Kekeliruan Bikers

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Kekeliruan Bikers

Post by Ryan Steele »

Pengalaman.
Di Warung Buncit, traffic light udah kuning, mau lanjut udah keburu merah. Ya sudah, berhenti. Kecepatan 40 kph. Udah berhenti paling depan, di belakang garis stop, di tengah2 jalur tengah (jalur 2 dari 3 jalur), badan saya masih kesenggol sama body Metro Mini. Karena serem sendiri, akhirnya saya majuin motor dikit masuk zebra cross. Maafkan saya.
Disangkanya saya mau terabas, kali ya???

Seumur - umur saya bawa motor blom pernah:
- Lawan arus
- Langgar lampu merah
- Naik trotoar
- Berhenti di depan garis stop (kecuali kejadian di atas, ato lagi macet udah lewat garis stop trus lampunya keburu merah)
no signature
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Kekeliruan Bikers

Post by JESKONENG »

- banyak bikers menganggap kaca spion cuma sebagai kelengkapan tanpa fungsi safety, dan bahkan hanya sekedar ada aja, mungkin untuk ngaca wajahnya pengendara sendiri.
- ibu2 / penduduk di daerah pegunungan mungkin karena jalan sering sepi, suka main slonong tiba2 belok kekanan atau menuju bagian terkanan badan jalan, tanpa menengok spion sama sekali, walau menyalakan sein tapi kayak tkg beca di sby yang tangannya ngaplang ke kanan sembari langsung membelokkan becanya... hehehehe...
- di jakarta bikers sering brenti terlalu dekat bumper mobil, sehingga si pengendara mobil merasa seolah dihalangi oleh pengendara motor..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: Kekeliruan Bikers

Post by art3m1s »

alvika99 wrote: C. Rem Motor Bukan Untuk Memberhentikan Kendaraan
Hal ini pernah dibahas panjang lebar, intinya adalah daya cengkeram ban motor jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil. Oleh karena itu, maka fungsi rem motor lebih pada pengurangan kecepatan. Berbeda dengan mobil yang bisa memberhentikan mobil dalam keadaan kecepatan lebih tinggi dari motor. Oleh karena itu, kita disarankan untuk menjaga jarak antar motor-mobil.
Gw gak 100% setuju sama tulisan ini.. Mungkin tulisan ini relevan buat Motor-motor Matik, dan kebetulan tulisan asli ini kan ditulis di club vario aka skuter matik.
G. Motor Apa Saja Saya Menguasainya
Ini kekeliruan terbesar yang dianggap enteng oleh para bikers. Skill bukan segala-galanya. Perilaku kendaraan yang satu merk saja bisa berbeda-beda baik dari cara setting maupun karakteristik akibat penggunaan. Oleh karena itu, selalu diingat bahwa kita harus mengenal karakteristik setiap kendaraan yang kita pakai. Begitu juga, kita harus tahu persis tipikal kendaraan kita sendiri. Apalagi jika kita akan menggunakan merk dan tipe berbeda atau pinjam kendaraan orang lain, kenalilah dahulu settingan mesin, konstruksi gigi, setelan rem, setelan tekanan angin, setelan kopling, dan lain-lain. Selain itu juga, salah satu yang harus kita sadari : KENALI BATAS SKILL KITA SENDIRI, sehingga pada saat kita berada di trek basah, trek licin, dan lain-lain, kita bisa mengendalikan motor yang kita tunggangi.
Nah.. ini gw baru setuju 100%!!!
B6133PJO
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: Kekeliruan Bikers

Post by art3m1s »

- di jakarta bikers sering brenti terlalu dekat bumper mobil, sehingga si pengendara mobil merasa seolah dihalangi oleh pengendara motor..
sorry nih.. kebalik kalo menurut gw..

justru mobil yang sering banget brenti deket2 motor..

kl kita liat tipikal nyetir mobil di jakarta, pasti relatif dempet antara mobil kita dgn mobil di depan kita.. coz itu tuntutan sih!

