Bingung Beli Motor....

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: Bingung Beli Motor....

Post by Tners »

Cloud wrote:
nikki wrote:masa nanjak ga bs nyusul krr bro?kan ktnya 4 tak lbh jago nanjak n torsinya lbh gde p200 kn?
Krr sih oke jg ,tp apa krr seboros itu kah?? Krn byk yg mengelu2 boros bgt..mgkin krn sering dpake ngbut kli ya..hehe..

Masak sih torsi P200 lebih besar dari ninja?
ninja = Daya Maksimum : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 21,6 Nm / 9.000 RPM

P200=Max Power 18 Ps / 13.25 Kw
Max Torque 1.75 kgm / 17.17 Nm
ya jauh lah,
perlu diingat, 2 tak kekuatannya justru di torsi dan tenaga, bukan di rpm. kalau mesin 4 tak bisa berputar hingga lebih dari 20.000 rpm, mesin 2 tak hanya sekitar 14.000 sd. 15.000 rpm, bisa sih bisa, namun harus dikecilkan volume silindernya (silinder diperbanyak), dan rata2 mesin 2 tak torsi maupun tenaga 1,5 kali lebih besar dari mesin 4 tak pada cc yang sama.
kalo yang bawa tahu karakter 2 tak, tanjakan bukan masalah bagi 2 tak.
sepengalaman gw sejak sma :P
2 tak, kalah torsi di bandingkan dengan 4 tak.
torsi 2tak cman besar di titik tertentu, tidak seperti 4tak yg wide torsinya.

putaran mesin 2tak lebih tinggi dari 4 tak.
2tak hanya 2langkah usaha, sedangkan 4tak kudu 4 langkah usaha.

tanjakan buat 2 tak bisa mudah, asalkan bisa keluarkan torsi di titik tertentu itu.
di puncak ajah, yg bisa enak naek gunung, 4tak kayak tiger gitu.
koz torsi merata dan besar di putaran bawah.

opini dari seorang newbie.
sori kalo ada salah :oops:
:off_team:
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: Bingung Beli Motor....

Post by azizdth »

Cloud wrote:
hanx13 wrote:powervalve letaknya di pangkal knalpot, tepatnya di saluran exhaust.
Nah waktu kompresi, kan klo 2 tak musti sedikit bocor tuh, dgn adanya powervalve , itu valve nutup separuh lebih lubang exhaust biar gak ada campuran bensin udara yg ikut terbuang. So pasti kompresi bakalan naik...

yah, simplenya gitu aja.
Waktu rpm tinggi, powervalve membuka, jd kompresi turun (tapi justru berguna buat top speed).

Sebetulnya bukan kompresi bocor, kompresi bocor artinya ada kebocoran gas yang melebihi toleransi ketika langkah kompresi maupun langkah usaha. namun ketika langkah ekspansi, lubang exhaust sudah membuka, sehingga langkah usaha terputus (kalau 4 tak tidak langsung terputus, tapi seiring bukaan katup dan langkah ekspansi lebih panjang), itu dinamakan langkah buang sekaligus diikuti bilas (2 tak) dan isap (pada ruang kompresi primer), bukan kebocoran kompresi.

terus, agar pengurangan tekanan akibat terbukanya exhaust port tidak terlalu jauh, ditutuplah sebagian exhaust port. gas pembilasan (scavenging gas) yang terbuang ke knalpot juga berkurang. tenaga di putaran rendah lebih besar, dan konsumsi bbm lebih hemat (itu sebabnya ninja bisa irit kalo bawa di rpm 3000-4000 di jalan datar). dan karena gas buang tertahan, bukan berarti rasio kompresi naik, rasio kompresi hanya akan naik jika lubang ex ditambah jaraknya dari TMA.

