Seputar ban motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

neo88 wrote:
betlex tuhh apa bro gozila? :e-think:
truss kok bisa type medium compound BT45 bisa lebih awet ? alasannya apa ?
mank tipe ada apa aja....?

maklumm neo awam buanget soal beginiian... ban aja apek mo 5 taon lum ganti.. :mrgreen:
:thanks:
gampangnya gua kasih analogi kek gini :

soft compound = kulit lo
medium compound = kulit lo dilapisin jaket kulit (lebih keras dan lebih tebel)

kalo jatoh, lebih cepet abis mana? kulit lo ato jaket?

jadi masalah soft dan medium compound itu masalah di kekerasan ban, kalo soft compound itu bahannya lebih lembek, kelebihannya bannya lebih mijak ke jalanan tapi konsekuensinya cepet abis, kalo medium compound itu bahannya agak keras, kalo kualitasnya betlax sih tetep bagus kualitasnya (grip ke jalanan) meskipun mungkin ga sebagus soft compound, tapi kelebihannya durabilitynya lebih bagus :upss:

pemakainannya
racing ---> soft compound
touring / harian ---> medium compound

betlax itu ban dengan nama BATLAXX ban produksi Bridgestone
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Seputar ban motor

Post by neo88 »

haalaaaahaaallllaaa..... 1 juteee.... mendink buat makaan dehhh :mrgreen:
@y_anjasrana :
wahh artinya kalo pake velg jari2 (dipaksaain) bahayanyaa guueedeee yaahh broo... bisa2 niihh nyaawa taruhnnnanya.... :e-doh:

mm..mmm tapi kalo pake velg racing apa ya pasti aman..? napa juga kok produsen kaya yamaha kok ga dipakekkan ban tubless ? selain harga mahall apa krn TIDAK AMAN ???
Maximum speed ......................... Setting ON
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Seputar ban motor

Post by TUFF Stough »

Ban tubeless kurang cocok kalo medan yang sering dilalui banyak aral-rintangannya kek pulisi bobo, kubangan kebo, dll. Cocoknya di jalanan yang mulus - lus - lus. Soalnya kalo sering menerjang kubangan kebo ama pulisi bobo dengan kecepatan tinggi, umurnya otomatis cepat berakhir juga (kawat2 di dalamnya bakalan cepat putus).

Makanya pabrikan jarang ada yang membekali motor standarnya dengan ban tubeless.
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

neo88 wrote:haalaaaahaaallllaaa..... 1 juteee.... mendink buat makaan dehhh :mrgreen:
@y_anjasrana :
wahh artinya kalo pake velg jari2 (dipaksaain) bahayanyaa guueedeee yaahh broo... bisa2 niihh nyaawa taruhnnnanya.... :e-doh:

mm..mmm tapi kalo pake velg racing apa ya pasti aman..? napa juga kok produsen kaya yamaha kok ga dipakekkan ban tubless ? selain harga mahall apa krn TIDAK AMAN ???
klo velg jari2 itu sifatnya lebih elastis, jadi aman buat penggunaan sehari2, jadi kalo velg jari2 udah bengkok ato uda ga center lagi, tinggal bawa ke tukang stel velg, ketok2 dikit, udah deh bisa dipake lagi.

kalo velg racing sifatnya keras, jadi sekali bengkok yaudah, paling banter dipres, tapi itu pun ga ada jaminan bisa berhasil, bisa2 patah velgnya, karena itu sebenernya penggunaan velg racing tidak dianjurkan buat dipakai harian.

tapi mo gimana yah? velg racing keren sih tongkrongannya :upss:

dari segi harga sebenernya tergantung dari kualitas juga sih, ga bisa dibilang mahalan mana, yang jelas harga ga pernah boong :upss:
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

mo tambain dikit

sebenernya pengunaan velg racing buat harian ga bahaya, yang penting kalo ketemu jalan yang kurang bagus ato ada polisi tidur diberikan perhatian lebih aja, jalannya jangan grasa grusu, soalnya sayang kan kalo udah pake velg racing mahal2 tau2 rusak gara2 ga ati2 jalannya :upss:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Seputar ban motor

Post by y_anjasrana »

Kalu masalah kompon ban, umumnya dibagi 3 : hard, medium, soft.
- Hard bagus utk daya tahan, dan jalan lurus, kurang bagus utk di tikungan karena gripnya kurang.
- Soft gripnya paling bagus, otomatis bagus di tikungan, cuma utk jalan lurus kurang kencang (yaitu tadi karena gripnya terlalu bagus, otomatis gaya geseknya yg tinggi justru menghambat di jalan lurus). Lalu karena bahannya lunak, otomatis bahannya relatif cepat habis kena gerus aspal.
- Medium ya pertengahan.

