Seputar CRV

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Seputar CRV

Post by andy1800 »

poeticmind wrote:jimbaran to singaraja, naek avanza bolehlah... ngekorin CRV ga ketinggalan tuh di tanjakan belok2 nya... :D
apalagi pas di wilayah kintamani seringnya turun kabut....jelas aja, mending ngekorin lampu buritannya CRV....heheuhehhe


.....bandrek :beer: anget.....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Seputar CRV

Post by ZombiEE »

of coz lhar..cr-v 5 speed..hehehehe...
jadi kesimpulannya..balik ke masing2 lagi yah soal penggunaan BBM ini..hehehe
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Seputar CRV

Post by poeticmind »

andy1800 wrote:
poeticmind wrote:jimbaran to singaraja, naek avanza bolehlah... ngekorin CRV ga ketinggalan tuh di tanjakan belok2 nya... :D
apalagi pas di wilayah kintamani seringnya turun kabut....jelas aja, mending ngekorin lampu buritannya CRV....heheuhehhe


.....bandrek :beer: anget.....
eheeeem.... eheeeeem... kebalik bro, saya pake avanza didepan, karena pake lampu kabut yg kuning (tambahan)... sementara CRV dengan HID cukup nempel di ekor saya saja... :D

kalo kabutnya light, oke ga masalah... tapi kalo tebel... nah lho! avanza monggo didepan... :mrgreen:
Image
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

Pabrikan mobil selalu tulis, CR 11:1, tapi minum premium gpp. Padahal yang namanya pabrikan jepang n di indo, rata2 CRnya di rendahin, cuma yang tertera di buku manual, specnya di ambil dari JDM. Padahal yang sampe disini palingan cuma 1:9.6. Unless mobil germany. Itu baru terpercaya... Kalau mau tau lebih pasnya si, ya bawa aja ke tukang bubut, suruh cek perbandingannya berapa... Itu yang paling akurat...
Oh ya, tapi saya ngomong gini, bukan bearti semua pabrikan bohong lho... Cuma kalau sampe kompresinya 11:1 but bisa minum premium, i don't believe it. Itu mesinnya bisa langsung ngelitik ga karuan...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Seputar CRV

Post by GTR »

hmm.... interesting, perlu di-explore nih... "CR real" is really new issues
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Seputar CRV

Post by ZombiEE »

serba salah jg yah produsen mobil disini..mo kasi spek asli pabrikan..ehh,,.tidak didukung...hehehehe
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

Indo gitu loh... Ngomong 110 HP dan sebagainya... CR 1:9.6/10.5 or berapalah itu. Di dyno, hasilnya mati... Apa yang tertera di atas kertas, benerannya belon tentu, apalagi kalo kita dyno on wheels... Lebih akurat hasilnya kalo Dyno on wheels, jadi hasil bukan HP lagi but BHP(Brake horse power).
FortunerMan

Re: Seputar CRV

Post by FortunerMan »

poeticmind wrote:
FortunerMan wrote:Bagus2 aja larinya Avanza pake premium...pernah make mobil sewaan. Yah...basic transportation lah, tapi seru juga di ajak kelok2 jalanan Bali...
jimbaran to singaraja, naek avanza bolehlah... ngekorin CRV ga ketinggalan tuh di tanjakan belok2 nya... :D
He he...ada juga toh yg udah pengalaman kelok2 ngebut pake avanza di bali :)

Anyway, biar gak off-topic...kakak gue mau beli CR-V baru. Udah lama gak ada Honda in the family, terakhir Accord Prestige 1989.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Seputar CRV

Post by GTR »

atau lebih akurat lagi; performa akhir mobil tsb, lebih dapat akurat lagi performa sebenarnya dari sekedar dyno on wheels.?
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

Ya untuk urusan tenaga mobil n torque memang bisa kita ukur dari dyno on wheels. But kalo mobil itu sendiri, performanya, ya harus di coba, di timing 0-100 dsb. Ini kita ngomong urusan mesin aja ya... Urusan lari tergantung dari banyak aspek salah satunya transmisi...
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Re: Seputar CRV

Post by HS »

Bro2 sekalian, mohon bantuannya yah...

Gw 2 minggu lalu barusan ambil cr-v second thn 2007 tipe 2.4 buat pakai harian...

Pas baru ambil unit ini gw seneng banget, kons. bbmnya irit banget bisa smpe 1:9.3 untuk rute dalkot,sepi2 lancar,gaya mengemudi hemat bbm..Gw tanya ke penjualnya diisi apaan, katanya pertamax..Gw sih fine2 aja..

Trus, minggu lalu gw isi dengan premium kons bbm nya overall dpt 1:7,6,rute padat lancar..Overall gw masih biasa2 aja,gw nyetir biasa aja...

Nah,pas barusan isi bensin dgn bio pertamax, gw heran sekali..Kok kons. bbm nya malah melorot sampai 1:7.0 padahal rute jalannya sepi2 & gw nyetirnya gaya hemat bbm..

Ini yg gw heran, kok crv diisi biopertamax kenapa malah jadi boros kons. bbm nya padahal cara menyetir gw lebih irit daripada saat diisi premium??

Mohon pencerahannya...Terima kasih...
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Seputar CRV

Post by remedusakti »

HS wrote:Bro2 sekalian, mohon bantuannya yah...

Gw 2 minggu lalu barusan ambil cr-v second thn 2007 tipe 2.4 buat pakai harian...

Pas baru ambil unit ini gw seneng banget, kons. bbmnya irit banget bisa smpe 1:9.3 untuk rute dalkot,sepi2 lancar,gaya mengemudi hemat bbm..Gw tanya ke penjualnya diisi apaan, katanya pertamax..Gw sih fine2 aja..

Trus, minggu lalu gw isi dengan premium kons bbm nya overall dpt 1:7,6,rute padat lancar..Overall gw masih biasa2 aja,gw nyetir biasa aja...

Nah,pas barusan isi bensin dgn bio pertamax, gw heran sekali..Kok kons. bbm nya malah melorot sampai 1:7.0 padahal rute jalannya sepi2 & gw nyetirnya gaya hemat bbm..

Ini yg gw heran, kok crv diisi biopertamax kenapa malah jadi boros kons. bbm nya padahal cara menyetir gw lebih irit daripada saat diisi premium??

Mohon pencerahannya...Terima kasih...
setelah diisi biopertamax, tarikannya gmn ? tetp ringan or berubah jd berat ? kl berubh jd berat something trouble dengan BBMnya, mungkin terkontaminasi jd injekan gas lebh dalam so BBM boros. kl tetap ringan, coba next time isi di POM yang berbeda kemungkinan ada ketidak akuratan jumlah BBM yg tertera dengan sebenarnya.
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Re: Seputar CRV

Post by HS »

Mmm...Tarikannya lebih ringan,cuman kons. bbm malah jadi boros,padahal gw setir irit bbm...kalau misalnya terkontaminasi, mestinya mesinnya kan ngelitik???Ok2,ntar gw coba isi di spbu lain aja..
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

CRV 2.4 tuh ga seirit yang gw kira... Gw punya dalkot seirit2nya 1:6.5-1:7... Dibanding mobil lama ane yang sama2 isi pertamax, cuma beda lebih boros 1-2km... Males dah... Bis ini mending beli RR. 1:5 juga gpp, toh isi sama2 pertamax... wahahahah....
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Seputar CRV

Post by DigitALL »

HS wrote:Bro2 sekalian, mohon bantuannya yah...

Gw 2 minggu lalu barusan ambil cr-v second thn 2007 tipe 2.4 buat pakai harian...

Pas baru ambil unit ini gw seneng banget, kons. bbmnya irit banget bisa smpe 1:9.3 untuk rute dalkot,sepi2 lancar,gaya mengemudi hemat bbm..Gw tanya ke penjualnya diisi apaan, katanya pertamax..Gw sih fine2 aja..

Trus, minggu lalu gw isi dengan premium kons bbm nya overall dpt 1:7,6,rute padat lancar..Overall gw masih biasa2 aja,gw nyetir biasa aja...

Nah,pas barusan isi bensin dgn bio pertamax, gw heran sekali..Kok kons. bbm nya malah melorot sampai 1:7.0 padahal rute jalannya sepi2 & gw nyetirnya gaya hemat bbm..

Ini yg gw heran, kok crv diisi biopertamax kenapa malah jadi boros kons. bbm nya padahal cara menyetir gw lebih irit daripada saat diisi premium??

Mohon pencerahannya...Terima kasih...
Halo bro, selamat ya akhirnya pakai CRV juga. :)
Berhubung saya udah lumayan lama pakai CRV 2.4 jadi tau seluk beluknya. :)

Apakah bro sempat me-RESET AVG Consumtion sejak pertama kali beli (mengingat unit yang bro adalah second)?
Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan diisi Pertamax oleh si penjual tapi lebih karena pemakaian terakhirnya sebelum dijual. Jika pemakai terakhir melalui jalan bebas hambatan yg lancar maka AVG nya bisa mencapai 1:9.3. (AVG=Average / Rata2)

Oleh karena itu bagusnya di RESET langsung sehingga kita bisa tau AVG sebenarnya sejak pertama kali kita bawa. Nah itulah yang paling tepatnya.