Pada putaran atas, saat ex port terbuka, penutupan exhaust port oleh katup justru menghambat laju gas buang (bukan kebocoran kompresi), sehingga katup ex port dibuka, gas buang lebih cepat keluar, memungkinkan pembilasan lebih cepat n bersih pada putaran atas. jadi, mesin bisa teriak lebih tinggi, tenaga juga lebih besar, hal ini juga bukan berarti rasio kompresi turun, karena selain rasio kompresi ditentukan dari jarak lubang ex dari TMA, juga laju pembilasan yang cepat ditambah fungsi knalpot, maka tekanan gas juga tinggi.
2 tak kompresinya lebih rendah dari 4 tak, yaitu karena adanya pencampuran (kontaminasi) gas buang pada gas baru, sehingga secara aktual akan menaikkan tekanan akhir kompresi dan juga mengurangi ketahanan bbm terhadap knocking.
meski mesin turbo bertekanan sekian bar, namun tetap ditulis rasio kompresi menurut perhitungan standar, yaitu dari perbandingan volume silinder+ruang bakar dengan volume ruang bakar, misal
8,8 : 1, bukan ditulis 13:1, meski tekanan kompresi sesungguhnya lebih besar dari mesin tanpa turbo dengan rasio komp 13:1.
gila, ga ngarti ane ame pembahasannya, obrolan tingkat tinggi nih, ibarat ilmu kanuragan, bro2 disini banyak yg udah pake Ajian Serat Jiwa tingkat 10, lieurr euy..... :e-doh: :e-doh:
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Bingung Beli Motor....

Post by hanx13 »

Tners wrote:
Cloud wrote:
nikki wrote:masa nanjak ga bs nyusul krr bro?kan ktnya 4 tak lbh jago nanjak n torsinya lbh gde p200 kn?
Krr sih oke jg ,tp apa krr seboros itu kah?? Krn byk yg mengelu2 boros bgt..mgkin krn sering dpake ngbut kli ya..hehe..

Masak sih torsi P200 lebih besar dari ninja?
ninja = Daya Maksimum : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 21,6 Nm / 9.000 RPM

P200=Max Power 18 Ps / 13.25 Kw
Max Torque 1.75 kgm / 17.17 Nm
ya jauh lah,
perlu diingat, 2 tak kekuatannya justru di torsi dan tenaga, bukan di rpm. kalau mesin 4 tak bisa berputar hingga lebih dari 20.000 rpm, mesin 2 tak hanya sekitar 14.000 sd. 15.000 rpm, bisa sih bisa, namun harus dikecilkan volume silindernya (silinder diperbanyak), dan rata2 mesin 2 tak torsi maupun tenaga 1,5 kali lebih besar dari mesin 4 tak pada cc yang sama.
kalo yang bawa tahu karakter 2 tak, tanjakan bukan masalah bagi 2 tak.
sepengalaman gw sejak sma :P
2 tak, kalah torsi di bandingkan dengan 4 tak.
torsi 2tak cman besar di titik tertentu, tidak seperti 4tak yg wide torsinya.

putaran mesin 2tak lebih tinggi dari 4 tak.
2tak hanya 2langkah usaha, sedangkan 4tak kudu 4 langkah usaha.

tanjakan buat 2 tak bisa mudah, asalkan bisa keluarkan torsi di titik tertentu itu.
di puncak ajah, yg bisa enak naek gunung, 4tak kayak tiger gitu.
koz torsi merata dan besar di putaran bawah.

opini dari seorang newbie.
sori kalo ada salah :oops:
:off_team:
tulll bgt... kurva 2 tak cenderung sempit, jd klo mau mengefektifkan torsi di tanjakan musti pake selip kopling buat nahan rpm mesin tepat di puncak torsi...

contoh:
kurva torsi Ninja 250R (4 tak)
Image

kurva torsi Ninja 150RR (2 tak)
Image


mungkin itu kurva gak pas bener, soalnya mesin dynonya beda.
tapi paling gak bisa menggambarkan. Kurva N250 lebih lebar dari rpm bawah sampe atas. Sedangkan RR150 sempit bgt, hampir rata di bawah tapi di atas langsung melejit.

sedangkan bagian yg jatuh di kurva RR, itu menunjukkan saat SKIPS mulai membuka...
Image
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: Bingung Beli Motor....

Post by nikki »

widih.. berat ni.. pake grafik2 gituan segala.. itu grafik penjualan toko bulan ini ya??hhe piss..
dedengkot cbr gada yg ngbahas cbr ni..
bro klo make 2 tak skrg2 ini ketinggalan ga si? tar ogut bli 2 tak, tau2 23 bln kedepan mncul mtr sport 4 tak.. ato tiba2 cbr masuk atpm..hehe.miris jg hati..
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Bingung Beli Motor....

Post by hanx13 »

^^^
sekarang aja Kawak udah nelorin motor sport 4 taknya....:D

mungkin masih akan ada motor sport 2 tak, tapi bakal sangat jarang (mungkin khusus hobbiers), trendnya sekarang menuju ke 4 tak, yg lebih ramah lingkungan dan gak terlalu bising....
Image
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: Bingung Beli Motor....

Post by nikki »

oia bro mu tanya dong, bro jeskoneng kan wanti2 klo trima motor dr dealer dicoba lepas tangan, stangnya center ato gak dll.. emang banyak pengalaman p200 yg udah melintir shocknya dr baru ya?? wah..... jadi ingin bli pulsar.... 20 jt ya.. sisanya buat beli susu protein.. hehehehe.. prepare buat motor 140kg.. ^^
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Bingung Beli Motor....

Post by hanx13 »

^^
punya bro Jes kan 1st batch, alias dia beli waktu pertama kali dateng bulan januari kemaren... yg warnanya masih item aja....:D

mungkin QCnya masih kurang coz masih baru bgt...

Gw ambil kemaren bulan 5, so far gak ada problem sama sekali. Baik dari mesin, body, rangka, kelistrikan...
Klo baut kendor emang pernah ngalamin gw, di baut tutup knalpot bawah bak mesin, pernah copot 1 jg waktu gw bawa turing sby-madiun pp.
selain itu lom ada keluhan. (mungkin masih baru , km masih 4000:D)


wakakakkaak...:mrgreen: susu protein...:)
tenang aja, beratnya klo lg jalan gak berasa kog. Malah kerasa lebih enteng n lincah dari thunder 125 abang gw...
Image
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: Bingung Beli Motor....

Post by nikki »

sori rada OOT dikit bro, emangnya klo trima mtr baru musti lgsg ganti oli ya? ktnya byk serbuk besinya klo br dr pabrik??
ya susu protein bkn buat angkat p200 jg bro.. buat gedein badan jg.. biar setimpal sama p200nya.. hehehehe....
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3455
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Bingung Beli Motor....

Post by TUFF Stough »

Kayanya tergantung pabrikannya Bro. Ada yang di pabriknya sudah digeber-geber duluan sebagai bagian dari QC, makanya serbuk2 geramnya dah kekumpul di filter oli. Tapi ada juga yang kalem2 aja sebelum dikirim ke konsumen.

Tapi ada baiknya sih diinreyen dulu aja selama +1 bulan atau +500km.
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: Bingung Beli Motor....

Post by nikki »

emangnya kadar batas2 inreyen itu apa ja bro? maap bgt ni awam bgt gw.. hehe, maklum lah biasa pake doang.. jd ga ngarti gitu2an.. thx bro.
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: Bingung Beli Motor....

Post by azizdth »

hanx13 wrote:^^
punya bro Jes kan 1st batch, alias dia beli waktu pertama kali dateng bulan januari kemaren... yg warnanya masih item aja....:D

mungkin QCnya masih kurang coz masih baru bgt...

Gw ambil kemaren bulan 5, so far gak ada problem sama sekali. Baik dari mesin, body, rangka, kelistrikan...
Klo baut kendor emang pernah ngalamin gw, di baut tutup knalpot bawah bak mesin, pernah copot 1 jg waktu gw bawa turing sby-madiun pp.
selain itu lom ada keluhan. (mungkin masih baru , km masih 4000:D)


wakakakkaak...:mrgreen: susu protein...:)
tenang aja, beratnya klo lg jalan gak berasa kog. Malah kerasa lebih enteng n lincah dari thunder 125 abang gw...

Racooonnnnnnhhh, rracccooonnhhhhh....
memang kao racoonnnnnhhh.... :e-whistle: :e-whistle:
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Bingung Beli Motor....

Post by hanx13 »

azizdth wrote:
hanx13 wrote:^^
punya bro Jes kan 1st batch, alias dia beli waktu pertama kali dateng bulan januari kemaren... yg warnanya masih item aja....:D

mungkin QCnya masih kurang coz masih baru bgt...