Utk racing biasanya disediakan ketiga macam ban itu. Malah utk mobil ada yg namanya super soft, atau lebih lembut dari soft. Pemilihan ban disesuaikan dengan tracknya. Utk track yg banyak tikungan jelas pilih yang soft. Utk track yg banyak lurusnya pilih hard.

Utk harian biasanya yang diperhatikan daya tahan. Oleh karena itu selalu dipilih yg hard.

Cara mengecek tipe ban soft, medium atau hard, gampang koq. Cukup tekan permukaan ban dengan kuku. Kalau kuku gampang nancep, itu artinya soft. Kalau hard harus ditekan benar2. Cara ini juga bisa untuk memeriksa kualitas ban. Ban yg sudah kadaluarsa jika ditekan pakai kuku akan meninggalkan bekas. Ban yg bagus tidak meninggalkan bekas, atau karetnya masih lentur.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Seputar ban motor

Post by 123stu »

Cara tau ban itu soft, medium, hard, dengan cara demikian ya bro?
nah, yang dipasaran kebayakan tipe apa? medium ya?

soal berat ban neh bro.. :upss:
ukuran 80/90-17 tubetype, sama gak beratnya dengan ukuran 90/80-17 tubeless?
sory kalo ane nanya kyk beginian, soalnya bakal ngaruh ke larinya motor kan kalo jadi berat.... :ungg:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Seputar ban motor

Post by wongcilik »

@everyone
Salam kenal bro.
langsung aja ya bro, untuk velg 16" - ban yang paling gendhut/gambot itu lebar berapa yach ? :ungg: pengen ganti nich :) (ban belakangku = 120/90-R16 tubeless).
Mohon di-ma'afkan, kok saya-nya main selonong tanya2 aja :) Salam. Tks.
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Seputar ban motor

Post by neo88 »

wahhh ntarr NeO coba dehhh, tuhh ban mo NeO tekan pake kuku hehee :mrgreen: kliatannya tipe hard dehhh soalnya dahh moo ultah yg ke 5 :mrgreen:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

123stu wrote:Cara tau ban itu soft, medium, hard, dengan cara demikian ya bro?
nah, yang dipasaran kebayakan tipe apa? medium ya?

soal berat ban neh bro.. :upss:
ukuran 80/90-17 tubetype, sama gak beratnya dengan ukuran 90/80-17 tubeless?
sory kalo ane nanya kyk beginian, soalnya bakal ngaruh ke larinya motor kan kalo jadi berat.... :ungg:
kayanya beratnya ga terlalu beda jauh deh, tapi just in case kalo emang terasa berat yah paling tinggal ganti gir aja :upss:
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

wongcilik wrote:@everyone
Salam kenal bro.
langsung aja ya bro, untuk velg 16" - ban yang paling gendhut/gambot itu lebar berapa yach ? :ungg: pengen ganti nich :) (ban belakangku = 120/90-R16 tubeless).
Mohon di-ma'afkan, kok saya-nya main selonong tanya2 aja :) Salam. Tks.
hmmm pake motor apa bro? jarang2 loh disini ada yang pake velg 16 lebar ban 120 :ungg: apa gua kali yang gatau :upss:

hmm jadi sebenernya masalahnya bukan di diameter bannya, tapi ada di lebar velgnya :upss:

kalo bro pake velg 16 tapi lebarnya cuman muat max 100/80 - 16, ya cuman segitu maxnya, tapi kalo velgnya 16" yang lebar ya lo bisa masukin ukuran ban gambot sape ukuran max dia, 200/18 mungkin? jadi intinya diameter velg ga penting yang penting lebar velg itu sendiri :upss:

CMIIW :upss:
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

neo88 wrote:wahhh ntarr NeO coba dehhh, tuhh ban mo NeO tekan pake kuku hehee :mrgreen: kliatannya tipe hard dehhh soalnya dahh moo ultah yg ke 5 :mrgreen:
iye bro, pake kuku jangan pake silet ato parang ato benda2 tajem laennya

_____________:ngacir:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Seputar ban motor

Post by JESKONENG »

