Ford Fiesta

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bayu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Sep 12, 2005 7:14

Ford Fiesta

Post by Bayu »

Waktunya Fiesta
http://www.mobilku.com


(19/02/2008) - Ford Motor Indonesia menjual 6,309 unit sepanjang tahun atau kira-kira 0.0001% dari penjualan global Ford Motor Co. tahun 2007. Selama lima tahun beroperasi, hanya ada tambahan sekitar 25,000 unit Ford di Indonesia. Bukan angka yang membanggakan bila di bandingkan kebesaran Ford Motor Co. sebagai produsen otomotif ketiga terbesar didunia yang sudah lebih dari 100 tahun beroperasi di seluruh dunia.

FMI butuh model yang cukup kuat untuk meroketkan penjualan mereka. Ada banyak pilihan, tapi FMI sudah mengisyaratkan mencoba peruntungannya di segmen hatchback. Pasalnya, segmen ini diminati konsumen lokal dan secara global menunjukkan trend pertumbuhan signifikan. Ford sudah punya hatchback kompak, Fiesta namanya dan sudah dipasarkan sejak 1976. Kini Ford sedang mempersiapkan kelahiran generasi ke delapan di Geneva Motor Show, Maret 2008. Fiesta inilah yang disiapkan untuk pasar Indonesia.

Image


Siapa Fiesta?

Ayo kenalan! Ford Fiesta memang bukan nama yang akrab di kebanyakan konsumen Indonesia. Model ini banyak ditemui negara-negara Eropa dan beberapa negara di kawasan lainnya. Untuk diketahui, Fiesta adalah salah satu model paling berhasil dalam keluarga besar Ford Motor Co. Sejak kelahiran 1976, populasinya sudah lebih dari 12 juta unit di seluruh dunia dalam tujuh generasi. Uniknya, Fiesta hanya 2 tahun dipasarkan di USA (1978-1980). Fiesta ngak cocok untuk pasar disana.

Ford Fiesta adalah respon Ford terhadap meningkatnya permintaan mobil-mobil berukuran kompak di Eropa di awal dekade 70-an. Model terkecil Ford saat itu, Escort masih lebih besar dari kompetitornya. Escort saat itu pakai gardan belakang, seperti kompetitornya sudah berpenggerak roda depan. Krisis energi 1973 membuat konsumen berbondong-bondong memilih mobil kecil yang irit bensin. Ditambah melamungnya inflasi dan pajak mendorong konsumen memilih mobil berukuran kecil dan murah.

Image

Kelahiran Fiesta dimulai dengan dibentuknya Project Bobcat pada tahun 1973 yang bertujuan menciptakan mobil baru yang ongkos produksinya $100 lebih murah dari Ford Escort. Project ini berubah jadi misi pribadi chairman Ford saat itu, Henry Ford II. Dia sangat yakin pada mobil berukuran kecil -sesuatu yang luarbiasa untuk eksekutif perusahaan otomotif yang terkenal dengan mobil berukuran maksi saat itu. Henry Ford II menggunakan semua sumber daya Ford untuk menciptakan model yang benar-benar baru. Dia secara personal terlibat intens di semua tahapan dalam proses panjang itu. Proses itu berujung pada peresmian pabrik perakitan di Almusafes, Valencia, Spanyol yang juga dihadiri Raja Spanyol yang baru di mahkotai- Juan Carlos. Fiesta belum dapat nama hingga 1974 ketika Ford meringkas 50 calon nama menjadi lima. Pilihan akhir dibuat Henry Ford II.

Soal pemilihan nama ini ada kisah tersendiri. Daftar nama yang disiapkan anggota tim proyek Bobcat antara lain adalah Amigo, Bambi, Bebe, Bravo, Bolero, Cherie, Tempo, Chico, Fiesta, Forito, Metro, Pony dan Siera. Saat di lakukan voting, sebagian besar memilih nama Bravo. Tapi Henry Ford II menolak dan secara pribadi memilih Fiesta.

Dengan cepat Fiesta menjadi salah satu mobil terlaris di Eropa, khususnya di Inggris. Posisinya sebagai mobil ekonomis, praktis tapi nyaman dikendarai dan aman, cocok dengan kebutuhan sebagian besar konsumen di kawasan itu.

Image

Fiesta di Indonesia, tunggu di Beijing

Fiesta yang akan diperkenalkan di Indonesia adalah generasi kedelapan dan merupakan major product pertama dari proses pengembangan produk global Ford terbaru. Didisain dan dikembangkan untuk konsumen di Eropa, Asia, Australia dan Amerika, dan dijadwalkan diluncurkan secara bertahap antara 2008 - 2010.

Sebagai produk global, Ford mempersiapkannya dengan sepenuh hati. Untuk menebak isi hati dan kepala konsumen, Ford menggoda lewat tiga versi Ford Verve Concept. Berbentuk hatchback, model konsep ini menyentak persepsi konsumen tentang Ford. Hadir dengan tampilan dinamis yang stylish, sophisticated, dan emotional. Ini mengubah gambaran umum yang selama ini menganggap bahwa mobil kecil adalah produk massal, barang komoditas membosankan.

Image

Ford cukup puas dengan respon masyarakat terhadap Ford Verve Concept yang dipamerkan di Franfkurt Motor (September 2007), Guangzhou Motor Show (November 2007) dan North American International Auto Show (January 2008). Dengan bangga Ford mengumumkan bahwa versi produksi Fiesta akan mewarisi ciri-ciri terpenting dari Verve Concept. Untuk pasar Eropa, versi produksi akan dipamerkan di Geneva Motor Show dan dipasarkan musim gugur 2008. Ada dua varian body, yaitu tiga dan lima pintu. Pada 2010, Fiesta sudah dipasarkan di seluruh Eropa, Asia, Afrika Selatan, Australia dan Amerika Utara dengan beragam variannya berdasarkan kawasan dengan tetap menggunakan platform yang sama.

Selaini janji memboyong tampilan dinamis Verve, Ford juga menyiapkan perbaikan besar-besar terhadap kualitas interior, termasuk kualitas pengerjaan, material yang dipakai, dan pilihan produk dengan tetap mempertahankan kekuatan Fiesta selama ini seperti kepraktisan, value for money, kelincahan dan safety. "Fiesta punya tampilan hebat, dikendarai juga hebat dengan kualitas yang bisa dilihat, disentuh dan dirasakan," kata Jim Farley, Ford’s group vice president, Marketing and Communications. Ford juga mengklaim para insinyurnya sudah bekerja keras untuk meningkatkan kenyamanan pengendaraan dan mengisolasi suara agar tidak masuk ke kabin.

Untuk pasar Asia, Ford akan mengumumkannya di Beijing Motor Show, April mendatang. Foto-foto yang ada dihalaman ini adalah 2009 Ford Fiesta untuk Geneva Motor Show 2008.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ford Fiesta

Post by imsus2c »

wah, kalo buat market negara kita...susah kayaknya pak. Tipikal konsumen kita kan unik...sangat brand-minded/fanatik ke merk, faktor yg lain2 boleh urutan kesekian. Mobil yg built-quality + ect,ect-nya bagus pun bisa keok kalo dijual disini. Kalo cari mobil pun dicarinya yg muatnya buanyaakkk...., BBM-nya iriiiittt... Yang pake boil sejenis banyak/populer...Service dan spare parts-nya pun bisa murah dan mudah gitu loh... Dan yg jelas kalo dijual lagi harus gampang dan masih tinggi.
Tapi itu sih sah-sah aja kan?
Mungkin buat konsumen awam atau yg baru, denger nama "Ford" pikirannya sudah ngeri duluan tuh.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Re: Ford Fiesta

Post by tonie »

hampir kliru liat judul topik nya.... :mrgreen: mirip salah saru merek sarung ternama.... Image Image Image
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ford Fiesta

Post by GTR »

iya, tapi bisa langsung mudah terserap di benak konsumen nih brand nya.....
tapi nanti jadi olok2an orang, terutama anak muda mana mau nyetir merk ini...apalagi cewe..

Paling2 yg masuk jadinya mazda2, since basis nya sama.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Ford Fiesta

Post by HilmanZ »

yang masuk tipe 3 pintu ky gn ne?? dashboard ny keren..pas masuk indo jd bolong2 d isi ny..specdown..hahaha
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ford Fiesta

Post by GTR »

kalo feature di "dashboard" dihilangkan, masih mending asal jangan mesin, transmisi, suspensi dibikin beda. nanti ga enak ride dan performance nya. alias kalo feature di dashboard dihilangkan, masih bisa terbayar kalo jadinya @ Affordable-Price dan ride & performance nya baik.
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03

Re: Ford Fiesta

Post by skylion »

exterior biasa tapi interiornya keren sekali.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: Ford Fiesta

Post by WP »

mirip Mazda2 banget.... beda sama 'pertalian saudara' Focus dengan Mazda3... desain boleh lah...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Ford Fiesta

Post by uch »

tonie wrote:hampir kliru liat judul topik nya.... :mrgreen: mirip salah saru merek sarung ternama.... Image Image Image
Sarung buat serong ya ? :D