Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

sandosicora wrote:sorry brother, setau gw motor yang pake aki basah sama aki kering beda besar arus pengisiannya.. dulu pernah dikupas sama m+ (tar gw cari deh kalo ketemu) motor yang pake aki basah arus pengisiannya 2 ampere, sedangkan motor yang pake aki kering arus pengisiannya 1 ampere, jadi kalo aki kering diganti jadi aki basah ya otomatis bakal tekor... cmiiw

gw cari dulu yah informasinya
bro, sorry, bukan mau mengacaukan yah, tapi perhatikan dulu yg gw ulas disini. Coba baca baik2 tulisan ane. Kapasitas pengisian baik 1 atau 2 amper atau berapapun ampernya itu tidak masalah, tergantung dari kapasitas kiprok itu sendiri.

Nah, biar lebih ngarti, coba gw kaseh perumpamaan neh. Misalkan sebuah tangki bensin di motor berkapasitas katakanlah 10 liter. Trus motor dipake yg secara otomatis bensinnye berkurang, katakanlah berkurang 4 liter. Trus kita isi lagi bensin 2 liter. Pertanyaannye adalah apa boleh kita isi 2 lt saja atau harus diisi 4 liter?.

Klo kurang ngarti, gw kaseh contoh lain lagi neh. Tapi perumpamaannya itu di mobil.
Misalken aki kijang bertipe 32 amper (ns40) trus diganti dg kapasitas yg lebih besar katakanlah 45 amper (ns60). Pertanyaannye apakah boleh, trus apakah mempengaruhi kerja alternator, trus apakah arus pengisiannye jadi terganggu?. Selain itu di pasaran khan banyak dijual aki yg kata banyak orang disebut dengan aki kering. Coba gw tunggu komentarnye. (seru juga neh). ok
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

naaa lhooo binggungg neeehh :e-doh: but its Ok...
I'm still learning.... wait n see another statement :e-whistle:

Tp yang pastiiii... Aki kering motor AC dirubah Aki basah motor AC.... Otreeee lhoooo :mrgreen:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

begini bro2 sekaligus, berhubung gw mo kerja lagi, pembicaraan ini gw lanjutkan nanti malem yah. Akan gw ulas klo tidak setiap perwakilan dari suatu produk tertentu itu mengetahui dengan pasti masalah ini, krn mereka kebanyakan berdasarkan teori aja, bukan langsung terjun ke lapangan, misalkan fair ato tidaknya mereka dalam melakukan suatu pengetesan, dll. ok
User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sandosicora »

neo88 wrote:tuuhhhh kannn mungiknn maksud mekanik yg NeO datengiii yahhh gitu..... tackuuttt TEKORRR :mrgreen:

alasannn mengapa pindah dari aki kering ke basahhh soaalnyaa NeO pakee klaksonn yg butuhh ampereee GUDEEDEEE.. sooo kalooo pake aki keringgg yg ngisinyaa puuueellann buangettt (1 Amp yachh klo ga salah CMIIW) makanyaa tackutt TEKORRR kann ga bisaa sering tekan klakson ktooeet toooeet hiihhiiihii :mrgreen:

bro sandosicora thankss ya..cch tapi tuuhh liat di m+ edisi kapan??? bisa kasi linknya dunk

:thanks:
oh.. maaf bro, mungkin lo salah ngerti, kalo ampere yang lebih besar (yang tertulis di bodi aki) itu lebih ke daya tampung simpanan listriknya.. punya gw standarnya juga cuma 3.5 amp, gw pake yang 5 amp karena gw pake takometer dan lampu tambahan..

nanti linknya aye copas kesini
rise of the SP
User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sandosicora »

neo88 wrote:bro sandosicora thankss ya..cch tapi tuuhh liat di m+ edisi kapan??? bisa kasi linknya dunk

