
Nnja RR pakai Pertamax Plus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
Nnja RR pakai Pertamax Plus?
Ada yang tau ga dampak negatifnya kalo ninja RR gw kasih minum pertamax plus? soalnya sejak bli dulu kata mekanik kawak-nya ninja RR jangan pakai pertamax.apalagi yang plus.pake premium aja.soalnya pernah ada kasus begitu pakai pertamax, trus tuh busi standar ninja RR jadi gampang mati.(setaon ganti busi ampe 4 kali katanya
)padahal tuh motor pemakaiannya normal2 aja gak digeber2.baru setahun dah rusak dalemannya.kasian amat yahh.trus begitu dikasih minum premium, yaaa jadi normal lagi.beneran gak si ?.ada yg pernah ngalamin kasus kaya gitu ga kalo make pertamax?trus anehnya lg katanya kalu ninja standar ga apa kalo pake pertamax.aneh ga?bukannya seharusnya ninja RR yg lebih cocok karena kompresinya lebih tinggi?ada yg bisa jelasin?

...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
balik lagi ke perminataannya
mesin 2 tak tuh kompresinya nggak sampe 1:8 (CMIIW), nah kompresi sebitu cocok sama premiun ajah, kecuali udah ada perombakan yg kompresinya dah sampe 9 atau 10
sebagai catatan, kalo kompresi sampe 1:9.5 cocok pake pertamax dan keatasnya seharusnya dah pake yg plus
jadi kalu gue sih mending pake premium ajah, cuman oli sampingnya pake yg type sintetis, jadi performanya optimal ...
mesin 2 tak tuh kompresinya nggak sampe 1:8 (CMIIW), nah kompresi sebitu cocok sama premiun ajah, kecuali udah ada perombakan yg kompresinya dah sampe 9 atau 10
sebagai catatan, kalo kompresi sampe 1:9.5 cocok pake pertamax dan keatasnya seharusnya dah pake yg plus
jadi kalu gue sih mending pake premium ajah, cuman oli sampingnya pake yg type sintetis, jadi performanya optimal ...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Sebenarnya malah bagus pakai pertamax plus oktan lebih tinggi, akan lebih bersih (lebih kering). Tapi motor 2-tak pakai premium juga ndak ada masalah, sekarang tinggal bagaimana "keinginan" anda. Soal harga irit premium, tapi rasain deh tarikannya enak yang mana. Efeknya karena mesin lebih ringan otomatis kita buka gasnya lebih sedikit sehingga rasanya tidak beda jauh jika dihitung-hitung. Jadi lebih irit konsumsinya kan? Baunya harum lho!!
Soal busi jangan samakan motor 2-tak ma 4-tak, bakalan ganti 4 kali setahun tuh normal, karena di pembakaran ada oli samping. Kalo gw ganti busi hampir 2 bulan sekali pasti ganti. Meskipun busi belum mati, kerasa ndak enak coba rasain busi baru dipasang motor enak banget. Putaran mesin mentok ke 13.000 asyik aja, tapi sering dipake kenceng performa busi ikut menurun, biasanya 2 bulanan rpm 11rb dah kurang enak. Kalo cuman dipakai puter-puter kuliah, temen gw ampe 10.000 km (+/- 1 tahun) juga belum ganti, tapi 10,500 dah mbrebet.
Soal busi jangan samakan motor 2-tak ma 4-tak, bakalan ganti 4 kali setahun tuh normal, karena di pembakaran ada oli samping. Kalo gw ganti busi hampir 2 bulan sekali pasti ganti. Meskipun busi belum mati, kerasa ndak enak coba rasain busi baru dipasang motor enak banget. Putaran mesin mentok ke 13.000 asyik aja, tapi sering dipake kenceng performa busi ikut menurun, biasanya 2 bulanan rpm 11rb dah kurang enak. Kalo cuman dipakai puter-puter kuliah, temen gw ampe 10.000 km (+/- 1 tahun) juga belum ganti, tapi 10,500 dah mbrebet.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
WOW!
13.000RPM? ZX nya mas indy dah dikorek yah?ato dah ganti CDI standarnya ampe bisa muter sgitu? ada juga yang bilang, mo pake pertamax timing pengapiannya kudu dimaju-in juga.bener ga? gimana caranya yah? btw mas indy, businya pakai nomor brapa& tipe apa si? oot dikit ga apa yaaa
.skalian oli sampingnya juga deh.prasaan dah make agip yang full sintetik abis,nih motor kalo di gas ampir pol teteup ada asepnya deh.jadi pengen tau tuh orang2 di moto GP 250&125 make oli apa yahh?digeber abiss juga ga ada asepnya tuch 



...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Ndak dikorek kok, mesin standar cuman emang lama ngepasin settingnya biar bener-bener pas. Sebenarnya tidak usah dimajukan juga ndak masalah.
Pengapian bisa maju caranya:
- buka tutup crankcase sebelah kiri
- copot pulser diatas kanan magnet
- posisinya dimajukan 1-1,5mm (kearah belakang, magnet berputar searah jarum jam) tapi harus dengan bor lubangnya bikin oval. Usahakan melebar, jangan naik turun (merubah tingginya).
Oli samping cuman pakai Shell Advance VSX dengan setelan standar lbh 1 ato 2 garis. Dengan asumsi sering gw bw kenceng. Asep tetep keluar tapi tipis cuman diujung knalpot kelihatan. Busi NGK VX Platinum no.9EVX (nilai panas standar). Pakai knalpot racing, bikinan lokal (tapi pesen). Punya PDK buat langsung pasang ke standar bagus, nih pengalaman temenku. Paling set spuyer aja, ini ndak bisa pasti harus dirasain (dicoba-coba).
Ada satu resep lagi sih tapi.......gimana yaa? Coba deh setelan karbunya diakalin lah. Pokoknya mesin standar aja dengan ubahan segitu dah enak.
Pengapian bisa maju caranya:
- buka tutup crankcase sebelah kiri
- copot pulser diatas kanan magnet
- posisinya dimajukan 1-1,5mm (kearah belakang, magnet berputar searah jarum jam) tapi harus dengan bor lubangnya bikin oval. Usahakan melebar, jangan naik turun (merubah tingginya).
Oli samping cuman pakai Shell Advance VSX dengan setelan standar lbh 1 ato 2 garis. Dengan asumsi sering gw bw kenceng. Asep tetep keluar tapi tipis cuman diujung knalpot kelihatan. Busi NGK VX Platinum no.9EVX (nilai panas standar). Pakai knalpot racing, bikinan lokal (tapi pesen). Punya PDK buat langsung pasang ke standar bagus, nih pengalaman temenku. Paling set spuyer aja, ini ndak bisa pasti harus dirasain (dicoba-coba).
Ada satu resep lagi sih tapi.......gimana yaa? Coba deh setelan karbunya diakalin lah. Pokoknya mesin standar aja dengan ubahan segitu dah enak.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Ngurasnya buka body samping belakang. Tinggal buka sekrup pemegang tangki oli, jangan lupa cabut kabel indikator oli. Terus tuang aja lewat buang pemasukan. Lebih baik jangan melepas selang olinya soalnya dr sono dah disealer. Ato kalo dah tinggal dikit ndak papa dicampur, pada waktu indikator olinya nyala isinya masih banyak lho!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
gitu yahh.tapi bukannya seri EVX tuh mestinya lebih bagus dari yang ECS? (dari situsnya NGK). S kan Standar. seri VX platinum kalo ga salah. ada yang tau kelebihan n' kekurangan nya ga dari 2 seri ini? mas indy aer radiatornya yang enak pake merk apa yah? kalo bisa yang udah langsung dimasukin. skarang ini saya pakai yang prestone dicampur.(prasaan dah pernah dibahas di forum tapi jadi lupa dimana saking banyak topik
). Btw windshield(yg transparan) RR nih ko sensitif amat yah?blum cukup setaon tapi dah baret2 sana sini. ada cara buat moles trus ngelapisin pake apa-an ga?masa mesti ganti baru sih? ato gw cat aja yah
.


...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Wah sorry jawabnya lama, baru banyak urusan nich!
Soal busi EVX iya sebenarnya lebih bagus, tapi ndak tahu pasti ya kenapa harganya lebih murah. S memang kode standar. Yang jelas nih NGK Platinum lebih bagus dari Splitfire, pernah Tiger temen korek full buat jarak 1 km. Pake Splitfire keramiknya ancur.
Soal filter udara tuh juga tergantung ma setelan and karbunya juga buat 2 tak. Aliran masuk ma keluarnya sangat pengaruh, berdasar coba-coba kemarin memang "sepertinya" lebih panjang. Tapi buat menengah pendeknya mancing tenaganya malah lama, nah ini tergantung setelan bensin juga kan gimana pilot, main, ma jarum skepnya kan?
Seperti Ninja R almarhum adik, barusan nyoba cari setelannya. Lebih enak nggak pake filter, karena karbu naik 4 mm semi korek. Kalo pake filter putaran bawahnya buat mancing tenaga kurang cepet, ini dikarenakan campuran bensin yang terlalu banyak dan cepat padahal udaranya terlambat masuk (akibat filter). Bahkan kalo perlu tanpa box filter terbuka sekalian, tapi resiko ya pasti ada.
Jadi bagaimana keinginan penunggangnya aja deh......
Soal water coolant waduh gw malah kurang tahu, biasanya saya pakai standarnya aja deh. Dari pabrik sana kan diisi Jumbo water Coolant, jadi pakai itu saja dan ndak usah nyampur langung berupa campuran...praktis Bro!
Soal busi EVX iya sebenarnya lebih bagus, tapi ndak tahu pasti ya kenapa harganya lebih murah. S memang kode standar. Yang jelas nih NGK Platinum lebih bagus dari Splitfire, pernah Tiger temen korek full buat jarak 1 km. Pake Splitfire keramiknya ancur.
Soal filter udara tuh juga tergantung ma setelan and karbunya juga buat 2 tak. Aliran masuk ma keluarnya sangat pengaruh, berdasar coba-coba kemarin memang "sepertinya" lebih panjang. Tapi buat menengah pendeknya mancing tenaganya malah lama, nah ini tergantung setelan bensin juga kan gimana pilot, main, ma jarum skepnya kan?
Seperti Ninja R almarhum adik, barusan nyoba cari setelannya. Lebih enak nggak pake filter, karena karbu naik 4 mm semi korek. Kalo pake filter putaran bawahnya buat mancing tenaga kurang cepet, ini dikarenakan campuran bensin yang terlalu banyak dan cepat padahal udaranya terlambat masuk (akibat filter). Bahkan kalo perlu tanpa box filter terbuka sekalian, tapi resiko ya pasti ada.
Jadi bagaimana keinginan penunggangnya aja deh......
Soal water coolant waduh gw malah kurang tahu, biasanya saya pakai standarnya aja deh. Dari pabrik sana kan diisi Jumbo water Coolant, jadi pakai itu saja dan ndak usah nyampur langung berupa campuran...praktis Bro!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
kalo oli transmisi pakai apa mas indy? mo ganti ke motul 4t 5100 yang semi sintetik boleh ga ya??dah ada yang nyobain blon?abis gak direkomendasi sama kawasakinya. slip kopling tar.katanya pake punya pertamina yang mesran dan minerar aja.bener ga nih rekomendasi. masak mineral aja si? btw skarang pake castrol yg ada 'beckham-nya.
.bagus ga?? o iya, baru merhatiin kmaren2 pas ganti oli samping, indikator oli samping(yang letaknya ditempel diatas tempat oli samping warna item kaya'ada resistor kecilnya) tuh kaya' yang meleleh lho. normal ga ginian? kalo ga ada yang tau napa?