Bro semua... motorku Pulsar 200cc... ban depan standarnya adalah ukuran : 90/90/17. Lalu baru aja aku ganti dengan ukuran 100/80/17... Ada yang tau gak, berapa besar error (circumference) bacaan spido/odo yang terjadi setelah penggantian ban ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Seputar ban motor

Post by sjamsul »

JESKONENG wrote:Bro semua... motorku Pulsar 200cc... ban depan standarnya adalah ukuran : 90/90/17. Lalu baru aja aku ganti dengan ukuran 100/80/17... Ada yang tau gak, berapa besar error (circumference) bacaan spido/odo yang terjadi setelah penggantian ban ?
gw seh kaga tau, tapi gw pikir ngapain pusing2, mendingan enjoy ajaaaa dah.......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Seputar ban motor

Post by wongcilik »

gozila wrote: .................. yang penting lebar velg itu sendiri :upss: CMIIW :upss:
Ma'kasih ya bro gozila :) . Salam.
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

JESKONENG wrote:Bro semua... motorku Pulsar 200cc... ban depan standarnya adalah ukuran : 90/90/17. Lalu baru aja aku ganti dengan ukuran 100/80/17... Ada yang tau gak, berapa besar error (circumference) bacaan spido/odo yang terjadi setelah penggantian ban ?
kalo ga salah sih antara 1% - 5% itu setau gua yah

gatau kalo salah :ungg:
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Re: Seputar ban motor

Post by gozila »

wongcilik wrote:
gozila wrote: .................. yang penting lebar velg itu sendiri :upss: CMIIW :upss:
Ma'kasih ya bro gozila :) . Salam.
sante bro, semoga info gua membantu :upss:
User avatar
parijuwana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Jun 24, 2008 8:16
Location: Surabaya-Gresik-Sidoarjo

Re: Seputar ban motor

Post by parijuwana »

kesalahan bacaan speedo-nya kecil sekali broo.. kenapa ?? soalnya dari ukuran ban diameter masi sama (17') cuma beda di ketebalan ban aja dari 90/90 ke 100/80...
kira2 1-2% lah... :e-dance:

gozila wrote:
JESKONENG wrote:Bro semua... motorku Pulsar 200cc... ban depan standarnya adalah ukuran : 90/90/17. Lalu baru aja aku ganti dengan ukuran 100/80/17... Ada yang tau gak, berapa besar error (circumference) bacaan spido/odo yang terjadi setelah penggantian ban ?
kalo ga salah sih antara 1% - 5% itu setau gua yah

gatau kalo salah :ungg:
ngono yo ngono yen ojo ngono
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Seputar ban motor

Post by doq »

emang bener klo ban memiliki "masa kadaluarsa", mobil ato motor sama saja.......tapi boleh percaya boleh ngga, imho ban yg lebih sering d pake justru "masa kadaluarsa"nya lebih panjang dari pd yg tdk dipake......coba aja beli sepasang ban dengan merk,tipe dan tanggal produksi yg sama, lalu pasang salah satunya d kendaraan sedangkan yg satunya lg d simpen.....pasti ban yg terpasang, lebih lama "masa kadaluarsa"nya dr pd yg ngga d pake.



nah klo ada pendapat yg menyatakan ban tubeless lebih potensial berbahaya(ban lepas dari bibir velg) saya kurang sependapat, tiap2 velg mempunyai ukuran lebar tapak dan toleransi ukuran sampai sejauh mana lebar tapak ban yg d bolehkan. klo tdk melebihi batas berarti tetap aman dan tdk apa2, toh produsen ban sdh memperhitungkan sedemikian rupa kondisi velg dan jalanan yg akan d lalui ban tsb.....makanya sy lebih suka ban lokal karena mereka tahu betul kondisi jalan d sini



ban tubeless bsa d pasang pd velg jenis apapun, baik velg CW ato jari2 konvensional. bedanya klo pd velg CW pemasangannya tinggal plek....g perlu ubahan apapun kecuali pd pentil, sedangkan aplikasi di velg jari2 konvensional perlu banyak ubahan, dan hasil kurang maximal d bandingkan pemasangan d velg CW.