:thanks:
sorry link yang gw copas lupa belum ketemu, linknya bro:

http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=7793

http://www.motorplus-online.com/article ... =7793&no=2
rise of the SP
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by doq »

klo itu kurang ngerti jg ya......sy cuma bicara berdasarkan fakta aja, motor sy Kawasaki Blitz-R 2005....aslinya memakai aki kering 5ampere, karena males cek indikator air aki lalu sy ganti ke aki kering yg jg 5ampere..........sudah berjalan lebih dari setahun n g pernah ada masalah apapun sampe sekarang......g pernah drop or meledak or whatever

pd artikel tsb yg d sorot adalah aki2 kering yg merk+kualitas nya g jelas......saran sy klo mo ganti dari aki basah ke aki kering, cari yg merk nya udah terbukti bagus, utk ini sy recomend Maxima....seperti yg sy pk..... :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

sandosicora wrote:
neo88 wrote:tuuhhhh kannn mungiknn maksud mekanik yg NeO datengiii yahhh gitu..... tackuuttt TEKORRR :mrgreen:

alasannn mengapa pindah dari aki kering ke basahhh soaalnyaa NeO pakee klaksonn yg butuhh ampereee GUDEEDEEE.. sooo kalooo pake aki keringgg yg ngisinyaa puuueellann buangettt (1 Amp yachh klo ga salah CMIIW) makanyaa tackutt TEKORRR kann ga bisaa sering tekan klakson ktooeet toooeet hiihhiiihii :mrgreen:

bro sandosicora thankss ya..cch tapi tuuhh liat di m+ edisi kapan??? bisa kasi linknya dunk

:thanks:
oh.. maaf bro, mungkin lo salah ngerti, kalo ampere yang lebih besar (yang tertulis di bodi aki) itu lebih ke daya tampung simpanan listriknya.. punya gw standarnya juga cuma 3.5 amp, gw pake yang 5 amp karena gw pake takometer dan lampu tambahan..

nanti linknya aye copas kesini
sorry.... jg broo... maksud neo yg butuhhh amperer gede tuhh bukan akinyaaa.. tapi klakksonnnya kalooo truss truss san di tekan
tttoeeet ttoooeettt :mrgreen: ntarrr ngantemm di akinyaa alias tekorrr
untuk ukuran aki neo jg pake yg 5 Amp (aki basah) asalnya aki kering 3.5 Amp...
soory.... jd salahh nangkep... :e-dance:

ohh ya... nihhh jawabannya gimana masalah motor klistrikan DC pake aki kering 3.5 v mo dirubah pake aki basah 5V..??? :e-doh:
perlu rubah apa aja n apa ada masalah nantinya ???
masih saya nantikan lhooo bros SM sekalian :mrgreen: tapi sampai saat ini :thanks: for everythingg .....
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

@sandosicora
:thanks: for the link...
setelah dibaca

wahh ternyata kiprok tuk motor yg pake aki kering tuhh berbeda yachh ma kiprok yg pake aki basahh...
lantasss pengaruhhnyaa apaa nihhh ? :e-think:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

@sjamsul
Omm saya tunggu ulasannya.. yachh.. skr mo pamit dulu... :ngacir:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

mo kemane ente?.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

sandosicora wrote:key bro, dapet nih kupasannya..
motorplus wrote:Minggu lalu diingatkan soal salah kaprah pasang aki kering di motor yang sebetulnya aplikasi aki basah. Berisiko jebol dan bisa buang duit. Begitupun ketika ngecarge atau ngisi ulang aki kering yang kekurangan setrum. Ada trik sendiri alias tidak boleh sembarang dan kudu ati-ati!

Guna membuktikan itu kru bagian training roda dua PT Indomobil Niaga International (INI) diajak melakukan uji coba. Menggunakan multitester guna mengukur arus listrik yang keluar dari kiprok (regulator rectifier).

Diambil sampel Suzuki Shogun 110 (aki basah) dan Shogun 125 (aki kering). Langsung di bawah pengawasan Paulus Suwandi bos training roda dua PT INI, pengukuran dilakukan. Dipatok gasingan mesin sama-sama 5.000 rpm.

Pada Shogun 110 (aki basah), dari kabel output positif pengisian kiprok didapat arus listrik 2 ampere. ?Beda dengan output yang keluar dari Shogun 125, hanya 1 ampere,? jelas Pendy Suryanda juga dari bagian training.

Kesimpulannya, aki kering hanya butuh listrik 1 ampere untuk isi ulang. Beda dengan aki basah harus 2 ampere agar terisi normal. Maka dari itu tidak cocok pasang aki kering di motor yang asalnya aki basah. Cairan elektrolit di aki kering mudah menguap jika arus yang disuplai kelewat besar. Akipun gampang jebol.

