Fuel Saver.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fuel Saver.

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:Orang sini gawat2 yah.. Gw sih kalu minum paling2 aqua, soft drink, teh manis, kopi atau jus buah. Ga pernah tuh minum premium atau pertamax.

Ckckckc.... :upss:
Belon ajah si lw dicekokon bensin rame2 ama bro2 disene...............hehehe.... :e-wall: :ngacir: :ngacir: ........
FuelSaver
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Nov 26, 2008 19:11

Fuel Saver

Post by FuelSaver »

Don't waste your money as other members stated. The search button will be your biggest friend.

http://www.gainex.co.uk/
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Fuel Saver.

Post by maxx »

andy1800 wrote:
Turboman wrote:1. Fuel saving yg paling efektif = Sekolah kaki kanan :mrgreen:
BBM menjadi lebih ekonomis, asal dibarengi dengan teknik nyetir "sekolah kaki kanan" (Eco Drive)
setuju dg bang turbo.....
yg paling menentukan adalah "seberapa beratnya" kaki (kanan).
spt yg telah diberikannya link (mgkin isinya adlh tata cara eco drive, gw blm baca soalnya bahasanya susah...huehehe) : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9151


cuma ingin menambahkan,
bahwa masalahnya, hal Eco Driving ini, lbh umum dipahami dlm bentuk: "Sabar & Lelet, maka pasti irit."
nah, kemampuan & kesimpulan yg semacam gini ini, alih2 memperirit FC... tp malah sebaliknya, ...
ditambah lagi dg munculnya disadvantage yg besar, yaitu: partisipasi yg signifikan thd macetnya jkt.

sebenanrya, Eco Drive tu malah sulit & cukup rumit loh... (okay, bagi yg bakat nyetirnya udah baik itu memang mudah, tapi...dst dst dst)
misalnya, bagaimana menjaga spy RPM stay di range tertentu... lbh buka gas cuma utk nyundul doang...
lepas gas jg halus, yaitu tidak sampai membrake engine... usahakan sebisa mgkin nggak ngerem...dsb (intinya: cruising).
nah malsalhnya, itu sangat berhubungan dg kemampuan seseroang dlm melihat atau menganalisis medan lalulintas, secara sepersekian detik.

misalnya,
byk yg nggak bisa menduga bahwa si angkot yg ada di depan kita akan berhenti tiba2, yg membuat kita jg hrs nge-rem dan berhenti...
tp bukannya menunggu angkot itu jalan, ....tp lalu baru belokin stir, pindah lajur memotong arus di lajur kanan.
(bukan cuma mobil loh, motor jg...mlh lbh sering begitu..pdhl meskipun bodynya kecil, motor udah cukup membuat lajur kanan yg "diganggu"nya menjadi takut, lalu ngerem... dlm lalin jkt yg debitnya tinggi, hal2 spt ini sangat signifikan mengawali kemacetan)

pdhal, bagi yg kemampuan analisis-medannya bagus, akan ada feeling bahwa itu angkot atau mobil di depan kita akan brenti/belok kiri,
sehingga dari agak jauh kita akan mulai menyetir mobil kita pindah lajur ke kanan, go with the flow dg lajur kanan.


nah, hal-ihwal semacam itu, mgkin memang bisa diasah kemampuannya...
tp nampaknya, lbh banyak lagi yg udah harga mati... kalaupun diajari, akan seolah2 masuk telinga kiri, keluar telinga kanan.
memang kemampuan nyetirnya maksimal segitu, ...gak bisa diapa2in lagi.
apalagi situasi rutinitas & lalulintas jkt yg sedemikian hingarbingar, membuat org2 tdk ada kemauan utk melatih diri.

nah, (situasi psikis & pemikiran suka dg shortcut) inilah yg secara cerdas dibidik oleh para produsen Fuel Saver melalui iklan2nya....
"fuel saving, tanpa perlu mengubah your driving behaviour....dijamin!"

tp, kalau gw sebagai produsen, mgkin gw jg akan memanfaatkan situasi & pemikiran konsumen jkt yg semacam ini...:mrgreen:
nothing's personal, it's just business.... hueheheheeee
Setuju banget! ... kaki kanan adalah alat yg plg hebat u/ irit, tp perlu di sekolahin eco drive.

Apapun bentuknya .. plg hebat hanya bisa membuat irit 5% sdgkan kalo kaki kanan dah jago eco drive bisa irit 10% tanpa keluar uang.
Jadi, tetap aja alat yg paling manjur dan hebat u/ efisiensi FC adalah kaki dan kesabaran (ECO DRIVE)

--------------------------------
Sumber:
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/2228

Menurut article tsb :
- obat peningkat oktan berupa cairan keluaran : STP, Bardahl, Elf, Wynn's dan banyak lagi.

- Selain cairan, masih ada yang berbentuk pil. Paling mudah ditemui adalah keluaran Griffon dengan nama Hot Pill dan Dyno-Tab.

- KATALISATOR, Masuk kategori ini adalah label X-Power hingga Ring Diesel. Uniknya semua produk ini mengandalkan magnet, yang berfungsi mengubah susunan molekul bahan bakar supaya dapat terbakar lebih sempurna dalam ruang bakar.

- Induksi Udara, Teknik induksi udara juga banyak dipakai untuk menghemat BBM. Misalnya pada Magic Jet, Khaos, Air Comp, Magnetic Comp, JetMAxi, Airbo, Proxima dan Simota. Semua alat ini dipasang di antara saluran pipa PVC yang menghubungkan tutup kepala silinder dengan intake manifold. Teknologi yang digunakan adalah dengan menyalurkan sekaligus menambah
pasokan udara untuk mesin. "Sedang Magic Jet(MJ) meningkatkan kadar oksigen lewat efek kimiawi

FAKTANYA!! >> Rata-rata perbedaannya sekitar 5%, semua itu cuma 5% aja manfaatnya, baik peningkatan efisiensi FC.
---------------------------------------
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
hanhan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Nov 26, 2007 8:56
Location: Surabaya

Re: Fuel Saver.

Post by hanhan »

Omong - omong ttg fuel saver, waktu harga pertamax lagi gila2nya, gua sempat ngisi premum pake fuel saver. Hasilnya sih lumayan, bisa nambah 2 kiloan.
Tapi, kata temen2, pemakaian jangka panjang bisa berdampak jelek pada mobil.
Bener ga sih?
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Fuel Saver.

Post by Fairoes »

evolution21 wrote:Solusi :
kalo fuel saver nya agak repotan dikit
seperti : ganti header, piggyback aja gimana?
Kebetulan ada yang nyebut piggyback, ini prinsipnya gimana ya ? Katanya emang efek banget ke performance ama FC, denger2 sih dia memanipulasi ECU tapi itu doang tahunya..... boleh dong infonya.... :thanks: