Seputar CRV

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

naldo wrote:Smua juga setiap kali reset... Dulu sebelum ganti velg, seirit2nya cuma dapet 1:9, di tol... Boros lah... Mana irit segitu?? Ga seirit yang dikira... Dalem kota, lebih parah... 1:6-1:7... Sudah 3bulan pke CRV, koq mulai bosan y??? hehehe... Liat disana-sini si... hehehe...
Ya berarti bro naldo udah melakukan prosedur dgn benar dlm penghitungan AVG FC.

Menurut saya untuk ukuran CR-V 2.4L termasuk irit. Ya kalau mau lebih irit pakai aja mobil yg kapasitas mesinnya dibawah 2.0L.

Dengan cara mengemudi yang normal (AC dan audio selalu nyala), sesekali di kick-down (kalau perlu utk menyalip) itulah AVG FC yang saya dapatkan. Tapi rasanya kalau mau lebih irit lagi susah sekali! Kalaupun mau coba2 (seperti lomba irit2an) maka AC harus dimatikan, ngga pernah kick-down, nyetirnya sabarrrr banget... meminimalisir stop n go, lari di tol konstan di speed tertentu dan rpm ideal, terus week-end di rumah, keluar bukan jam sibuk yahh... bisa lebih irit dikit lah... :) tapi kelamaan seperti itu bisa :mad:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

Hansen wrote:
nescafe wrote:
naldo wrote:Smua juga setiap kali reset... Dulu sebelum ganti velg, seirit2nya cuma dapet 1:9, di tol... Boros lah... Mana irit segitu?? Ga seirit yang dikira... Dalem kota, lebih parah... 1:6-1:7... Sudah 3bulan pke CRV, koq mulai bosan y??? hehehe... Liat disana-sini si... hehehe...
namanya jg mesin cc besar bro.. mau irit-irit banget jg susah..
klo bosen oper ke saya ajah.. :mrgreen:
kalo udah cc gede susah irit bro... :e-naughty:

gw juga pake Grandis 2400cc gaya nyetir agresif :evil: di dalem kota dapetnya 1 : 6.5 :ngacir:
CRV gw dalem kota masih bisa 1:6.8, kalo CRV temen gw cuma dapet 1:6 itu juga emang bawanya lebih agresif dan velgnya pake 22".
CRV 2.4L, Grandis 2.4L dan X-TRAIL 2.5L gw rasa AVG FC nya tidak akan beda jauh mengingat kapasitas mesin sama dan teknologinya juga kurang lebih sama.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

koolrider wrote:
DigitALL wrote:Halo bro, selamat ya akhirnya pakai CRV juga. :)
Berhubung saya udah lumayan lama pakai CRV 2.4 jadi tau seluk beluknya. :)

Apakah bro sempat me-RESET AVG Consumtion sejak pertama kali beli (mengingat unit yang bro adalah second)?
Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan diisi Pertamax oleh si penjual tapi lebih karena pemakaian terakhirnya sebelum dijual. Jika pemakai terakhir melalui jalan bebas hambatan yg lancar maka AVG nya bisa mencapai 1:9.3. (AVG=Average / Rata2)

Oleh karena itu bagusnya di RESET langsung sehingga kita bisa tau AVG sebenarnya sejak pertama kali kita bawa. Nah itulah yang paling tepatnya.

Dulu saya ambil dari showroom konsumsi AVG 1:2.4 !!! Sempat kaget, tapi AVG segitu baru jalan 21km (mungkin dari pabrik ke trailernya kemudian ke gudang dan showroom). Nah kalau ini tidak perlu di RESET karena baru jalan 21km. Beberapa hari setelah saya pakai, AVG mulai naik 1:4, 1:5 dan terus naik hingga 1:7 untuk pemakaian dalam kota selama 3 minggu (diisi Pertamax Plus). Baru dapet realnya antara konsumsi dan jarak tempuh.

Kebalikan dari bro, karena pemakai sebelumnya mungkin pakai di tol (contoh Cipularang) bisa sampe 1:9 atau lebih. Maka ketika bro pake (tanpa RESET) dan digunakan dalam kota terus menerus maka AVG nya terus menurun. 1:9.3 kemudian 1:7.6 lalu 1:7.

Harusnya bro juga melakukan RESET setiap mau mengukur mana yang lebih irit, Premium, Pertamax, atau Pertamax Plus dll.
Karena kalau tidak di RESET hasilnya tidak akan akurat.

Begitu juga kalau mau melakukan pengukuran seberapa irit konsumsi CRV di dalam kota, luar kota atau kombinasi. Selalu lakukan RESET.
Berdasarkan hasil perhitungan saya, CRV 2.4 untuk:
- Dalam kota AVG 1:6.8 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Luar Kota AVG 1:13.5 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Kombinasi AVG 1:9.4 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus kemudian dipakai di dalam kota beberapa hari, saat mau ke Jkt melalui Cipularang diisi Pertamax Plus lagi tapi tidak melakukan RESET). Nah dapet AVG kombinasinya.

Semoga membantu :)
Rupanya "kaki" loe ma gw sama ya, gw pk crv 2.4 jg kira2 FC nya segitu.
klo RB gw sedikit lbh irit padahal mesin sama cm gw rs krn gear rationya beda jadi hasilnya beda2 dikit. Klo boil gw yg 3 ltr 6 cyl kira2 1:5.5 .
Dgn perbandingan ini gw bilang FC CRV masi wajar segitu
Ya bisa sama karena saya membawanya secara wajar bro. :) Tidak ada istilah irit2an. Bawa normal saja, sesekali kick down juga hehe... sebenernya kaki sih selalu mau injek lebih dalem kalo jalan kosong, tapi mengingat BBM makin mahal jadi bawanya lebih smooth.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

remedusakti wrote:
GTR wrote:berarti FC dalkot CRV 2400cc 1:6,8 dan combine 1:9,4 masih rata2 dibanding grandis.
ada info FC dalkot GV, xtrail, Captiva?
CRV 2.4 dapet segitu lumayan lah. nah gw punya yang 2.0 aj ya ga jauh2 dr itu.
tp emang tergantng bgt ama cara mengemudi n kondisi jalan.


CRV 2.0 2006 selama satu minggu, dari rumah daerah permata hijau ke RS fatmawati, jalan pagi lumayan lancar, pulang padet dapetnya 1: 7an deh. tp kl diperhatikan emang byk BBM terbuang selama satu minggu dlm keadaan mobil statis, misal kl pagi panasin mobil sekitar 3-5 mnt kali aj tujuh hari udh berapa byk kebuang.belum lagi sebelum pulng dr fatmawati nyalain mobil dl 2-4 menitan sambil nunggu mobil adem. mobil di jemur panas terik, selama 7 hari sdh berapa byk premium yang nguap.

untuk Xtrail dengan rute sama dapetnya mirip2 dgn CRV 2.0 tp sedikit lebih irit ( lebih irit 0,sekian km/l ) dengan catatn bawa smooth.

keduanya bawa sama2 smooth, tp kerasa injekan gas CRV lebih dalem drpd xtrail mungkn terkait Power to Weight ratio bagusan xtrail.
gw pikir untuk SUV ukuran X trail, CRV dan sejenisnya emang lebih cocok mesin > 2000 cc at least 2300 - 2500 cc karena Power to weight ratio lebih pas ketimbang mesin 2000 cc.

GV ga punya n blum pernah nyoba, cuma escudo 2.0 mesin sama ama GV J20A waduh boros bgt. lebih boros dr x trail n CRV. tp katanya kl di GV udh ada penyempurnaan jd lebh hemt.
Setuju! (Yg di Bold) Oleh karena itu saya lebih prefer yang 2.4L karena konsumsi bensinnya tidak beda jauh.
Waktu saya test drive keduanya di tol, justru saya agak kecewa dengan performa 2.0L. Akselerasi tidak segalak 2.4 dan saat di kick down seperti tidak mau lari... Saya sempat nanya ke sales yg ikut bersama saya saat test drive, koq nih mobil kaya ngga bisa lari ya? Si sales jawab, iya karena mesinnya SOHC justru CRV 2.000cc lama lebih kenceng karena DOHC. Udah kalau Bapak mau yang kenceng ambil yang 2.400 aja.

Ya akhirnya saya putuskan ambil 2.4L saja.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

@ remedusakti:

Saya pernah coba kick-down dari posisi diam. Kalau CR-V ban depan susah mau dibuat berdecit dan sedikit spin, malah agak sedikit telat tarikannya jika dibandingkan X-TRAIL. Kalau X-TRAIL begitu di kick-down dari posisi diam bisa sedikit berdecit dan spin.
Kondisi ban baik CRV dan X-TRAIL masih bagus. Memang performa X-TRAIL lebih galak.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Seputar CRV

Post by poeticmind »

DigitALL wrote:@ remedusakti:

Saya pernah coba kick-down dari posisi diam. Kalau CR-V ban depan susah mau dibuat berdecit dan sedikit spin, malah agak sedikit telat tarikannya jika dibandingkan X-TRAIL. Kalau X-TRAIL begitu di kick-down dari posisi diam bisa sedikit berdecit dan spin.
Kondisi ban baik CRV dan X-TRAIL masih bagus. Memang performa X-TRAIL lebih galak.
hehehe... kalo ini saya setuju. :D
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Seputar CRV

Post by nescafe »

poeticmind wrote:
DigitALL wrote:@ remedusakti:

Saya pernah coba kick-down dari posisi diam. Kalau CR-V ban depan susah mau dibuat berdecit dan sedikit spin, malah agak sedikit telat tarikannya jika dibandingkan X-TRAIL. Kalau X-TRAIL begitu di kick-down dari posisi diam bisa sedikit berdecit dan spin.
Kondisi ban baik CRV dan X-TRAIL masih bagus. Memang performa X-TRAIL lebih galak.
hehehe... kalo ini saya setuju. :D
iya horsepower dan torsi jg lebih besar x-trail drpd cr-v yg 2.4 litre..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Seputar CRV

Post by poeticmind »

new CRV kan udah ada... nah kita tunggu new xtrail, apa ada upgrade yg worth it or ga... saya pikir CRV enak kok, fun to drive terutama... dan kaki2 lebih rigid, saya akuin.

jadi, tergantung masing2 lah... secara body, saya masih lebih suka xtrail krn lebih kotak. tapi berdasarkan pooling custumer, 65% lebih senang bodynya CRV. lebih modern katanya...
Image
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Seputar CRV

Post by remedusakti »

DigitALL wrote:@ remedusakti:

Saya pernah coba kick-down dari posisi diam. Kalau CR-V ban depan susah mau dibuat berdecit dan sedikit spin, malah agak sedikit telat tarikannya jika dibandingkan X-TRAIL. Kalau X-TRAIL begitu di kick-down dari posisi diam bisa sedikit berdecit dan spin.
Kondisi ban baik CRV dan X-TRAIL masih bagus. Memang performa X-TRAIL lebih galak.
yup, gw juga pernah coba hal serupa bro. tp gw coba yang 2.0. kl bro sendr coba crv yg mana ? overall tenaga x trail jantan habs cm matiknya kurng sigap dibanding crv.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Seputar CRV

Post by esh »

Rekan-rekan SMers sudah ada yang pasang head unit Caska K-331 seperti yang dimuat di AutoBild edisi 31 Mei-13 Juni?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Seputar CRV

Post by nescafe »

ini standarnya X_trail bos?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Seputar CRV

Post by esh »

Menurut iklan di AutoBild ini head unit pengganti komponen standar Honda New CR-V. Bisa DVD,VCD,CD, MP3,MPEG4, WMA, dan JPEG. Touchscreen, ada port untuk mini USB dan iPod + Bluetooth. GPS dan rear camera juga bisa ditambahkan, bahkan untuk informasi kondisi aktual kendaraan (mungkin MID CR-V bisa ditampilkan di screen head unit ini). Kalau saya lihat di website lain, katanya pemasangannya mudah sekali tinggal connect ke socket bawaan mobil. Harga di AutoBild 5,5jt. SMers kalau sdh ada yang pasang tolong sharing dong
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

remedusakti wrote:
DigitALL wrote:@ remedusakti:

Saya pernah coba kick-down dari posisi diam. Kalau CR-V ban depan susah mau dibuat berdecit dan sedikit spin, malah agak sedikit telat tarikannya jika dibandingkan X-TRAIL. Kalau X-TRAIL begitu di kick-down dari posisi diam bisa sedikit berdecit dan spin.
Kondisi ban baik CRV dan X-TRAIL masih bagus. Memang performa X-TRAIL lebih galak.
yup, gw juga pernah coba hal serupa bro. tp gw coba yang 2.0. kl bro sendr coba crv yg mana ? overall tenaga x trail jantan habs cm matiknya kurng sigap dibanding crv.
Saya coba CRV 2.4L, kalau X-Trail 2.5L dibandingkan dengan CRV 2.0L jelas jauh banget bedanya. Karena sama CRV 2.4L saja X-TRAIL performanya masih lebih galak. :e-think:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

nescafe wrote:ini standarnya X_trail bos?
CASKA tsb adalah Multimedia TV khusus untuk CRV dengan sistem Plug N' Play, seperti yg dikutip bro esh dari web lain "pemasangannya mudah sekali".
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

Kalau saya pasang TV Pioneer in-dash motorized 7" + processor 6.1 + adaptor USB & iPod + center speaker Pioneer.
Head unit double-din Kenwood bawaan pabrik rencana mau dijual nih (kondisi mulus sekali, slot CD juga belum pernah dimasukin CD, kabel USB masih rapih)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
samolagi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Jun 11, 2008 17:56

Re: Seputar CRV

Post by samolagi »

DigitALL wrote:
remedusakti wrote:
DigitALL wrote:@ remedusakti:

Saya pernah coba kick-down dari posisi diam. Kalau CR-V ban depan susah mau dibuat berdecit dan sedikit spin, malah agak sedikit telat tarikannya jika dibandingkan X-TRAIL. Kalau X-TRAIL begitu di kick-down dari posisi diam bisa sedikit berdecit dan spin.
Kondisi ban baik CRV dan X-TRAIL masih bagus. Memang performa X-TRAIL lebih galak.
yup, gw juga pernah coba hal serupa bro. tp gw coba yang 2.0. kl bro sendr coba crv yg mana ? overall tenaga x trail jantan habs cm matiknya kurng sigap dibanding crv.
Saya coba CRV 2.4L, kalau X-Trail 2.5L dibandingkan dengan CRV 2.0L jelas jauh banget bedanya. Karena sama CRV 2.4L saja X-TRAIL performanya masih lebih galak. :e-think:
kalo cr-v galak2 kaya x-trail bisa tambah boros donk,
perbedaan karakter mobil lah menurut gua,
coba aja cr-v sama x-trail diadu pas di tikungan patah dalam kecepatan tinggi,
menangan cr-v kan.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Seputar CRV

Post by andy1800 »

samolagi wrote:coba aja cr-v sama x-trail diadu pas di tikungan patah dalam kecepatan tinggi,
menangan cr-v kan.
oya ? :o
serius bro ?
seberapa menang jauh ?
coba, tlg penggambarannya... bayangin kl pake penumpang dummy tanpa seatbelt..... miring seberapa banyak ?
bisa bergeser dari sisi kiri ke sisi kanan ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Seputar CRV

Post by nescafe »

DigitALL wrote:Kalau saya pasang TV Pioneer in-dash motorized 7" + processor 6.1 + adaptor USB & iPod + center speaker Pioneer.
Head unit double-din Kenwood bawaan pabrik rencana mau dijual nih (kondisi mulus sekali, slot CD juga belum pernah dimasukin CD, kabel USB masih rapih)
bagusan punya pak digitall drpd yg atunya hehehehe.. o'ya kalau membangun sound di CR-V, apa ndak menghalangi tutup spare tire di bagasi belakang pak? bisa diakali ndak?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Seputar CRV

Post by andy1800 »

tp, kenapa gue masih alergi dg indash ya?.... ada apa dg gue ?

lbh suka yg single din 3.5" lcd....lalu "diproyeksikan" ke monitor gede plafon or headrest.
prioritas kedua, double din 6-7" lcd... ini pun tetep harus "dilarikan" ke monitor.





ps: heuheheheh... ini curhat colongan salah kamar ya.. :mrgreen: ..iya deeh, ntar dipost di topik audio aja......tp ini masih nyambung kok... :e-dance:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
ShellSuperExtra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Jun 14, 2008 22:39

Re: Seputar CRV

Post by ShellSuperExtra »

DigitALL wrote:
HS wrote:Bro2 sekalian, mohon bantuannya yah...

