Otomotif - Jakarta, Kendaraan jenis MPV (multi purpose vehicle) memang lagi digemari. Tak heran bila hampir semua produsen terkemuka memproduksinya. Suzuki yang dikenal aktif melayani konsumen kelas menengah pun meluncurkan Aerio.
Aerio yang sudah tersedia di seluruh dealer Suzuki diluncurkan Minggu (27/10/2002). Untuk lebih mengenalkan produk terbarunya ini, PT Indomobil Niaga Internasional-Suzuki mengadakan jumpa pers yang dilanjutkan test drive di Bengkel Café, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (31/10/2002).
Aerio dengan 5 kursi ini pertama kali diluncurkan di Jepang pada awal tahun lalu, dan langsung menjadi kedaraan jenis MPV yang paling laku di sana. Tak heran bila Suzuki kemudian bertekad memasarkan di Indonesia. Sebagai perkenalan, Aerio dipajang pada Jakarta Motor Show pertengahan tahun lalu.
“Karena respons masyrakat cukup tinggi, maka kami bekerja keras untuk bisa segera memenuhi minat masyarakat akan Aerio pada akhir tahun ini,†tutur Bambang Subijanto, Direktur Pemasaran PT Indomobil Niaga Internasional-Suzuki. Menurutnya, pada saat Jakarta Motor Show telah terjual 307 unit.
Penampilan Aerio yang aeriodinamis, kompak dan elegan, serta harga yang terjangkau, membuat banyak orang terpikat untuk memilikinya. Dengan bandrol of the road jenis manual Rp 123 juta dan matic Rp 133, makan keluarga kecil yang meminatinya tidak perlu berpikir panjang untuk membelinya.
Pihak Indomobil-Suzuki sendiri menargetkan selama bulan November dan Desember nanti Aerio akan terjual 2.000 unit. “Sementara tahun 2003 nanti, kami menargetkan terjual 8.000 unit,†kata Bambang Subijanto.
Selain penampilan yang meyakinkan dan harga yang terjangkau, Aerio juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kendaraan di kelasnya, seperti suspensi roda depan dan belakang menggunakan Mac Pherson Strut & coil spring, engine-mounting yang membatasi suara dan getaran mesin sehingga terasa nyaman dan disertai speedometer digital.
Di negara asalanya, Aerio adalah kendaraan 1.650 cc. Untuk menekan harga, terutama dari sisi pajak (karena kendaraan 1.500 cc ke atas dikenai pajak lebih mahal) maka di Indonesa Aerio diturunkan menjadi 1.500 cc. Meski demikian perfroma mesin 1.500 DOHC itu tak perlu diragukan, karena dilengkapi dengan VVT (variable valve timing).
Itu adalah teknologi terbaru, dimana pembukaan valve dikontrol oleh komputer sehingga RPM rendah akan didapat momen puntir (torsi) besar, sedangkan pada RPM tinggi didapat tenaga yang besar untuk menghasilkan perpaduan efisiensi pemakaian bahan bakar dan tenaga yang optimal.
Untuk keamanan, Aerio dilengkapai dengan anti-lock braking system (ABS) dan ditambah dengan EBD(electronis brake force distribution). Selain crumple zone yang terdapat di bumper dan kap mobil, Aerio juga memiliki crumple zone di dalam rangka yang berfungsi menyerap energi bila terjadi benturan di depan maupun belakang.
sumber : Detik.com
Aerio, MPV-nya Suzuki, Beredar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang