andy1800 wrote:Turboman wrote:1. Fuel saving yg paling efektif = Sekolah kaki kanan

BBM menjadi lebih ekonomis, asal dibarengi dengan teknik nyetir "sekolah kaki kanan" (Eco Drive)
setuju dg bang turbo.....
yg paling menentukan adalah "seberapa beratnya" kaki (kanan).
spt yg telah diberikannya link (mgkin isinya adlh tata cara eco drive, gw blm baca soalnya bahasanya susah...huehehe) :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9151
cuma ingin menambahkan,
bahwa masalahnya, hal Eco Driving ini, lbh umum dipahami dlm bentuk: "Sabar & Lelet, maka pasti irit."
nah, kemampuan & kesimpulan yg semacam gini ini, alih2 memperirit FC... tp malah sebaliknya, ...
ditambah lagi dg munculnya disadvantage yg besar, yaitu: partisipasi yg signifikan thd macetnya jkt.
sebenanrya, Eco Drive tu malah sulit & cukup rumit loh... (okay, bagi yg bakat nyetirnya udah baik itu memang mudah, tapi...dst dst dst)
misalnya, bagaimana menjaga spy RPM stay di range tertentu... lbh buka gas cuma utk nyundul doang...
lepas gas jg halus, yaitu tidak sampai membrake engine... usahakan sebisa mgkin nggak ngerem...dsb (intinya: cruising).
nah malsalhnya, itu sangat berhubungan dg kemampuan seseroang dlm melihat atau menganalisis medan lalulintas, secara sepersekian detik.
misalnya,
byk yg nggak bisa menduga bahwa si angkot yg ada di depan kita akan berhenti tiba2, yg membuat kita jg hrs nge-rem dan berhenti...
tp bukannya menunggu angkot itu jalan, ....tp lalu baru belokin stir, pindah lajur memotong arus di lajur kanan.
(bukan cuma mobil loh, motor jg...mlh lbh sering begitu..pdhl meskipun bodynya kecil, motor udah cukup membuat lajur kanan yg "diganggu"nya menjadi takut, lalu ngerem... dlm lalin jkt yg debitnya tinggi, hal2 spt ini sangat signifikan mengawali kemacetan)
pdhal, bagi yg kemampuan analisis-medannya bagus, akan ada feeling bahwa itu angkot atau mobil di depan kita akan brenti/belok kiri,
sehingga dari agak jauh kita akan mulai menyetir mobil kita pindah lajur ke kanan, go with the flow dg lajur kanan.
nah, hal-ihwal semacam itu, mgkin memang bisa diasah kemampuannya...
tp nampaknya, lbh banyak lagi yg udah harga mati... kalaupun diajari, akan seolah2 masuk telinga kiri, keluar telinga kanan.
memang kemampuan nyetirnya maksimal segitu, ...gak bisa diapa2in lagi.
apalagi situasi rutinitas & lalulintas jkt yg sedemikian hingarbingar, membuat org2 tdk ada kemauan utk melatih diri.
nah, (situasi psikis & pemikiran suka dg shortcut) inilah yg secara cerdas dibidik oleh para produsen Fuel Saver melalui iklan2nya....
"fuel saving, tanpa perlu mengubah your driving behaviour....dijamin!"
tp, kalau gw sebagai produsen, mgkin gw jg akan memanfaatkan situasi & pemikiran konsumen jkt yg semacam ini...
nothing's personal, it's just business.... hueheheheeee