Dulu saya ambil dari showroom konsumsi AVG 1:2.4 !!! Sempat kaget, tapi AVG segitu baru jalan 21km (mungkin dari pabrik ke trailernya kemudian ke gudang dan showroom). Nah kalau ini tidak perlu di RESET karena baru jalan 21km. Beberapa hari setelah saya pakai, AVG mulai naik 1:4, 1:5 dan terus naik hingga 1:7 untuk pemakaian dalam kota selama 3 minggu (diisi Pertamax Plus). Baru dapet realnya antara konsumsi dan jarak tempuh.

Kebalikan dari bro, karena pemakai sebelumnya mungkin pakai di tol (contoh Cipularang) bisa sampe 1:9 atau lebih. Maka ketika bro pake (tanpa RESET) dan digunakan dalam kota terus menerus maka AVG nya terus menurun. 1:9.3 kemudian 1:7.6 lalu 1:7.

Harusnya bro juga melakukan RESET setiap mau mengukur mana yang lebih irit, Premium, Pertamax, atau Pertamax Plus dll.
Karena kalau tidak di RESET hasilnya tidak akan akurat.

Begitu juga kalau mau melakukan pengukuran seberapa irit konsumsi CRV di dalam kota, luar kota atau kombinasi. Selalu lakukan RESET.
Berdasarkan hasil perhitungan saya, CRV 2.4 untuk:
- Dalam kota AVG 1:6.8 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Luar Kota AVG 1:13.5 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Kombinasi AVG 1:9.4 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus kemudian dipakai di dalam kota beberapa hari, saat mau ke Jkt melalui Cipularang diisi Pertamax Plus lagi tapi tidak melakukan RESET). Nah dapet AVG kombinasinya.

Semoga membantu :)
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

Smua juga setiap kali reset... Dulu sebelum ganti velg, seirit2nya cuma dapet 1:9, di tol... Boros lah... Mana irit segitu?? Ga seirit yang dikira... Dalem kota, lebih parah... 1:6-1:7... Sudah 3bulan pke CRV, koq mulai bosan y??? hehehe... Liat disana-sini si... hehehe...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Seputar CRV

Post by nescafe »

naldo wrote:Smua juga setiap kali reset... Dulu sebelum ganti velg, seirit2nya cuma dapet 1:9, di tol... Boros lah... Mana irit segitu?? Ga seirit yang dikira... Dalem kota, lebih parah... 1:6-1:7... Sudah 3bulan pke CRV, koq mulai bosan y??? hehehe... Liat disana-sini si... hehehe...
namanya jg mesin cc besar bro.. mau irit-irit banget jg susah..
klo bosen oper ke saya ajah.. :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Seputar CRV

Post by Hansen »

nescafe wrote:
naldo wrote:Smua juga setiap kali reset... Dulu sebelum ganti velg, seirit2nya cuma dapet 1:9, di tol... Boros lah... Mana irit segitu?? Ga seirit yang dikira... Dalem kota, lebih parah... 1:6-1:7... Sudah 3bulan pke CRV, koq mulai bosan y??? hehehe... Liat disana-sini si... hehehe...
namanya jg mesin cc besar bro.. mau irit-irit banget jg susah..
klo bosen oper ke saya ajah.. :mrgreen:
kalo udah cc gede susah irit bro... :e-naughty:

gw juga pake Grandis 2400cc gaya nyetir agresif :evil: di dalem kota dapetnya 1 : 6.5 :ngacir:
Image
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

2400 gede y bro?? Saya merasa dulu pke xtrail dengan tenaga yang lebih gede, lebih irit... Mobil kenangan 3200CC V6, dalkot 1:5. Sekarang 2400, Dalkot 1:6-1:7. Beda dikit kan bro? Bensin sama2 minum pertamax. Kl luar kota, mobil lama 1:7-1:7.5. CRV 1:9. Beda2 tipis.. Jadi ga percaya ma embel2 i-vtec saya... boros ternyata... untuk urusan irit, nissan boleh saya ancungkan 2 jempol... Tenaga gede, bensin irit...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Seputar CRV

