Tips Ngerawat Accord Maestro...

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

perotta79
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Sep 15, 2008 4:41
Location: Bonjer - Jakbar

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by perotta79 »

ada yang jual maestro 93 gak ya?
User avatar
superpower
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Oct 06, 2008 4:46

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by superpower »

hati-hati kalo km nya uda 300ribu an, gw ada 2 maestro, cylinder block nya sama-sama rontok semua (kayak keropos) mungkin karena cyl block dari aluminium kalii.. ya udah, terpaksa ganti cyl block
radiator sebaiknya di rebuild ato kalo ada duit ya diganti. banyak kasus overheat gara2 dipaksain radiator lama yg uda butut
trus kalo kena power steering pump , susah cari parts nya. oya, utk maestro karburator, carb kit nya susah cari jarum yang cocok
kaki2 yang depan emang rewel, tapi parts gampang
kalo body keropos deket kaca belakang, itu mah udah jadi penyakit honda dari dulu

sekarang plus nya : ini mobil enak banget dinaiki, stabil, nyaman n model abadi. mesin juga memuaskan
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by GTR »

memang, uda gitu mesin2 model gini fluidnya dari awal mutlak pakai coolant sesuai spec dan kuras sesuai jadwal, kalo pernah diisi air, dlm jangka panjang malah bakalan banyak terkikis deh internalnya.
perotta79
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Sep 15, 2008 4:41
Location: Bonjer - Jakbar

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by perotta79 »

Gue baru beli maestro th 90, KM baru 110 rb. bengkel spesialis ngerawat maestro/honda di seputaran kebon jeruk/jakbar dimana ya?
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by karupin »

gua sekarang pake maestro thn 93, baru jalan 107.000 km.. kondisi MUANTAB !! ga da yg keropos.. :big_peace:

perawatan gua :
1. Oli yg biasa2 ajah ( pake sih shell helix yg warna kuning ) asal ga telat gantinya..
2. Coolant pake merk castrol yg 1 literan, isi 2-3 liter sisanya air biasa.. buat perhatian aja, kalo yg sebelumnya lom pernah pake coolant hati2 pake coolant ini soalnya bisa bikin rontok karat, jadinya malah mampet / bocor sistemnya.
3. Ganti oli PS/ 10.000 - 15.000 km, berbarengan sama oli gearbox
4. Tiap tune up biasanya sekalian carbon clean.

kaki2 ga da bunyi, tp kolom setir biasa orang bilang pinion ya?? itu ada sedikit bunyi kalo lewat jalan jelek

masalah yg barusan dihadapi :
1. tinggi mobil bagian belakang bagian kiri lebih tinggi dari kanan. setelah cek, ternyata shock absorber sebelah kanan udah ga mo naik ; ttaaapppiiiii... anehnya..... ban sebelah kiri justru ngesrot ke bibir spakbor.... :frm_bang_head: masi lom tau nih solusinya apaan....

hehe... sekian info dan curhatnya.... :big_peace: :big_peace:
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by karupin »

perotta79 wrote:Gue baru beli maestro th 90, KM baru 110 rb. bengkel spesialis ngerawat maestro/honda di seputaran kebon jeruk/jakbar dimana ya?
gua ga tau alamatnya, cuma posisi nya kalo kita kluar tol kebun jeruk dari arah tangerang, belok ke kiri ke arah puri... trus maju sedikit sebelah kanan ada ruko2 tuh... nah disitu tempatnya... banyak orang bilang jago katanya.. khusus honda.. trus ada iklan honda warna biru muda ( iklan honda jaman dulu ).. cuma gua ndiri lom pernah ksono... hehehe... :big_peace:
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by karupin »

superpower wrote:hati-hati kalo km nya uda 300ribu an, gw ada 2 maestro, cylinder block nya sama-sama rontok semua (kayak keropos) mungkin karena cyl block dari aluminium kalii.. ya udah, terpaksa ganti cyl block
radiator sebaiknya di rebuild ato kalo ada duit ya diganti. banyak kasus overheat gara2 dipaksain radiator lama yg uda butut
trus kalo kena power steering pump , susah cari parts nya. oya, utk maestro karburator, carb kit nya susah cari jarum yang cocok
kaki2 yang depan emang rewel, tapi parts gampang
kalo body keropos deket kaca belakang, itu mah udah jadi penyakit honda dari dulu

sekarang plus nya : ini mobil enak banget dinaiki, stabil, nyaman n model abadi. mesin juga memuaskan
kayanya kalo sampe cyl block nya rontok keropos gitu gara2 keseringan telat / kehabisan oli bro... ini pasti akan dialami semua mobil kalo sampe telat / kehabisan oli... ga cuma maestro doank.. tips nya gampang... sering cek oli / ganti berkala... hehehe....

trus kalo masalah overheat biasanya gara2 radiator mampet, kipas fan mati ( baik yg kecil / yg besar ), thermostat, themoswitch... mmm... sepengetahuan gua sih itu ya... mohon koreksi & tambahan bila perlu.. :big_peace:

pernah iseng2 nanya harga radiator asli yg baru... katanya 1 jt lebih (dari alumunium katanya) :big_weee: :big_weee:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by GTR »

cyl keropos yg kerap ditemuin di mesin alumunium itu di waterjacketnya bukan di cylinder...
cylinder sih ga mungkin keropos secara senantiasa ada lapisan oli terus.
User avatar
hard_joe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jun 14, 2007 15:35
Location: jakarta

