sharing plizz....
mao nanya nihh .. GV gw yg A/T .. gw bingung ma gear nya nihh..
yg gw tau gigi (D) itu auto ndiri transmission nya.. tapi aneh nya.. kenapa GV gw gigi (3) nya itu koq sama ma gigi (D) ??
wktu gw pake jazz yg a/t jg .. pass di gigi 2 kebut ampe 80/km.. kgk ada pertukaran gigi.. tenaga tetap tenaga gigi 2.. koq di GV malah bs tuker gigi ndiri ? RPM rendah truz .. Rpm plg tinggi cuma bs 3000 - 4000 .. ato GV emg uda gt dr sono nya ato emg kudu di setting lg ?
Sharing donk ttg engine nya GV T__T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
gw agak bingung d ama bahasa TS,kalo matic gigi D itu kan biasanya dari gigi 1 ampe akhir gigi 4-5 (GV cuman 4 klo ga sala),kalo tuker gigi sendiri,namanya juga matic,kalo matic ga bisa tuker gigi ndiri namanya bukan matic wkwkwkwk
trus katanya jazz ga ada pertukaran gigi tapi kok tau gigi 2?kalo maksudnya hentakan,itu gara2 jazz uda CVT yang minim hentakan tapi sebenernya masi ada ganti gigi tapi ga ngehentak kek matic biasa gara2 bukan pake roda gigi tapi pulley,kalo GV gw ga tau d CVT apa ga...
trus katanya jazz ga ada pertukaran gigi tapi kok tau gigi 2?kalo maksudnya hentakan,itu gara2 jazz uda CVT yang minim hentakan tapi sebenernya masi ada ganti gigi tapi ga ngehentak kek matic biasa gara2 bukan pake roda gigi tapi pulley,kalo GV gw ga tau d CVT apa ga...
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat May 17, 2008 9:11
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
bkn di gigi D nya.. susah jg jelasin nya T__T .. gini lho.. di GV kan ada gigi P - R - D - 3 - 2 - L.. nah .. kl D kan auto tuh.. kl 3 kan seharus nya ga auto lg kan ? tarikan nya tetep di 1 gigi kan ? pnya gw malah jd auto ky gigi D ..
kl jazz P - R - D - S - L .. kl di gigi S kan ga auto lg, tarikan nya tetep di 1 gigi (kebut ampe 80 km/h).. kl D kan auto tuh gigi ampe gigi 6 ato 7 (lupa gw) .. gt lho
Tolong reply ya kk
kl jazz P - R - D - S - L .. kl di gigi S kan ga auto lg, tarikan nya tetep di 1 gigi (kebut ampe 80 km/h).. kl D kan auto tuh gigi ampe gigi 6 ato 7 (lupa gw) .. gt lho

Tolong reply ya kk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
hah?gw makin ga ngerti ama TS,ada yang bisa bantu?
setau gw yah kalo mnurut urutan gigi GV kaya yang lo bilang
D - sampe gigi tertinggi
3 - mentok gigi 3
2 - mentok gigi 2
L - gw ga tau,gigi 1?
kalo jazz gw agak ngerti ni soalnya punya hehe sori klo sala
D - sampe gigi tertinggi,dari 1 sampe 4 kcuali pake 7speed,1-7
S - sampe gigi 2,kcuali 7speed,1-7 tapi walaupun 1-7 tapi kalah tenaga akhir ama 7 speed D tapi
lebi ada tarikan dari 7speed D
L - gigi terendah,biasanya buat torsi karna biasa dipake buat nanjak
kalo setau gw mao di gigi apapun tapi gigi jalan lo (D,3,2,L) itu tetep auto cuman aja dibatesin gigi tertingginya,misalkan di 3 brarti gigi tertinggi itu 3 sedangkan di D sampai gigi tertinggi (4-5? gw ga tau GV brapa)
di jazz juga biar di S itu tetep auto cuman aja stau gw jadinya 1-2
semakin rendah gigi tarikan semakin enak tapi top speed kalah soalnya gigi rendah
kalo 3 bukan brarti tarikan gigi 1 tapi urutan gigi jadi 1-2-3 yang brarti tarikan lebi mantep
apa mungkin maksudnya RPM?kalo di GV RPMnya kalo lagi jalan trus pindah gigi RPMnya turun sedangkan kalo jazz kalo pinda gigi RPM ga turun,ngelanjutin trus,bener ga?
ini gara2 jazz udah CVT,setau gw itu juga karakter CVT,pindah gigi RPM ga turun tapi terus aja naek ato tetep posisinya,kcuali di kickdown,pasti RPM turun n perpindahan gigi brasa
moga2 ngebantu,klo ga jelas lagi tanya aja soalnya gw agak bingung bahasanya,CMIIW yah,sori klo salah
setau gw yah kalo mnurut urutan gigi GV kaya yang lo bilang
D - sampe gigi tertinggi
3 - mentok gigi 3
2 - mentok gigi 2
L - gw ga tau,gigi 1?
kalo jazz gw agak ngerti ni soalnya punya hehe sori klo sala
D - sampe gigi tertinggi,dari 1 sampe 4 kcuali pake 7speed,1-7
S - sampe gigi 2,kcuali 7speed,1-7 tapi walaupun 1-7 tapi kalah tenaga akhir ama 7 speed D tapi
lebi ada tarikan dari 7speed D
L - gigi terendah,biasanya buat torsi karna biasa dipake buat nanjak
kalo setau gw mao di gigi apapun tapi gigi jalan lo (D,3,2,L) itu tetep auto cuman aja dibatesin gigi tertingginya,misalkan di 3 brarti gigi tertinggi itu 3 sedangkan di D sampai gigi tertinggi (4-5? gw ga tau GV brapa)
di jazz juga biar di S itu tetep auto cuman aja stau gw jadinya 1-2
semakin rendah gigi tarikan semakin enak tapi top speed kalah soalnya gigi rendah
kalo 3 bukan brarti tarikan gigi 1 tapi urutan gigi jadi 1-2-3 yang brarti tarikan lebi mantep
apa mungkin maksudnya RPM?kalo di GV RPMnya kalo lagi jalan trus pindah gigi RPMnya turun sedangkan kalo jazz kalo pinda gigi RPM ga turun,ngelanjutin trus,bener ga?
ini gara2 jazz udah CVT,setau gw itu juga karakter CVT,pindah gigi RPM ga turun tapi terus aja naek ato tetep posisinya,kcuali di kickdown,pasti RPM turun n perpindahan gigi brasa
moga2 ngebantu,klo ga jelas lagi tanya aja soalnya gw agak bingung bahasanya,CMIIW yah,sori klo salah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
D = penggunaan semua gigi secara auto (kecuali topgear, jika ada overdrive = off pada mobil umumnya).
3 = penggunaan gigi 1 s/d 3 secara auto (atau sama dengan D dgn overdrive off).
Pada jazz, D dan S hanya beda hold rpm lebih tinggi di "S";
posisi/ratio gigi D dan S sudah bervariasi sejak mobil mulai bergerak,
jadi saat hard-acceleration s/d 80kmh kemungkinan besar bbrp saat setelah mulai bergerak sudah bukan pada ratio gigi terendah (kalo ini mau diasumsikan = ratio gigi 1 nya jazz). justru rpmnya yg ditahan continuous pd rpm tertentu tergantung dalamnya pedal gas, makin dalam = makin tinggi posisi hold rpm nya, kalo hanya sedikit = rpm nya di-hold steady di rendah-tengah.
3 = penggunaan gigi 1 s/d 3 secara auto (atau sama dengan D dgn overdrive off).
Pada jazz, D dan S hanya beda hold rpm lebih tinggi di "S";
posisi/ratio gigi D dan S sudah bervariasi sejak mobil mulai bergerak,
jadi saat hard-acceleration s/d 80kmh kemungkinan besar bbrp saat setelah mulai bergerak sudah bukan pada ratio gigi terendah (kalo ini mau diasumsikan = ratio gigi 1 nya jazz). justru rpmnya yg ditahan continuous pd rpm tertentu tergantung dalamnya pedal gas, makin dalam = makin tinggi posisi hold rpm nya, kalo hanya sedikit = rpm nya di-hold steady di rendah-tengah.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat May 17, 2008 9:11
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
nah.. bener tuh kata altimit..
mksd gw RPM ^^ (sori gw agk bingung jelasin nya) GV gw di posisi gigi 3 pass auto pindh gigi, RPM nya turun.. itu mslah nya.. kl jazz di gigi S kan RPM nya tetep / naek truz.. jd tarikan nya lbh mantep.. beda ma GV.. wktu mao nyalip pake gigi 3.. RPM dah naek.. truz turun lg.. pdhal pedal gas dah mentoq.. GV emg kaya gt kale ya ? jd bingung..
thx uda ngebantu ^^
mksd gw RPM ^^ (sori gw agk bingung jelasin nya) GV gw di posisi gigi 3 pass auto pindh gigi, RPM nya turun.. itu mslah nya.. kl jazz di gigi S kan RPM nya tetep / naek truz.. jd tarikan nya lbh mantep.. beda ma GV.. wktu mao nyalip pake gigi 3.. RPM dah naek.. truz turun lg.. pdhal pedal gas dah mentoq.. GV emg kaya gt kale ya ? jd bingung..
thx uda ngebantu ^^
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
memang gitu beda a/t konvensional dan CVT.
pada A/t konvensional saat kalo di gas, selalu rpm naik dulu (krn jeda slip kopling) menjelang disertai naiknya speed ataupun menjelang sebelum hunting ke (ratio) gigi lebih rendah agar ideal.
Pada CVT, saat di gas, instan kecepatan naik seakan kondisi clucth sudah lock-up, ini karena prioritas penyaluran tenaga lebih ke perubahan ratio gear ideal yg continuous (ratio sudah real/ideal dgn roda atau prefer diperbesar sesaat jk perlu), daripada jeda slip kopling yg sudah tidak begitu diperlukan lagi.
pada A/t konvensional saat kalo di gas, selalu rpm naik dulu (krn jeda slip kopling) menjelang disertai naiknya speed ataupun menjelang sebelum hunting ke (ratio) gigi lebih rendah agar ideal.
Pada CVT, saat di gas, instan kecepatan naik seakan kondisi clucth sudah lock-up, ini karena prioritas penyaluran tenaga lebih ke perubahan ratio gear ideal yg continuous (ratio sudah real/ideal dgn roda atau prefer diperbesar sesaat jk perlu), daripada jeda slip kopling yg sudah tidak begitu diperlukan lagi.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat May 17, 2008 9:11
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
ow.. jadi GV emg a/t konvensional ? kirain GV gw yg ada masalah.. weleh2.. kl tao gt.. mending dulu gw pilih yg m/t..
yg a/t tenaga nya ga maksimal.. mao nyalip aja susah.. wew
thx bgt info nya bro ^^
yg a/t tenaga nya ga maksimal.. mao nyalip aja susah.. wew
thx bgt info nya bro ^^
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
untung ga ambil yang m/t bang...coba di cari ada topic nya,,,,m/t bermasalah lhor:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
di 2 aja makanya kalo mao nyalip ma.kalo jln santai baru taruh di D.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
yap, apalagi merayap2 di pegunungan, matic begini jadi terkesan semi manual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 631
- Joined: Sat May 17, 2008 16:29
- Location: Lippo Cikarang
Re: Sharing donk ttg engine nya GV T__T
setuju.. Katanya gigi mundurnya ribut y.. CMIIWZombiEE wrote:untung ga ambil yang m/t bang...coba di cari ada topic nya,,,,m/t bermasalah lhor:)
Never tell me the sky's the limit when there are footprints on the moon.