lepas busi waku mesin panas

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

lepas busi waku mesin panas

Post by Yusaku »

rekan sm, saya mau sharing nih, kan barusan saya ganti busi denso iridium ik16 di honda cr-v saya, nah kemarin saya iseng pingin tahu bagaimana kondisi busi setelah pakai seharian jalan, setelah parkir mobil di tempat yang aman, buka kap mesin, ambil kunci busi dan mulai buka busi, eh 2 busi sudah saya lepas tinggal 2 lagi, kemudian supir saya datang, dia bilang, "nyo kalau mau lepas busi jangan waktu mesin habis dipakai panas gini, nanti drat businya bisa rusak waktu businya mau dipasang lagi", kan besinya lagi muai". begitu denger kata itu seperti disamber geledek, pikiran saya telah buat salah yang fatal sekali. apalagi setelah gooogling ternyata engine yang blocknya udah aluminium mesti nunggu dingin dulu baru boleeh buka busi, makin tambah tertekan saja hehehehhe. kira-kira bagaimana pendapat rekan sm sekalian, apakah afdol buka busi pada waktu mesin lagi panas ?, bukankah waktu pembersihan dengan carbjet atau gzox juga mesti buka busi setelah mesin panas untuk dismprotkan carb jet di lubang busi ? gimanih jadi makin pusing hauuauaha :glodak:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by r1210g »

loh dari pernyataan bro sendiri dah jelas bro...
yang bahaya pas pemasangannya...

lebih berbahaya saat pemasangan daripada pelepasan busi.
soalnya pas pasang, busi akan terasa lebih berat dan kita akan memberikan impact yang lebih besar lagi..
drat bisa rusak karena logam yang memuai lebih mudah rusak daripada pas dingin..

untuk sekali ini dengan kondisi "normal" alias tidak dipaksa itu gapapa bro..
tenang aja.. saya juga pernah beberapa kali..

nah untuk pembersihan ruang bakar biasanya kondisinya setelah mati beberapa lama, mesin baru dinyalain lagi sebentar (mungkin ga sampe thermostat buka) yang penting ruang bakarnya panas.
jadi panas yang ada tidak sampai panas sekali.
ya tujuannya biar drat ga rusak..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by Cloud »

kalo dh terlanjur dibuka, tunggu agak dingin aja, biar lebih cepet, bisa sambil dikompres kain atau tisu yang dibasahi. Itu kalo buru2 lo, kalo mesin jarang dibuka businya, sekali 2 kali gak papa, tapi kalo keseringan, bisa lepas dratnya. Mungkin pas dikencangkan gak papa, tapi ketika dibuka, dratnya malah ikut keluar (pernah ngalami sih, padahal pas buka dlm keadaan dingin, tapi dulu pas masang dalam keadaan panas), atau sebaliknya, pas dibuka gak masalah, pas dikencangkan malah muter terus.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by mansetha »

iya, lagi panas-panas menndingan sabar ajah..hehehe..bisa pas lagi muai getu dipaksa keluar...kan tanggung...hauauahaklakakkaka....
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by Yusaku »

hehehe thx atas reply bro r1210g, Cloud, Mansheta, btw kalau drat sudah aus mesti ganti blok mesin atas aatau semua bagian, dan katanya kalau sampai rusak bisa nurunin kompresi mesin ya ?
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by r1210g »

turunin kompresi bisa aja...
soalnya bocor disana...
hmm.. keknya musti ganti headnya kalo ampe gitu..

ato bisa diakalin ya dengan di tap ulang?
trus ganti ukuran busi dah..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by GTR »

ga bisa di-tap ulang dgn yg lebih besar langsung deh, krn bisa "kena" material dudukan klep di sebelah2nya..
User avatar
Alexander
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by Alexander »

memang dilarang membuka busi sewaktu kondisi engine selagi panas, karena blok mesin terbuat dari bahan yg bisa memuai. Sewaktu busi dibuka dalam keadaan engine panas, blok akan memuai dan akan kesulitan dalam memasang busi kembali.
Bila dipaksa akan menyebabkan kerusakan pada ulir busi di blok.
Get home safe, respect road rules !
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by POS VETT »

Cloud wrote:kalo dh terlanjur dibuka, tunggu agak dingin aja, biar lebih cepet, bisa sambil dikompres kain atau tisu yang dibasahi. Itu kalo buru2 lo, kalo mesin jarang dibuka businya, sekali 2 kali gak papa, tapi kalo keseringan, bisa lepas dratnya. Mungkin pas dikencangkan gak papa, tapi ketika dibuka, dratnya malah ikut keluar (pernah ngalami sih, padahal pas buka dlm keadaan dingin, tapi dulu pas masang dalam keadaan panas), atau sebaliknya, pas dibuka gak masalah, pas dikencangkan malah muter terus.
LOL, ngawur.

Mesin panas dikompres ?? Ini akibatnya lebih berat lagi. Blok mesin/cylinder head bisa retak.

Drat busi lepas ?? Yg bener aja ... Yg ada dratnya dol/crossthreaded.

Thread owner:
Tidak ada masalah busi dibuka/pasang waktu mesin panas. Yg ada, mesti hati2 waktu pasang karena kebanyakan mesin jaman sekarang cylinder head-nya dari bahan aluminum yg lebih lunak dari besi (bahan bodinya busi). Kalau sampe crossthreaded, yg besi menang.

Waktu pasangnya mesti hati2. Waktu pertama pasangnya mesti dgn tangan, kalau sudah masuk 2-3 ulir, baru boleh pakai socket/ratchet.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by Yusaku »

thx banget atas replynya bro r1210g, GTR, Alexander, POS VETT very helpful, saya ngencenginnya pakai tangan dulu, terus baru pakai kunci busi bawaan mobilnya, kunci businya kaya silinder + besi sekitar 10 centi jadi kaya kunci T gitu. dan ngencenginya nggak sampai kaya orang adu panco, kalau sudah seret dicoba dikencengin lagi pakai satu tangan kalau sudah nggak isa gerak ya udah, solanya pernah coba lepas busi mobil kijang yang dihandel ama bengkel, sudah pakai 2 tangan masih belum bisa lepas hahahah.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: lepas busi waku mesin panas

Post by poeticmind »

setuju @posvett ! selama ini gue ga pernah nunggu utk dingin... tapi, hati2 saja... sebisa mungkin jika terjangkau dengan tangan, setelah masuk 2-3 ulir, baru memakai kunci sok nya.
jika tidak bisa (mobil yg lubang businya tidak terjangkau karena dalam), pelan2 saja memakai kunci sok... selama lancar muternya teruskan, jika tersendat, ulangi dari awal... artinya tidak pas.

itu saja... :)
Image