heehe.. jadi kebalik deh kyknya bro!
B6133PJO
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Kekeliruan Bikers

Post by JESKONENG »

gak kebalik kok... aku udah buktikan sendiri... beberapa kali jazz ku nyenggol motor yang brenti terlalu dekat bumperku, bahkan mengambil posisi agak memotong jalurku.. lalu pada saat lampu menyala hijau, dia jalan dulu aku baru jalan setelah dia jalan, tapi apa yang terjadi... tiba2 baru bergerak belum 1 meter, mesin motornya mati... ya kesenggol lah oleh bumperku.. dia mau marah2, aku duluin marah (pasang gaya seram)... dianya cepet2 ngacir hehehehe..... kalo sebagai penyemplak motor, terutama sejak akhir januari 08, aku selalu berusaha gak terlalu dekat sama mobil, kecuali saat mau nyalip tapi itupun sebisa mungkin aku gas pol untuk meminimalkan kemungkinan nyenggol mobil...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
asulita
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Jul 20, 2007 5:50

Re: Kekeliruan Bikers

Post by asulita »

azizdth wrote: gw pernah liat di depan gw ada bus gede yg mo belok kiri, trus ada motor yg mo ngedahuluin belok dari belah kiri bus, padahal tuh bs udah masuk area tikungan cm aga pelan, begitu sampai di siku, kedua kendaraan pas berjejeran, krn bus memakan sudut dalam lebih banyak, akhirnya tuh motor kepepet antara bodi bus dgn trotoar. dua2nya stuck, ga bisa maju mundur, akhirnya macet dah...tuh biker ngamuk2, sementara si kernet bus cool aja ngliatin tuh biker. dalem ati gw ketawa liat kecerobohan tuh biker yg ga tau sikon nyalip.
gw sendiri paling ati-ati banget sama bus. gw gak perrnah naik motor dan nyalib bus dari kiri kecuali kalo bus tsb berhenti. :)
Yg ada, gue jadi diklakson2 biker di belakang gue yg gak sabaran. Ya gak apa-apa lah diklakson biker, daripada dijepit bus. :)

Yg juga mesti ati-ati adalah thd taksi kosong kalo jalanan lagi lancar. Sering banget, tiba-tiba taksi motong jalan demi ngampirin calon penumpang tanpa peduli motor yg dibelakang nya.

Gw bisa maklum sih, supir bus dan supir taksi cari nafkah di jalan, hingga sering nekad motong jalan bikers seenak nya.
Lebih baik ngalah aja dengan kewaspadaan tinggi.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Kekeliruan Bikers

Post by y_anjasrana »

Satu hal lagi yg jarang dipahami pengendara motor :

Teknik Jatuh.

Sering kali jatuh dari motor menimbulkan cidera yang sangat parah, bahkan dapat menimbulkan kematian. Contoh yg paling baru adalah kasus yg menimpa artis senior Sophan Sophian beberapa waktu yang lalu.

Umumnya cidera disebabkan usaha pengendara utk tetap menjaga posisi motor atau menahan supaya tidak sampai jatuh. Namun biasanya hal ini justru sangat berbahaya. Soalnya gaya kelembaman (belajar fisika dulu kalu belum ngerti :D) yg diakibatkan motor yg bergerak tidak mungkin dapat ditahan oleh tenaga manusia, dlm hal ini si pengendara motor. Semakin kencang, semakin berat motor yg dipakai, juga semakin berat tubuh pengendara dan muatan motor, otomatis gaya dorong ke depan pasti makin besar. Hal ini yg bakal menyebabkan cidera bila si pengendara mencoba utk menahan.