Gw ambil kemaren bulan 5, so far gak ada problem sama sekali. Baik dari mesin, body, rangka, kelistrikan...
Klo baut kendor emang pernah ngalamin gw, di baut tutup knalpot bawah bak mesin, pernah copot 1 jg waktu gw bawa turing sby-madiun pp.
selain itu lom ada keluhan. (mungkin masih baru , km masih 4000:D)


wakakakkaak...:mrgreen: susu protein...:)
tenang aja, beratnya klo lg jalan gak berasa kog. Malah kerasa lebih enteng n lincah dari thunder 125 abang gw...

Racooonnnnnnhhh, rracccooonnhhhhh....
memang kao racoonnnnnhhh.... :e-whistle: :e-whistle:
ampunnnn bozzzz....pissss....Peace
:mrgreen:


:off_team: :beer:
:e-whistle:
Image
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Bingung Beli Motor....

Post by hanx13 »

nikki wrote:emangnya kadar batas2 inreyen itu apa ja bro? maap bgt ni awam bgt gw.. hehe, maklum lah biasa pake doang.. jd ga ngarti gitu2an.. thx bro.
pada umumnya sih , inreyen tuh jalanin motor ,rpm max 5000 aja di tiap gigi....:)
ntar ada batas waktu kapan servis 1,2,3 ganti oli, dsb, sesuai di buku petunjuk....
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Bingung Beli Motor....

Post by JESKONENG »

Bobot P-200 adalah 145kg, P-180 = 143kg, Tiger = 137kg, Scorpio = 127kg..... Memang P-200 ku adalah salah 1 diantara 1st batch saat pengapalan dari India.... mungkin QCnya belum begitu teliti....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Bingung Beli Motor....

Post by hanx13 »

^^
mungkin jg sih bro. Kayak dulu awal2 P180 dateng banyak yg kedapatan masalah lampu belakang mati, speedo ngaco, dll. Tp utk keluaran yg sekarang2 udah jarang bgt.

Yah kayak kasus jupi MX awal2 dulu kan sempet tuh air radiator di water jacket ngerembes ke bak oli..
banyak lah macem2 dari merk lain, hampir semua ada...

so bagi gw, itu cuman minor problem awal produksi/shipping aja...:)
Image
User avatar
vega
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Mon Aug 06, 2007 19:15
Location: Bandung

Re: Bingung Beli Motor....

Post by vega »

nikki wrote:sori rada OOT dikit bro, emangnya klo trima mtr baru musti lgsg ganti oli ya? ktnya byk serbuk besinya klo br dr pabrik??
ya susu protein bkn buat angkat p200 jg bro.. buat gedein badan jg.. biar setimpal sama p200nya.. hehehehe....
P200 gw pas km 350an langsung diganti oli di beres bajaj ( beli sendiri ), pas diliat tuh oli bawaan pabriknya sih enceerrrr bgt hampir kaya air malah.. :shrug:
trus kata mekanik bengkelnya emg oli bawaan motor dari pabriknya kurang bagus.. lebih cepet diganti lebih bagus..
:beer:
User avatar
sirawi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Mon Jun 30, 2008 13:00

Re: Bingung Beli Motor....

Post by sirawi »

vega wrote:
nikki wrote:sori rada OOT dikit bro, emangnya klo trima mtr baru musti lgsg ganti oli ya? ktnya byk serbuk besinya klo br dr pabrik??
ya susu protein bkn buat angkat p200 jg bro.. buat gedein badan jg.. biar setimpal sama p200nya.. hehehehe....
P200 gw pas km 350an langsung diganti oli di beres bajaj ( beli sendiri ), pas diliat tuh oli bawaan pabriknya sih enceerrrr bgt hampir kaya air malah.. :shrug:
trus kata mekanik bengkelnya emg oli bawaan motor dari pabriknya kurang bagus.. lebih cepet diganti lebih bagus..
:beer:
ganti oli p200 yg bagus yg gmana bro...? bisa beli dmana klo di daerah jakarta pusat? (ada rekomen)
trus apa bisa di ganti di beres/bengkel lain?
User avatar
vega
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Mon Aug 06, 2007 19:15
Location: Bandung

Re: Bingung Beli Motor....

