Dinamo Ampere
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Mon May 26, 2008 11:44
- Location: Indonesia
Dinamo Ampere
Sebelumnya saya minta maaf apabila topic ini pernah di posting sebelumnya, karena kebetulan saya search gak dapat tentang ini, atau mungkin hanya berbeda nama / sebutan.
Topic ini sedikit menyenggol soal mesin dan kelistrikan mobil, tetapi juga menyenggol soal audio
Bagi yang suka geber-geberan audio, terutama pencinta SPL termasuk para kontestan SPL pasti bukanlah hal yang baru mengenai besarnya listrik yang dibutuhkan untuk membuat suara audio yang dihasilkan diluar kemampuan telinga mendengarnya, bahkan sampe ada yang mengakibatkan kaca pecah.
Yang saya ingin tanyakan berbahayakah terhadap komponen mobil, terutama mobil jaman sekarang yang kebanyakan sudah memakai sistem komputerisasi apabila Dinamo Ampere mobil standart ditukar dengan yang memiliki kemampuan memasokkan listrik lebih besar untuk mengisi beberapa aki sekaligus? Thnks....
Topic ini sedikit menyenggol soal mesin dan kelistrikan mobil, tetapi juga menyenggol soal audio
Bagi yang suka geber-geberan audio, terutama pencinta SPL termasuk para kontestan SPL pasti bukanlah hal yang baru mengenai besarnya listrik yang dibutuhkan untuk membuat suara audio yang dihasilkan diluar kemampuan telinga mendengarnya, bahkan sampe ada yang mengakibatkan kaca pecah.
Yang saya ingin tanyakan berbahayakah terhadap komponen mobil, terutama mobil jaman sekarang yang kebanyakan sudah memakai sistem komputerisasi apabila Dinamo Ampere mobil standart ditukar dengan yang memiliki kemampuan memasokkan listrik lebih besar untuk mengisi beberapa aki sekaligus? Thnks....
~Black Corner~


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Dinamo Ampere
dinamo ampere saya rasa tidak perlu diganti, kecuali bro upgrade ampere aki mobil hingga diatas 100.
penggunaan lebih dari 1 aki, ga masalah sepanjang aki2 tersebut sama, tapi harus diingat lebih dari 1 aki itu ada batasnya, bukan 5-10 unit dijejer ya... kalo itu, jelas dinamo tidak mampu supply secara cepat. meskipun tetep bisa mengisi.
ini sih teori saya, silahkan yg lain bisa menambahkan...
penggunaan lebih dari 1 aki, ga masalah sepanjang aki2 tersebut sama, tapi harus diingat lebih dari 1 aki itu ada batasnya, bukan 5-10 unit dijejer ya... kalo itu, jelas dinamo tidak mampu supply secara cepat. meskipun tetep bisa mengisi.
ini sih teori saya, silahkan yg lain bisa menambahkan...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13
Re: Dinamo Ampere
bukannya aki boleh dipasang berapa aja sesuai kebutuhan power audionya, asal dikonek parll ?.besar kecilnya dinamo tergantung mau berapa cepat pengisiin aki dengan catatan.
Menurut saya,Komputer atw ECU tdk trgantung besar/kecilnya dinamo asal V nya dijaga aja jangan melebihi/kurang dari toleransinya.
Menurut saya,Komputer atw ECU tdk trgantung besar/kecilnya dinamo asal V nya dijaga aja jangan melebihi/kurang dari toleransinya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Dinamo Ampere
memang boleh dipasang berapa saja, tapi dengan dinamo standar cepat atau tidaknya seperti bro moge bilang, tergantung besar dinamo nya. jadi 2 aki pararel lebih cepat perngisiannya dibanding 10 aki pararel. 
bro moge benar kok...

bro moge benar kok...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Dinamo Ampere
Kalu pengalaman gw sih perlu bgt pasang dinamo amper yg lebih besar dari standar utk sound system. Ga masalah sama kelistrikan. Justru kalu ga pasang malah masalah. Listrik yg terpakai lebih besar dari yg masuk ke accu. Akhirnya lama-lama accu cepet rusak. Kalu accu rusak, dinamo amper juga ikut2an rusak. Mungkin karena ga ada "penyaluran" sehingga lama-lama jadi gosong.
Ini pengalaman gw ya. Ga tau bener atau nggak.
Ini pengalaman gw ya. Ga tau bener atau nggak.

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Dinamo Ampere
selama audio nya tidak extrem, tidak perlu ganti dinamo amper... jika dirasa power dari aki drop, dapat menggunakak bank capasitor.y_anjasrana wrote:Kalu pengalaman gw sih perlu bgt pasang dinamo amper yg lebih besar dari standar utk sound system. Ga masalah sama kelistrikan. Justru kalu ga pasang malah masalah. Listrik yg terpakai lebih besar dari yg masuk ke accu. Akhirnya lama-lama accu cepet rusak. Kalu accu rusak, dinamo amper juga ikut2an rusak. Mungkin karena ga ada "penyaluran" sehingga lama-lama jadi gosong.
Ini pengalaman gw ya. Ga tau bener atau nggak.
dinamo standar rata2 dapat mengisi aki maksimal 70amper. kalo mobil agak gede (SUV keatas) sampe 100amper.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57
Re: Dinamo Ampere
bantu informasi alternator std berkisar 40-60amper.
sedangkan mobil yg high spek, baru alternator besar.
paling gede di std ya pake Xtrail 110Ah.
penggantian alternator besar ga bermasalah dengan kelistrikan mobil.
karena ampere yg bertambah.
bukan voltase.
jika voltase yg di naekkan drastis, maka yang terjadi seperti pengalaman "y_anjasrana".
sedangkan mobil yg high spek, baru alternator besar.
paling gede di std ya pake Xtrail 110Ah.
penggantian alternator besar ga bermasalah dengan kelistrikan mobil.
karena ampere yg bertambah.
bukan voltase.
jika voltase yg di naekkan drastis, maka yang terjadi seperti pengalaman "y_anjasrana".
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Dinamo Ampere
wah kalo voltase yg dinaikkan, saya yg ga ngerti buat apa nih? hehehe! soalnya kalo hanya utk (misal) head unit 14volt, pake saja capasitor buat head unit... cukup membantu kan ya...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57
Re: Dinamo Ampere
voltase mesin mati = 12,8v
mesin nyala = 14,4v normal.
kalo 13,8v berarti alternator lemes.
cap HU cman bantu untuk menstabilkan arus ke HU.
mesin nyala = 14,4v normal.
kalo 13,8v berarti alternator lemes.
cap HU cman bantu untuk menstabilkan arus ke HU.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Dinamo Ampere
oke! thanks! 13,8 itu yg saya ga tau kalo itu lemes! masukan kalo gitu ini... makasih.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
di mobil apa nih bro?.Tners wrote:voltase mesin mati = 12,8v
mesin nyala = 14,4v normal.
kalo 13,8v berarti alternator lemes.
cap HU cman bantu untuk menstabilkan arus ke HU.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
masukan nyang ngaco bro.poeticmind wrote:oke! thanks! 13,8 itu yg saya ga tau kalo itu lemes! masukan kalo gitu ini... makasih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
Klo jaman dulu itu disebut dinamo amper, sdgkan sekarang bernama alternator. Keduanya sama2 buat ngecharge aki, tapi dinamo amper, itu dc sedangkan alternator ac dirubah jadi dc. Klo ngak salah ya, klo salah tolong dikoreksi.
Yg gw pernah ukur pake digital voltmeter bikinan jepang asli (bukan abal2), pada mobil bensin yg normal maksimum 13,8 volt, sedangkan di mbl diesel 14,1 volt maksimum ( di kijang bensin dan kijang diesel dan panther ).Itulah sebabnye klo lampu di mbl diesel lebih terang daripada mobil bensin, wlp menggunakan watt nyang sama. (gw pernah tulis ini, tapi dimana yah?).

Yg gw pernah ukur pake digital voltmeter bikinan jepang asli (bukan abal2), pada mobil bensin yg normal maksimum 13,8 volt, sedangkan di mbl diesel 14,1 volt maksimum ( di kijang bensin dan kijang diesel dan panther ).Itulah sebabnye klo lampu di mbl diesel lebih terang daripada mobil bensin, wlp menggunakan watt nyang sama. (gw pernah tulis ini, tapi dimana yah?).


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
- Location: Jakarta Barat
Re: Dinamo Ampere
trus kalo ga nyampe 13,8 v ato 14,1 v gitu yg lemes apanya dunk pak? yg alternator atau dinamo amper nya seh yg bener?sjamsul wrote:Klo jaman dulu itu disebut dinamo amper, sdgkan sekarang bernama alternator. Keduanya sama2 buat ngecharge aki, tapi dinamo amper, itu dc sedangkan alternator ac dirubah jadi dc. Klo ngak salah ya, klo salah tolong dikoreksi.
Yg gw pernah ukur pake digital voltmeter bikinan jepang asli (bukan abal2), pada mobil bensin yg normal maksimum 13,8 volt, sedangkan di mbl diesel 14,1 volt maksimum ( di kijang bensin dan kijang diesel dan panther ).Itulah sebabnye klo lampu di mbl diesel lebih terang daripada mobil bensin, wlp menggunakan watt nyang sama. (gw pernah tulis ini, tapi dimana yah?).![]()
-------#BIC-701#--------
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Dinamo Ampere
Dinamo amper itu bahasa orang sini, bahasa aslinya altenator. Coba googling, keywordnya "dinamo amper wiki". Pasti yg keluar altenator.
Kalu ga salah pernah dibahas ttg ginian jg. Tanda2 altenator kurang gede atau lemah ya voltnya ga sampe 13,8v. Tapi terus terang gw sendiri belom pernah tes, abis ga punya alatnya.
Kalu ga salah pernah dibahas ttg ginian jg. Tanda2 altenator kurang gede atau lemah ya voltnya ga sampe 13,8v. Tapi terus terang gw sendiri belom pernah tes, abis ga punya alatnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
bro, dinamo amper itu tidak sama dgn alternator. Coba deh baca lagi tulisan ane. oky_anjasrana wrote:Dinamo amper itu bahasa orang sini, bahasa aslinya altenator. Coba googling, keywordnya "dinamo amper wiki". Pasti yg keluar altenator.
Kalu ga salah pernah dibahas ttg ginian jg. Tanda2 altenator kurang gede atau lemah ya voltnya ga sampe 13,8v. Tapi terus terang gw sendiri belom pernah tes, abis ga punya alatnya.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Dinamo Ampere
Kalu dilihat cara kerjanya sepertinya sih sama. Kalu ga salah dinamo ada yg ac, ada yg dc juga koq. Yg beda dikumparannya. Kalu ga salah dulu pernah belajar waktu jaman SMA dulu. Hehehe... masih inget dikit2...
Btw orang sini kan rada2 susah kalu nyebut altenator... Ribet ngomongnya gituuu....
Btw orang sini kan rada2 susah kalu nyebut altenator... Ribet ngomongnya gituuu....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 298
- Joined: Tue Jun 10, 2008 12:16
Re: Dinamo Ampere
Om tolong kasi masukan dong..
Mobil saya Mazda Vantrend 1400 cc th 98. Pada sistim kelistrikan saya modif sbb:
-Lampu besar dari standard 50/60 watt dirubah mjd 90/110 watt x 2
-Tambah fog lamp 25 watt x 2
-Audio pake power tapi ga gede2 banget, kalo ga salah 1500 watt ( gw lupa)
-Kipas radiator dari standard model viscofan saya rubah jadi electric pake copotan Nissan Xtrail ( kayaknya watt nya gede bgt)
-Extra fan pake copotan Peugeot ( seri nya lupa)
-Alternator udah di gedein dari standard 45 Amp mjd 70 Amp pake copotan Nissan
-Accu juga digedein jadi 70 Amp
Nah, permasalahannya adalah stiap kipas radiator nyala (sensing dari thermal auto switch punya Honda yg saya tanam di radiator) voltage langsung drop sampe 13 v (saya pasang volt meter merk Autogauge di dashboard). Bahkan jika saat penggunaan daya listrik besar, misalnya malam hari (lampu nyala) hujan (wiper nyala) pake AC dan nyalain CD, volt bisa drop sampai 12 v. Apalagi saat rpm langsam misalnya pas macet ato di lampu merah, volt bisa drop sampai 11,5 v.
Pertanyaan nya : Bgm hal itu bisa tjd? Apa penyebabnya? Bgm troble shooting nya? Maaf membrondong… lagi semangat…
Padahal alternator & accu sudah saya besarkan kapasitasnya.
Mohon pencerahan.
Matur nuwun.
Mobil saya Mazda Vantrend 1400 cc th 98. Pada sistim kelistrikan saya modif sbb:
-Lampu besar dari standard 50/60 watt dirubah mjd 90/110 watt x 2
-Tambah fog lamp 25 watt x 2
-Audio pake power tapi ga gede2 banget, kalo ga salah 1500 watt ( gw lupa)
-Kipas radiator dari standard model viscofan saya rubah jadi electric pake copotan Nissan Xtrail ( kayaknya watt nya gede bgt)
-Extra fan pake copotan Peugeot ( seri nya lupa)
-Alternator udah di gedein dari standard 45 Amp mjd 70 Amp pake copotan Nissan
-Accu juga digedein jadi 70 Amp
Nah, permasalahannya adalah stiap kipas radiator nyala (sensing dari thermal auto switch punya Honda yg saya tanam di radiator) voltage langsung drop sampe 13 v (saya pasang volt meter merk Autogauge di dashboard). Bahkan jika saat penggunaan daya listrik besar, misalnya malam hari (lampu nyala) hujan (wiper nyala) pake AC dan nyalain CD, volt bisa drop sampai 12 v. Apalagi saat rpm langsam misalnya pas macet ato di lampu merah, volt bisa drop sampai 11,5 v.
Pertanyaan nya : Bgm hal itu bisa tjd? Apa penyebabnya? Bgm troble shooting nya? Maaf membrondong… lagi semangat…
Padahal alternator & accu sudah saya besarkan kapasitasnya.
Mohon pencerahan.
Matur nuwun.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
@sofan:
Ane mo balik tanya neh, klo pagi saat distarter ada masalah apa kaga?.
Klo kaga ada masalah saat starter pagi hari bearti kaga ada masalah apa2. So klo kata orang barat bilang "don't worry mannnn".
Coba deh nt perhatikan klo pas lagi di 11,5 volt trus nt gas, voltage nya naik apa kaga, klo naik yah kaga masalah. ok.
Ane mo balik tanya neh, klo pagi saat distarter ada masalah apa kaga?.

Klo kaga ada masalah saat starter pagi hari bearti kaga ada masalah apa2. So klo kata orang barat bilang "don't worry mannnn".
Coba deh nt perhatikan klo pas lagi di 11,5 volt trus nt gas, voltage nya naik apa kaga, klo naik yah kaga masalah. ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
@sofan:
Tambahan dikit lagi negh bro.
Klo di boil bensin emang begitu ciri2nye, klo ada beban maka voltage menurun beda ama boil diesel, wlp dipasangin lampu n audio voltagenye tetep aja. Yg ane pernah test di boil diesel itu dg lampu n audio dipasang, voltage menunjukkan di angka 14,1 volt. Tapi klo di boil bensin, sebelum pasang aksesories itu di 13,8 volt begitu dinyalain lampu, ac dll tanpa di gas, voltage nya menurun. ok
Klo ada yg kurang ngerti coba aja nt tanya lagi, siapa tau ane bisa memberikan jawaban lagi.
Tambahan dikit lagi negh bro.
Klo di boil bensin emang begitu ciri2nye, klo ada beban maka voltage menurun beda ama boil diesel, wlp dipasangin lampu n audio voltagenye tetep aja. Yg ane pernah test di boil diesel itu dg lampu n audio dipasang, voltage menunjukkan di angka 14,1 volt. Tapi klo di boil bensin, sebelum pasang aksesories itu di 13,8 volt begitu dinyalain lampu, ac dll tanpa di gas, voltage nya menurun. ok
Klo ada yg kurang ngerti coba aja nt tanya lagi, siapa tau ane bisa memberikan jawaban lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
Khan ane dah bahas klo cara kerjanye emang sama yaitu buat nyetrom aki.y_anjasrana wrote:Kalu dilihat cara kerjanya sepertinya sih sama. Kalu ga salah dinamo ada yg ac, ada yg dc juga koq. Yg beda dikumparannya. Kalu ga salah dulu pernah belajar waktu jaman SMA dulu. Hehehe... masih inget dikit2...
Btw orang sini kan rada2 susah kalu nyebut altenator... Ribet ngomongnya gituuu....
Klo dipandang dari sudut seorang propesinal kayak ane (sok tau model: on) nampaknye sih kaga ribet dah........ Khan dah propesional............. hehehe........Kaborrrrr........takut ntar ditimpuk pake alternatorrrrrrr..............



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 298
- Joined: Tue Jun 10, 2008 12:16
Re: Dinamo Ampere
Ane mo balik tanya neh, klo pagi saat distarter ada masalah apa kaga?.
