Tips Ngerawat Accord Maestro...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Tips Ngerawat Accord Maestro...
Halo bro semua..
Atas nama Bokap nih mau nanya. Mobil Bokap saya Honda Accord Maestro th 92. Masih sehat tuh mobil. Nah, yang mau saya tanyakan buat para pakar otomotif nih:
- Apa aja yang harus diperhatikan secara ekstra utk mobil tsb? Baik sektor mesin, kaki2, maupun yg lainnya juga..Maklum kan usianya dah lumayan tua
- Biasanya untuk jenis Accord Maestro th 92 itu apa ya kelemahan/kekurangannya? Trus gimana cara mengatasi ato menghindarinya?
Itu yang pertama. Trus ada lagi neh. Mobil saya Isuzu Panther th 93 (2.3 ltr). Kalo suspensi depan empuk bgt, nyaman. Sayangnya yang bagian belakang nih lumayan keras. Nah kira2 om tau ga gimana caranya agar suspensi blkg tuh panther juga empyuk...Segito aj dulu om.. Thanx bgt ya atas masukan dari om2, bro2, n para pakar semua. Ditunggu neh masukannya...
Atas nama Bokap nih mau nanya. Mobil Bokap saya Honda Accord Maestro th 92. Masih sehat tuh mobil. Nah, yang mau saya tanyakan buat para pakar otomotif nih:
- Apa aja yang harus diperhatikan secara ekstra utk mobil tsb? Baik sektor mesin, kaki2, maupun yg lainnya juga..Maklum kan usianya dah lumayan tua
- Biasanya untuk jenis Accord Maestro th 92 itu apa ya kelemahan/kekurangannya? Trus gimana cara mengatasi ato menghindarinya?
Itu yang pertama. Trus ada lagi neh. Mobil saya Isuzu Panther th 93 (2.3 ltr). Kalo suspensi depan empuk bgt, nyaman. Sayangnya yang bagian belakang nih lumayan keras. Nah kira2 om tau ga gimana caranya agar suspensi blkg tuh panther juga empyuk...Segito aj dulu om.. Thanx bgt ya atas masukan dari om2, bro2, n para pakar semua. Ditunggu neh masukannya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
biasa, mobil yg usia nya udah lama, apalagi mesin alumunium, harus hati2 dgn problem overheat, saluran2 sistem pendingin di selang2, dalam mesin maupun di radiator harus diperhatikan kelancarannya. ibarat manusia, cholesterol nya tinggi.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
hmm.. detail2 seperti power window jg sewajibnya diperhatikan..
Permisii .............................
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Ada yang mau berbagi pengalaman ga untuk yang pny ato yg pernah punya Accord Maestro? Pengalaman apa aja deh dgn to mbl, baik mesin, bodi, kaki2, n lain2..
Trus belum ada tanggapan neh thd pertanyaan saya ttg suspensi blkg panther? Thanx bro..
Trus belum ada tanggapan neh thd pertanyaan saya ttg suspensi blkg panther? Thanx bro..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Phanter 92, shock absorber belakang diganti dulu aja.
emang gini kalo yg edisi awal, ga balance, suspensi depan terlalu lembek, belakang terlalu keras. bisa ganti dgn shock depan yg lebih keras biar ngga "manggut" sendiri kalo lagi jalan bergelombang.
emang gini kalo yg edisi awal, ga balance, suspensi depan terlalu lembek, belakang terlalu keras. bisa ganti dgn shock depan yg lebih keras biar ngga "manggut" sendiri kalo lagi jalan bergelombang.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Tul..emg ga imbang antara dpn ama blkg. Kalo diganti pk shock absorber merk apaan om?yg pny panther th brp? Trus kira2 biayanya brp tuh?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
lg nunggu jawaban..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
pernah punya '92 tp cuma pake s/d '99.
kalo ga salah dulu, ganti dgn kayaba ultra warna kuning, ini juga cuma saran orang, ga sempet trial & error. hasilnya memang lebih bisa meredam goyangan body.
kalo ga salah dulu, ganti dgn kayaba ultra warna kuning, ini juga cuma saran orang, ga sempet trial & error. hasilnya memang lebih bisa meredam goyangan body.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
hmm.. kalau untuk shock absorber bisa coba kayaba Excel-G.. ndak terlalu mahal dan kualitasnya baik
Permisii .............................
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Oke deh bung GTR,tar tak cobain deh..nah yang punya pengalaman dgn Accord Maestro hayoooo...mana nih... hayooo...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
GTR wrote:biasa, mobil yg usia nya udah lama, apalagi mesin alumunium, harus hati2 dgn problem overheat, saluran2 sistem pendingin di selang2, dalam mesin maupun di radiator harus diperhatikan kelancarannya. ibarat manusia, cholesterol nya tinggi.
mau tanya om,
setahu gua accord indo thn segitu blm pakai mesin aluminium . cmiiw
accord mulai aluminium mulai yang tahun 2003 , bener gak?
bukankah aluminium lebih cepat melepas panas?
maaf masih cupu.
sama dgn dohc, baru mulai di thn 2003 juga di accord.
gua dulu naksir banget dgn accord maestro ini, karena edisi terakhir dari accord yang pantatnya model saloon, termasuk grand civic. 22nya elegant banget
betul tuh, rata2 mobil tua agak riskan dgn sistem pendingin, walaupun jarak tempuh pendek, rata2 karet2 yang berhubungan dgn pendingin sudah mati kekenyalannya.
talang air bagian belakang yang kiri dan kanan, yang nempel dgn kaca belakang bagian atas.
bagian situ sering masalah dan keropos.
yang gua sering jumpai, lampu parking nyala terus di dashboard sering terjadi di maestro.
gak tahu kenapa, mobil temen gua yang tahun 92 matic (beli drbaru).
gua perhatiin maestro yang lagi jalan juga kadang nyala terus lampu parkingnya.
kenapa tuh? gak ngerti juga.
cmiiw. thx:)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
sambil nunggu..........                               ÂÂ
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Jadi yg berhubungan dengan karet2 termasuk yang hrs diwaspadai nih.. Kalo FC-nya rata2 brp km/ltr ya...?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
harusnya udah alumunium sih bro.. grand civic itu juga, yg belum itu : prestige dan wonder ini malah lebih fragile dari overheat.
kalo dohc, dari jaman prestige yg pgm-fi udah ada, cuma buat market tertentu.
switch rem tangan korslet/plastik isulatornya udah aus kayanya.
iya, bodynya maestro cepet kropos..
kalo dohc, dari jaman prestige yg pgm-fi udah ada, cuma buat market tertentu.
switch rem tangan korslet/plastik isulatornya udah aus kayanya.
iya, bodynya maestro cepet kropos..
Last edited by GTR on Mon Sep 15, 2008 5:22, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
dulu gua tanya montir, katanya accord gen6 (99-03) itu juga belum aluminium.
katanya yang gen7 thn 2003 baru pakai aluminium , mesin K20A (kayaknya yang tulisan A yang terakhir menandakan aluminium).mohon di koreksi kalau salah , maklum gak ngerti mesin.
kalau galant lele sudah mulai thn 93 mesin 6A12 , termasuk galant hiu thn98 mesin 6A13
yang gua bilang tuh di indo, percuma ngomong di market di luar.
kita cuma bisa ngiler.
intinya konsumen indo cuma bisa merasakan dohc mulai thn 2003 dgn produk keluaran atpm indo. walaupun komponennya dari luar.
katanya yang gen7 thn 2003 baru pakai aluminium , mesin K20A (kayaknya yang tulisan A yang terakhir menandakan aluminium).mohon di koreksi kalau salah , maklum gak ngerti mesin.
kalau galant lele sudah mulai thn 93 mesin 6A12 , termasuk galant hiu thn98 mesin 6A13
yang gua bilang tuh di indo, percuma ngomong di market di luar.
kita cuma bisa ngiler.
intinya konsumen indo cuma bisa merasakan dohc mulai thn 2003 dgn produk keluaran atpm indo. walaupun komponennya dari luar.
Last edited by LowSpeed on Mon Sep 15, 2008 5:26, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
maestro pake mesin seri F kan yah, ini udah alumunium, memang rancangannya.
grandcivic itu harus nya juga udah, kalo kita liat mesin2 ini yg sedang direhab turun mesin, maka akan terlihat kerak2 sisa alumunium terkikis banyak sekali di saluran2 water jacketnya, (tambahan kerak yg bukan karat dari blok besi).
grandcivic itu harus nya juga udah, kalo kita liat mesin2 ini yg sedang direhab turun mesin, maka akan terlihat kerak2 sisa alumunium terkikis banyak sekali di saluran2 water jacketnya, (tambahan kerak yg bukan karat dari blok besi).
Last edited by GTR on Mon Sep 15, 2008 5:30, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Lanjut..lanjut...lanjut...makin lama makin mendalam n seruuu....!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Kalo misalnya bokap pingin ganti mobil sedan jg, bro2 semua recommend ke Cielo Accord, ato Toyota Crown? Why?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
crown? hmm.. ini aja deh since mobil begini bisa jadi masih ada yg mulus krn treat pemakai kelas beginian maybe beda, disamping pemakaiannya pun lebih apik.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Sep 17, 2008 0:00
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Accord Maestro tuh mobil yang nyaman banget apalagi buat jalan jauh (tentunya kalo kondisinya sehat ya). Aku pernah punya yang taon 93, berdasarkan pengalaman sendiri en pemilik maestro yang laen, si maestro ini sering bermasalah ama :
- Kelistrikan utamanya sekring2nya, sering ditemuin kasus bodi sekring meleleh n mutusin aliran listrik ke komponen, so pastiin semua dudukannya/media kontaknya rapat.
- Cooling system, terutama kipas2nya seringkali ngadat.
- Pompa power stering, sering ditemuin udah banyak gelembung udara di dalamnya so kerjanya jadi berat, perhatiin juga selang2nya yang pada umumnya udah getas, plus sealnya.
- Timing belt yang pada umumnya udah retak2, kalo sampe putus bubar deh.
- Kaki-kaki bagian depan sering bermasalah, apalagi kalo pernah dipakein velg diameter gede.
- Bodi pada bagian pinggiran kaca mudah keropos/karatan, utamanya di sudut bawah kaca belakang.
- Untuk interior perhatiin handle pintu dalamnya, seringnya udah goyang, ga rapat lagi ama door trimnya. Sering juga ditemuin masalah pada sistem pengunci pintu maestro, biasanya komponen dalamnya udah aus, harganya lumayan mahal tuh.
But secara umum kalo mobil ini sehat, nyaman banget buat dikendarai n kata orang2 model klasiknya abadi
- Kelistrikan utamanya sekring2nya, sering ditemuin kasus bodi sekring meleleh n mutusin aliran listrik ke komponen, so pastiin semua dudukannya/media kontaknya rapat.
- Cooling system, terutama kipas2nya seringkali ngadat.
- Pompa power stering, sering ditemuin udah banyak gelembung udara di dalamnya so kerjanya jadi berat, perhatiin juga selang2nya yang pada umumnya udah getas, plus sealnya.
- Timing belt yang pada umumnya udah retak2, kalo sampe putus bubar deh.
- Kaki-kaki bagian depan sering bermasalah, apalagi kalo pernah dipakein velg diameter gede.
- Bodi pada bagian pinggiran kaca mudah keropos/karatan, utamanya di sudut bawah kaca belakang.
- Untuk interior perhatiin handle pintu dalamnya, seringnya udah goyang, ga rapat lagi ama door trimnya. Sering juga ditemuin masalah pada sistem pengunci pintu maestro, biasanya komponen dalamnya udah aus, harganya lumayan mahal tuh.
But secara umum kalo mobil ini sehat, nyaman banget buat dikendarai n kata orang2 model klasiknya abadi
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
untuk cooling system, radiatornya sendiri gmana bro? apa pernah trouble?
welcome to SM bro myname!
welcome to SM bro myname!
Permisii .............................
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
- Location: SUMBAR
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
em-ber, pas bgt maestro bokap tuh power steeringnya berat. Moso' stir Maestro jdnya lbh berat dibandingin Panther...? Malu ah! Bagusnya diapain ya? Trus gini, menurut info, Maestro ini ada yg seri 4 WS (4 Wheel Steering). Itu ciri2nya gmn? Soale ga tau jg nih Maestro bokap 4 WS or not...jangan2 gara2 4 WS itu setir jd berat...?
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Sep 17, 2008 0:00
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Selama make maestro sih belum pernah ada masalah ma radiatornya, tapi pernah nemuin di bengkel langganan ada maestro yang dinding radiatornya melengkung katanya karena overheat (gara2 fannya mati).
Kalo maestro yang 4WS pernah denger bro tapi sampe sekarang belom pernah liat tuh kaya gmn, so ciri2nya juga ga tau. Masuk ke Indonesia CBU via kedutaan asing kali ya ?
Kalo maestro yang 4WS pernah denger bro tapi sampe sekarang belom pernah liat tuh kaya gmn, so ciri2nya juga ga tau. Masuk ke Indonesia CBU via kedutaan asing kali ya ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
Maestro 4WS kayaknya udah ga ada lagi di tahun 92/93 (model post facelift), kalo engga salah cuma keluar di model pre-facelift.
4WS= ke 4 bannya bisa belok pas setir dibelokkin, pastinya ban belakng beloknya cuma dikit banget. Masuk indo resmi lewat ATPM tapi cuma sebentar.
4WS= ke 4 bannya bisa belok pas setir dibelokkin, pastinya ban belakng beloknya cuma dikit banget. Masuk indo resmi lewat ATPM tapi cuma sebentar.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tips Ngerawat Accord Maestro...
he3 setir phanter mah telalu enteng kaya grandcivic...tp mana phanter mobilnya tinggi gitu.
maestro masih mayan, coba bmw..
maestro masih mayan, coba bmw..