Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Kompas minggu 6 april, ada komplain user camry 3.5Q cukup parah, dari rem, tape, dashboard bermasalah, sampai masalah mobil berputar2 di tol dan menabrak sampai rusak.
User keterlaluan...?
User keterlaluan...?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Jangan-jangan antek dealer mobil merk lain nih AHAHAHAHA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Palingan masalah user. Camry sebagai produk unggulan pasti akan melalui QC yang lebih ketat dibanding produk lainnya di jajaran Toyota... Apalagi ini versi Q, 565 juta bok! Kalau Toyota gak bisa memberikan jaminan kualitas pada produk termahalnya, ganti aja QC & Service manajernya ama gw... Mabok lagi...
Lagian surat pembaca gitu, keabsahannya gak bisa terlalu dianggap... Gw kemaren baca surat pembaca Suara Pembaruan. Judulnya gini... "Blitz Megaplex Mengecewakan", wah, gw pikir ada tikus, ada kecoa atau film lagi diputer terus mati lampu dan penonton disuruh keluar. Ternyata? Ada keluarga dateng mau nonton ayat2 cinta, tapi gak diputar di Blitz Megaplex, terus tulis surat pembaca... Apa mereka gak liat dulu jadwal tayang film yang bersangkutan? Terus mengkritik Blitz Megaplex hanya menayangkan film2 Barat dan Eropa. Film Eropa apaan? Ada gitu film berbahasa Perancis/Italia/Hungaria diputer di Blitz?
Paling empunya Camry mengalami kecelakaan terus karena emosi nyamber kemana2. Tapi gw juga gak tau sih, gak langganan kompas, ada detilnya gak bro?
Lagian surat pembaca gitu, keabsahannya gak bisa terlalu dianggap... Gw kemaren baca surat pembaca Suara Pembaruan. Judulnya gini... "Blitz Megaplex Mengecewakan", wah, gw pikir ada tikus, ada kecoa atau film lagi diputer terus mati lampu dan penonton disuruh keluar. Ternyata? Ada keluarga dateng mau nonton ayat2 cinta, tapi gak diputar di Blitz Megaplex, terus tulis surat pembaca... Apa mereka gak liat dulu jadwal tayang film yang bersangkutan? Terus mengkritik Blitz Megaplex hanya menayangkan film2 Barat dan Eropa. Film Eropa apaan? Ada gitu film berbahasa Perancis/Italia/Hungaria diputer di Blitz?
Paling empunya Camry mengalami kecelakaan terus karena emosi nyamber kemana2. Tapi gw juga gak tau sih, gak langganan kompas, ada detilnya gak bro?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
rasanya terlalu berlebihan
tp let's see aja. namanya buatan manusia
tp kalo sampe cacat produk KETERLALUAN. mobil 1/2 M masa kacau gitu. hehehe
tp let's see aja. namanya buatan manusia
tp kalo sampe cacat produk KETERLALUAN. mobil 1/2 M masa kacau gitu. hehehe
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
segalanya mungkin aja bos.....kita tunggu aja jawaban dari TAM. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Intinya sih, kalo ga salah baca, mobil wkt dikirim dah cacat ( bemper, velg etc.), terus dashboard & audio jg bermasalah & mkn waktu 1 blnan buat dibetulin, terus wkt 10,000 km dah mesti ganti kanvas rem & yg paling akhir tgl 7 Maret 2008 mobilnya selip (kecepatan wkt itu 80 km/jam) dlm perjalanan Jkt - Bogor sampe muter2 & nabrak pager segala.........Midi_Amp wrote:Palingan masalah user. Camry sebagai produk unggulan pasti akan melalui QC yang lebih ketat dibanding produk lainnya di jajaran Toyota... Apalagi ini versi Q, 565 juta bok! Kalau Toyota gak bisa memberikan jaminan kualitas pada produk termahalnya, ganti aja QC & Service manajernya ama gw... Mabok lagi...
Lagian surat pembaca gitu, keabsahannya gak bisa terlalu dianggap... Gw kemaren baca surat pembaca Suara Pembaruan. Judulnya gini... "Blitz Megaplex Mengecewakan", wah, gw pikir ada tikus, ada kecoa atau film lagi diputer terus mati lampu dan penonton disuruh keluar. Ternyata? Ada keluarga dateng mau nonton ayat2 cinta, tapi gak diputar di Blitz Megaplex, terus tulis surat pembaca... Apa mereka gak liat dulu jadwal tayang film yang bersangkutan? Terus mengkritik Blitz Megaplex hanya menayangkan film2 Barat dan Eropa. Film Eropa apaan? Ada gitu film berbahasa Perancis/Italia/Hungaria diputer di Blitz?
Paling empunya Camry mengalami kecelakaan terus karena emosi nyamber kemana2. Tapi gw juga gak tau sih, gak langganan kompas, ada detilnya gak bro?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Mar 14, 2008 20:37
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
halah...
paling itu black-campaign dari dealer lain...
atau bisa juga ownernya beli pake duit 'haram' alias korupsi
masa iya mobil ud pake VSA (Vehicle stability assist) bisa selip....??
paling itu black-campaign dari dealer lain...

atau bisa juga ownernya beli pake duit 'haram' alias korupsi

masa iya mobil ud pake VSA (Vehicle stability assist) bisa selip....??

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Yang aneh mobil dikirim sudah cacat kenapa masih diterima...?
Dari permulaan aja udah aneh, n jangan2 cd playernya rusak pekenya kepingan bajakan melulu ya pasti rusak lah...he2 


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Midi_Amp wrote:Palingan masalah user. Camry sebagai produk unggulan pasti akan melalui QC yang lebih ketat dibanding produk lainnya di jajaran Toyota... Apalagi ini versi Q, 565 juta bok! Kalau Toyota gak bisa memberikan jaminan kualitas pada produk termahalnya, ganti aja QC & Service manajernya ama gw... Mabok lagi...
Lagian surat pembaca gitu, keabsahannya gak bisa terlalu dianggap... Gw kemaren baca surat pembaca Suara Pembaruan. Judulnya gini... "Blitz Megaplex Mengecewakan", wah, gw pikir ada tikus, ada kecoa atau film lagi diputer terus mati lampu dan penonton disuruh keluar. Ternyata? Ada keluarga dateng mau nonton ayat2 cinta, tapi gak diputar di Blitz Megaplex, terus tulis surat pembaca... Apa mereka gak liat dulu jadwal tayang film yang bersangkutan? Terus mengkritik Blitz Megaplex hanya menayangkan film2 Barat dan Eropa. Film Eropa apaan? Ada gitu film berbahasa Perancis/Italia/Hungaria diputer di Blitz?
Paling empunya Camry mengalami kecelakaan terus karena emosi nyamber kemana2. Tapi gw juga gak tau sih, gak langganan kompas, ada detilnya gak bro?
belum tentu juga salah user, nama besar kadang bukan jaminan. jawaban carefur tentang barang electronic yang tidak digaransi dealer. katanya barang promosi itu diambil dari importir umum, jadi kalau mau komplain langsung ke iu. lah ko enak ya, lepas tangan, emang siapa yg jual? yuk skrg nunggu jawaban toyota

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Bener tuh, masak beli barang harga diatas setengah M langsung mau terima gitu aja? Kalo saya yang beli tuh mobil, pasti dicek dulu lah kesemuamuanya, ada cacat dikit waktu penerimaan, pasti langsung saya tolak.arry_b wrote:Yang aneh mobil dikirim sudah cacat kenapa masih diterima...?Dari permulaan aja udah aneh, n jangan2 cd playernya rusak pekenya kepingan bajakan melulu ya pasti rusak lah...he2
Kalo emang bener ada cacat, berarti dua-duanya ga beres tuh, baik dealer maupun yang beli mobil.
Trus kalo masalah berputar-putar di tol sampe nabrak, pasti yang bawa ngawur tuh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
kalo yg ini rasanya agak berlebihan bgt..trs terang selip jg ga mungkin muter2 itu mbl..agak hiperbola..tp patut ditunggu jawaban Toyota atas kasus yg ekstrem ini..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas

Sebaiknya jangan terlalu percaya juga sih dengan cerita seperti ini. Kesalahan kadang bisa juga karena user. Yang membingungkan mengapa waktu serah terima mobil keadaan kendaraan itu sendiri tidak di cek dengan baik? Kalau tau sudah ada baret dibemper, pelek rusak seharusnya jangan diterima. Radio dan tape mobil rusak? Kapan rusaknya apa pas serah terima atau setelah 10rebu km. Mobil slip di tol jg pd keadaan apa, hujan deras, pengemudi lengah dan selip dari ruas tol paling kiri, jangan2x lagi nyalip dari bahu jalan yah mas ...

ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
lagian No Polisi and Rangka aj ga brani masukin..sgt mencurigakan..Alamat bisa aja dipalsuin...haiyo...muter ny hbt bgt dr ujung kiri trs nabraknya pagar di kanan..lagian itu klaim nya ke dealer tmpt bli aj msa lsg TAM Sunter didatengin..hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
TAM Sunter didatengin mungkin karena kerusakan udah sangat parah jadi langsung ke BOSnya wekekek...
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
ini mobil banyak rusak, mobil bekas aja belum tentu seperti ini deh.
mana ada mobil baru, pemakaian normal 10rb km ganti brake pad?
airbag rusak.
komputer VSA nya maybe juga rusak, krn transfer daya mesin ke sisi roda yg salah.
mana ada mobil baru, pemakaian normal 10rb km ganti brake pad?
airbag rusak.
komputer VSA nya maybe juga rusak, krn transfer daya mesin ke sisi roda yg salah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Ntah itu bener or berlebih2an or black campaign, yg pasti gw seneng kalo banyak yg komplain ke ATPM mana aja. Karena diharap bakal ada imbas positif nya ke konsumen lain...



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Paling tuh orangnya HPM yang black campaign Camry.... soalnya New Accord kan baru launching... sekarang kesempatan buat jatuhin Camry ;D
Brand lain kayaknya gak punya kepentingan buat jatuhin Camry, kecuali HPM
Brand lain kayaknya gak punya kepentingan buat jatuhin Camry, kecuali HPM

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
hmm.. koq seems terlalu mudah yah kesimpulan tsb; itu sama aja HPM yg kena dampak, tidak dgn cara "sekentara"(sebodoh) itu lah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Aneh sekali mobil baru tapi banyak masalahnya. Tapi yg lebih aneh lagi yaitu ownernya, seharusnya saat penerimaan mobil pertama kali di cek semuanya.
Sebelum serah terima mobil dari showroom biasanya kita disuruh re-check (ditemani oleh sales atau pihak ATPM) setiap bagian2 penting seperti:
- Body, Bumper & Cat mobil (harus bebas baret dan penyok)
- Velg dan dopnya harus dalam kondisi baik
- Ban dan ban cadangan harus dalam kondisi baik
- Interior (kondisi jok harus baik & dibungkus plastik, dashboard tidak baret)
- Audio (silahkan dicoba dan diutak-atik sepuasnya)
- Mesin harus dalam kondisi baik
- Kelengkapan lainnya harus ada
Kalau salah satu kondisi diatas tidak terpenuhi, SEHARUSNYA SI PEMBELI MENOLAK MENTAH2 MOBIL TSB!
Kita kembali lihat kejadian yang ada di surat pembaca tsb:
- Kondisi bumper kiri lecet
- Velg kiri rusak
- Radio & Tape rusak
- Rem Rusak (yang ini sulit dideteksi karena berdasarkan komplain terjadi pd km 5000)
LAHHHH KOQ MASIH DITERIMA???!!!
Lebih baik mari kita tunggu jawaban dari TAM untuk pastinya.
Sebelum serah terima mobil dari showroom biasanya kita disuruh re-check (ditemani oleh sales atau pihak ATPM) setiap bagian2 penting seperti:
- Body, Bumper & Cat mobil (harus bebas baret dan penyok)
- Velg dan dopnya harus dalam kondisi baik
- Ban dan ban cadangan harus dalam kondisi baik
- Interior (kondisi jok harus baik & dibungkus plastik, dashboard tidak baret)
- Audio (silahkan dicoba dan diutak-atik sepuasnya)
- Mesin harus dalam kondisi baik
- Kelengkapan lainnya harus ada
Kalau salah satu kondisi diatas tidak terpenuhi, SEHARUSNYA SI PEMBELI MENOLAK MENTAH2 MOBIL TSB!
Kita kembali lihat kejadian yang ada di surat pembaca tsb:
- Kondisi bumper kiri lecet
- Velg kiri rusak
- Radio & Tape rusak
- Rem Rusak (yang ini sulit dideteksi karena berdasarkan komplain terjadi pd km 5000)
LAHHHH KOQ MASIH DITERIMA???!!!
Lebih baik mari kita tunggu jawaban dari TAM untuk pastinya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Black campaign cuma sekadar tulisan pendek di surat pembaca mah gak ada hasilnya. Setau gw sih black campaign itu discreet dan gak ketauan... Tau2nya produk yang ditarget hilang dari pasaran. Mitsubishi Kuda apa kabarnya ya? Mobil bagus, merek terkenal, lenyap. Korban black campaign atau emang jelek? Sodara gw sih pake Kuda tahun 2002 masih awet ampe sekarang.
Banyak teori dari surat itu sih, kayak kejanggalan produk gak layak terima ampe akhirnya selip. Apakah sang empunya menonaktifkan VSA? Kadang sih gw iseng matiin VSA di E-class nyokap gw... Tapi jalan pelan pengen coba2 aja gimana rasanya. Apakah sang empunya udah ngebet banget pake mobil lokal termahal di Indonesia?
Waktu dulu gw kerja di perusahaan notebook, pernah gw dikirim surat ancaman kalau keluhan customer bakal dimuat di surat pembaca. Karena gw gak mau nama perusahaan tercemar, ya dah jalan damai, toh cuma sampling error aja, daripada harus damage control. Akhirnya tuh surat gak pernah nyampe suara pembaca. Kalau ini ada pilihan antara si pengirim udah kesal banget jadi gak pake ngancem atau emang black campaign... Tapi sekali lagi, black campaign itu seharusnya discreet dan teratur, gak gegabah dan langsung mengarah ke siapa yang diuntungkan.
Banyak teori dari surat itu sih, kayak kejanggalan produk gak layak terima ampe akhirnya selip. Apakah sang empunya menonaktifkan VSA? Kadang sih gw iseng matiin VSA di E-class nyokap gw... Tapi jalan pelan pengen coba2 aja gimana rasanya. Apakah sang empunya udah ngebet banget pake mobil lokal termahal di Indonesia?
Waktu dulu gw kerja di perusahaan notebook, pernah gw dikirim surat ancaman kalau keluhan customer bakal dimuat di surat pembaca. Karena gw gak mau nama perusahaan tercemar, ya dah jalan damai, toh cuma sampling error aja, daripada harus damage control. Akhirnya tuh surat gak pernah nyampe suara pembaca. Kalau ini ada pilihan antara si pengirim udah kesal banget jadi gak pake ngancem atau emang black campaign... Tapi sekali lagi, black campaign itu seharusnya discreet dan teratur, gak gegabah dan langsung mengarah ke siapa yang diuntungkan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Sulit disimpulkan untuk saat ini.surya wrote:Paling tuh orangnya HPM yang black campaign Camry.... soalnya New Accord kan baru launching... sekarang kesempatan buat jatuhin Camry ;D
Brand lain kayaknya gak punya kepentingan buat jatuhin Camry, kecuali HPM
Tapi faktor black campaign atau sejenisnya untuk menjatuhkan rival bisa saja terjadi di bumi pertiwi ini.
Seperti yang saya lihat di forum MPV, ada kasus Grand Livina tidak bisa nanjak karena bannya spin, sedangkan Avanza dan Innova tidak masalah di tanjakan tsb.
Infonya sendiri tidak akurat karena sumber berita dan pengujiannya tidak jelas.
Ujung2nya kebongkar juga. Menurut salah seorang SMers, berita tsb muncul di buletin Toyota (yg saya lupa nama buletinnya).
Nah loh ?!


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
Mitsu kuda sulit karena ada lawan kuat disana yg juga keduanya segrup : Kijang dan phanter.
Mungkin karena image sparepart kuda mahal juga, walaupun belum tentu signifikan karena kan hanya basis mesin L300 dan galant(sohc).
Mungkin karena image sparepart kuda mahal juga, walaupun belum tentu signifikan karena kan hanya basis mesin L300 dan galant(sohc).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
emang keliatannya sih black campaign
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
lihat lebih jernih, black campaign ga mungkin gegabah begitu, sama aja bunuh diri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Camry 3.5Q, komplain surat pembaca kompas
blm tentu org HPM walopun kepentingannya ngarah ke Camry..bisa aj sales nya yg nyebar brita gt..surya wrote:Paling tuh orangnya HPM yang black campaign Camry.... soalnya New Accord kan baru launching... sekarang kesempatan buat jatuhin Camry ;D
Brand lain kayaknya gak punya kepentingan buat jatuhin Camry, kecuali HPM