Klo kaga ada masalah saat starter pagi hari bearti kaga ada masalah apa2. So klo kata orang barat bilang "don't worry mannnn".
Coba deh nt perhatikan klo pas lagi di 11,5 volt trus nt gas, voltage nya naik apa kaga, klo naik yah kaga masalah. ok.
Bro sjamsul, kalo pagi tdk ada masalah dgn ignition system. Begitu kontak di start langsung jreng… Begitu juga pada saat langsam voltage drop to 11,5 , begitu ane gas voltage langsung ikut naek.
Jika begitu berarti tdk ada alasan bagi saya utk khawatir kah?
Tapi kalo pas nyalain CD dgn volume gede dan musik nya “musik rumahâ€Â, saat dentuman bass terjadi voltage langsung drop sampai dibawah 11 V and followed by tape nya mati sendiri, trus nyala lagi sndiri…begitu seterusnya .
Bgm itu om sjamsul? Apakah itu juga masih normal?
Matur nuwun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
Mendingan tuh alat pengukur voltage jangan dipake lagi deh, krn suka bikin gelisah pengemudinye. Alat ini sering ngaco ato cepat rusak, krn dipakenye terus menerus. Untuk lebih meyakinkan lagi sebaiknya nt pergi ke tukang alternator n periksa pengisiannye. Klo pengisian dah normal, kaga ada yg perlu dikhawatirkan lagi.
KLo masalah tape mati sendiri, itu kemungkinan ada kesalahan pada instalasi tape nya.
Di awal tulisan nt kaga menyebutkan masalah ini.
Nah untuk mengatasi hal ini, maka kabel remote yg dari tape harus ditambahkan rly. Jadi beban tape untuk menggerakkan power jadi lbh ringan. Klo dah begini mudah2an penyakitnye bisa ilang.
Di boil ane sendiri pake 2 power yg cukup besar n ampe sekarang kaga pernah tuh tape ampe mati ndiri spt kasus boil nt.
Nah, klo masih kurang puas juga dg jawaban ane, jangan malu2, posting aja ampe nt ngarti. Ane kaga segan2 kaseh masukan. ok
KLo masalah tape mati sendiri, itu kemungkinan ada kesalahan pada instalasi tape nya.
Di awal tulisan nt kaga menyebutkan masalah ini.
Nah untuk mengatasi hal ini, maka kabel remote yg dari tape harus ditambahkan rly. Jadi beban tape untuk menggerakkan power jadi lbh ringan. Klo dah begini mudah2an penyakitnye bisa ilang.
Di boil ane sendiri pake 2 power yg cukup besar n ampe sekarang kaga pernah tuh tape ampe mati ndiri spt kasus boil nt.
Nah, klo masih kurang puas juga dg jawaban ane, jangan malu2, posting aja ampe nt ngarti. Ane kaga segan2 kaseh masukan. ok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Dinamo Ampere
Sorry bro frandika, ane kaga liat tulisan nt neh, baru sekarang ane liat.frandika wrote: trus kalo ga nyampe 13,8 v ato 14,1 v gitu yg lemes apanya dunk pak? yg alternator atau dinamo amper nya seh yg bener?
Jawaban ane: kedua2nya kaga lemes, emang begitu keadaanye. Khan yg ane kaseh contoh di 2 jenis boil yg berbeda. Berdasarkan dari hasil pengamatan yg ane lakukan.
Oleh sebab itu ane kaga suka klo di boil dipasangin voltmeter, krn bisa bikin gelisah pengemudinya. tul ngak?. Padahal kaga ada masalah apa2 dgn kelistrikan boilnye.
Jadi yg perlu diperhatikan adalah klo saat pagi boil distarter kaga apa2, ya sudah bearti keadaan kelistrikannye normal2 aja. cmiiw.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 298
- Joined: Tue Jun 10, 2008 12:16
Re: Dinamo Ampere
wah matur tengQyu om sjamsul, ente bener2 bisa muasin ane...
kalo saran temen ane katanye kuthu musdi dipasang ame nyang namanye kapasitor benk, spy pas bass nye nendang ( wataouw...) powernya enggak drop. Mohon pencerahan akan hal itu Om...

kalo saran temen ane katanye kuthu musdi dipasang ame nyang namanye kapasitor benk, spy pas bass nye nendang ( wataouw...) powernya enggak drop. Mohon pencerahan akan hal itu Om...
