
mengingat harganya sekarang sedang hancur lebur

mau tanya2 ttg seluk beluk Camry V6
1. Compression ratio.
Compression ratio mesin Camry V6 (1MZ-FE) adalah 9.6 : 1 = pertamax plus
Bisakah saya 'mengirit' dengan mengisi bensin Premium + octane booster mengingat selisih harga Pertamax sangat banyak.
octane booster apa yang bagus ? redex ?

mobil apa saja yang menggunakan mesin 1MZ-FE ?
Bisakah saya meningkatkan compression ratio agar tenaga bisa sedikit terdongkrak mengingat tenaga Camry V6 agak dodol (187HP) dibanding pesaing lainnya (i.e. honda accrod V6 / Infiniti I30 = 200HP)
adakah cara lain untuk meningkatkan tenaga ?
2. Timing Belt
km sekarang 'baru' 62rb
Berapa km yang efisien untuk ganti timing belt ?
saya pernah cari2 di internet,
jawabannya sangat bervariasi,
mulai dari 60rb km sampai 200rb km
tentunya jawaban 60rb km adalah jawaban aman dan 'menguntungkan penjual spare part & bengkel'

3. Oli
walaupun Camry saya tahun 2000, ternyata mesinnya sama dari sejak tahun 1994
amankah diisi oli API SM / 0W30 ?
kemarin saya baca threadnya om penyu turbo ttg oli,
ternyata mesin 1MZ-FE termasuk yang rentan terhadap sludge
bagaimana caranya agar tidak terjadi sludge ?
(sekarang ngelitik.... jadi ngeri)
4. Hal-hal lain
Adakah hal-hal lain yang spesifik dari Camry V6 yang harus diperhatikan secara khusus ?
kelebihan dan kekurangan ?
makasi sebelumnya.