Begitupun bila mau ngecas ulang aki kering yang kekurangan setrum. Harus menggunakan charge khusus aki kering. Seperti charge buatan pabrikan aki GS. Hanya bisa melayani satu aki alias tidak bisa dibikin bercabang.

Selain itu peranti pengisi aki kering juga memiliki kontrol otomatis. Bila tegangan listrik di aki kering sudah lewat dari 12 volt, secara otomatis pengisian putus. Sehingga aki tidak panas dan enggak bakal meledak.
hmm, klo gitu nih orang nyang ngakunye dari bagian training roda dua boleh belajar ama gw dah, dan gw kasih gratis tuk belajar ama gw. Tinggal pm gw aja & gw akan melatih mereka, tentunya dg sepengetahuan para moderator disini. ok

Sekarang misalken aki mobil kapasitas 50 amper aki basah, trus diganti aki kering 50 amper juga, apakah aki tsb gampang jebol?. Klo gitu nyang bikin aki kering pada bangkrut atuh. iya apa iya?.

Ada beberapa hal yg kurang fair, klo dilihat dari contoh di atas,
Pertama: Klo mau test harus di satu motor saja, jangan dari dua motor yg berbeda, krn spesifikasi dari masing2 motor itu bisa jadi berbeda dilihat dari cc motor tsb.
Kedua: Kondisi aki di kedua motor tidak diberitahukan, apakah full charge atau tidak.
Ketiga: Alat pengetesan hanya mempergunakan multi tester aja, kaga pake hidrometer. Untuk hal ini aki yg bisa pake hidrometer hanya untuk aki basah saja. Gw kaga yakin klo mereka punya hidrometer khusus untuk aki sepeda motor.
Keempat: Disitu tertulis klo untuk sepeda motor dg aki kering mempunyai kontrol otomatis. Apakah sepeda motor dg aki basah tidak mempunyai kontrol otomatis?. Setau gw itu harusnya ada.

Nah dari sini apakah penjelasan saya bisa dimengerti?. Komentar, saya tunggu lho bro.ok. :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

Jadi kesimpulan gw klo mo pake aki basah menjadi aki kering ato sebaliknye itu tidak ada masalah, selama ampernya sama ato lebih besar dan voltnye juga sama. Juga klo masalah tempat aki bisa dirubah / diakalin. ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

Neeeeooooooooo..........ayo kemare, mtr gw kotor nih, ayo dicuciin......... :e-wall: ... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
vLo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by vLo »

saya setuju dgn apa yg d katakan bro sjamsul
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."

- William Shakespeare
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by doq »

doq wrote:klo itu kurang ngerti jg ya......sy cuma bicara berdasarkan fakta aja, motor sy Kawasaki Blitz-R 2005....aslinya memakai aki basah 5ampere, karena males cek indikator air aki lalu sy ganti ke aki kering yg jg 5ampere..........sudah berjalan lebih dari setahun n g pernah ada masalah apapun sampe sekarang......g pernah drop or meledak or whatever

pd artikel tsb yg d sorot adalah aki2 kering yg merk+kualitas nya g jelas......saran sy klo mo ganti dari aki basah ke aki kering, cari yg merk nya udah terbukti bagus, utk ini sy recomend Maxima....seperti yg sy pk..... :ungg:




*ralat...... :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

@neo:

dah ngarti/belon nih. Ntar klo kurang ane tambain lg deh uraiannye.
Sebelonnye ma kasih yah neo hehehe......(kayaknye ade nyang salah deh, tapi apaaaa yah)................ :e-think: :e-think:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

sjamsul wrote:@neo:

dah ngarti/belon nih. Ntar klo kurang ane tambain lg deh uraiannye.
Sebelonnye ma kasih yah neo hehehe......(kayaknye ade nyang salah deh, tapi apaaaa yah)................ :e-think: :e-think:

Klo mo tau kelanjutannye, gw bahas di "perlakuan thd aki & embel2nye".ok
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

Neo datang...... :big_peace:
Sory brooo... baru nongol heheehee :mrgreen: but thanks ya bro Sjamsull....

lhooo jadi kalo intinya motor pelistrikan DC pake aki kering (supra x 125 ato karisma) truss dipasangi aki basah
tuhh ga masalah yachhh asal ukuran amprernya n voltasenya sama, gitu? kalo digedein ampere pake yg 5 amp gitu apa ga ada masalah ato malah lebih baik ? mohon pencerahannya ...

"perlakuan thd aki & embel2nye" nihh tread baru yachhh, otreeee :e-dance:

thanksss
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

sorry ada kekurangan dikit..
maksud neo apa kyproxnya ga perlu diganti.... ? (sesuai yg di bahas di moto+ diatas)
soalnya kan ngisinya kalo plistrikan DC kyprox cuma gisi 1 amp truss klo neo tekan bel toet2 nn akinya kan bisa tekorr apa nantinya pd akhirnya karena sering tekor tidak malah merusak aki basahnya... mohon pecerahan...

thankss
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

neo88 wrote:sorry ada kekurangan dikit..
maksud neo apa kyproxnya ga perlu diganti.... ? (sesuai yg di bahas di moto+ diatas)
soalnya kan ngisinya kalo plistrikan DC kyprox cuma gisi 1 amp truss klo neo tekan bel toet2 nn akinya kan bisa tekorr apa nantinya pd akhirnya karena sering tekor tidak malah merusak aki basahnya... mohon pecerahan...

thankss
kiprok kira2 sama dg fungsi alternator pada mobil. Nah klo maseh kurang jelas juga coba dibaca lagi dg teliti yah. :big_smoking: :big_smoking:
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

Siap bosss !! :frm_salut:

............................................................. (lg baca mohon jgn diganggu) :off_sleep:


sudah Neo baca kesimpulannya ngakk masalah yachh ganti dari AKI KERING ke AKI BASAH... artinya sebelum tekor musti sering2 cek aki... atoo mungkin ga bakalan tekor yachh... asal level dari air akinya selalu dijaga yach bro sjamsul, betul begitu...???

broo sjamsul, nih thread "perlakuan thd aki & embel2nye" kok ga ketemu yach.. bisa kasi link nya :thanks:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by doq »

^coba2 bantu nih...... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 1&start=25

maklum oom sjamsul walopun mbah'nya aki, klo urusan beginian tepar mlulu :big_weee: :big_peace: :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

doq wrote:^coba2 bantu nih...... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 1&start=25

maklum oom sjamsul walopun mbah'nya aki, klo urusan beginian tepar mlulu :big_weee: :big_peace: :big_slap:
hehehe.........tengkyu bro, maklum aja dah, wong ane baru aja punya komputer n belon lunas lage.
untung ajah ada bro doq. :thanks: .........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by sjamsul »

neo88 wrote:Siap bosss !! :frm_salut:

............................................................. (lg baca mohon jgn diganggu) :off_sleep:


sudah Neo baca kesimpulannya ngakk masalah yachh ganti dari AKI KERING ke AKI BASAH... artinya sebelum tekor musti sering2 cek aki... atoo mungkin ga bakalan tekor yachh... asal level dari air akinya selalu dijaga yach bro sjamsul, betul begitu...???

broo sjamsul, nih thread "perlakuan thd aki & embel2nye" kok ga ketemu yach.. bisa kasi link nya :thanks:
Yg penting periksa dulu keadaan kiprok, klo bagus nt kaga usah khawatir. Untuk level air aki sebaiknye diperiksa 1 bulan sekali, trus kepala akinye dikaseh gemuk, spy kaga gampang timbul kerak di kepala aki. ok

Nah klo kaga ketemu, dah dikaseh tau tuh ama bro doq. :big_peace:
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Merubah Aki kering jd Aki basah, Mungkinkahh?kalo sebalikny?

Post by neo88 »

Ok broo doq n sjamsul,...
neo baca dulu.....

wahhh bro sjamsull baru punya komuterr baru too.. ehhh komputer baru to... wahh slamat dehhh.. rawat baek2 yachh brooo jgn lupa siram airr eee... salah22 jgn lupa selalu dibersiin dari debu... biar awettt..
smoga tetep rajinn OL n jgn bocen2 yachhh brooo....
Maximum speed ......................... Setting ON