...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
mas saya mau tanya nih
saya baru beli ninja ngak lama
pertama2x bawa tarikanya enak dan baru 2 minggu saya belek knalpotnya otomotis suarahnya jadi kering yang saya mau tanya kok tarikanya jadi ngak enak ya dan agak sedikit brebet dan harus pindah gigi terus. sebelumnya jarang pake sampai gigi 6 tapi sekarang gigi 6 aja ngak gitu enak
trims ya mas
saya baru beli ninja ngak lama
pertama2x bawa tarikanya enak dan baru 2 minggu saya belek knalpotnya otomotis suarahnya jadi kering yang saya mau tanya kok tarikanya jadi ngak enak ya dan agak sedikit brebet dan harus pindah gigi terus. sebelumnya jarang pake sampai gigi 6 tapi sekarang gigi 6 aja ngak gitu enak
trims ya mas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
saya rasa itu akibat dari knalpot yg sudah dibelek. Knalpot standard terdapat kisi2 yg sudah diatur sedemikian rupa agar dapat memberikan efek kompresi yg sesuai. Tapi dgn mem'belek' knalpot, merubah atau membuang kisi2 tsb (FREE FLOW) mengakibatkan perubahan pada kompresi pembuangan.
Sehingga diperlukan settingan ulang pada mesin & karburator. Saya pribadi tidak menganjurkan belek knalpot, mendingan membeli knalpot racing yg sudah di design sedemikian rupa untuk meningkatkan performa. Dan juga knalpot standard bawaan dari pabrik harganya mahal, sayang untuk di belek seperti itu.
Di pasar bebas kan juga banyak knalpot racing khusus Kawa Ninja, dari yg murah (AHRS dll) sampai dengan yg high-end/mahal (HMF, dll).
Sehingga diperlukan settingan ulang pada mesin & karburator. Saya pribadi tidak menganjurkan belek knalpot, mendingan membeli knalpot racing yg sudah di design sedemikian rupa untuk meningkatkan performa. Dan juga knalpot standard bawaan dari pabrik harganya mahal, sayang untuk di belek seperti itu.
Di pasar bebas kan juga banyak knalpot racing khusus Kawa Ninja, dari yg murah (AHRS dll) sampai dengan yg high-end/mahal (HMF, dll).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Ninja 150R adalah generasi pertama dari semua jenis Ninja.
Kemudian ada Ninja KRR, Ninja KRR SSR, Ninja Serpico SST dan yg terakhir Ninja KRR ZX atau di Indonesia dikenal Ninja RR.
Perubahan terbesar memang ada di mesin bagian atas. Untuk lebih lanjut bisa ditanyakan ke bengkel2 racing khusus Kawasaki Ninja yg cukup banyak di Jakarta.
Yang saya tahu ada CMS (Champion Motor Sport) di bilangan Kemayoran dan Andjadi Motor (MSO) di jl. Panjang Kebon Jeruk.
Kemudian ada Ninja KRR, Ninja KRR SSR, Ninja Serpico SST dan yg terakhir Ninja KRR ZX atau di Indonesia dikenal Ninja RR.
Perubahan terbesar memang ada di mesin bagian atas. Untuk lebih lanjut bisa ditanyakan ke bengkel2 racing khusus Kawasaki Ninja yg cukup banyak di Jakarta.
Yang saya tahu ada CMS (Champion Motor Sport) di bilangan Kemayoran dan Andjadi Motor (MSO) di jl. Panjang Kebon Jeruk.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Yaa, elo bisa ngepost informasi terbaru, bisa juga nanya kalo misalnya mau cari informasi, kayak mungkin knalpot paling kencang buat Kawasaki Ninja atau RX-King, Knalpot 4-tak paling kencang, tempat beli CBR150R, dsb dsb dsbherry_chen wrote:kalau boleh tau apa yang harus gue lakuin sekarang
Atau, kalau misalnya mau bikin event, kayak kumpul2an, boleh2 aja.
Cuma, gue kok ngerasa ini sedikit susah. terakhir kan gauss udah coba nge-post acara mau nonton GP sama2, tapi keliatannya kok responnya juga kurang banyak. (walau akhirnya gue jadi bsia ketemu dia di sono).