Help , Baut di lubang tap oli Rusak / Dol
Jadi ng bisa dikencengin, muter terus, kalo di skir ulang harus bongkar mesin ng ya?soalnya males banget kalo mesin harus di bongkar,
Rekan2 yang penah mengalami mohon masukannya, apa di selotip pipa, lem dll
Mohon bantuannya
[help] Baut tap oli rusak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: [help] Baut tap oli rusak
wah bro,kayana kalo mo aman emang harus di drat ulang,dan yang pasti harus bongkar mesin.kalo pake macam sealer takutnya ga tahan lama,yang ada malah oli netes terus,n mesin kekurangan oli,jadinya malah merambat ke komponen lain bro.
ntar kalo dah bener,usahakan ganti oli pas keadaan mesin lagi adem atawa harus sendiri,ribet sih,tapi sepadan kok bro sama hasilnya.
smoga bisa membantu...
ntar kalo dah bener,usahakan ganti oli pas keadaan mesin lagi adem atawa harus sendiri,ribet sih,tapi sepadan kok bro sama hasilnya.
smoga bisa membantu...
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Mar 31, 2008 10:38
Re: [help] Baut tap oli rusak
thank bro,
tadi soalnya olinya aku ganti sendiri, dan karena sok tau aku kencengin bautnya sampai rusak itu baut he he
tadi soalnya olinya aku ganti sendiri, dan karena sok tau aku kencengin bautnya sampai rusak itu baut he he
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: [help] Baut tap oli rusak
Bukan cuma bro yang pernah ngalamin begitu, gw juga sering begitu kok. Dan hampir semua motor gw pada rusak lubang olinya. Ga usa khawatir bro, kalo cara cepat dan sementara baut oli dibalut seltip, dibalut tebal sampe bautnya bentuknya gendut kayak kepompong trus diolesin lem gasket disekeliling baut. Bersihkan lubang baut dengan kain trus masukkan baut dan putar perlahan mengikuti ulir baut. Kalo baut muter ditempat, dibantu tekan ke blok mesin untuk membantu baut mentok ke blok, dijamin bro ga bakalan bocor walau setetes pun. Gw uda nyoba cara begini uda hampir 4 tahun. Silahkan mencoba !!!
Kalo bro rada sepet ngeliat tuh baut, silahkan datang datang ke bengkel bubut yang pelanggannya rata2 pemilik motor. Cara bengkel bubut ngerjain begini, pertama tangki bensin dibuka dan ditatakin plastik (kayak bungkus mie instan) dan tutup tangki bensin dengan ditatakin plastik.
Putar kran bensin ke posisi OFF (kalo fitur ini ada, seperti honda supra), rebahkan motor kearah kiri dan otomatis oli mesin akan turun ke blok kiri mesin. Buka baut oli dan bengkel bubut bakal menyesuaikan drat oli dengan ukuran tap yang akan dipakai. Sesudah ditap dan dibersihkan, bengkel bubut bakal ganti baut yang lebih besar (biasanya lebih besar 2mm dari baut asli). Balikin posisi motor ke arah semula dan otomatis oli bakal keluar sekaligus sisa2 gram blok mesin akan keluar dari lubang oli. Setelah bersih, masukin baut, kencengin baut kemudian isi dengan oli baru.
Mudah2an info ini bisa membantu !!!
Kalo bro rada sepet ngeliat tuh baut, silahkan datang datang ke bengkel bubut yang pelanggannya rata2 pemilik motor. Cara bengkel bubut ngerjain begini, pertama tangki bensin dibuka dan ditatakin plastik (kayak bungkus mie instan) dan tutup tangki bensin dengan ditatakin plastik.
Putar kran bensin ke posisi OFF (kalo fitur ini ada, seperti honda supra), rebahkan motor kearah kiri dan otomatis oli mesin akan turun ke blok kiri mesin. Buka baut oli dan bengkel bubut bakal menyesuaikan drat oli dengan ukuran tap yang akan dipakai. Sesudah ditap dan dibersihkan, bengkel bubut bakal ganti baut yang lebih besar (biasanya lebih besar 2mm dari baut asli). Balikin posisi motor ke arah semula dan otomatis oli bakal keluar sekaligus sisa2 gram blok mesin akan keluar dari lubang oli. Setelah bersih, masukin baut, kencengin baut kemudian isi dengan oli baru.
Mudah2an info ini bisa membantu !!!
Get home safe, respect road rules !
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: [help] Baut tap oli rusak
motorku bautnya dol. shogun 110. masang bautnya pake selotip putih (biasa buat masang sambungan pralon), ditebelin. biar gak lepas, ditahan pake pelat baja lentur. pelat bajanya dibaut jadi 1 ma pegangan knalpot yang dapat footstep. sudah pake 2 tahun, alhamdulillah aman.
lebih mudah, mending di drat ulang. cuma bongkar bak kopling kanan. masukin alat tapnya, udah, beres, gram dibersihin.
lebih mudah, mending di drat ulang. cuma bongkar bak kopling kanan. masukin alat tapnya, udah, beres, gram dibersihin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: [help] Baut tap oli rusak
udah 2 kali di motor ane, yg pertama di-drat ulang, yg kedua tak pakein seal tape putih buat PVC...