satu lagi ya.....betul kata oom2 yg d atas, velg jari2 lebih flexibel dr pd velg CW.....klo rusak pun lbh mudah n murah utk d service. tapi velg CW menang d tampilan n kemudahan perawatan(lbh gampang saat cuci motor :) ).......urusan kekuatan jg g kalah lho, velg CW ori ato aftermarket yg bagus jg cukup kuat.......bahkan beratnya bsa menyamai velg jari2 !! tentu saja velg CW yg mur-mer g bsa d jadiin tolok ukur dalam hal ini.....harga g bo'ong de oom ! makanya velg2 CW yg good quality harganya d atas 1,5 jt sekarang ini
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Seputar ban motor

Post by neo88 »

doq wrote: ... urusan kekuatan jg g kalah lho, velg CW ori ato aftermarket yg bagus jg cukup kuat.......bahkan beratnya bsa menyamai velg jari2 !! tentu saja velg CW yg mur-mer g bsa d jadiin tolok ukur dalam hal ini.....harga g bo'ong de oom ! makanya velg2 CW yg good quality harganya d atas 1,5 jt sekarang ini
yg mur-mer tuhh artinya apa broo?
lhoo 1,5 jt tuh 1 pasang ato 1 velg depan aja ato blakang aja ?
mank bedanya apa kok mpek bisa dikatakan good quality? apa naekkya lebih empuk n stabill ato maslah umur n ketahanannya? :e-doh:
sory.. awam nihhh, cos masi pake jari2 :mrgreen:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Seputar ban motor

Post by neo88 »

gozila wrote:
neo88 wrote:wahhh ntarr NeO coba dehhh, tuhh ban mo NeO tekan pake kuku hehee :mrgreen: kliatannya tipe hard dehhh soalnya dahh moo ultah yg ke 5 :mrgreen:
iye bro, pake kuku jangan pake silet ato parang ato benda2 tajem laennya

_____________:ngacir:
Ok Boss :mrgreen: :off_good_job:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Seputar ban motor

Post by doq »

neo88 wrote:
yg mur-mer tuhh artinya apa broo?
lhoo 1,5 jt tuh 1 pasang ato 1 velg depan aja ato blakang aja ?
mank bedanya apa kok mpek bisa dikatakan good quality? apa naekkya lebih empuk n stabill ato maslah umur n ketahanannya? :e-doh:
sory.. awam nihhh, cos masi pake jari2 :mrgreen:
murah meriah....a.k.a velg yg gopean gtu deh.... :mrgreen:
good quality:merk terkenal n reliable yg udah terbukti bgs lah pokonya :mrgreen: :mrgreen: emang berhubungan dg umur n masalah ketahanan.....most recomend Enkei, spt kebanyakan velg CW ori yg d pk pd motor2 baru :e-think:

sy sendiri pk enkei palang 3, uda ngelewatin berbagai macam jalan+pernah ngehajar lobang cukup keras......."cuma" bibir velg nya yg sedikit keluar, trus d press lagi, kata tukang press nya "wah mas ini klo velgnya bukan Enkei pasti dah pecah tuh"

1,5jt itu harga sepasang oom, n cuma perkiraan harga aja......
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Seputar ban motor

Post by wongcilik »

@everyone
Selamat Merayakan Hari Kemenangan (bagi yang merayakan-nya). :)
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H. Mohon Ma'af Lahir Batin. :e-pray: :e-pray: :e-pray:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Seputar ban motor

Post by sjamsul »

@doq:
gw setuju ama pendapat nt, krn gw juga pake ban tubeless n ampe sekarang bagus2 aja seh. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
BMS
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Jul 29, 2006 19:25
Location: EAST DJAKARTA

Re: Seputar ban motor

Post by BMS »

y_anjasrana wrote:Ga semua velg "racing" bisa tubeless lho. Bisa disini dalam kondisi yang aman lho. Kalu asal tubeless, velg jari2 juga bisa. Ban tubeless butuh velg yg punya dinding lebih tinggi, sehingga bisa menjepit dinding ban lebih baik. Terutama saat ban kempis, bibir ban ga sampai lepas. Lain bila dinding velg rendah, otomatis saat ban kempis, bibir ban bisa langsung lepas. Nah dinding tinggi seperti ini yg bikin ban tubeless ga gampang kempis..
...sebener-nya sih paling gampang untuk membedakan velg yg untuk ban tubeless dan non-tubeless dari lebar lubang untuk pentil-nya.....biasa-nya velg yg untuk pemakaian ban dalem lubang-nya lebih besar dari yg untuk ban tubeless dan kalau velg yg bagus selalu di tulis 'for tubeless only' kaya velg daytona....
.......SPEED IS NOTHING WITHOUT SAFETY.......