Aki mobil yang dipakai

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Merk aki mobil yang bagus

Poll ended at Wed Sep 03, 2008 3:52

Bosch
1
8%
Delkor
2
15%
G-Force
0
No votes
Global
0
No votes
GS
8
62%
Massiv
0
No votes
Rocket
1
8%
Yuasa
1
8%
 
Total votes: 13

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:sundul trid lama....sekalian nanya...

apa sudah ada yg pernah pake aki merk "hankook"?

tempohari ganti buat odyssey (2002), yg tanpa disangka-sangka aki-nya soak mendadak...

tubruk sana-sini, akhirnya disalah satu bengkel (di semarang), nawarin barang promo, aki merk Hankook jenis aki MF

harga promo, plus masih dikurangi lagi aki lama/bekas dihargai rp. 200.000,-

penawaran yang sangat menarik, karena jatuhnya hanya keluar duit sekitar 400ribu saja, akhirnya diputuskan untuk ambil

kalau lihat kardus dan body-nya, ada tulisan "made in korea"

lihat-lihat referensi di internet, pabrikannya ternyata bernama atlasbx http://www.atlasbx.co.kr/eng/main/mainAction/Init.do

merk hankook battery sendiri ada dihalaman catalogue: http://www.atlasbx.co.kr/eng/customer/c ... og_List.do

padahal saya kira juga bikinan pabrik ban dengan merk yang sama :upss:

posisi sekarang masih dipakai kurang lebih 3 bulan, jadi belum bisa kasih review :ungg: sejauh ini sih kalau performa start mesinnya masih instant
Update...

Akhirnya aki hankook ini menyerah juga, ganti sama Rocket.

Jadi umur pakainya sekitar 1.5 tahun lebih; Januari 2012-Agustus 2013
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:
Update...

Akhirnya aki hankook ini menyerah juga, ganti sama Rocket.

Jadi umur pakainya sekitar 1.5 tahun lebih; Januari 2012-Agustus 2013
kenapa ga pakai aki GS Astra aja bro....(bukan promosi nih)... :ungg:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
Update...

Akhirnya aki hankook ini menyerah juga, ganti sama Rocket.

Jadi umur pakainya sekitar 1.5 tahun lebih; Januari 2012-Agustus 2013
kenapa ga pakai aki GS Astra aja bro....(bukan promosi nih)... :ungg:
Kebetulan ada diskon di tokonya, meneer....
Jatuhnya sama dgn GS (sesama aki kering)
Kebetulan yg di santi juga pakai rocket dan dirasa cocok,
Sebelumnya di santi pakai GS juga dan umurnya ya 1.5 tahunan

Sebelum mutusin ambil Rocket, ditawarin merk Motolite (buatan Filipina), lebih mahal 50-70ribuan dibanding Rocket.
Kelebihannya, ampere-nya sedikit lebih tinggi, Rocket 45, kalau Motolite 50
Yang jual bilang, kalau umur pakainya sih ya sama saja...
Ya udah, ambil rocket saja, toh dengan 45A rasanya cukup, secara si oddy kondisinya standard banget

MOTOLITE
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by DOHC »

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
Update...

Akhirnya aki hankook ini menyerah juga, ganti sama Rocket.

Jadi umur pakainya sekitar 1.5 tahun lebih; Januari 2012-Agustus 2013
kenapa ga pakai aki GS Astra aja bro....(bukan promosi nih)... :ungg:
GS MF ijo di lipina ane dulu umurnya cuman setaon 2 bulan... ganti lagi dgn merek dan type sama malah lebi parah.. 8 bulan tewas...

ipah ane.. 2 taon 2 bulan make GS hybrid... masi greeengg...

angin2an nehh kualitas si GS.. :mky_04: :mky_04:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by imsus2c »

#penasaran...

Kenapa aki yg untuk umumnya mobil2 eropa (DIN) harganya lebih mahal ya?
Secara kasat mata, yang paling kelihatan sih, dgn ampere yg sama, secara fisik lebih kecil/pendek saja dibanding yg dipakai di mobil2 jepang

#tidak membandingkan secara merk
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:#penasaran...

Kenapa aki yg untuk umumnya mobil2 eropa (DIN) harganya lebih mahal ya?
Secara kasat mata, yang paling kelihatan sih, dgn ampere yg sama, secara fisik lebih kecil/pendek saja dibanding yg dipakai di mobil2 jepang

#tidak membandingkan secara merk
mungkin produksinya ga sebanyak mbl2 jepang bro.....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

DOHC wrote:
sjamsul wrote:
imsus2c wrote: Update...
Akhirnya aki hankook ini menyerah juga, ganti sama Rocket.

Jadi umur pakainya sekitar 1.5 tahun lebih; Januari 2012-Agustus 2013
kenapa ga pakai aki GS Astra aja bro....(bukan promosi nih)... :ungg:
GS MF ijo di lipina ane dulu umurnya cuman setaon 2 bulan... ganti lagi dgn merek dan type sama malah lebi parah.. 8 bulan tewas...

ipah ane.. 2 taon 2 bulan make GS hybrid... masi greeengg...

angin2an nehh kualitas si GS.. :mky_04: :mky_04:
mangkenyeeee....kudu diperhatiin saat beli aki baru......jangan langsung dipasang di mbl....baiknya disetroom dulu biar full charge.....setidak2nya umur aki akan lbh panjang dg catatan perawatan akinya diperhatiin yeeeeee...... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by andy1800 »

Trus klo akinya MF kayak gitu, perlu perawatannya harian digimanain aja prop?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by vanosz »

oo harus setrum dl ya...klo ada perawatan berarti jd gak MF ya.. :e-think:
polarbear
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sun Sep 01, 2013 13:49

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by polarbear »

Om sjamsul, kalo aki umumnya yg kita pake, macem gs & yuasa paling umurnya 3th...ini pengalaman pribadi, keluarga, kantor & temen. Kenapa di eropa bahkan ada yg kasih garansi 5th ya?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

ya ya kok bisa...saya jg pake yuasa n gs..
polarbear
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sun Sep 01, 2013 13:49

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by polarbear »

Apa karena lebih dingin ya?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

polarbear wrote:Apa karena lebih dingin ya?
aki merk eropa mungkin krn kualitas bahan n teknologi...mobil eropa biasanya pake varta n diehard/benar gak tulisannya(amerika ktnya dengar2 kuat)...

saya pake varta udah 5 tahun lewat 1 bulan ampe skrg msh greng...
kmaren varta baru mati 5 tahun kurang 1 bulan nempel di mobil tp di aki tulisan 4 bulan sbelumnya..ini rusak krn saya main hid...otomatis mobil nyala lampu pas mati mesin...

klo beli aki varta di jakarta ke bengkel spesialis bmw/merci dll..yang kasi garansi 1 tahun...
klo bmw ke anugrah kemayoran..

toko 74 merci gak tau...kynya sama....krn itu toko bosnya sama2 teman n join impor barang...

cobain dah varta...toh harga beda 2 x lipat dr kelas delkor tp umur jg panjang..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by imsus2c »

Terakhir pakai Varta di 806, seingat saya 90A

Saat ganti terakhir, cek harganya...jadi mundur teratur :mky_01:

Jadi untuk saat ini kasih GS dulu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

andy1800 wrote:Trus klo akinya MF kayak gitu, perlu perawatannya harian digimanain aja prop?
gampang dy.....liat kepala akinya....klo ada seperti garam / putih2 gitu, baiknya dibersihkan spy arus listrik ga terganggu suplainya....

pernah ada satu kasus di mbl panther....ga bisa distarter, krn kepala akinya kotor.....setelah dibersihkan...langsung bisa distarter.....makanya perawatan di kepala aki perlu diperhatikan....

smoga bermanfaat...........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

vanosz wrote:oo harus setrum dl ya...klo ada perawatan berarti jd gak MF ya.. :e-think:
MF bukan bearti ga perlu perawatan sama sekali......sesekali mesti diperhatikan juga bro.....antara lain kebersihan kepala aki.....nah, yg dimaksud MF salah satunya adalah air akinya ga gampang menguap, krn lubang akinya dibuat sedemikian rupa shg air akinya ga menguap keluar, jadi air akinya akan balik lagi.....(maap klo nulisnya kurang baik susunannya)....

smoga bermanfaat.........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

polarbear wrote:Om sjamsul, kalo aki umumnya yg kita pake, macem gs & yuasa paling umurnya 3th...ini pengalaman pribadi, keluarga, kantor & temen. Kenapa di eropa bahkan ada yg kasih garansi 5th ya?
hmmm.....banyak faktor yg menyebabkan hal tsb bro....salah satunya adalah dari segi harga.....bisa aja pabrikan lokal bikin dg kualitas spt itu, tp akan berakibat harganya jauh lbh mahal.....

smoga bermanfaat........
User avatar
Rebellion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Thu Apr 18, 2013 4:40
Location: Bandar Lampung

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Rebellion »

Aki yg dipake di rush saat ini GS MF NS 40,belum genap 1 thn (lebih tepatnya 8 bulan) sudah susah stater,tp msh bisa idup dengan 2-3 kali stater dan dgn kondisi 1 pintu dibuka, karena kalo ditutup semua,fitur "auto lock door" jalan tambah susah (mungkin listriknya kepake banyak di fitur auto lock) :mky_01: . rencana mo upgrade ke NS 60 (padahal yg NS 40 rekomendasi dari montir autonoceng) :mky_06:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

