 20W-50 Mineral
alhamdulillah belum pernah turun mesin
lagi gatel mau pake Full Syntetis 10W-50
apakah aman mengganti spec oli di mesin yang udah make Mineral belasan tahun dengan Full Syntetis?
Petronas yang synthium 800 ya... Ok.. thanks bro...DOHC wrote:semi syn yg 10W-30 itu ada petronas, ada jg idemitsu bro.... tapi yg idemitsu itu hati2, yg 10W-30 semi syn itu hanya dibuat dgn label NISSAN GENUINE OIL... nah kalo idemitsu yg 10W-30 yg biasa di jual di pasaran dgn label warna ijo tulisan eco driving, itu OLI MINERAL.... ga jelek sigh.... cuman saya lebi prefer pake oli semi syn
atau kalo bro mo coba oli mineral yg setara dgn oli semi syn dan dgn spek 10W-30... coba FK massimo aja...
MB 229.31 dan ACEA C3 adalah standard oli mid SAPS dimana angka TBN sekitar 7 - 8 mg KOH, kandungan SAPS tdk begitu tinggi utk menjaga keawetan sistem exhaust aftertreatment.Michelin wrote:Bro Bro semua,minta bantuan dong!bingung milih oli untuk chevrolet captiva diesel...
dari beres cuma ada merek total quartz 9000 5W-40 synthetic oil...dimana oli total tsb memang bisa untuk bensin maupun diesel,tapi lebih fokus ke bensin...sedangkan di manual captiva tercetak spek oli yg dibutuhkan adalah acuan dari Mercedes-Benz 229.31 dgn SAE 5W-40 dan ACEA C3 (semacam API untuk standard Eropa)