Begitu juga kalau mau melakukan pengukuran seberapa irit konsumsi CRV di dalam kota, luar kota atau kombinasi. Selalu lakukan RESET.
Berdasarkan hasil perhitungan saya, CRV 2.4 untuk:
- Dalam kota AVG 1:6.8 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Luar Kota AVG 1:13.5 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Kombinasi AVG 1:9.4 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus kemudian dipakai di dalam kota beberapa hari, saat mau ke Jkt melalui Cipularang diisi Pertamax Plus lagi tapi tidak melakukan RESET). Nah dapet AVG kombinasinya.

Semoga membantu :)
Itungannya sepertinya bener banget deh bro! :e-clap:

Baru make yg gen-3 2.4 sekitar 3 mingguan (300km-an) itungan dalem kotanya sekitar 1: 6.5-6.8
Luar kota belom coba, paling2 tol dalem kota aja dikit (trayek PIM/CITOS-Buncit), deket bgt.
Lumayan berasa juga yah, meningat minumnya mau nya RON 91 keatas :e-doh: :e-doh:

Beda banget ma Honda Stream gw sebelumnya (iyalaahhh cc nya jg beda) :capede:
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Seputar CRV

Post by remedusakti »

rekan-rekan SMer, ada yang tau ga kl mau beli bangku baris ke Tiga CRV gen 2 dimana ya ? kira2 harganya berapa ?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Seputar CRV

Post by Hansen »

remedusakti wrote:rekan-rekan SMer, ada yang tau ga kl mau beli bangku baris ke Tiga CRV gen 2 dimana ya ? kira2 harganya berapa ?
bukannya yg 2000cc udah ada bangku baris ketiganya? :roll:
Image
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Seputar CRV

Post by remedusakti »

Hansen wrote:
remedusakti wrote:rekan-rekan SMer, ada yang tau ga kl mau beli bangku baris ke Tiga CRV gen 2 dimana ya ? kira2 harganya berapa ?
bukannya yg 2000cc udah ada bangku baris ketiganya? :roll:
pasca facelift udh ga ada lg bro. kr2 cr dimana ya ? harganya brp?
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Re: Seputar CRV

Post by HS »

DigitALL wrote:
HS wrote:Bro2 sekalian, mohon bantuannya yah...

Gw 2 minggu lalu barusan ambil cr-v second thn 2007 tipe 2.4 buat pakai harian...

Pas baru ambil unit ini gw seneng banget, kons. bbmnya irit banget bisa smpe 1:9.3 untuk rute dalkot,sepi2 lancar,gaya mengemudi hemat bbm..Gw tanya ke penjualnya diisi apaan, katanya pertamax..Gw sih fine2 aja..

Trus, minggu lalu gw isi dengan premium kons bbm nya overall dpt 1:7,6,rute padat lancar..Overall gw masih biasa2 aja,gw nyetir biasa aja...

Nah,pas barusan isi bensin dgn bio pertamax, gw heran sekali..Kok kons. bbm nya malah melorot sampai 1:7.0 padahal rute jalannya sepi2 & gw nyetirnya gaya hemat bbm..

Ini yg gw heran, kok crv diisi biopertamax kenapa malah jadi boros kons. bbm nya padahal cara menyetir gw lebih irit daripada saat diisi premium??

Mohon pencerahannya...Terima kasih...
Halo bro, selamat ya akhirnya pakai CRV juga. :)
Berhubung saya udah lumayan lama pakai CRV 2.4 jadi tau seluk beluknya. :)

Apakah bro sempat me-RESET AVG Consumtion sejak pertama kali beli (mengingat unit yang bro adalah second)?
Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan diisi Pertamax oleh si penjual tapi lebih karena pemakaian terakhirnya sebelum dijual. Jika pemakai terakhir melalui jalan bebas hambatan yg lancar maka AVG nya bisa mencapai 1:9.3. (AVG=Average / Rata2)

Oleh karena itu bagusnya di RESET langsung sehingga kita bisa tau AVG sebenarnya sejak pertama kali kita bawa. Nah itulah yang paling tepatnya.

Dulu saya ambil dari showroom konsumsi AVG 1:2.4 !!! Sempat kaget, tapi AVG segitu baru jalan 21km (mungkin dari pabrik ke trailernya kemudian ke gudang dan showroom). Nah kalau ini tidak perlu di RESET karena baru jalan 21km. Beberapa hari setelah saya pakai, AVG mulai naik 1:4, 1:5 dan terus naik hingga 1:7 untuk pemakaian dalam kota selama 3 minggu (diisi Pertamax Plus). Baru dapet realnya antara konsumsi dan jarak tempuh.

Kebalikan dari bro, karena pemakai sebelumnya mungkin pakai di tol (contoh Cipularang) bisa sampe 1:9 atau lebih. Maka ketika bro pake (tanpa RESET) dan digunakan dalam kota terus menerus maka AVG nya terus menurun. 1:9.3 kemudian 1:7.6 lalu 1:7.

Harusnya bro juga melakukan RESET setiap mau mengukur mana yang lebih irit, Premium, Pertamax, atau Pertamax Plus dll.
Karena kalau tidak di RESET hasilnya tidak akan akurat.

Begitu juga kalau mau melakukan pengukuran seberapa irit konsumsi CRV di dalam kota, luar kota atau kombinasi. Selalu lakukan RESET.
Berdasarkan hasil perhitungan saya, CRV 2.4 untuk:
- Dalam kota AVG 1:6.8 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Luar Kota AVG 1:13.5 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Kombinasi AVG 1:9.4 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus kemudian dipakai di dalam kota beberapa hari, saat mau ke Jkt melalui Cipularang diisi Pertamax Plus lagi tapi tidak melakukan RESET). Nah dapet AVG kombinasinya.

Semoga membantu :)
@Digitall

Gw selalu mereset trip meternya karena gw ingin tau berapa kons. bbm nya setiap kali gw isi bensin..

Mungkin dulu waktu gw isi biopertamax, boil gw dinaeki full 6 org (Full loading) tmen2 gw pada hari itu juga, sedangkan waktu diisi premium gw sendiri aja yg nyetir, apakah hal tersebut bisa membuat perbedaan yg sangat signifikan??

Karena harga pertamax yg terlalu tinggi, gw skrg pakainya premium aja soalnya beda harga terlalu besar sehingga kurang ekonomis buat saya...

Gw sekali isi bensin 150rb untuk 1 minggu pemakaian, gw dpt 25 liter premium yg gw asumsikan kons. bbm nya seburuk2nya di dalkot sby 1:7, sehingga saya dpt pakai crv sejauh 175 km..

Tapi, kalau gw pakai pertamax yg di sby seharga 9900/liter, maka gw cuma dpt 15,15 liter pertamax, dan gw asumsikan bisa dpt 1:8, dan saya dpt pakai crv sejauh 121 km..

Nah, memang pertamax bisa lebih irit namun buat gw yg membatasi diri untuk biaya bbm, jadi kurang menguntungkan untuk kasus saya..

Peace.. :)
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Seputar CRV

Post by Hansen »

remedusakti wrote:
Hansen wrote:
remedusakti wrote:rekan-rekan SMer, ada yang tau ga kl mau beli bangku baris ke Tiga CRV gen 2 dimana ya ? kira2 harganya berapa ?
bukannya yg 2000cc udah ada bangku baris ketiganya? :roll:
pasca facelift udh ga ada lg bro. kr2 cr dimana ya ? harganya brp?
brarti yang 2400cc lampu belakang kristal yah bro? :e-think:
Image