Tiptronic VS Manual
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Tiptronic VS Manual
Secara teori , apakah performance transmisi Tiptronic (manual mode) mampu mengimbangi transmisi manual murni atau masih kalah ?
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Tiptronic VS Manual
cowcool wrote:Secara teori , apakah performance transmisi Tiptronic (manual mode) mampu mengimbangi transmisi manual murni atau masih kalah ?

wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tiptronic VS Manual
Tiptronik torque converter, masih blm mampu.
Yg mampu mengimbangi bahkan melebihi performance m/t, Tiptronik dual-clutch (DSG).
Yg mampu mengimbangi bahkan melebihi performance m/t, Tiptronik dual-clutch (DSG).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Tiptronic VS Manual
yup tiptronik yang bener bener mampu mengimbangi manual yah cuma DSG (dipake di Vw golf dan audi...)
tapi setidaknya tiptronik lebih mumpuni ketimbang matik yang dulu....
tapi setidaknya tiptronik lebih mumpuni ketimbang matik yang dulu....
Seeing is believing[*][/size]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tiptronic VS Manual
Mobil2 sport yg dulunya & memang perlu M/T bakalan ganti pakai ini, spt Nisaan GTR juga pakai nih.
Sepertinya ini lahir dari mobil utk balapan rally WRC / DTM yah.
Sepertinya ini lahir dari mobil utk balapan rally WRC / DTM yah.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Tiptronic VS Manual
tiptronik yg dibahas tiptronik asli ato tiptronik manipulasi ECU nih?hehehe..kalo yg manipulasi sih masi lbh responsive manual,engine brake jg lebih terasa de:)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tiptronic VS Manual
asli lah bro... kalo custom sih, kan biasanya dari manual pasang triptonic...
nah, kalo yg saya tanya... (numpang thread...) dari matic ke triptonic... sama ga teorinya... anyone...?
nah, kalo yg saya tanya... (numpang thread...) dari matic ke triptonic... sama ga teorinya... anyone...?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Tiptronic VS Manual
Lain,
manual itu kita bener bener mengatur segalanya, sedangkan triptronic itu membuat "seakan-akan" kita bermain secara manual. Padahal ya matik.... Kalau diperhatikan, Rpm'nya nyambung terus ga pernah turun saat pergantian gigi.
manual itu kita bener bener mengatur segalanya, sedangkan triptronic itu membuat "seakan-akan" kita bermain secara manual. Padahal ya matik.... Kalau diperhatikan, Rpm'nya nyambung terus ga pernah turun saat pergantian gigi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Tiptronic VS Manual
bedanya apa ya triptronic biasa macem di harrier ama DSG?
nubie nih ^^
nubie nih ^^
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Tiptronic VS Manual
klo stream tiptronic nya termasuk yg konvensional / udah DSG yah... ???
wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tiptronic VS Manual
nah... maksud saya, matic dijadiin triptonic mungkin ga?blindzero wrote:Lain,
manual itu kita bener bener mengatur segalanya, sedangkan triptronic itu membuat "seakan-akan" kita bermain secara manual. Padahal ya matik.... Kalau diperhatikan, Rpm'nya nyambung terus ga pernah turun saat pergantian gigi.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tiptronic VS Manual
Tiptronic itu sistem pemindah posisi gigi pada a/t yg memungkinkan intervensi pemindahan secara manual (sekuensial) oleh user; baik pada DSG, a/t konvensional (wetclutch & TorqueConverter =T/C), maupun pd CVT.
DSG itu kalo ga salah dual-clutch sistem: utk gigi(& clutch) ganjil & gigi(& clutch) genap, makanya hampir pasti jumlah gigi DSG adalah genap alias 6 speed.
Sistem Clutch nya = Dry layaknya m/t tapi mekanis clutch engagementnya diatur otomatis (elektronis-hidrolis).
Saat posisi gigi ganjil, mekanis2 posisi gigi(& jg clutch) genap sudah dlm posisi "100% siap" utk dioperasikan, begitu juga kalo saat genap, ganjil trus sambung menyambung.
Makanya pemindahan gigi dapat berlangsung jauh lebih singkat dprd a/t (T/C). saat ini sekitar 80to60ms.
@poetic:
Sepertinya hampir ga mungkin yah, nah tapi ini hal menarik.
Yg paling mungkin (kalo mungkin), itu mandatory yg a/t dgn Electronic -controlled krn ada pengaturan posisi gear by ECU, seperti ECT-S / gradelogic / activematic, dst.
Paling tidak, pada ECTnya sepertinya perlu ini:
1. Port komunikasi => port utk menerima command(=as input pd ECT) pemindah posisi gigi, utk aplikasi switch (user interface) di stir.
2. Feature override safety pd ECT, spt pada tiptronic bawaan, ada fungsi "override" jika terjadi salah command posisi gigi accidentally, misalnya : saat start tapi tidak di posisi gigi1; hal2 yg mengakibatkan overrev rpm; mencegah salah posisi gigi tinggi pada rpm terlalu rendah.
DSG itu kalo ga salah dual-clutch sistem: utk gigi(& clutch) ganjil & gigi(& clutch) genap, makanya hampir pasti jumlah gigi DSG adalah genap alias 6 speed.
Sistem Clutch nya = Dry layaknya m/t tapi mekanis clutch engagementnya diatur otomatis (elektronis-hidrolis).
Saat posisi gigi ganjil, mekanis2 posisi gigi(& jg clutch) genap sudah dlm posisi "100% siap" utk dioperasikan, begitu juga kalo saat genap, ganjil trus sambung menyambung.
Makanya pemindahan gigi dapat berlangsung jauh lebih singkat dprd a/t (T/C). saat ini sekitar 80to60ms.
@poetic:
Sepertinya hampir ga mungkin yah, nah tapi ini hal menarik.
Yg paling mungkin (kalo mungkin), itu mandatory yg a/t dgn Electronic -controlled krn ada pengaturan posisi gear by ECU, seperti ECT-S / gradelogic / activematic, dst.
Paling tidak, pada ECTnya sepertinya perlu ini:
1. Port komunikasi => port utk menerima command(=as input pd ECT) pemindah posisi gigi, utk aplikasi switch (user interface) di stir.
2. Feature override safety pd ECT, spt pada tiptronic bawaan, ada fungsi "override" jika terjadi salah command posisi gigi accidentally, misalnya : saat start tapi tidak di posisi gigi1; hal2 yg mengakibatkan overrev rpm; mencegah salah posisi gigi tinggi pada rpm terlalu rendah.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Wed Sep 26, 2007 16:00
Re: Tiptronic VS Manual
Teknologi DSG ud lama dipake di mobil F1 & WRC...
Jadi klo mau transmisi yg performanya ngelebihin manual biasa...?? yaa DSG jawabannya...
cuma.. klo part-nya ada yg rusak.... lgs tipis dompet
Jadi klo mau transmisi yg performanya ngelebihin manual biasa...?? yaa DSG jawabannya...
cuma.. klo part-nya ada yg rusak.... lgs tipis dompet

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Tiptronic VS Manual
mksdnya ga asli itu pak macam "tiptronic a la jazz",,,itu cuman manipulasi ecu yg ngelock di putaran pulley tertentu(baca dari majalah..)hahahaha...soale jazz itu basically tidak ada gear, cuman d tarik sabuk baja puli yg bisa berubah2nya:)
kalo bang gt-r blg itu dsg emg canggih dah...
tiptronik macam di BMW, grandis kaya nya jg pake manipulasi ecu buat ngeblok perpindahan gigi...betul kan?:)
kalo utk mengubah jadi tiptronik keq nya agak ribet yah..ato sama sekali ga bisa..ga jelas jg..huehuehue
yg pasti..transmisi a/t dgn torque converter pasti mengisap daya mesin yg besar dibandingkan dgn cvt ato dsg, apalagi manual..hehehe
kalo bang gt-r blg itu dsg emg canggih dah...
tiptronik macam di BMW, grandis kaya nya jg pake manipulasi ecu buat ngeblok perpindahan gigi...betul kan?:)
kalo utk mengubah jadi tiptronik keq nya agak ribet yah..ato sama sekali ga bisa..ga jelas jg..huehuehue
yg pasti..transmisi a/t dgn torque converter pasti mengisap daya mesin yg besar dibandingkan dgn cvt ato dsg, apalagi manual..hehehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tiptronic VS Manual
begitu... saya penasaran, karena kemaren pake mtsu, triptonic... enak bgt. makanya kalo secara teori sih, matic saya bisa dicustom jadi triptonic... bagus juga.GTR wrote: @poetic:
Sepertinya hampir ga mungkin yah, nah tapi ini hal menarik.
Yg paling mungkin (kalo mungkin), itu mandatory yg a/t dgn Electronic -controlled krn ada pengaturan posisi gear by ECU, seperti ECT-S / gradelogic / activematic, dst.
Paling tidak, pada ECTnya sepertinya perlu ini:
1. Port komunikasi => port utk menerima command(=as input pd ECT) pemindah posisi gigi, utk aplikasi switch (user interface) di stir.
2. Feature override safety pd ECT, spt pada tiptronic bawaan, ada fungsi "override" jika terjadi salah command posisi gigi accidentally, misalnya : saat start tapi tidak di posisi gigi1; hal2 yg mengakibatkan overrev rpm; mencegah salah posisi gigi tinggi pada rpm terlalu rendah.
or, swap gearbox...
memang, akan ada masalah di ECU komp nya, tapi seharusnya bisa. dan pemasangan switch di setir bagus juga tuh...
kalo dari manual ke tripto kan biasa... mudah banget... kitnya banyak. dan ga mahal2 amat...


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Tiptronic VS Manual
kemaren pke mitsu apa bro?poeticmind wrote:begitu... saya penasaran, karena kemaren pake mtsu, triptonic... enak bgt. makanya kalo secara teori sih, matic saya bisa dicustom jadi triptonic... bagus juga.
or, swap gearbox...


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tiptronic VS Manual
lancer, unit cbu 2002 (kalo disini artinya model yg 2004 ya keknya...). triptonic 6speed. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Tiptronic VS Manual
ooo....jadi mo beli nih....???poeticmind wrote:lancer, unit cbu 2002 (kalo disini artinya model yg 2004 ya keknya...). triptonic 6speed.



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tiptronic VS Manual
@poetic
lancer 2002 tiptronic itu kan CVT (invecs III) mirip jazz/city, so, bukan a/t 'konvensional' (invecs II).
memang beda noticeable kan antara CVT dan a/t 'konvensional'.
Maksudnya Kit dari manual ke tiptronic itu yg sistem mirip Easyclucth yah? ,
kalo ini prefer disebut "AMT" ya = Automated Manual Transmission, mirip civic hatch 8gen, proton, dsb; bisa langsung naik/turun posisi gigi mana aja, bukan sekuensial.
krn kalo "tiptronic" kan kudu sekuensial setiap intervensi posisi gigi...
lancer 2002 tiptronic itu kan CVT (invecs III) mirip jazz/city, so, bukan a/t 'konvensional' (invecs II).
memang beda noticeable kan antara CVT dan a/t 'konvensional'.
Maksudnya Kit dari manual ke tiptronic itu yg sistem mirip Easyclucth yah? ,
kalo ini prefer disebut "AMT" ya = Automated Manual Transmission, mirip civic hatch 8gen, proton, dsb; bisa langsung naik/turun posisi gigi mana aja, bukan sekuensial.
krn kalo "tiptronic" kan kudu sekuensial setiap intervensi posisi gigi...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tiptronic VS Manual
might be... ga ngerti juga, tapi enak dibawanya... dari gigi 1,2 dst responsif dibanding mode matic nya... beda sama karakter cityjazz, lewat lah...
manual ke tripto, ya easyclucth... bener. saya juga masih cari info, matic ke triptonic... belum ada jawaban yg menyenangkan... rata2 swap gearboxx but no explanation, how how...
manual ke tripto, ya easyclucth... bener. saya juga masih cari info, matic ke triptonic... belum ada jawaban yg menyenangkan... rata2 swap gearboxx but no explanation, how how...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tiptronic VS Manual
"Manualmode" memang lebih responsif daripada "fully automatic mode", pada jazz pun "fully autamotic mode" ini ada 2 : "D" normal, dan "S" sporty utk rpm lebih tinggi.
Dan, ada mode satu lagi yaitu "7-speed mode" : perubahan ratio pd transmisi CVT ini jadi mirip a/t yg dgn 7 tingkat percepatan.
jadi, semua ada 3+1 mode.
Harus sama2 test "manualmode", pada jazz/city lebih rapat rationya karena 7 tingkat.
Lancer tiptronic ATPM = CVT 6 ratio gearing, tapi please notice kapasitas mesin lancer CVT adalah 1800cc (bukan 1600cc spt yg tipe manualnya); diatas kertas jazz jelas kalah telak, even yg vtec, harus dgn yg i-vtec isunya sekitar 9sec
Dan, ada mode satu lagi yaitu "7-speed mode" : perubahan ratio pd transmisi CVT ini jadi mirip a/t yg dgn 7 tingkat percepatan.
jadi, semua ada 3+1 mode.
Harus sama2 test "manualmode", pada jazz/city lebih rapat rationya karena 7 tingkat.
Lancer tiptronic ATPM = CVT 6 ratio gearing, tapi please notice kapasitas mesin lancer CVT adalah 1800cc (bukan 1600cc spt yg tipe manualnya); diatas kertas jazz jelas kalah telak, even yg vtec, harus dgn yg i-vtec isunya sekitar 9sec

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Tiptronic VS Manual
hehehehe... bener, tapi di 0-402meter masih kalah sama NextG saya... hahahaha! 
but, soal matic2 gini memang tergantung yg pake sih... ada yg suka matic konvensional, CVT dan lain2... saya sendiri dari benci matic jadi suka, bukan sama kenyaman nya... tapi teknologinya bikin saya tertarik. belum sempet mendalami, sejauh ini mau nikmatin aja dulu.

but, soal matic2 gini memang tergantung yg pake sih... ada yg suka matic konvensional, CVT dan lain2... saya sendiri dari benci matic jadi suka, bukan sama kenyaman nya... tapi teknologinya bikin saya tertarik. belum sempet mendalami, sejauh ini mau nikmatin aja dulu.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tiptronic VS Manual
DSG paling menarik & pas, & jadi punya 2 transmisi yg berputar pararel : genap & ganjil, tapi jadi costly, heavy & belum byk bengkel yg menangani ini.