Sabtu keramen dapet kesempatan ngunjungin pabrik ban Bridgestone di Karawang.
Acara meliputi plant visit & uji coba 2 jenis ban Bridgestone di proving ground mereka.
Saat acara uji coba ban di proving ground digunakan 3 mobil, 1 H. City & 2 Kijang Innova, Sity dipasangi Potenza GIII, sementara Ipah dipasangi Turanza AR-10 & ban produk kompetitor.
Lalu naiklah nubie ke H. City sbg penumpang bersama tester (test driver) dari pihak BS, test mencakup menikung dengan kecepatan konstan 80 km/jam & crash avoidance / menghindar dari pion2 sambil berjalan di 80 km/jam.
Kalo kita lihat dari jauh saat mobil menikung 80 km/jam di lingkaran ujung sirkuit :
http://www.bridgestone.co.id/corporate/ ... rawang.htm
kelihatanya spt hal kecillll..........
Tapi saat nubie duduk jadi penumpang dan si tester ngelariin mobil 80 km/jam di tikungan itu G nya busett dahhhhhhhhhhhhhh...........isi perut kayak pindah ke samping badan.........serasa naek Pontang Panting di Dufan !!
Udah itu mobil ngebut di trek lurus, sengaja diarahkan ke pion, begitu mendekati pion si tester langsung membanting setir utk menghindari pion sambil lari 80 km/jam konstant.......kalo misalnya duduk nggak pake seatbelt dipastikan badan akan terbanting / terpental di dalam kabin mobil.......
Kelar naek City, dilanjutkan naek Ipah, kali ini test meliputi nikung circle di kec. konstant 60 km/jam, tapi treknya sengaja dibasahin, kemudian dilanjutkan dgn wet braking dr kec. sekitar 75 km/jam sampe benar2 stop.
Saat nikung di trek yg sudah dibasahi (ada penyembur air di sisi trek), tester nikung dgn kec. 60 km/jam konstant, dan setir kadang di goyang goyang pula........syeettt dahhh.......MPV tinggi dgn suspensi standard ngeri aje rasanya..........tapi mobil mulus memutari tikungan
dah itu wet braking dgn dibantu oleh Vericom 3000 utk mengetahui G / distance & speednya.
Kedua test driver cerita bahwa mereka dilatih khusus utk keperluan tsb., jadi mereka memiliki licence khusus utk menjadi tester...........memang sih masuk akal banget, teman2 yg doyan ngebut yg ikut bersama sama di mobil aja sampe geleng2 & surprise dibuatnya..........
Benar benar pengalaman tak terlupakan.......
Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
wah.. beruntung sekali pak turboman, saya jg pengen, tp blum kesampaian.. hehehe.. 

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
Congratulation om Turboman, pengalaman yang bikin kita kepingin.Thanks for sharing 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
Jelas aja lah om drivernya BS jago2, lha disekolahin nyetir selama 2 tahun di Jepun, udah gitu di tes di circuit proving ground dan catatan waktunya gak boleh lebih lambat 0.5 detik dari catatan waktu best lap. Kalo disini selain di sentul ada gak ya sekolah ngebut.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
Setelah masuk tour di pabriknya bridgestone, baru gue tau bahwa quality control-nya semua ban di cek satu per satu, kagak pake random sampling, jadi 100% populasi di cek. Wah jadi semakin pede aja pake BS nih, since safety is always comes first.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
Pantesan saya kemaren di pilihkan BS oleh sales TAM....pdhl jatah mobil sebenarnya Du**op!
BTW masa pakai ban mobil idealnya berapa tahun sih?
2,3,4 atau tergantung ama bentuk kembang?
BTW masa pakai ban mobil idealnya berapa tahun sih?
2,3,4 atau tergantung ama bentuk kembang?
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
klo menurut gw ga tergantung sama bentuk kembang oom..
gaya mengemudi (sering spin atau pengereman mendadak juga mempengaruhi), jenis jalan yg dilalui, dan perawatannya jg (spooring + balancing)
gaya mengemudi (sering spin atau pengereman mendadak juga mempengaruhi), jenis jalan yg dilalui, dan perawatannya jg (spooring + balancing)
Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
pake nitrogen deh, bikin ban lebih awet umurnya krn tekanan cenderung stabil dlm waktu lama.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
betyul itu bos, kemarin di BS juga dibahas hal ini, menurut mereka karet ban juga memiliki pori2 maka udara bisa merembes keluar pelan-pelan. nah ternyata atom yang paling susah merembes keluar lewat pori2 ban adalah nitrogen, karena nitrogen paling banyak terdapat di udara bebas jadi secara osmosis dia lebih sulit keluar, dan yang kedua secara ukuran granular atom nitrogen lebih besar dari atom oksigen, dll. jadi kalo tekanan ban turun, maka atom yang paling banyak tersisa adalah atom nitrogen. jadi isi nitrogen direcommend utk mobil/motor yang lama nggak dipake, atau yang dipake untuk high speed. menurut info orang BS, semua ban BS udah dilapisi nitrogen butil di bagian dalamnya, fungsinya utk bantu ngelapis pori2 supaya nitrogen yang didalam ban jadi makin susah merembes keluar dari pori2.GTR wrote:pake nitrogen deh, bikin ban lebih awet umurnya krn tekanan cenderung stabil dlm waktu lama.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
Kata orang BS sih bisa dipake sampe telapaknya abis tanpa ada expired, tapi gw pernah pake GT benang bajanya keburu putus sebelum telapaknya abis, jadinya ban benjol gitu, lima2nya ban GT gw begitu, akhirnya ganti BS semuaedward wrote:Pantesan saya kemaren di pilihkan BS oleh sales TAM....pdhl jatah mobil sebenarnya Du**op!
BTW masa pakai ban mobil idealnya berapa tahun sih?
2,3,4 atau tergantung ama bentuk kembang?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Re: Merasakan ngebut di proving Ground Bridgestone di Karawang
sebaiknya sampai tanda segitiganya kena terkikis... soalnya kalo sampe bener2 ilang tuh segitiga, maka ban akan berubah menjadi 'slick tyre' hehehe...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear