Kijang krista diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14
Kijang krista diesel
Rekan2 sekalian ada yg udah pernah ngerawat kijang krista diesel ga yah? mesin nya gimana?penyakitnya apa ajah? rewel ga yah? soalnya lg pingin krista diesel yg tahun 2003an nih...tolong komentarnya yah thx
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Kijang krista diesel
Gue pernah 2-3 tahun pake Kijang diesel.. Kayanya mobil ini nggak rewel kok. Untuk masalah perawatan, mirip2lah sama mobil diesel yang lain. Selain rutin ganti oli & filter oli, filter udara juga mesti sering dibersihin. Filter & sedimenter solar juga bagusnya dibersihin tiap ganti oli. Jangan lupa kalo mesin diesel 2L ini masih pake timing belt, jadi kalo udah 50 ribu km lebih baik ganti.
Tarikan cukup enak, kalo dimuatin penuh 7-8 orang juga masih ok tarikannya walaupun agak berat. Karakter mesin cocok buat di kota, tapi kalo buat di tol, nafasnya pendek. Ngebut 120 kpj, rpmnya udah 3800, padahal redlinenya di 4800 rpm, top speed paling sekitar 140-150 kpj.
Penyakitnya di mesin menurut pengalaman sih nggak ada, suspensi juga ok. Yang rewel itu malah electric mirrornya, sama alarmnya suka ngadat hehe.. Udah gitu getaran mesin kadang nular ke dasbor & interior. Jadi kadang kalo pas idle, bunyi getaran muncul dari mana2..
Tarikan cukup enak, kalo dimuatin penuh 7-8 orang juga masih ok tarikannya walaupun agak berat. Karakter mesin cocok buat di kota, tapi kalo buat di tol, nafasnya pendek. Ngebut 120 kpj, rpmnya udah 3800, padahal redlinenya di 4800 rpm, top speed paling sekitar 140-150 kpj.
Penyakitnya di mesin menurut pengalaman sih nggak ada, suspensi juga ok. Yang rewel itu malah electric mirrornya, sama alarmnya suka ngadat hehe.. Udah gitu getaran mesin kadang nular ke dasbor & interior. Jadi kadang kalo pas idle, bunyi getaran muncul dari mana2..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Kijang krista diesel
Kalau gak mau bunyi terlalu banyak karena getaran, jangan pilih yang Krista, pilih yang LGX saja ... kan sama
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Kijang krista diesel
yang krista aja bergetar hebat apalagi yang LGX bos... bisa goyang dangdutz he..he..BudiDarmawan wrote:Kalau gak mau bunyi terlalu banyak karena getaran, jangan pilih yang Krista, pilih yang LGX saja ... kan sama



Seeing is believing[*][/size]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Kijang krista diesel
bknnya goyang ny tetap sama aja LGX ma Krista..yg beda ma yg LX tu..lbh brasa kenceng.hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Kijang krista diesel
Mesin ini kalo sudah hi-milleage rentan kena gejala overheat karena 'retak rambut' di head-cyl kalo kurang dirawat / exhausted.
Gejalanya kalo di tol agak lama, air reservoir radiator sering berkurang karena keluar/meluber akibat tertekan ruang pembakaran yg menerobos ke jalur pendinginan mesin.
Tapi ini tidak terjadi kalo dirawat dgn baik, atau tidak sering dijalankan pada Rpm tinggi (tol).
Kalo pemakaian "asal2an" masih lebih durable mesin phanter.
Gejalanya kalo di tol agak lama, air reservoir radiator sering berkurang karena keluar/meluber akibat tertekan ruang pembakaran yg menerobos ke jalur pendinginan mesin.
Tapi ini tidak terjadi kalo dirawat dgn baik, atau tidak sering dijalankan pada Rpm tinggi (tol).
Kalo pemakaian "asal2an" masih lebih durable mesin phanter.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
Re: Kijang krista diesel
Maksud saya kalau Krista kan bodynya ada yang dari plastic/fiber, biasanya itu juga menyumbang bunyi bunyi
Saya lebih suka LGX karena tidak ada body fiber yang samping (di pintu separo kebawah).
Tapi memang Krista produk Kijang yang teratas seperti Inova type V
Saya lebih suka LGX karena tidak ada body fiber yang samping (di pintu separo kebawah).
Tapi memang Krista produk Kijang yang teratas seperti Inova type V
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
- Location: pekanbaru
Re: Kijang krista diesel
Setau saya...spare part krista diesel lebih mahal ketimbang isuzu lho...
(mungkin di pekanbaru)
dan temen2 yang bandingin panther dengan kijang diesel tetap lebih irit panther...
kijang krista diesel memang lebih gaya...itu kelebihannya
(mungkin di pekanbaru)
dan temen2 yang bandingin panther dengan kijang diesel tetap lebih irit panther...
kijang krista diesel memang lebih gaya...itu kelebihannya

just sijinem user
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Kijang krista diesel
kalo untuk mesin masih lebih ok panther. mesin kijang ini masih pake timing belt, udah gitu nafasnya pendek banget, 100-120 kpj mesin udah meraung-raung nggak karuan. tapi model masih enakan diliat kijang.
saya masih salut sama hasil adukilo panther beberapa tahun silam, 1 juta kilometer tanpa turun mesin, udah gitu kompresi juga masih oke.. hmm..
saya masih salut sama hasil adukilo panther beberapa tahun silam, 1 juta kilometer tanpa turun mesin, udah gitu kompresi juga masih oke.. hmm..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Kijang krista diesel
dan juga di dashboard krista ada tempelan wood panel yang bikin bunyi2BudiDarmawan wrote:Maksud saya kalau Krista kan bodynya ada yang dari plastic/fiber, biasanya itu juga menyumbang bunyi bunyi
Saya lebih suka LGX karena tidak ada body fiber yang samping (di pintu separo kebawah).
Tapi memang Krista produk Kijang yang teratas seperti Inova type V

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Oct 06, 2008 10:30
Re: Kijang krista diesel
Kijang saya Diesel LSX 1997.
Mesin sih masih enak lah.
Perawatan Rutin di Maju Jaya Diesel : Test Injection Pump& Injector.
Jln. Raya Cibabat no. 46 Depan Polres Cimahi
telp 022 6651936-6651937.
Terima Turun mesin juga.
Semua mesin diesel dikerjakan : Panther, Kijang, Mitsubhisi, Daihatsu.
Yang masih sulit : injector common rail spt di Kijang diesel Innova. Toyota Astra nya masih pelit nggak mau kasih training servis Injectornya + alatnya.
Kalo lihat bengkel nya pasti merasa bukan di bengkel. Wong rupanya seperti cafe. Bersih banget. Lantai kantornya saja keramik bagus.
Bengkel non diesel aja pasti kalah deh bersih dan nyaman nya.
Alat-alat test nozzle & injector nya bagus, bahkan mesin test injectornya sudah digital.
Buka 7 hari penuh. Karena yg punya nya tinggal disitu juga. Orang Sunda asli, Pa Haji, beliau dari kecil hobby nya otomotif. Sebelumnya bengkel ini di Kiaracondong, Bdg (pindah ke Cimahi mulai thn 2008).
Kakaknya juga pakar diesel, buka bengkel di kebon jati Bdg (AA motor).
Thn 2006 - Oct kijang tsb diturun mesin disitu . Hanya 4 hari selesai. Cepet banget kerjanya.
Penyakit terakhir bulan lalu :
kalo pake harian jalan normal, siang malam : temp radiator 1/2 kurang dikit. Nggak naik lagi.
tetapi kalo dipake di tol Cipularang, ke Bdg, di KM86 (setelah exit Jatiluhur) pas jalan nanjak panjang, temp radiator naik cepat . hampir "RED".
Dicek : air di reservoir nya tumpah. Terpaksa harus jalan pelan sekali, 40-60KM/jam. Yang penting pas hampir RED , pelanin lagi jalannya ato berhenti dulu.
Perbaikan :
ke tukang radiator. Beritahu masalah, dan katanya radiator perlu diservis (Rp. 80 rb saja).
Setelah dibuka radiatornya (cover atas - kuningan body), benar ada saluran nya kesumbat.
Radiator Kijang diesel ada 3 ply (yang bensin 2 ply) hanya ukuran nya kecil, sehingga mudah mampet. 1 thn sekali lah rutin di servis itu radiator.
Saran Maju Jaya : untuk Kijang Diesel 2L
- Ganti filter solar tiap 15000 KM (3 kali ganti oli lah - Saat ini saya pake PETRONAS CS3).
demikian sharing info nya.
Mesin sih masih enak lah.
Perawatan Rutin di Maju Jaya Diesel : Test Injection Pump& Injector.
Jln. Raya Cibabat no. 46 Depan Polres Cimahi
telp 022 6651936-6651937.
Terima Turun mesin juga.
Semua mesin diesel dikerjakan : Panther, Kijang, Mitsubhisi, Daihatsu.
Yang masih sulit : injector common rail spt di Kijang diesel Innova. Toyota Astra nya masih pelit nggak mau kasih training servis Injectornya + alatnya.
Kalo lihat bengkel nya pasti merasa bukan di bengkel. Wong rupanya seperti cafe. Bersih banget. Lantai kantornya saja keramik bagus.
Bengkel non diesel aja pasti kalah deh bersih dan nyaman nya.
Alat-alat test nozzle & injector nya bagus, bahkan mesin test injectornya sudah digital.
Buka 7 hari penuh. Karena yg punya nya tinggal disitu juga. Orang Sunda asli, Pa Haji, beliau dari kecil hobby nya otomotif. Sebelumnya bengkel ini di Kiaracondong, Bdg (pindah ke Cimahi mulai thn 2008).
Kakaknya juga pakar diesel, buka bengkel di kebon jati Bdg (AA motor).
Thn 2006 - Oct kijang tsb diturun mesin disitu . Hanya 4 hari selesai. Cepet banget kerjanya.
Penyakit terakhir bulan lalu :
kalo pake harian jalan normal, siang malam : temp radiator 1/2 kurang dikit. Nggak naik lagi.
tetapi kalo dipake di tol Cipularang, ke Bdg, di KM86 (setelah exit Jatiluhur) pas jalan nanjak panjang, temp radiator naik cepat . hampir "RED".
Dicek : air di reservoir nya tumpah. Terpaksa harus jalan pelan sekali, 40-60KM/jam. Yang penting pas hampir RED , pelanin lagi jalannya ato berhenti dulu.
Perbaikan :
ke tukang radiator. Beritahu masalah, dan katanya radiator perlu diservis (Rp. 80 rb saja).
Setelah dibuka radiatornya (cover atas - kuningan body), benar ada saluran nya kesumbat.
Radiator Kijang diesel ada 3 ply (yang bensin 2 ply) hanya ukuran nya kecil, sehingga mudah mampet. 1 thn sekali lah rutin di servis itu radiator.
Saran Maju Jaya : untuk Kijang Diesel 2L
- Ganti filter solar tiap 15000 KM (3 kali ganti oli lah - Saat ini saya pake PETRONAS CS3).
demikian sharing info nya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kijang krista diesel
Kijang, memang tiada duanya...............




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kijang krista diesel
Klo kijang diesel mo lebih enteng tarikannye, ganti aje injektor nyang 4 lubang (standard 2 lubang), trus timing nya dirubah jadi 110 (tanya tkg setel). Standard antara 86-96.
Pasti deh tarikan n tanjakannye jadi lebih enteng.

Pasti deh tarikan n tanjakannye jadi lebih enteng.


-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Oct 06, 2008 10:30
Re: Kijang krista diesel
Kalo ada info nya :
Kijang kapsul diesel itu sudah nggak pake istilah "stel klep" karena sudah pake "coin" / tappet.
Ciri-ciri harus cek tebal nya "coin" tsb (kemudian diganti ) itu seperti apa ya ?
Apa jika suara mesinnya jadi kaya mesin diesesl genset las listrik pinggir jalan ?
Kalo selalu rajin untuk perawatan nozzel, injector, saringan udara / oli, tetapi urusan cek "stel klep" mesin nya ngak dilakukan mungkin kurang sip ini mesin kijang dieselnya.
Di bengkel mana yang bisa cek, ukur, ganti "coin" klep mesin 2L kijang ini ?
Pernah dengar nggak ada bengkel yang bisa karena perlu alat khusus dan cari sapre "coin" penggantinya juga sulit (ada s/d 40 variasi ukuran tebal , jadi toko spare parts Toyota sering nggak punya, soalnya bukan stock onderdil fast moving).
Kalo Auto 2000 Sunter masih mau terima nggak kerjaan ini ?
soalnya ini kijang lawas dan bukan rawatan rutin Auto 2000.
Thank's untuk masukannya.
Bagimanapun Kijang Kapsul diesel tetap andalan di perjalanan mudik tanjakan berat Nagrek Jabar, Gunung Bromo Jatim, Cemoro Sewu Tawangmangu Solo.
Yang pake Avanza > turun semua penumpangnya di tanjakan.
Kijang kapsul diesel itu sudah nggak pake istilah "stel klep" karena sudah pake "coin" / tappet.
Ciri-ciri harus cek tebal nya "coin" tsb (kemudian diganti ) itu seperti apa ya ?
Apa jika suara mesinnya jadi kaya mesin diesesl genset las listrik pinggir jalan ?
Kalo selalu rajin untuk perawatan nozzel, injector, saringan udara / oli, tetapi urusan cek "stel klep" mesin nya ngak dilakukan mungkin kurang sip ini mesin kijang dieselnya.
Di bengkel mana yang bisa cek, ukur, ganti "coin" klep mesin 2L kijang ini ?
Pernah dengar nggak ada bengkel yang bisa karena perlu alat khusus dan cari sapre "coin" penggantinya juga sulit (ada s/d 40 variasi ukuran tebal , jadi toko spare parts Toyota sering nggak punya, soalnya bukan stock onderdil fast moving).
Kalo Auto 2000 Sunter masih mau terima nggak kerjaan ini ?
soalnya ini kijang lawas dan bukan rawatan rutin Auto 2000.
Thank's untuk masukannya.
Bagimanapun Kijang Kapsul diesel tetap andalan di perjalanan mudik tanjakan berat Nagrek Jabar, Gunung Bromo Jatim, Cemoro Sewu Tawangmangu Solo.
Yang pake Avanza > turun semua penumpangnya di tanjakan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kijang krista diesel
coba ajah bro di auto 2000 pluit.



-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang krista diesel
Mustinya sih bengkel2 yg biasa nanganin mesin Twin Cam / DOHC ber-shim spt mesin2 TwinCam Toyota (4A-FE family) / Fiat DOHC lawas bisa.qjank2L wrote: Di bengkel mana yang bisa cek, ukur, ganti "coin" klep mesin 2L kijang ini ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang krista diesel
Kalo dr pengalaman pake kapsul 2L, engine mounting asli kalau di atas 3 tahun dah mulai getas / gepeng.flexiblebil wrote:Udah gitu getaran mesin kadang nular ke dasbor & interior. Jadi kadang kalo pas idle, bunyi getaran muncul dari mana2..
Engine mounting aftermarket yg harganya @ 110 rebuan lebih dikit usia pakainya 2 tahun, di atas itu getas / gepeng.
Yeah kalo dah lama bisa ganti engine mounting & Trans. mounting, murah ini.....hehehehehehe
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Kijang krista diesel
gw copy aja deh ya testi gw ttg kijang diesel dari trit sebelah.. pokoke, kijang memang tiada duanya..
gw 3 tahun pake kijang diesel, buat operasional di lapangan dan harus dibawa pulang, jadi udah kayak mobil sendiri, boleh dipakai untuk pribadi juga, rata2 tiap hari jalan 120-140km. walaupun 3 kali ganti mobil tapi semuanya thn 2000 ke atas..
sebagai pemakai gw puas, biaya perawatan yg gw ga tau karena ada mantenance kontrak antara bengkel dgn kantor, tapi tiap service routine 5000km-an, ga banyak yang keluhan yang perlu diperbaiki, seringnya malah ga ada keluhan. FC rata2 1:12-13 km/l full ac, lari 160kph juga bisa dan tetap stabil
standard kantor gw untuk operasional lapangan pake kijang diesel n panther. gw salut sama kijang diesel n panther, sangat berguna sekali menembus banjir besar 2007 untuk menjaga service kantor gw pada customernya yg mesti tetap in service 24 jam/hari & 7 hari/minggu ga ada libur 1 menit pun walaupun terjadi bencana. Banjir setinggi kap mesin juga masih tembus sampe air masuk kabin, walapun abis itu dinamo starter mesti dibersihin. kalo 4x4 bisa buat off road kali ya. dari puluhan mobil armada operasional, yg sampe kejadian mogok itu cuma karena aki-nya udah harus ganti
waktu gw mau ganti mobil pribadi bbrp bulan lalu & gw pindah department jd ga dapet mobil lagi, kijang diesel 2003/2004 adalah pilihan kedua sbg alternatif kalo gw ga bisa dapetin mobil yg sekarang ini gw pakai, karena range harganya ga jauh beda.
minusnya, getaran dan suaranya itu lho..

gw 3 tahun pake kijang diesel, buat operasional di lapangan dan harus dibawa pulang, jadi udah kayak mobil sendiri, boleh dipakai untuk pribadi juga, rata2 tiap hari jalan 120-140km. walaupun 3 kali ganti mobil tapi semuanya thn 2000 ke atas..
sebagai pemakai gw puas, biaya perawatan yg gw ga tau karena ada mantenance kontrak antara bengkel dgn kantor, tapi tiap service routine 5000km-an, ga banyak yang keluhan yang perlu diperbaiki, seringnya malah ga ada keluhan. FC rata2 1:12-13 km/l full ac, lari 160kph juga bisa dan tetap stabil
standard kantor gw untuk operasional lapangan pake kijang diesel n panther. gw salut sama kijang diesel n panther, sangat berguna sekali menembus banjir besar 2007 untuk menjaga service kantor gw pada customernya yg mesti tetap in service 24 jam/hari & 7 hari/minggu ga ada libur 1 menit pun walaupun terjadi bencana. Banjir setinggi kap mesin juga masih tembus sampe air masuk kabin, walapun abis itu dinamo starter mesti dibersihin. kalo 4x4 bisa buat off road kali ya. dari puluhan mobil armada operasional, yg sampe kejadian mogok itu cuma karena aki-nya udah harus ganti
waktu gw mau ganti mobil pribadi bbrp bulan lalu & gw pindah department jd ga dapet mobil lagi, kijang diesel 2003/2004 adalah pilihan kedua sbg alternatif kalo gw ga bisa dapetin mobil yg sekarang ini gw pakai, karena range harganya ga jauh beda.
minusnya, getaran dan suaranya itu lho..
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Oct 06, 2008 10:30
Re: Kijang krista diesel
Tentang Saringan udara :
Sepertinya mesin diesel itu hanya bisa diotak atik tenaga di injector + nozzel dan perbaikan kualitas udara yang masuk ke ruang bakar serta gunakan oli mesin yang bagus.
Kalo mesin gasoline tuh banyak banget pilihan part untuk naikkan performance mesin.
Cara yang umum (tapi mahal) untuk perbaikan supply udara : tambahkan perangkat Turbo.
Untuk perbaikan kualitas udara :
1. Supply udara harus lancar. Saringan udara harus punya hambatan sekecil mungkin. Sering dibersihkan.
Saringan udara standard coba ganti merk JFC (dilapisi oli tipis). Buatan lokal tetapi bagus (bahan sama dgn KNN).
Untuk Kijang kapsul Bensin EFI & Diesel sama ukurannya. Harga Rp. 240 rb.
Setelah pakai JFC untuk tarikan gigi 1,2,3 terasa enteng. Di tol juga lebih ngacir. Hanya suara sedotan udara terdengar lebih keras dibanding pakai saringan standard original Toyota.
Jika pakai saringan model kawat halus Stainless steel :rasanya juga enteng hanya debu halus tetap masuk sehingga bagian dalam intake manifold mudah kotor oleh debu .
Dicoba ditambah lagi / pasang Magic jet di kotak saringan udara nya : lebih enteng lagi.
Jangan pasang Proxima (turbin kecil di saluran udara > turbo manual kali) : nggak ada efek malah tersendat, soalnya saluran udara yang harusnya plong maka ada hambatan.
2. Kalo saja ada alat sederhana buat injeksi gas oksigen O2 dingin : rasanya bisa lebih ngacir lagi itu diesel.
Coba bedakan nyetir diesel di luar kota atau di tol saat malam hari atau cuaca habis hujan : koq sepertinya tenaga diesel itu makin enak saja.
Demikian liputan batara Bayu.
Sepertinya mesin diesel itu hanya bisa diotak atik tenaga di injector + nozzel dan perbaikan kualitas udara yang masuk ke ruang bakar serta gunakan oli mesin yang bagus.
Kalo mesin gasoline tuh banyak banget pilihan part untuk naikkan performance mesin.
Cara yang umum (tapi mahal) untuk perbaikan supply udara : tambahkan perangkat Turbo.
Untuk perbaikan kualitas udara :
1. Supply udara harus lancar. Saringan udara harus punya hambatan sekecil mungkin. Sering dibersihkan.
Saringan udara standard coba ganti merk JFC (dilapisi oli tipis). Buatan lokal tetapi bagus (bahan sama dgn KNN).
Untuk Kijang kapsul Bensin EFI & Diesel sama ukurannya. Harga Rp. 240 rb.
Setelah pakai JFC untuk tarikan gigi 1,2,3 terasa enteng. Di tol juga lebih ngacir. Hanya suara sedotan udara terdengar lebih keras dibanding pakai saringan standard original Toyota.
Jika pakai saringan model kawat halus Stainless steel :rasanya juga enteng hanya debu halus tetap masuk sehingga bagian dalam intake manifold mudah kotor oleh debu .
Dicoba ditambah lagi / pasang Magic jet di kotak saringan udara nya : lebih enteng lagi.
Jangan pasang Proxima (turbin kecil di saluran udara > turbo manual kali) : nggak ada efek malah tersendat, soalnya saluran udara yang harusnya plong maka ada hambatan.
2. Kalo saja ada alat sederhana buat injeksi gas oksigen O2 dingin : rasanya bisa lebih ngacir lagi itu diesel.
Coba bedakan nyetir diesel di luar kota atau di tol saat malam hari atau cuaca habis hujan : koq sepertinya tenaga diesel itu makin enak saja.
Demikian liputan batara Bayu.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2009 4:56
Re: Kijang krista diesel
wah ini dia gejala gw bos,,GTR wrote:Mesin ini kalo sudah hi-milleage rentan kena gejala overheat karena 'retak rambut' di head-cyl kalo kurang dirawat / exhausted.
Gejalanya kalo di tol agak lama, air reservoir radiator sering berkurang karena keluar/meluber akibat tertekan ruang pembakaran yg menerobos ke jalur pendinginan mesin.
Tapi ini tidak terjadi kalo dirawat dgn baik, atau tidak sering dijalankan pada Rpm tinggi (tol).
Kalo pemakaian "asal2an" masih lebih durable mesin phanter.
brarti retak rambut yha om head cyl saya??
kalo di geber > 100km/jam di tol lama2 jadi overheat,,
dan setelah di cek air di reservoir luber,,
jadi apa yg mesti saya lakukan dan perkiraan ongkos sekitar brp yha om??
thanx buat infonya,,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Kijang krista diesel
ga dilanjutkan bro, karena udah dijual boilnya.
terjadi mulai sekitar km120rb ke atas, pokoknya sektor pendinginan udah dikerjain semua, termasuk ganti waterpump; tapi jgn salah analisa, gejala hi-temp ini ga akan muncul kalo ga digeber2 continuosly or normal2 aja bagi light-footed driver.
terjadi mulai sekitar km120rb ke atas, pokoknya sektor pendinginan udah dikerjain semua, termasuk ganti waterpump; tapi jgn salah analisa, gejala hi-temp ini ga akan muncul kalo ga digeber2 continuosly or normal2 aja bagi light-footed driver.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2009 4:56
Re: Kijang krista diesel
GTR wrote:ga dilanjutkan bro, karena udah dijual boilnya.
terjadi mulai sekitar km120rb ke atas, pokoknya sektor pendinginan udah dikerjain semua, termasuk ganti waterpump; tapi jgn salah analisa, gejala hi-temp ini ga akan muncul kalo ga digeber2 continuosly or normal2 aja bagi light-footed driver.
iya bro gw juga nyobanya di tol,,
maksudnya kalo uda kecepatan 100 km / jam dan mulai naik terus lama klamaan jadi overheat boss,,
padahal cuma dr gading ke grogol bos,,
eh pas di belokan pisahan soekarno hatta dan grogol uda overheat,,
mana pas lg buru2 maw ke kampus,,
nah pas gw cek air di reservoir luber om,,
sementara air di radiator berkurang banyak,,
waduh2 bingung saya,,
tapi kalo jalan maks 80 / 90 km per jam masi biasa2 aja bos,,
tinggal water pump ni yg blum di cek,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kijang krista diesel
mbl ane wlp digeber ampe diatas 140 km/jam kaga apa2 tuh, jadi klo ada penyakit spt nt nampaknya mesti diperiksa satu persatu. Water pump adalah salah satu penyebabnya, selain itu mungkin juga dari acnya, coba nt perhatikan juga ato coba periksa ke tukang ac apakah peralatan acnya ada yg kaga benar.bolakbalikmabok wrote: iya bro gw juga nyobanya di tol,,
maksudnya kalo uda kecepatan 100 km / jam dan mulai naik terus lama klamaan jadi overheat boss,,
padahal cuma dr gading ke grogol bos,,
eh pas di belokan pisahan soekarno hatta dan grogol uda overheat,,
mana pas lg buru2 maw ke kampus,,
nah pas gw cek air di reservoir luber om,,
sementara air di radiator berkurang banyak,,
waduh2 bingung saya,,
tapi kalo jalan maks 80 / 90 km per jam masi biasa2 aja bos,,
tinggal water pump ni yg blum di cek,,
Dlm hal ini ane cuma bisa menduga2 aja kira2 mana yg menyebabkan keluhan tsb, jadi klo ada salah analisa ntar ane jangan disalain yah, krn ane khan kaga liat langsung. tul ga?.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jan 12, 2009 4:56
Re: Kijang krista diesel
sjamsul wrote:mbl ane wlp digeber ampe diatas 140 km/jam kaga apa2 tuh, jadi klo ada penyakit spt nt nampaknya mesti diperiksa satu persatu. Water pump adalah salah satu penyebabnya, selain itu mungkin juga dari acnya, coba nt perhatikan juga ato coba periksa ke tukang ac apakah peralatan acnya ada yg kaga benar.bolakbalikmabok wrote: iya bro gw juga nyobanya di tol,,
maksudnya kalo uda kecepatan 100 km / jam dan mulai naik terus lama klamaan jadi overheat boss,,
padahal cuma dr gading ke grogol bos,,
eh pas di belokan pisahan soekarno hatta dan grogol uda overheat,,
mana pas lg buru2 maw ke kampus,,
nah pas gw cek air di reservoir luber om,,
sementara air di radiator berkurang banyak,,
waduh2 bingung saya,,
tapi kalo jalan maks 80 / 90 km per jam masi biasa2 aja bos,,
tinggal water pump ni yg blum di cek,,
Dlm hal ini ane cuma bisa menduga2 aja kira2 mana yg menyebabkan keluhan tsb, jadi klo ada salah analisa ntar ane jangan disalain yah, krn ane khan kaga liat langsung. tul ga?.
siaapppp!!!!
makasi om sjamsul,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kijang krista diesel
sippp, u r welcome...........bolakbalikmabok wrote:siaapppp!!!!
makasi om sjamsul,,