Post by vega »

yg pasti seh klo masih masa inreyen gini sesuain aja ama anjuran bengkel resmi ataw buku panduan..
klo beres di bandung sih ganti oli nya pake pertamina enduro 4T, ya udah gw nurut aja.. :off_good:

sebenernya sih dibengkel mana aja bisa klo cuma ganti oli, tp liat2 bengkelnya dulu harus terpercaya biar ga dikasih oli palsu.. yg agak unik di P200 klo ganti oli yaitu di lubang pembuangan bawah, oli yg ngalir harus diganjel pake karton ataw corong gitu deh biar oli nya ga kena exhaus TEC.. :e-whistle:

klo daerah jakarta gw kurang tau bro, mungkin yg lain bisa membantu.. :glodak:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Bingung Beli Motor....

Post by JESKONENG »

sirawi wrote:
vega wrote:
nikki wrote:sori rada OOT dikit bro, emangnya klo trima mtr baru musti lgsg ganti oli ya? ktnya byk serbuk besinya klo br dr pabrik??
ya susu protein bkn buat angkat p200 jg bro.. buat gedein badan jg.. biar setimpal sama p200nya.. hehehehe....
P200 gw pas km 350an langsung diganti oli di beres bajaj ( beli sendiri ), pas diliat tuh oli bawaan pabriknya sih enceerrrr bgt hampir kaya air malah.. :shrug:
trus kata mekanik bengkelnya emg oli bawaan motor dari pabriknya kurang bagus.. lebih cepet diganti lebih bagus..
:beer:
ganti oli p200 yg bagus yg gmana bro...? bisa beli dmana klo di daerah jakarta pusat? (ada rekomen)
trus apa bisa di ganti di beres/bengkel lain?
di JAR Samanhudi atau MJ Motor (arteri pondok indah) kan banyak pilihan oli selain yang standar bengkel dealer... Kayaknya Verkol 20/50itu lumayan bagus.. Juga Total 20/50.. atau kalo mau tarikan lebih enteng, boleh aja yang 15/50 (merk apa itu yang bikinan Malaysia).. yang penting angka belakangnya tetap hrs 50 dan yang khusus buat motor 4T yang memang umumnya TANPA FRICTION MODIFIER (unsur yang ada pada oli mobil, tapi bisa bikin kopling motor selip) bro.... Tapi ada juga oli mobil Pertamina yang bisa untuk motor karena tidak mengandung unsur itu, dan oleh karenanya pernah juga dipake oleh beres Bajaj di beberapa Dealer...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Bingung Beli Motor....

Post by JESKONENG »

btw kayaknya bro nikki sudah memutuskan memilih P-200 ya.... mudah2an tidak mengecewakan, tapi justru bisa membuat hari-hari bro nikki makin menggairahkan menyenangkan hehehe....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Bingung Beli Motor....

Post by JESKONENG »

btw, berapa usia bro nikki ?? apakah ada ayah yang kadang minjem motornya ? Pasti beliau lebih sreg mengendarai P-200 hehehe.. kalo orangtua nyemplak Ninja KRR mungkin agak janggal diliat ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: Bingung Beli Motor....

Post by nikki »

@jeskoneng
Iya emg gw udah mikir2 n menjelajahi forum2 internet sjak bln lalu n udah yakin ama p200,tp kdg2 org2 sekitar sk manas2in beli cbr lah.krr lah..bsk rncananya mw ke jar depok ni bro..umur gw 19..pake bwat sndiri aja..

Oia ada masukan ga klo trima mtr baru kr2 apa aja yg d cek dr mtrnya selain balance center setangnya??
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
User avatar
bayker
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Jul 11, 2008 18:09
Location: Jakarta-Bayoran Sumpek

Re: Bingung Beli Motor....

Post by bayker »

ikutan nimbrung boleh ya bro bro disini :e-whistle: , secara kan motor gw juga baru turun nih.

sebulan yang lalu gw sama bingungnya nih ama bro nikki makanya gw mo sharing pengalaman aja.
kalau menurut gue sih sekurangnya ada 3 step kalau mo milih motor :
step-1 : Lihat spec diri sendiri
lihat spec diri sendiri penting bro, liat berapa tinggi/berat badan, riding style, keuangan, kebutuhan dsb dsb.... pokoknya ujung2nya kita harus punya tujuan yang pasti. misal sampe punya kalimat2 seperti ini :
"Gue butuh dan menginginkan motor laki yang irit, nyaman buat sehari-hari ke kantor, spare part murah bla bla bla..... dan gue yakin keuangan gw pas buat beli motor itu" atau
"Gue butuh dan menginginkan motor laki yang mewah, bergengsi, bermerk, boros dikit gpp asal gaya, tampangnya garang bla bla bla bla......dan gue yakin keuangan gw pas buat beli motor itu" atau
"Gue butuh dan menginginkan motor bebek yang kuenceng, gesit tapi irit, spare part mahal gpp yang penting jarang rusak....bla bla bla dan bagi gue harga gak masalah" atau
"Gue butuh dan menginginkan motor yang bisa buat bawa beban berat secara badan gw beratnya 125 kg dan istri 80 kg belum lagi dagangan gue 50 kg, tapi pastinya motor itu harus irit dan sparepartnya murah meriah... dan harganya harus murah ya...."

intinya lu harus liat diri sendiri bro sebelum liat orang lain, motor A cocok buat orang lom tentu cocok buat lu. percuma beli motor mahal-mahal tapi gak cocok buat diri kita. menurut gue motor yg bagus motor yang pemiliknya merasa cocok saat mengendarainya. jangan maksa lah pokoknya.....

Step-2 Lihat Spec Motor
nah bagian ini gw gak bisa ngasih saran yang baik bro, secara gw juga gak terlalu paham soal mesin dan embel2nya, tapi yang udah gw lakukan sebelum gw putuskan membeli motor adalah mencari info sebanyak-banyak nya dari brosur, pemakai langsung, test drive, ngobrol sama montir2 di bengkel langganan, browsing di internet dll. tapi khusus yang terakhir (browsing di internet) kudu jeli bro. saat ini internet sudah menjadi senjata pemasaran oleh sales ATPM2. kita harus bisa bedakan mana pamakai mana sales dan yang paling susah dibedakan adalah sales yang nyamar jadi pemakai atau pemakai berjiwa salesman. tapi tips untuk bedain mana sales mana pemakai biasanya gini "pemakai gak sungkan2 nyebut soal kekurangan motornya bahkan terkadang "mengeluh" secara jujur tanpa disertai kalimat penutup, nah sebaliknya sales, kalau di tanya atau di sebut kekurangan motornya selalu ngeles mulu mirip petinju :weekk: . huehuehue

step-3 Lihat lingkungan tempat tinggal
gak lucu kayaknya kalau beli motor sport berfairing sedangkan rumah lu di tengah2 hutan yang cuma bisa dilewatin pejalan kaki, atau beli motor bersuara cempreng padahal tinggal di rumah kontrakan ditengah2 petak-petak kontrakan orang lain, atau beli moge padahal rumah di gang senggol. berlaku juga untuk masalah sparepart dan layanan servis, pastikan di kota tempat tinggal kita sudah ada layanan servis dan sparepartnya kalau gak mau susah sendiri.

yah gitu deh bro.... sori ya kalau penjelasannya sifatnya gak teknis, karena cuma itu yg bisa gw bantu.
:ungg:
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: Bingung Beli Motor....

Post by Tners »

oli pas km baru 49km, langsung di ganti.
isinya serbuk besi smua.
sampe di tutupnya bisa ada gunung serbuk besi.

pake enduro 4t.

langsung beda suaranya setelah di ganti oli.
tinggal nunggu pas servis pertama deh, di ganti lagi olinya.
semoga udah bersih dari serbuk besinya.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
nikki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
Location: Depok

Re: Bingung Beli Motor....

Post by nikki »

Bro,tanya dong..apa aja yg msti dprhatiin bgitu mtr dtg krmh?? Trus ganti oli yg bgs setiap brp km?? Oli yg bgs apa??
Btr lg br mw jln ke jar neh..hahaha..
THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