Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by eresiie »

Dear SMers,

Mohon penjelasan dari pakar-pakar SM di sini,

1. Apakah yang dimaskud i-VTEC pada mesin Honda All New Jazz adalah VTEC 16 Valve + Torque Boost Resonator (or something like that)? Bukan VTEC + Variable Timing Control seperti halnya di mesin Civic / CR-V ? (Maksud saya apakah mesin ini sudah mengaplikasikan Continuosly Variable Valve Timing seperti pada VVT-i), sebab dari beberapa artikel yang pernah saya baca belum menemukan ulasan yang secara jelas menunjukkan hal ini (atau saya aja yang nggak ngerti ya, maklum nggak ngerti sama sekali tentang mesin, just curious, he3x).
2. Apakah mesin i-VTEC ini sudah ada knocking sensornya ?
3. Apakah masih perlu memundurkan waktu pengapian kalo mau pake premium ?
4. Thank a lot.

Iie.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

that's interesting...mungkin memang beda dgn ivtec DOHC (civic 2.0).
belum ada informasi yg jelas ttg ini, yg jelas belum kebayang menerapkan VTC(geser sproket) pd SOHC = satu cam (inlet yg jg mengoperasikan cam exhaust).

baru ada informasi ini utk ivtec SOHC (Rseries, civic 1.8):
http://www.youtube.com/watch?v=hlUfgg2m ... re=related

knock sensor harusnya ada, malah plus piston crown design juga, permukaan atas piston bentuknya memusatkan bahan bakar di tengah2 utk reduce knocking.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by Turboman »

eresiie wrote: 1. Apakah yang dimaskud i-VTEC pada mesin Honda All New Jazz adalah VTEC 16 Valve + Torque Boost Resonator (or something like that)? Bukan VTEC + Variable Timing Control seperti halnya di mesin Civic / CR-V ? (Maksud saya apakah mesin ini sudah mengaplikasikan Continuosly Variable Valve Timing seperti pada VVT-i),
2. Apakah mesin i-VTEC ini sudah ada knocking sensornya ?
3. Apakah masih perlu memundurkan waktu pengapian kalo mau pake premium ?

Iie.
1. Konon i-VTEC memang saat bekerja mekanisme VTEC-nya sifatnya variatif tergantung load & parameter2 lainnya, nggak fix di RPM tertentu.

2. Ada

3. Automatic


CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

berbeda dari prinsip sohc vtec sebelumnya; mulai sohc i-vtec di civic; cam-eco(jadi cam #2) hanya bekerja pada rpm tertentu @1000-3500rpm, engage on certain conditions (low load)..
range cam-normal(cam #1) bisa bekerja pd seluruh range rpm, bisa sepanjang waktu saat mengemudi agresif.
jadi, Sohc ivtec harusnya tidak ada cam-phasing (VTC).
ini info dari temple of vtec asia, sih..
Last edited by GTR on Thu Aug 07, 2008 14:38, edited 1 time in total.
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by koolrider »

Ni gw bantu link nya biar jelas :

http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/index.html
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

tambahan aja ragam vtec:
http://en.wikipedia.org/wiki/VTEC

http://asia.vtec.net/Engines/RiVTEC/index.html

setelah ini ada A-vtec...?
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by alim ulama »

eresiie wrote:Dear SMers,

Mohon penjelasan dari pakar-pakar SM di sini,

1. Apakah yang dimaskud i-VTEC pada mesin Honda All New Jazz adalah VTEC 16 Valve + Torque Boost Resonator (or something like that)? Bukan VTEC + Variable Timing Control seperti halnya di mesin Civic / CR-V ? (Maksud saya apakah mesin ini sudah mengaplikasikan Continuosly Variable Valve Timing seperti pada VVT-i), sebab dari beberapa artikel yang pernah saya baca belum menemukan ulasan yang secara jelas menunjukkan hal ini (atau saya aja yang nggak ngerti ya, maklum nggak ngerti sama sekali tentang mesin, just curious, he3x).
2. Apakah mesin i-VTEC ini sudah ada knocking sensornya ?
3. Apakah masih perlu memundurkan waktu pengapian kalo mau pake premium ?
4. Thank a lot.

Iie.
yeap.. gw jg bertanya2 nih muter2 forum manapun blm dapet jawaban pasti.
kalo secara etimologis (de elah) penamaan i-VTEC pertama kali adalah gabungan dari teknologi valve timing, duration & lift control DITAMBAH teknologi variable valve timing control (VTEC + VTC).

nah, ini kok bisa2 nya Honda maen di teknologi desain Intake (Torque Boost Resonator) tapi mengklaim ini adalah i-VTEC. sampe bisa2 nya HPM pake marketing gimmick gabungan teknologi i-DSI dan VTEC. :glodak:

*temen ane ada lho yg sampe bener2 mengira i-VTEC itu gabungan teknologi i-DSI dan VTEC. trus pas ane jabarin pake penjelasan dari temple of VTEC cara kerja i-DSI dan VTEC itu kayak bijimane langsung kaget doi.. sampe ngomel2 berarti gw dibokisin HPM dong, penipuan konsumen massal nih (and so he sez)
:capede:
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by piterr »

hakhakhakhak

suka suka nya produsen ya, ngasih julukan ke teknologi mesin nya

emang seenak wudel tuh kalo ngasih julukan..... marketing purpose only.... biar dagangan laku bak kacang goreng, perlu penggetar yang cukup, padahal isinya gak beda2 jauh hehehehe
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by paddock »

alim ulama wrote:
eresiie wrote:Dear SMers,

Mohon penjelasan dari pakar-pakar SM di sini,

1. Apakah yang dimaskud i-VTEC pada mesin Honda All New Jazz adalah VTEC 16 Valve + Torque Boost Resonator (or something like that)? Bukan VTEC + Variable Timing Control seperti halnya di mesin Civic / CR-V ? (Maksud saya apakah mesin ini sudah mengaplikasikan Continuosly Variable Valve Timing seperti pada VVT-i), sebab dari beberapa artikel yang pernah saya baca belum menemukan ulasan yang secara jelas menunjukkan hal ini (atau saya aja yang nggak ngerti ya, maklum nggak ngerti sama sekali tentang mesin, just curious, he3x).
2. Apakah mesin i-VTEC ini sudah ada knocking sensornya ?
3. Apakah masih perlu memundurkan waktu pengapian kalo mau pake premium ?
4. Thank a lot.

Iie.
yeap.. gw jg bertanya2 nih muter2 forum manapun blm dapet jawaban pasti.
kalo secara etimologis (de elah) penamaan i-VTEC pertama kali adalah gabungan dari teknologi valve timing, duration & lift control DITAMBAH teknologi variable valve timing control (VTEC + VTC).

nah, ini kok bisa2 nya Honda maen di teknologi desain Intake (Torque Boost Resonator) tapi mengklaim ini adalah i-VTEC. sampe bisa2 nya HPM pake marketing gimmick gabungan teknologi i-DSI dan VTEC. :glodak:

*temen ane ada lho yg sampe bener2 mengira i-VTEC itu gabungan teknologi i-DSI dan VTEC. trus pas ane jabarin pake penjelasan dari temple of VTEC cara kerja i-DSI dan VTEC itu kayak bijimane langsung kaget doi.. sampe ngomel2 berarti gw dibokisin HPM dong, penipuan konsumen massal nih (and so he sez)
:capede:

Sperti yang diutarakan Alim Ulama ini pernah terjadi di launching honda new Jazz baru di surabaya yang sampe nyewa acara otomotif TV Lokal (SBO Surabaya),.Dari penjelasan head markettingnya dan presenternya saya 2x mendengar bahwa I-Vtec pada honda New Jazz adalah gabungan Idsi dan Vtec,.

Saya sampe pengen buka head mesin new jazz nih,.

Saran saya sih klo mau 120 PS klo duitnya ga banyak beli aj Jazz Vtec lawas kasih header Jazz 2007,.Dah dapet 120 ps kok,.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

iya, tapi emisi nya kan ga bisa euro4, yg ini exhaust manifold sudah menyatu dgn head dan CC (2 bed).
sama aja, dari dulu "vtec" sohc dan "vtec" dohc memang juga udah beda.

rangkuman sementara, kecuali ada data ivtec baru:
vtec "dohc" = cam - changing (3 intake cam lobes, 2=normal utk rpm-low + 1=hi di tengah2 utk rpm-hi).

vtec "sohc" (E) = 12/16valve changing (tetap cuma punya 1 sudut intake cam lobe).
vtec "sohc" full = 16valve, 2 sudut intake cam, cam-low di rpm-low & cam-hi di rpm-hi.
vtec "sohc" 3stage = mix vtec E + full.
tetep aja judulnya tidak dibedakan = vtec.

i-vtec "dohc" = vtec dohc + vtc

i-vtec "sohc" yg skrg dirubah dari vtec sohc lawas; mesin prefer run on full 16v mode selama engine running normal-to-hi load conditions, masuk ke cam-low diatur ecu hanya saat at low load condition / constant speed & hanya pd 1000 s/d 3500rpm (R).

http://asia.vtec.net/Engines/vtecimpl/vtec1.html
Last edited by GTR on Fri Aug 08, 2008 1:59, edited 1 time in total.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by paddock »

Kan saya bilang klo duitnya ga banyak,.Apa semua orang klo pengen 120 ps harus beli new jazz?
Klo duitnya ga banyak?kan ada alternatif beli jazz vtec 2005 trus ganti headernya aj kan?

Euro 4 ada hasil lulus beneran ga? Sertifikat lulusnya dikeluarin mana? Inget donk kasus idsi yang ga lolos euro 2,.Padahal ga ada yang dimodif(paling banter muffler),.Dan salah satu volunteer uji emisi jazz yang melibatkan jazz club itu sepupu saya cewek,.toh gue yakin kebanyakan pemilik new jazz bakalan beli premium buat New jazznya,.dan hasilnya bakalan ga lolos lagi,.Sekarang aj naek camry ato accord ikut beli premium apalagi kelas jazz,.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

diluar kasus...
ha3 mobil ini sudah terjual jutaan unit (pertangahan tahun lalu) hanya dgn usia yg muda, tembus hampir di seluruh negara di dunia, masih mempertanyakan euro2 nya.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by paddock »

Terus lo bilang klo jazz sepupu gue ga lolos terus enaknya bilang diluar kasus?Trus jazz temen2nya yang hampir ga lolos semua?

Dasar Maniac,.trus jazz sodara gue tahun 2005 dibilang umurnya tua? Elu punya jazz ga seh? Asbun aj,.
Klo pengen tau buktinya baca tuh autobild gue lupa serienya yang jelas waktu mereka ngetest jazz idsi jazz club,.Jazz ponakan gue warna biru bodykit mugen,kejepret sebagian,.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

sertifikatnya tanyakan juga dong ke daihatsu, kia, hyundai, proton, suzuki, mazda, nissan, toyota, dst dst...
http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_Fit
sekalian awards nya di eropa...

tp gaya bahasa anda oiiii... wkwkwkwkwk
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by paddock »

Gue ga bilang jazz di dunia tidak lulus euro,.sayangnya HPM indo sering ga sesuai ma kenyataan,.
Setelah autobild liput jazz sodara gue ma temen2nya yang hasilnya ga ada yang lolos lalu Autobild bilang ke HPM,trus baca tuh komentar HPM di edisi itu,.Kan jazz club itu banyak dimodifikasi ,.Enaknya dia ngomong itu tanpa me recheck dulu kondisi jazz2 yang ditest,.Gmana mau dipercaya kredibilitasnya? Gue tahu sendiri pemilik jazz2 yang ditest mereka awam mesin dan kebanyakan menyerahkan perawatan ke beres

Gue cuma mau bela mereka pemilik2 jazz itu,.seenaknya disalahin padahal mreka ga salah apa2x,.,.

Yang gue komen tuh jazz produksi tanah air tercinta ini,.Moga2 kasus idsi ga terjadi lagi,.

ok gue minta maap klo masalah omongan gue klo dirasa kasar tp omongan lu sama aj,.Diluar kasus,.

Kembali ke masalh Ivtec,.
Apakah Ivtec new jazz sama seperti CRV Gen 2?
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by andra »

Bro, kaya nya salah room neh.
Om moderator gimana neh kan udah ada thread sedan?
Image
Fly Like a Bird
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by GTR »

beda nya at least : kalo Rseries i-vtec (CRV-civic) sudah pake variable lenght intake manifold; Lseries ini blm, baru aplikasikan DBW...
djrudal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:24

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by djrudal »

PEACE yo'..!!!
Teman2, seharusnya forum ini kita gunakan utk diskusi & bertukar informasi dg kepala dingin. Ngapain pake emosi? Nggak ada untungnya..Saya percaya, anggota forum semuanya orang2 intelek..SO, beda pendapat nggak apa2,santaiiii... :e-dance:
BTW, menurut saya sbg konsumen, ada baiknya kita nggak begitu aja percaya sama klaim atpm soal kehebatan teknologi barang dagangannya. Kita harus lengkapi dg referensi berbagai sumber termasuk "investigasi" langsung ke track record penggunaan sebuah mobil, termasuk JAZZ.

Khusus utk HONDA INDONESIA, kadang2 saya nggak habis pikir knp kok image-nya terdengar luar biasa banget,cenderung berlebihan. Mau contoh? Jazz yg katanya irit, ternyata pada kenyataannya masih kalah irit sama yaris & swift! Bahkan dibandingkan sama versi i-dsi. :e-snooty: New CRV yang sangat populer & terlaris : coba deh bandingin sama kompetitor sekelas kaya ford,nissan atau chevrolet... Kalau mau jujur, crv nggak sehebat itu juga kok.
TAPI masyarakat awam nggak begitu peduli sih, selama itu produk populer, nggak pake test drive, nggak pake cari2 info utk referensi langsung aja sambil merem pasti dibeli!!

Sebagai konsumen kita harus lebih kritis & cerdas!
No offense ya, ini berlaku utk semua brand lho, bukan cuman honda.
PEACE... :beer:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by paddock »

new jazz dah dohc belum?
Bukan CRV gen 3 tapi CRV GEN 2,Kan sama2 DOHC Ivtec tuh,.
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by eresiie »

djrudal wrote:PEACE yo'..!!!
Teman2, seharusnya forum ini kita gunakan utk diskusi & bertukar informasi dg kepala dingin. Ngapain pake emosi? Nggak ada untungnya..Saya percaya, anggota forum semuanya orang2 intelek..SO, beda pendapat nggak apa2,santaiiii... :e-dance:
BTW, menurut saya sbg konsumen, ada baiknya kita nggak begitu aja percaya sama klaim atpm soal kehebatan teknologi barang dagangannya. Kita harus lengkapi dg referensi berbagai sumber termasuk "investigasi" langsung ke track record penggunaan sebuah mobil, termasuk JAZZ.

Khusus utk HONDA INDONESIA, kadang2 saya nggak habis pikir knp kok image-nya terdengar luar biasa banget,cenderung berlebihan. Mau contoh? Jazz yg katanya irit, ternyata pada kenyataannya masih kalah irit sama yaris & swift! Bahkan dibandingkan sama versi i-dsi. :e-snooty: New CRV yang sangat populer & terlaris : coba deh bandingin sama kompetitor sekelas kaya ford,nissan atau chevrolet... Kalau mau jujur, crv nggak sehebat itu juga kok.
TAPI masyarakat awam nggak begitu peduli sih, selama itu produk populer, nggak pake test drive, nggak pake cari2 info utk referensi langsung aja sambil merem pasti dibeli!!

Sebagai konsumen kita harus lebih kritis & cerdas!
No offense ya, ini berlaku utk semua brand lho, bukan cuman honda.
PEACE... :beer:
Setuju ! Stay cool man !
Bukan maksud saya untuk menimbulkan perdebatan, hanya ingin tahu apakah mesin i-vtec ini benar-benar tahan kalo pake premium, dengan efek yang tidak merusak mesin untuk pemakaian jangka panjang.

Dari penjelasan pakar-pakar SM di atas, masih ada bagian yang saya belum jelas.

- Kalo mesin i-vtec ini memang sudah ada knocking sensor dan waktu pengapian akan dimundurkan otomatis apabila terdeteksi gejala knocking, mekanisme apa yang fungsinya untuk memundurkan waktu pengapiannya (Kalo di VVT-i pake hidrolis, CMIIW)
- Thanks a lot

Iie
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by abrof »

Bro GTR klo mesin CRV gen 3 R20 itu SOHC lho, masuk jenis yg mana nih?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by ZombiEE »

pis man..ihihihi
kadang2...perkataan sales itu jgn langsung dipercaya deh..soalnya...kadang kita malah lbh ngerti mobil drpd mrk...objektif mrk cuman satu...utk meningkatkan penjualan, ambil komisi then ya uda..hehehe
i-dsi tambah vtec jadi i-vtec mnrt saya sgt konyol kalo keluar dari mulut sales nya:)
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by r1210g »

paddock wrote:Terus lo bilang klo jazz sepupu gue ga lolos terus enaknya bilang diluar kasus?Trus jazz temen2nya yang hampir ga lolos semua?

Dasar Maniac,.trus jazz sodara gue tahun 2005 dibilang umurnya tua? Elu punya jazz ga seh? Asbun aj,.
Klo pengen tau buktinya baca tuh autobild gue lupa serienya yang jelas waktu mereka ngetest jazz idsi jazz club,.Jazz ponakan gue warna biru bodykit mugen,kejepret sebagian,.
bro.. tolong jaga kata2 anda lebih bijak..

anda sudah melewati batas disini..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by paddock »

Sorry pak Momod atas tulisan saya,.Tapi diatas saya dah minta maaf kok,.Mohon dideleted saja klo memang menganggu,.
Thanks
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Ask: All New Jazz --> i-VTEC = VTEC+TBR ?

Post by r1210g »

paddock wrote:Sorry pak Momod atas tulisan saya,.Tapi diatas saya dah minta maaf kok,.Mohon dideleted saja klo memang menganggu,.
Thanks
oh ok2.. jangan diulangi ya bro..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..