Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Alowww, bro SM sekalian bisa ngakk kita merubah aki motor kita,...
mm.m misalnya :
1. motor kita klistrikan DC pake aki kering truss dirubah pake aki basah... ??
perlu ganti apa aja? (selain aki heheee )n apa aja yg musti diperhatikan ? efeknya apa bagi mesin n kelisrikan n
mungkin umur dr motor kita?
2. motor kita klistrikan AC pake aki kering truss dirubah pake aki basah.. ??
perlu ganti apa aja?(selain aki pastinya ) n apa aja yg musti diperhatikan ? efeknya apa bagi mesin n kelisrikan n
mungkin umur dr motor kita?
mohon pencerahaan... thank you.....
Maximum speed ......................... Setting ON
@ neo88:
kaga masalah klo dari aki kering diganti dg aki basah. Selama voltage nya sama, misalkan aki 6 volt jangan diganti yg 12 volt, tapi aki 6 volt sudah jarang dan kebanyakan aki motor sekarang sdh pake 12 volt.
Nah, yg perlu diperhatikan adalah kedudukan akinya apakah sama dg yg lama?. Klo sama tidak ada masalah, tapi klo ada harus merubah kedudukan akinya saja dan kabel2 nya diperhatikan juga apakah cukup panjang klo diganti diluar spec yg ditentukan pabrik.
Efek di mesin ga ada, klo sebelumnya tidak ada masalah di mesin. ok
Wusss ngawur aja ... NeO data........ng
@Handy n Avansa:
Enakkkk aja bilang cew2 elooo.. liattt duluuu... apa bener tuhh cewek loeee..
tapi yg diavatar gue pastii lebihh cuaaantikk puool.... kalian pastiiii.... ngilerr (hanyoo ngaku...)
wahh banyakk OOTnya payahhh... ayooo balik.. ntar di bang.. bang ma momod lhoo
klo masalah aki 6v mank bener harus sama tapi masalahnya kok ga sederhanan gitu yachh.. cos arus DC kan beda ma AC, kebetulan neo punya yg AC aki kering truss diubah aki basah ...seem is OK!
tapi... adalagi yg DC aki kering mo dirubah aki basahh katanya tidak bisaa... masalahnya akinya ntar ga ada yg ngisiii.. apa bener.... bingung nihhh bantuiin dunk jg banyak OOT, thankss..
Maximum speed ......................... Setting ON
Setau gw aki itu dc semua deh (u/ otomotif termasuk spd mtr). Mungkin yg dimaksud klo di mtrnya mengeluarkan listrik ac yah.
Gw kaseh contoh dah:
gw pernah mo pasang klakson tambahan di mtr kawasaki bebek (th 2000) berikut relaynye. Begitu selesai tuh klakson kaga mo bunyi, padahal rangkaianya sdh bener. Akhirnya kaga jadi deh. Selidik punya selidik ternyata arus yg dikeluarkan ternyata ac (dari kabel original klakson). Pantesan aja klaksonnya kga mo idup.
Belakangan gw pake honda bebek, trus dipasangin klakson ternyata bisa idup tuh en bunyinye kuenceng lagi........ toet....toet.........hehehe..............
kayanya gonta-ganti tipe aki g jadi masalah n g ada efek negatif apapun pada motor dg system kelistrikan apapun deh oom.........
prinsipnya khan tiap kendaraan(mobil/motor) mempunyai alat bwat nge-charge aki nya.....apa namanya lupa degh
yg penting klo mo rubah dari aki kering ke basah or sebaliknya, tempat akinya cukup ga? apa kegedean ato kekecilan?.....klo tempat aki lebih besar dari aki yg akan d ganti, g masalah.......sisa ruang bisa di ganjel biar g goyang2.....yg jadi masalah khan klo kekecilan, ga bakal muat kecuali klo di modif......repot kali ya?
FYI: motor sy Kawasaki Blitz R, uda ganti dari aki basah ke aki kering....sampai sekarang ga ada masalah apapun
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
@doq n sjamsul:
bener yg neo maksud tuhh kelistrikan pada motor kann ada yg AC n DC...
kloo aki maaahh bener semuaaa DC.. lahh wong cum 6-12 V
neo jg pasang klakson hehe makanya ganti aki basahh.. heheee
(sebelumnya aki kering dng kelistrikan AC --> aki basah, tidak masalah n bunyinyaa tooeet ttoeee asyiiikk lhoo )
sekarang punya yg laen kelistrikan DC aki kering rencana mo rubah ke aki basah.. katanya mekanik bengkel deket rumahhh.. ntar.. listriknya ga mo gisii di aki basah apa mungkn kiproknya tekorr kali (tidak cukup tuk ngisi aki basah) apa betul begitu..???
Maximum speed ......................... Setting ON
wah...ko prinsipnya terbalik ya?.....biasanya orang laen justru pindah dari basah ke kering biar g repot perawatannya, tp oom neo kebalikannya........hehehehehe
mekaniknya suruh hadap oom sjamsul aja tuh.....biar d tabokin bolak-balik.....kekekeke .........pasti bsa lah, kiprok itu g pandang bulu....mo basah kek, mo kering kek, pasti d charge sm dia....tp inget ya, jgn ganti aki dengan yg amperenya lbh kecil....misal dari 7ampere d rubah ke 5ampere, bsa overcharge nantinya
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
@neo:
bro, klo mo ganti aki baru, abis diisi aki zuur sebaiknye di charge dulu baru tuh aki dipake, spy umur akinye lebih awet. ok.
klo mo dibuktiken, posting aja, ntar malem ane kasih tau deh.
doq wrote:wah...ko prinsipnya terbalik ya?.....biasanya orang laen justru pindah dari basah ke kering biar g repot perawatannya, tp oom neo kebalikannya........hehehehehe
mekaniknya suruh hadap oom sjamsul aja tuh.....biar d tabokin bolak-balik.....kekekeke .........pasti bsa lah, kiprok itu g pandang bulu....mo basah kek, mo kering kek, pasti d charge sm dia....tp inget ya, jgn ganti aki dengan yg amperenya lbh kecil....misal dari 7ampere d rubah ke 5ampere, bsa overcharge nantinya
sorry bro , mungkin ente kurang perhatian waktu ane mengajar di kelas dulu. hehehe.....
klo aki dari 7 amper trus diganti dg 5 amper itu kaga masalah dg overcharge bro, pengertiannye begini, misalken tengki bensin dari kapasitas 5 liter trus diganti dg kapasitas 3 liter, jadi pegimane?. Hayooo bisa jawab ngak?. Nah di aki sama juga, klo diganti dg amper yg lebih kecil kaga bakalan over charge dari kiprok, yg ada cuma daya tampung stroomnya aja jadi lebih kecil.ok.
doq wrote:bukannya kiproknya udah d set bwat ngisi sampe 7 ampere?
tergantung dari motornye. Tapi kaga masalah, krn kerja kiprok khan menyerupai alternator pd mbl. Jadi klo si aki dah penuh stroomnye, tuh kiprok istirahat ato ngisinye sedikit. Ntar klo stroom di aki berkurang, tuh kiprok kerja lagi. kira2 begitu kerjanye kiprok, spy lebih mudah dimengerti. ok.
sorry brother, setau gw motor yang pake aki basah sama aki kering beda besar arus pengisiannya.. dulu pernah dikupas sama m+ (tar gw cari deh kalo ketemu) motor yang pake aki basah arus pengisiannya 2 ampere, sedangkan motor yang pake aki kering arus pengisiannya 1 ampere, jadi kalo aki kering diganti jadi aki basah ya otomatis bakal tekor... cmiiw
motorplus wrote:Minggu lalu diingatkan soal salah kaprah pasang aki kering di motor yang sebetulnya aplikasi aki basah. Berisiko jebol dan bisa buang duit. Begitupun ketika ngecarge atau ngisi ulang aki kering yang kekurangan setrum. Ada trik sendiri alias tidak boleh sembarang dan kudu ati-ati!
Guna membuktikan itu kru bagian training roda dua PT Indomobil Niaga International (INI) diajak melakukan uji coba. Menggunakan multitester guna mengukur arus listrik yang keluar dari kiprok (regulator rectifier).
Diambil sampel Suzuki Shogun 110 (aki basah) dan Shogun 125 (aki kering). Langsung di bawah pengawasan Paulus Suwandi bos training roda dua PT INI, pengukuran dilakukan. Dipatok gasingan mesin sama-sama 5.000 rpm.
Pada Shogun 110 (aki basah), dari kabel output positif pengisian kiprok didapat arus listrik 2 ampere. ?Beda dengan output yang keluar dari Shogun 125, hanya 1 ampere,? jelas Pendy Suryanda juga dari bagian training.
Kesimpulannya, aki kering hanya butuh listrik 1 ampere untuk isi ulang. Beda dengan aki basah harus 2 ampere agar terisi normal. Maka dari itu tidak cocok pasang aki kering di motor yang asalnya aki basah. Cairan elektrolit di aki kering mudah menguap jika arus yang disuplai kelewat besar. Akipun gampang jebol.
Begitupun bila mau ngecas ulang aki kering yang kekurangan setrum. Harus menggunakan charge khusus aki kering. Seperti charge buatan pabrikan aki GS. Hanya bisa melayani satu aki alias tidak bisa dibikin bercabang.
Selain itu peranti pengisi aki kering juga memiliki kontrol otomatis. Bila tegangan listrik di aki kering sudah lewat dari 12 volt, secara otomatis pengisian putus. Sehingga aki tidak panas dan enggak bakal meledak.
alasannn mengapa pindah dari aki kering ke basahhh soaalnyaa NeO pakee klaksonn yg butuhh ampereee GUDEEDEEE.. sooo kalooo pake aki keringgg yg ngisinyaa puuueellann buangettt (1 Amp yachh klo ga salah CMIIW) makanyaa tackutt TEKORRR kann ga bisaa sering tekan klakson ktooeet toooeet hiihhiiihii
bro sandosicora thankss ya..cch tapi tuuhh liat di m+ edisi kapan??? bisa kasi linknya dunk
Maximum speed ......................... Setting ON