Yg paling baik adalah saat posisi motor sudah tidak dapat dikendalikan, segera lepaskan setang motor lalu biarkan badan mengikuti gerakan motor hingga secara pasti akan terlepas dari motor. Sebaiknya posisi tangan disilangkan di depan dada. Karena bila tetap terbuka, biasanya saat jatuh tangan akan menahan badan. Kalau ini terjadi, minimal pergelangan tangan akan terkilir. Selanjutnya biarkan saja badan melayang, terguling-guling, atau bergeser di aspal. Tetap lemaskan badan hingga gerakan badan berhenti dgn sendirinya. Masalah lecet dan memar sudah pasti. Yg bermasalah adalah lalu lintas di belakang anda. Umumnya setelah badan berhenti, kesadaran akan pulih dalam sekejap. Saat itulah segera bangkit dari tempat jatuh, lalu segera pindahkan tubuh anda ke tempat yg aman. Yakinkan cidera yg anda derita hanya memar dan lecet saja. Bila sudah yakin, baru pindahkan motor ke tempat yg aman.

Teknik ini dapat dilakukan pada beberapa kondisi, yaitu menggunakan perlengkapan keamanan yg lengkap (helm yg bagus, jaket tebal, sarung tangan, celana panjang dan sepatu berkaus kaki). Bila ada yg kurang, bisa dipastikan cidera akan bertambah. Selain itu perlu diperhatikan juga kondisi kejadian. Jgn sekali-sekali nekat menyelip di antara truk-truk besar yg sedang berjalan. Sebaik apapun teknik jatuh Anda, resiko terlindas tetap ada. Dlm hal ini termasuk juga ngebut di jalan yg ramai dan relatif kencang. Resiko ditabrak oleh kendaraan di belakang sangat besar.

Mungkin bagi yg sudah bertahun-tahun naik motor akan tertawa membaca ini. Namun jangan remehkan kendaraan masa kini. Teknologi makin kencang, skill segitu-gitu aja, kelengkapan asal, dan lalu lintas makin padat. Jumlah kecelakaan motor sangat tinggi. Jadi usahakan sesaat setelah jatuh Anda harus bisa bangkit untuk mengamankan diri pada posisi yg aman.

Kuncinya adalah pakai perlengkapan keamanan yg baik (jgn harap selamat dgn helm standar), lepaskan motor, silangkan tangan di dada, lalu biarkan badan mengikuti gerakan jatuh (jgn ditahan sedikitpun). Teknik ini bisa dipelajari dgn memperhatikan rider2 MotoGP. Kalau diperhatikan setiap ada kecelakaan, umumnya mereka selalu bisa bangkit dgn cepat. Teknik ini sendiri sudah berkali-kali saya pakai saat mengalami kecelakaan motor, dan alhamdulillah tidak pernah mengalami cidera yg parah. Umumnya hanya lecet-lecet dan pegal-pegal sedikit. Masih cukup kuat untuk naik motor lagi koq.

:)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Kekeliruan Bikers

Post by andy1800 »

practice makes perfect....
nah, kalau yg beginian, gimana cara berlatihnya ya bro ? :o


..... :angel: .....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
kodoqbusuk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Apr 15, 2007 1:26

Re: Kekeliruan Bikers

Post by kodoqbusuk »

aku pernah jatuh di tomang, pas kecepatan 40-50km/jam
hujan lebat banget, gara2 mobil depan ngerem mendadak aku akhirnya ga bisa ngelak,
trus buang arah ke kiri, akhirnya hantam yaris jatuh. karena sering nonton moto gp
di praktekin jatuh ga luka dikitpun. cm memar di pinggul
motor jatuh keseret kayaknya 5 meter tapi cm bengkok footstep n pedal rem

:beer: :beer:
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Re: Kekeliruan Bikers

Post by gubraks »

turut bersyukur....jatuh ga luka dikitpun, ada manfaatnya sering nonton moto GP.
yang gw sering lihat di jalan sih, karena pengaruh moto GP, banyak biker nyalip di tikungan, cilakanya dari kiri lagi... bener2 gak ada akalnya... berasa di cirkuit yang satu arah kali yak....