Motor mana yang paling irit ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by andy1800 »

hendywjj wrote:bagaimana dengan bebek injection ? yang katanya salesnya bisa 1 / 70km, perawatan mudah, tarikan kenceng.....bener gak sich ????

Dan kenapa ya klu dijalan2 saya lihat banyak motor2 baru saat ini jenis bebek yang bagian atas lampu remnya pada pecah ? atau eblek - eblek ? apakah dari materialnya yang kurang bagus dan gak tahan goncangan ? atau karena dari habit pemilik yang sering off road, lewat jalan tanah dan trotoar ?
gw belum makai motor injeksi.... cuma gara2 "anggapan salah" gw yg masih "alergi", khawatir gak bisa bongkar ndiri kl trouble.
tapi secara logika, jelas lebih irit injection....meskipun nggak beda jauh juga.
soalnya, injeksi di motor, pastilah blm se-complicated injeksinya mobil.
kl injkesi mobil modern, udah banyak sensor2nya, shg bisa lbh efisien "mengiringi" buka-an gas kita, atau kebutuhan si silinder.
sdgkan kalau di motor, nampaknya belum segitunya....katakanlah, kl versi karbu diklaim bs 65 km/ltr, lalu injeksi bs 70 km/ltr.. ya wajar.

satu lagi... tarikan kenceng, pastilah berbanding lurus dengan Fuel Consumption...
jadi, musti bijaksana pilihnya, mau tarikan kenceng abies tapi bensin irit abies ?... itu namanya pemikiran yg krg bijak.

biasanya hari gini memang banyakan bodywork menggunakan sistem clip instead of baut...
itu sangat berguna dari sisi kepraktisan produksi, yg menuntut kecepatan tinggi.
kelemahannya, "ikatannya" akan lbh longgar .... dan ada juga yg mudah patah lidah2 klip-ceklik nya itu

jadi, kalau bodywork ini, bisa diatasi dan dirapihin ndiri, baiknya jgn nunggu sampai eblek-eblek....
lihat dg jeli, yg mana yg potensi utk patah shg bikin eblek-eblek nantinya,
lalu, karet ban dalam plus potongan sendal jepit ditambah lem aibon kuning.. atau bahkan cable-ties/tie-wrap pun bisa mengatasinya...

memang dalam produksi massal plastik ABS itu, kadang ada aja yg kurang presisi... tp kl gw, bisa "memaafkannya" koq...hehehe
kl habit suka "maen hajar"...gw juga koq...tp itu nggak segitunya drastis mempercepat kerusakan2.
gw gak sayang kl pun harus lbh cepat ganti shockbreaker atau laher..
gw mikirnya: "punya motor ya musti gw nikmati..udah dikasih shock absorber, percuma kl nggak difungsikan"...getu... :mrgreen:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
hendywjj
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Jun 02, 2008 7:11

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by hendywjj »

andy1800 wrote:
hendywjj wrote:bagaimana dengan bebek injection ? yang katanya salesnya bisa 1 / 70km, perawatan mudah, tarikan kenceng.....bener gak sich ????

Dan kenapa ya klu dijalan2 saya lihat banyak motor2 baru saat ini jenis bebek yang bagian atas lampu remnya pada pecah ? atau eblek - eblek ? apakah dari materialnya yang kurang bagus dan gak tahan goncangan ? atau karena dari habit pemilik yang sering off road, lewat jalan tanah dan trotoar ?
gw belum makai motor injeksi.... cuma gara2 "anggapan salah" gw yg masih "alergi", khawatir gak bisa bongkar ndiri kl trouble.
tapi secara logika, jelas lebih irit injection....meskipun nggak beda jauh juga.
soalnya, injeksi di motor, pastilah blm se-complicated injeksinya mobil.
kl injkesi mobil modern, udah banyak sensor2nya, shg bisa lbh efisien "mengiringi" buka-an gas kita, atau kebutuhan si silinder.
sdgkan kalau di motor, nampaknya belum segitunya....katakanlah, kl versi karbu diklaim bs 65 km/ltr, lalu injeksi bs 70 km/ltr.. ya wajar.

satu lagi... tarikan kenceng, pastilah berbanding lurus dengan Fuel Consumption...
jadi, musti bijaksana pilihnya, mau tarikan kenceng abies tapi bensin irit abies ?... itu namanya pemikiran yg krg bijak.

biasanya hari gini memang banyakan bodywork menggunakan sistem clip instead of baut...
itu sangat berguna dari sisi kepraktisan produksi, yg menuntut kecepatan tinggi.
kelemahannya, "ikatannya" akan lbh longgar .... dan ada juga yg mudah patah lidah2 klip-ceklik nya itu

jadi, kalau bodywork ini, bisa diatasi dan dirapihin ndiri, baiknya jgn nunggu sampai eblek-eblek....
lihat dg jeli, yg mana yg potensi utk patah shg bikin eblek-eblek nantinya,
lalu, karet ban dalam plus potongan sendal jepit ditambah lem aibon kuning.. atau bahkan cable-ties/tie-wrap pun bisa mengatasinya...

memang dalam produksi massal plastik ABS itu, kadang ada aja yg kurang presisi... tp kl gw, bisa "memaafkannya" koq...hehehe
kl habit suka "maen hajar"...gw juga koq...tp itu nggak segitunya drastis mempercepat kerusakan2.
gw gak sayang kl pun harus lbh cepat ganti shockbreaker atau laher..
gw mikirnya: "punya motor ya musti gw nikmati..udah dikasih shock absorber, percuma kl nggak difungsikan"...getu... :mrgreen:

Makasih banyak atas advice dan penjelasannya ya.........sangat membantu saya.....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by JESKONENG »

Bajaj Pulsar 180cc bisa mencapai 60 km/liter... dan yang 200cc bisa 40-an km... apakah mereka masuk ranking 5 besar motor teririt di kelasnya ???
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by riofhaloho »

^termasuk bro...
untuk ukuran motor sport, bajaj pulsar 180 udah cocok ama selera konsumen di Indonesia!
mBuoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Tue May 20, 2008 12:41

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by mBuoy »

dgr2 bajaj XCD 125 1 liter tembus 100km bro
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by Cloud »

wow, shogun ane jg bs 107 km/l lo, tp pelan2 berkendaranya, pake cara irit bgt, bahkan kadang pk tekan kopling. eh, alfanya mo dijual? kalo harganya terlalu rendah sayang juga, mending dimusiumkan, hehehe.... tapi dulu pernah pk alfa, 1 liter bisa 40 km lo, padahal ngebut2 sampe topspeed jg, perjalanan luar kota sih, mungkin tu alfa gk pernah diservis? normalnya gak keluar asap lo, ato dikit banget asapnya.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by hanx13 »

mBuoy wrote:dgr2 bajaj XCD 125 1 liter tembus 100km bro
klaim pabrikan sih 1 liter = 107km

katanya orang dealer yg dah ngetes, 1 liter = 70km jkt-sby....:)
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by JESKONENG »

bro yang bikin topik ini mungkin salah tempat atau gimana yak.. di common topic of motorcycle tapi kok awalnya nyebut cuma bebek.... judulnya juga gak ada kata2 bebek.... berarti speda kumbang (sepeda + mesin kecil 30 cc) bisa diomongin juga dooong...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by anak_singkong »

GLK sy full tank 2 minggu ga abis2 tuh bensinnya..pdhal tuh motor angkutannya udh kya truk tronton aja..sehari bs keliling2 dr Sawangan sampe Cinere.
User avatar
d4n1
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 4:50
Location: Yogyakarta

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by d4n1 »

sanek viesta X- ku irit banget bisa sampai 200 km /l, pake cara paling irit. jalanannya turun terus mesin dimatiin sampe deh tempat tujuan.

mending dibuat poling aja karena ngak setiap orang dengan cara pemakaian dan cara setingan berbeda pasti ngunggulin motornya ndiri................................ :e-think: :e-think:

:capede:
:beer:
:off_team:
:cupss:
:agrue:
:e-think:
:off_sleep:
masri
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Apr 22, 2008 13:45
Location: batam

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by masri »

hendywjj wrote:Dear All,

Mau tanya dong......diantara begitu banyak merk dan tipe motor bebek di Indonesia, mana yang paling irit BBM ? untuk merk honda, mana yang paling irit ? di merk yamaha, mana yg paling irit ? di merk suzuki, mana yang paling irit ?

Terima kasih bantuannya

Regards.....

MOTOR YANG PALING IRIT ADALAH MOTOR MAINAN ANAK ANAK..... NGAK PERLU BIAYA BENSIN..... BETUL NGAK :mrgreen:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by Cloud »

mestinya dibuat tes pemakaian energi atau bahan bakar dibandingkan dengan daya kudanya. saya rasa hasil test itulah kendaraan yang teririt.
misal ada yang menganggap kendaraan listrik irit, coba dikalkulasikan energi yang dibutuhkan untuk full charge, dan bandingkan dengan kendaraan bertenaga sama memakai internal combustion engine. berapa kalori bbm yang dipakai.
kan masing2 bisa dikonversi dalam satuan yang sama, misal joule, ato watt,

misal lagi, motor satu menghasilkan 6 dk
motor yang lain 7 dk. keduanya memiliki konsumsi bbm yang sama, jadi yang 7 dk lebih hemat, karena memiliki satuan pemakaian bahan bakar lebih kecil tiap dk-nya.

kalo ada lagi yang membandingkan dengan hasil jarak tempuh, masing2 kendaraan ada spesialisasi. misal, spesialisasi angkutan berat, ato spesialisasi hemat bbm, ato spesialisasi nanjak2 ato spesialisasi tarikan n kenceng2an. nah, dari situ tinggal pilih, mana yang sesuai kebutuhan. kan ya nggak mungkin milih kendaraan kenceng2 an tapi pake yang untuk hemat2an, ato sebaliknya. semua ada tujuannya.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by anak_singkong »

d4n1 wrote:sanek viesta X- ku irit banget bisa sampai 200 km /l, pake cara paling irit. jalanannya turun terus mesin dimatiin sampe deh tempat tujuan.
masri wrote:

MOTOR YANG PALING IRIT ADALAH MOTOR MAINAN ANAK ANAK..... NGAK PERLU BIAYA BENSIN..... BETUL NGAK :mrgreen:

Ini klo reply yg masuk di akal dong..masa motor dibandingin ama mainan..jalan diturunanlah apalah..asal jgn ngomong ngesot aja yg irit! :mad:

kasian TS nya tuh..mungkin aja di ga banyak tau soal motor.

Tolong dong kasi masukan yg bener.
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by didietkeren »

Motor yang irit:
1. 4 tak
2. karburator model vakum (kalau Injeksi mohon dihitung faktor perawatan apakah cukup murah, soalnya saya juga lom pake injeksi)
3. kompresi rendah (karena optimal pake premium yg harga paling murah)
4. main jet dan pilot jet berukuran relatif kecil

tapi sebenarnya definisi irit masih terlalu luas, apakah:
-irit BBM
-irit biaya perawatan/servis
-irit biaya spare parts atau awet

dan faktor lain jg sangat berpengaruh seperti: riding habit, apakah sering buka-tutup gas secara agresif, setting karbu dan klep nya pas, kekentalan oli, tapak ban, tekanan ban dll dll.