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by hard_joe »

saya pernah merawat Grand Civic 91 .... sayangnya cuma tahan 2 tahun doang ...
sebenarnya ini mobil enak, body ramping, gak perlu diceperin udah ceper ... ya pastinya maestro lebih enak lah.

mungkin struktur bangun mesin dan body gak beda2 jauh lah antara grand c dan maestro, so untuk share beberapa masalah semoga gak terlalu OOT lah ...

beberapa plus minus menurut saya :
- mobil lama yang masih nyaman dinaikin .... suspensi ok karena saya paling risih kalo mulai ada yg bunyi2 gluduk2 dsb ... makanya shock, ball joint, tie rod, karet2 dumper gak pernah telat.
- fc rata2 1 : 9/12 an dalam/luar kota.
- mulai ada masalah saat ganti timing belt II di km 90 rb, saat macet ngalamin putus, gak ada valve yg bengkok karena putus saat kondisi jalan macet ( jalan pelan )
- tambah lagi masalah saat pake radiator coolant .... setelah itu gampang overheat
- dan lagi setelah pake engine cleaner .... jadi campur oli sama air radiator ... dibawa ke bengkel radiator, dibilang gak bisa karna masalahnya di cyl block... akhirnya bongkar separo mesin...
- paling parah saat jalan di tol ....... tiba2 mesin glodak glodak ... berhenti sejenak, coba jalan lagi +- 1 km ke bengkel langganan .... bongkar ternyata ujung poros yg ke pulley ( gak tau namanya crankshaft ??? ) gompal ....kata orang bengkel memang banyak ada masalah disitu...

Gak tahan lagi .... langsung iklan JUAL saat itu juga setelah service dikit buat menormalkan saja.

Kesimpulan saya : bener juga yg bilang, kalo mobil udah dibiasain gak dimanja / gak dikasih perawatan yg bagus ... jangan kita pake in macam2 ... mesin rontok ...
trust your hope................ not your fear
User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41

Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...

Post by karupin »

hard_joe wrote:saya pernah merawat Grand Civic 91 .... sayangnya cuma tahan 2 tahun doang ...
sebenarnya ini mobil enak, body ramping, gak perlu diceperin udah ceper ... ya pastinya maestro lebih enak lah.

mungkin struktur bangun mesin dan body gak beda2 jauh lah antara grand c dan maestro, so untuk share beberapa masalah semoga gak terlalu OOT lah ...

beberapa plus minus menurut saya :
- mobil lama yang masih nyaman dinaikin .... suspensi ok karena saya paling risih kalo mulai ada yg bunyi2 gluduk2 dsb ... makanya shock, ball joint, tie rod, karet2 dumper gak pernah telat.
- fc rata2 1 : 9/12 an dalam/luar kota.
- mulai ada masalah saat ganti timing belt II di km 90 rb, saat macet ngalamin putus, gak ada valve yg bengkok karena putus saat kondisi jalan macet ( jalan pelan )
- tambah lagi masalah saat pake radiator coolant .... setelah itu gampang overheat
- dan lagi setelah pake engine cleaner .... jadi campur oli sama air radiator ... dibawa ke bengkel radiator, dibilang gak bisa karna masalahnya di cyl block... akhirnya bongkar separo mesin...
- paling parah saat jalan di tol ....... tiba2 mesin glodak glodak ... berhenti sejenak, coba jalan lagi +- 1 km ke bengkel langganan .... bongkar ternyata ujung poros yg ke pulley ( gak tau namanya crankshaft ??? ) gompal ....kata orang bengkel memang banyak ada masalah disitu...

Gak tahan lagi .... langsung iklan JUAL saat itu juga setelah service dikit buat menormalkan saja.

Kesimpulan saya : bener juga yg bilang, kalo mobil udah dibiasain gak dimanja / gak dikasih perawatan yg bagus ... jangan kita pake in macam2 ... mesin rontok ...

hahaha... ada bener nya sih kata bro hard joe ini...

kaya pengalaman mau ganti radiator coolant di bengkel langganan, dia justru bilang sebelumnya perna / sering pake radiator coolant ga, soalnya kalo ga perna pake justru nantinya ada masalah karena radiator coolant bisa ngerontokin karat & kerak. dan karat & kerak itu yg justru bikin mobil overheat. :e-wall: :e-wall:

mau ganti oli, pingin engine cleaner dulu, eh dia juga bilang biasanya begitu / ga, kalo ga perna mending ga usah katanya, yang ada malah + rusak soalnya takut seal2 pada jebol kena engine cleaner.. tapi kayanya ga da hubungan antara engine cleaner sama oli campur air radiator deh, bukannya water jacketnya bocor tuh, jadinya air rembes ke dalam mesin jadinya oli campur sama air radiator.

sok tau banget sih :glodak: ... mohon dikoreksi dan ditambahkan... :big_peace: