active matic vs CVT vs Tiptronik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Thu May 10, 2007 3:23
active matic vs CVT vs Tiptronik
Bro sekalian, apa sih yg membedakan ketiganya, dan lebih bagus yg mana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: active matic vs CVT vs Tiptronik
activematic = trademark electronic-controlled a/t milik mazda, mirip Gradelogic pada honda dan ECT pada toyota.
CVT ratio gear tanpa roda gigi (gearless), tapi oleh dua buah pulley sebagai pengubah ratio yg berlangsung terus menerus sesuai kebutuhan, yang saling dihubungkan sabuk / belt.
buka saja disini:
http://www.howstuffworks.com
CVT ratio gear tanpa roda gigi (gearless), tapi oleh dua buah pulley sebagai pengubah ratio yg berlangsung terus menerus sesuai kebutuhan, yang saling dihubungkan sabuk / belt.
buka saja disini:
http://www.howstuffworks.com
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: active matic vs CVT vs Tiptronik
yang gw tau cuman CVT bos,CVT itu bedanya ama matic biasa tuh CVT ga pake roda gigi sebagai rasio gigi tapi diganti pake 2 pulley dan 1 belt baja yang kalo ga salah kerjanya berdasarkan prinsip sentrifugal
+ : minim hentakan
masa pakai oli transmisi lebih lama dari oli matik konvensional
moving parts lebi sedikit
- : sebaiknya jangan terlalu kasar soalnya kalo beltnya putus nangis dah
oli transmisi beda ama yang biasa
btw TS kalo maksudnya mao dibandingin ama tiptronic ato maksudnya perpindahan gigi manual yang ada di jazz/city tuh namanya bukan CVT tapi 7Speed/Multimatic,setau gw sih ga beda ama Tiptronic,cuman tiap pabrikan biasanya beda nama...
+ : minim hentakan
masa pakai oli transmisi lebih lama dari oli matik konvensional
moving parts lebi sedikit
- : sebaiknya jangan terlalu kasar soalnya kalo beltnya putus nangis dah
oli transmisi beda ama yang biasa
btw TS kalo maksudnya mao dibandingin ama tiptronic ato maksudnya perpindahan gigi manual yang ada di jazz/city tuh namanya bukan CVT tapi 7Speed/Multimatic,setau gw sih ga beda ama Tiptronic,cuman tiap pabrikan biasanya beda nama...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: active matic vs CVT vs Tiptronik
iya, tiptronic is another story, CVT is another story too.
Tiptronic bisa saja CVT atau non-CVT (4/5/6/7/8 speed gear a.t).
CVT biasanya sudah pasti ada tiptronic, (kecuali di skutik, ini beda, sentrifugal & tanpa electronic controlled & body vavle).
Tiptronic bisa saja CVT atau non-CVT (4/5/6/7/8 speed gear a.t).
CVT biasanya sudah pasti ada tiptronic, (kecuali di skutik, ini beda, sentrifugal & tanpa electronic controlled & body vavle).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: active matic vs CVT vs Tiptronik
kalo ECT tuh kalo ga salah sih masih pake roda gigi tapi sebelum naik gigi,gigi sebelumnya udah muter
misalkan lagi jalan gigi 1 trus pas mao pindah ke 2,sbelum ganti gigi ke 2,gigi ke 2 udah muter sebelum ganti ke gigi 2,CMIIW
misalkan lagi jalan gigi 1 trus pas mao pindah ke 2,sbelum ganti gigi ke 2,gigi ke 2 udah muter sebelum ganti ke gigi 2,CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: active matic vs CVT vs Tiptronik
itu mah DSG, bakal menggantikan m/t or future m/t?
primer = gigi ganjil 1,3,5
gigi sekunder 2,4,6
primer = gigi ganjil 1,3,5
gigi sekunder 2,4,6
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: active matic vs CVT vs Tiptronik
Nissan jual 1 juta mobil CVT
(23/04/2008) - Nissan bikin prestasi lagi. Si nomer 3 dalam urutan produsen otomotif besar di Jepang ini berhasil menjual lebih dari satu juta mobil dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) hanya dalam satu tahun.
Tepatnya 1,088,000 unit sepanjang tahun fiscal 2007. Pencapaian ini memenuhi target Nissan Green Program 2010. Target menjual 1 juta mobil ber-CVT dalam program Nissan Green Program 2010 ditorehkan pada Desember 2006. Penjualan mobil ber-CVT naik empat kali lipat dari 250,000 unit tahun fiscal 2004 menjadi satu juta unit tahun fiscal 2007. Saat ini mobil ber-CVT merepresentasi 28.6% penjualan global dibandingkan 7% pada 2004. Penetrasi CVT bervariasi, terbesar di Amerika Utara dan Jepang yaitu 47.4% dan 43.8%.
Nissan menjadi produsen otomotif pertama yang mengakui kelebihan dari CVT seperti tarikan lembut dan responsive, serta akselerasi tanpa jeda. CVT pertama di introdus Maret 1992. Pada 2002, para insinyur Nissan berhasil menemukan solusi untuk mengadaptasi CVT ke mesin dengan torsi tinggi. Lahirlah CVT pertama di dunia untuk mesin cc besar hingga 3500cc.
(23/04/2008) - Nissan bikin prestasi lagi. Si nomer 3 dalam urutan produsen otomotif besar di Jepang ini berhasil menjual lebih dari satu juta mobil dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) hanya dalam satu tahun.
Tepatnya 1,088,000 unit sepanjang tahun fiscal 2007. Pencapaian ini memenuhi target Nissan Green Program 2010. Target menjual 1 juta mobil ber-CVT dalam program Nissan Green Program 2010 ditorehkan pada Desember 2006. Penjualan mobil ber-CVT naik empat kali lipat dari 250,000 unit tahun fiscal 2004 menjadi satu juta unit tahun fiscal 2007. Saat ini mobil ber-CVT merepresentasi 28.6% penjualan global dibandingkan 7% pada 2004. Penetrasi CVT bervariasi, terbesar di Amerika Utara dan Jepang yaitu 47.4% dan 43.8%.
Nissan menjadi produsen otomotif pertama yang mengakui kelebihan dari CVT seperti tarikan lembut dan responsive, serta akselerasi tanpa jeda. CVT pertama di introdus Maret 1992. Pada 2002, para insinyur Nissan berhasil menemukan solusi untuk mengadaptasi CVT ke mesin dengan torsi tinggi. Lahirlah CVT pertama di dunia untuk mesin cc besar hingga 3500cc.