Rebellion wrote:Aki yg dipake di rush saat ini GS MF NS 40,belum genap 1 thn (lebih tepatnya 8 bulan) sudah susah stater,tp msh bisa idup dengan 2-3 kali stater dan dgn kondisi 1 pintu dibuka, karena kalo ditutup semua,fitur "auto lock door" jalan tambah susah (mungkin listriknya kepake banyak di fitur auto lock) :mky_01: . rencana mo upgrade ke NS 60 (padahal yg NS 40 rekomendasi dari montir autonoceng) :mky_06:
susah starter maksudnya apa yah bro ?...apakah saat distarter putaran mesinnya melemah atau putaran mesin kenceng, tp agak susah idupnya ?....klo putaran mesin agak melemah saat distarter, boleh diperiksakan kondisi akinya, tp klo putaran mesinnya normal dan idupnya agak susah, boleh diperiksakan kondisi mesin nya....mungkin perlu tune up mobilnya...

smoga bermanfaat...............
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Jambangan »

Om syamsul, mo tanya dong
Beberapa bulan ini kadang2 mobil ane susah distarter. Jadi harus beberapa kali start baru hidup. Itupun pas hidup ga mulus. RPM rendah dulu ampe mesin getar trus berangsur-angsur RPM normal lagi
Tapi masalah ini muncul kadang2 aja. Biasanya sekali start langsung hidup walaupun mobil ga dinyalakan seminggu
Kirain ane aki nya ga bener. Ane cek di bengkel langganan & shop n drive aki msh oke katanya
Kira2 ane harus cek mulai dari mana ya om??
Apa sebaiknya ane bawa ke beres aja?? Soalnya ane nanya ke forum sebelah bisa jadi dari sensor2nya
Oh iya umur aki sekitar 1 taun 7 bulan. Ane belinya februari 2012 di shop n drive. Aki merek GS MF

Oke thx om jawabannya :thanks:
User avatar
yusthirahman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Oct 05, 2012 6:23

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by yusthirahman »

Kebtulan,
Kira2 ada pengaruhnya ga kalo dari sononya AKI yg musti kudu kita misalkan harus tipe NS 60 kita ganti pakai NS70
Dharapkan kalo ampere nya tambah besar aki lebih awet..

Kira 2 ada pengaruh ya ga?

Ane kemarin pake G Force, udah 2 taon soak, trus ini barusan ganti baru pake GS
engineer's has only need one wife..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by BADAK »

yusthirahman wrote:Kebtulan,
Kira2 ada pengaruhnya ga kalo dari sononya AKI yg musti kudu kita misalkan harus tipe NS 60 kita ganti pakai NS70
Dharapkan kalo ampere nya tambah besar aki lebih awet..

Kira 2 ada pengaruh ya ga?

Ane kemarin pake G Force, udah 2 taon soak, trus ini barusan ganti baru pake GS
2 tahun udah soak, trz mintanya berapa taon om? :mrgreen:
IMHO, jaman skrg umur aki normal rata2 mmg rata-rata 2-3tahun. Hal ini diluar perawatan gak benar, kondisi mobil yg gak beres, dll. Asumsi saya kalo dibawah 1,5th baru bisa dibilang gak awet (berdasarkan pengalaman saya menjual aki selama ini).
Kalo saya selama ini sering menyarankan langganan untuk memperbesar kapasitas aki, asal dalam taraf normal. Terutama untuk2 mobil2 tua yg nilai hambatannya udah semakin besar krn usia. Sedangkan untuk mobil2 yg msh tergolong baru, memperbesar kapasitas aki trll extreme malah mubazir (buang2 duit) dan memperberat kerja altenator dalam pengisian daya. Misal apanja-xenia, aki bawaan pabrik NS40 yg trll minim sebaiknya diperbesar dgn NS60 ato bisa juga dgn tipe JASO NX100-S6 (55aH). Memperbesar aki dr NS60 (45aH) ke NS70 (65aH) cukup jauh juga peningkatannya, selain mubazir, dimensi tempat aki pasti hrs diubah krn jauh lebih besar. Kecuali mmg mobil dipasang banyak alat elektronik yg menyita daya sangat besar.
kompresorz wrote:
polarbear wrote:Apa karena lebih dingin ya?
aki merk eropa mungkin krn kualitas bahan n teknologi...mobil eropa biasanya pake varta n diehard/benar gak tulisannya(amerika ktnya dengar2 kuat)...