U/ Kawasaki bebek, setau saya ZX130 paling irit (dalam kota, premium, kisaran 1:50), karena sudah memakai Karbu model vakum, walau kapasitas mesin 130cc. Tapi sangat tergantung rider nya juga sih.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by hanx13 »

Cloud wrote:mestinya dibuat tes pemakaian energi atau bahan bakar dibandingkan dengan daya kudanya. saya rasa hasil test itulah kendaraan yang teririt.
misal ada yang menganggap kendaraan listrik irit, coba dikalkulasikan energi yang dibutuhkan untuk full charge, dan bandingkan dengan kendaraan bertenaga sama memakai internal combustion engine. berapa kalori bbm yang dipakai.
kan masing2 bisa dikonversi dalam satuan yang sama, misal joule, ato watt,

misal lagi, motor satu menghasilkan 6 dk
motor yang lain 7 dk. keduanya memiliki konsumsi bbm yang sama, jadi yang 7 dk lebih hemat, karena memiliki satuan pemakaian bahan bakar lebih kecil tiap dk-nya.

kalo ada lagi yang membandingkan dengan hasil jarak tempuh, masing2 kendaraan ada spesialisasi. misal, spesialisasi angkutan berat, ato spesialisasi hemat bbm, ato spesialisasi nanjak2 ato spesialisasi tarikan n kenceng2an. nah, dari situ tinggal pilih, mana yang sesuai kebutuhan. kan ya nggak mungkin milih kendaraan kenceng2 an tapi pake yang untuk hemat2an, ato sebaliknya. semua ada tujuannya.
Pulsar 200; 200cc; 18Ps; 17.17Nm; 1liter=45km; 11.111 cc/Ps
Tiger Revo; 200cc; 16,7Ps; 15 Nm; 1liter=45km; 11.976 cc/Ps
Scorpio; 225cc(actual 223); 19Ps; 18.6Nm; 1liter=35km; 11.737 cc/Ps

Ninja KIPS 150cc 2 stroke; 30Hp; 21Nm; 1liter=30km
Ninja 250R 2silinder 4 stroke; 30Hp; 22Nm; 1liter=30km

mana yg lebih efisien? :)

Pulsar lebih efisien dibanding Tigi Revo ama Pio, cuman butuh 11.111cc untuk 1 Ps. Jd kasarannya klo dibore up 22.222cc jadi 222.222cc powernya jd 20Ps...:)
Tigi revo dibore up 23.952cc jadi 223.952cc powernya naik jd 18.7Ps
Pio tetap 19Ps.

Jadi kesimpulan gw, aslinya mesin Pio dan Tigi Revo punya efisiensi yg hampir sama. Jd power Pio besar, karena cc-nya besar.
Pulsar 200 paling efisien, dgn cc sama, power yg dihasilkan bisa lebih tinggi dgn konsumsi bbm yg termasuk irit...


Nah soal Ninja, 2 stroke vs 4 stroke, single cylinder vs twin... agak susah bandinginnya..:D
Image
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by Prive »

Ngomongin soal irit, kalo buat motor perangkat yg biasa dipake buat ngirit FC itu apa aja ya. Apa ada juga alat spt piggy back, ato water air injection/brown gas, dll, buat ngirit FC motor. Kalo tujuannya cuma mau irit aja mungkin lebih baik cukup nambah perangkat spt itu aja, daripada ganti motor baru.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by hanx13 »

^^
klo masih pake karbu biasanya sih main di CDInya bro...
Image
BlackRider
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Tue Jul 08, 2008 2:06

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by BlackRider »

gw dulu pake impressa, irit abis tuh motor, PP JKt-Margonda isi full tank bisa 3 hari. (klo PP aja, gak kemana mana). tapi.... body nya berisik, getar, cat nya juga gampang bule. klo sekarang sih gw lebih suka Vega-R ketimbang Supra-x . pernah tes jkt-bandung, gw isi bensin sampai 3x, sedangkan temen gw (vega-R) cuma 2x. emang bener sih klo part yamaha jauh lebih murah, karet ke karburator motor scorpio (gw pake dah 1,5 thn) gw waktu itu gw beli Rp. 50 Ribu (kirain dah paling mahal) ternyata Tiger Revo tmn gw itu karet karburator nya Rp.200 Ribu (padahal baru 3 bln pake, masa dah rusak karet karburatornya, di tambah lagi waktu sebulan pake, rumah kopling nya rusak n untung masih garansi jadi bisa di klaim). Klo menurut gw motor paling bagus yamaha, itu menurut pendapat gw ya....

Peace.

1997-2002 Honda Impressa
2002-2006 Honda Supra X
2006-2007(akhir) Scorpio
2008 (januari) - 2008 (juli) Skywave
2008 (juli) - (lum tau sampe kapan) Minerva 150R (dah pake baru sampe 100 KM sih bensinnya irit bngt, lebih irit dari skywave gw)
conrod
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun May 25, 2008 6:46
Location: Pontianak

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by conrod »

g baca motor plus yg mempengaruhi keiritan
1.Berat/beban yang di bawa motor semakin berat semakin besar gas yang berlu di buka untuk menghasilkan tenaga.
2.ban yang kempas dan terlalu besar juga memberatkan kerja motor yang berfek boros
3.komponen bergerak yang aus semisal rantai yang berkarat,bearing velg dll sehingga membuat motor sulit berjalan akibat aus yang berefek buka gas besar untuk dapat tenaga maka boros lah...
4.pemakaian gigi yang salah, semisal dengan kecepat 30-40kmph memakai gigi 4 maka tarikan akan kecil di banding memakai gigi3 dengan gigi4 di bukalah gas lebih besar untuk dapat tenaga
5.pada motor kopling, sering menekan kopling sehingga menjadi selip dan berefek tidak ada tenaga
6.venturi karbu yang besar maka semakin boros
6.juga power to weigh ratio dimana semakin ringan beban yang diangkut 1 daya kuda maka motor semakin irit dan kencang semisal berat kosong tigor revo 137kg/16,7dk maka beban 8,20kg dipikul 1dk(belum temasuk bensin 13,2liter dan berat pengendara) maka beban yang dipikul 1 dk makim besar.sehingga makin boros

contoh lain pada PON kaltim pembalap tuan rumah beratnya cuma 40an kilogram sedangkan hendriansyah dari yogya lebih dari 60kg tentu pemenangnya yang ringan alias tuan rumah dan hendriansyah perlu buka gas alias paksa mesin biar dapat menandingi tuan rumah karena beban yang dipikul motor lebih besar menyebabkan tenaga melorot.

segitu deh...piss kalo ada salah...
User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by sandosicora »

riding syle bro kalo menurut gw yang bisa buat lebih irit.. tapi kalo motornya dalam keadaan sehat yah :e-boohoo:
rise of the SP
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by JESKONENG »

definisi irit menurutku harus mengandung 1 faktor, apakah mampu lari kencang.... Dalam jajaran Bajaj misalnya, kalo cuman mau irit tanpa memikirkan performa, kenyamanan touring, ya lebih baik ngambil XCD 125cc, tapi kalo irit, mantap untuk touring dan kencang, ya P-200....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
inovation
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Thu Nov 25, 2004 5:20
Location: JAKARTA

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by inovation »

gila kok motor g boros bgt yah, 1:30km doang ]

g naek Suzuki Shogun 125cc yg taon 2004 punya, gile dah, tp motornya ga perna service and ganti oli

ngaruh ga tuh? motor baru aja jalan 23rb KM

hahaha ga perna make dl neh motor..
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by TUFF Stough »

Jelas ngaruh Bro. Dari tahun 2004 gak pernah ganti oli, ato sering telat ganti oli?

Shogun SP gw aja buat ngebut2 masih bisa dapat 1:53.
User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by sandosicora »

hah.. :shock: dari 2004 ga pernah ganti oli??? ga jadi bubur tuh oli? :drinking: apa dah jadi pasir..
rise of the SP
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Motor mana yang paling irit ?

Post by Prive »

Oli juga cairan yang bisa menguap/evaporasi kalau kena panas, gesekan, dll. Memang tingkat penguapannya rendah karena kental, tapi kalo dipake terlalu lama tanpa diganti lama2 ya abis juga, coba dikuras oli mesinnya dan dilihat tinggal berapa volumenya. Kalo terlalu sedikit apa gak kasian tuh mesin, tinggal tunggu rontoknya aja, lifetimenya jadi pendek. Di dunia ini gak ada yang abadi, begitu juga oli mesin yang butuh penggantian reguler - cmiiw.