saya pake varta udah 5 tahun lewat 1 bulan ampe skrg msh greng...
kmaren varta baru mati 5 tahun kurang 1 bulan nempel di mobil tp di aki tulisan 4 bulan sbelumnya..ini rusak krn saya main hid...otomatis mobil nyala lampu pas mati mesin...

klo beli aki varta di jakarta ke bengkel spesialis bmw/merci dll..yang kasi garansi 1 tahun...
klo bmw ke anugrah kemayoran..

toko 74 merci gak tau...kynya sama....krn itu toko bosnya sama2 teman n join impor barang...

cobain dah varta...toh harga beda 2 x lipat dr kelas delkor tp umur jg panjang..
Aki dgn harga lebih tinggi umur lebih panjang, jelas sesuatu yg wajar saja menurut saya. Misal aki A, hrg 600rb, dibandingkan aki B seharga 300rb, umur aki A bisa 3th, aki B hanya 1,5th. Dari harganya saja udah bisa dipastikan omposisi & spec aki A lebih tinggi dr aki B. Kalo bisa buat aki A dgn harga 300rb tp tetep awet smp 5th itu baru hebat :mky_03:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

ya emang sama aja..spy gak repot mogok dijalan..1x kerja..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

Jambangan wrote:Om syamsul, mo tanya dong
Beberapa bulan ini kadang2 mobil ane susah distarter. Jadi harus beberapa kali start baru hidup. Itupun pas hidup ga mulus. RPM rendah dulu ampe mesin getar trus berangsur-angsur RPM normal lagi
Tapi masalah ini muncul kadang2 aja. Biasanya sekali start langsung hidup walaupun mobil ga dinyalakan seminggu
Kirain ane aki nya ga bener. Ane cek di bengkel langganan & shop n drive aki msh oke katanya
Kira2 ane harus cek mulai dari mana ya om??
Apa sebaiknya ane bawa ke beres aja?? Soalnya ane nanya ke forum sebelah bisa jadi dari sensor2nya
Oh iya umur aki sekitar 1 taun 7 bulan. Ane belinya februari 2012 di shop n drive. Aki merek GS MF

Oke thx om jawabannya :thanks:
hmmm.....susah distarter maksudnya putaran mesin rendah saat distarter atau putaran mesin normal saat distarter bro ?....klo putaran mesinnya normal saat distarter, baiknya mobil di tune up....tp klo putarannya lemah saat distarter, boleh curiga akinya.... klo sdh diperiksa disana dan katanya akinya ok, ada baiknya nt bersihkan kepala aki....ada kemungkinan kepala akinya kotor, shg arus listrik yg dipake akan terhambat....akibatnya starter jadi berat atau beberapa kali baru idup mesinnya....

Nah, mulainya dari melihat kepala akinya...apakah ada putih2 spt garam gitu apa kaga...klo ada putih2 spt itu, baiknya segera dibersihkan......
Ada baiknya nt tulis mobil apa yg dipake bro.....apakah kijang atau panther atau bemo gituuuuu......biar jelas....hahahahaha... :upss:

sip bro...ur welcome....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

yusthirahman wrote:Kebtulan,
Kira2 ada pengaruhnya ga kalo dari sononya AKI yg musti kudu kita misalkan harus tipe NS 60 kita ganti pakai NS70
Dharapkan kalo ampere nya tambah besar aki lebih awet..

Kira 2 ada pengaruh ya ga?

Ane kemarin pake G Force, udah 2 taon soak, trus ini barusan ganti baru pake GS
sepertinya ada pengaruhnya bro.....

Klo ga salah aki dg tipe NS 60, kepala akinya kecil. Jadi klo diganti dg tipe NS 70, nt harus merobah kepala akinya dari yg kecil, menjadi yg besar. Tapi klo akinya tipe NS 60 (S), kepala akinya sdh besar, jadi ga masalah diganti dg catatan, tempat akinya mencukupi dan pegangan akinya harus diganti dg yg lbh lebar. Selain itu tatakan akinya diganti juga klo robah dari aki kecil ke aki yg lbh besar, krn bodinya lbh besar juga.

Perubahan aki dari tipe NS60 (45 amper) ke tipe NS70 (65 amper), misalkan seperti kita mengganti tangki bensin dari yg 45 liter menjadi yg 65 liter. Akibatnya adalah bisa menempuh perjalanan lbh jauh dg tangki yg lbh besar. Pada aki yg kapasitasnya lbh besar, maka stroomnya akan lbh besar pula. Jadi apabila suatu saat ada kendala distarter, misalkan dg aki kecil, nt bisa starter sebanyak 10 kali, mk dg aki yg lbh besar jumlah starter akan lbh banyak misalkan bisa 15 kali......

smoga bermanfaat.......