Post by nescafe »

naldo wrote:2400 gede y bro?? Saya merasa dulu pke xtrail dengan tenaga yang lebih gede, lebih irit... Mobil kenangan 3200CC V6, dalkot 1:5. Sekarang 2400, Dalkot 1:6-1:7. Beda dikit kan bro? Bensin sama2 minum pertamax. Kl luar kota, mobil lama 1:7-1:7.5. CRV 1:9. Beda2 tipis.. Jadi ga percaya ma embel2 i-vtec saya... boros ternyata... untuk urusan irit, nissan boleh saya ancungkan 2 jempol... Tenaga gede, bensin irit...
iya ya, koq klo bwat dalam kota beda dikit ya? :e-think:
o'ya, x-trail bro naldo 3.2 litre V6? import bro?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
naldo

Re: Seputar CRV

Post by naldo »

Bukan bro... 3200CC V6 mobil eropa. X-trail kan cuma 2500CC inline 4. Cuma koq dibandingkan mobil lama sebelum CRV bedanya dikit gitu... Memang saya pke velg 20", tapi mesinnya kenapa boros? Pke velg standar, lari konstan, cuma dapet 1:9, the best of the best. Payahnya disitu. Sedangkan dulu mobil lama, berat bodynya udah 2.4ton. mesin 3200CC V6, 240bhp, 340nm. Tapi dalam kota bisa 1:5 n luar kota bisa 1:7. Kl kaki nakal, luar kota cuma bisa 1:6 si. Tapi di banding CRV, bedanya cuma 1-2km per liter. Tidak sesuai ekspetasi... Dulu xtrail bisa dapet 1:10. Aneh makanya...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Seputar CRV

Post by nescafe »

naldo wrote:Bukan bro... 3200CC V6 mobil eropa. X-trail kan cuma 2500CC inline 4. Cuma koq dibandingkan mobil lama sebelum CRV bedanya dikit gitu... Memang saya pke velg 20", tapi mesinnya kenapa boros? Pke velg standar, lari konstan, cuma dapet 1:9, the best of the best. Payahnya disitu. Sedangkan dulu mobil lama, berat bodynya udah 2.4ton. mesin 3200CC V6, 240bhp, 340nm. Tapi dalam kota bisa 1:5 n luar kota bisa 1:7. Kl kaki nakal, luar kota cuma bisa 1:6 si. Tapi di banding CRV, bedanya cuma 1-2km per liter. Tidak sesuai ekspetasi... Dulu xtrail bisa dapet 1:10. Aneh makanya...
oh maaf, tak kira x-trailnya.. :upss:
iya, aneh jg ya, dr dimensi dan kapasitas mesin beda lumayan, tp knapa bensinnya beda dikit2 aja? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Seputar CRV

Post by GTR »

berarti FC dalkot CRV 2400cc 1:6,8 dan combine 1:9,4 masih rata2 dibanding grandis.
ada info FC dalkot GV, xtrail, Captiva?
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: Seputar CRV

Post by koolrider »

DigitALL wrote:
HS wrote:Bro2 sekalian, mohon bantuannya yah...

Gw 2 minggu lalu barusan ambil cr-v second thn 2007 tipe 2.4 buat pakai harian...

Pas baru ambil unit ini gw seneng banget, kons. bbmnya irit banget bisa smpe 1:9.3 untuk rute dalkot,sepi2 lancar,gaya mengemudi hemat bbm..Gw tanya ke penjualnya diisi apaan, katanya pertamax..Gw sih fine2 aja..

Trus, minggu lalu gw isi dengan premium kons bbm nya overall dpt 1:7,6,rute padat lancar..Overall gw masih biasa2 aja,gw nyetir biasa aja...

Nah,pas barusan isi bensin dgn bio pertamax, gw heran sekali..Kok kons. bbm nya malah melorot sampai 1:7.0 padahal rute jalannya sepi2 & gw nyetirnya gaya hemat bbm..

Ini yg gw heran, kok crv diisi biopertamax kenapa malah jadi boros kons. bbm nya padahal cara menyetir gw lebih irit daripada saat diisi premium??

Mohon pencerahannya...Terima kasih...
Halo bro, selamat ya akhirnya pakai CRV juga. :)
Berhubung saya udah lumayan lama pakai CRV 2.4 jadi tau seluk beluknya. :)

Apakah bro sempat me-RESET AVG Consumtion sejak pertama kali beli (mengingat unit yang bro adalah second)?
Sebenarnya tidak ada hubungannya dengan diisi Pertamax oleh si penjual tapi lebih karena pemakaian terakhirnya sebelum dijual. Jika pemakai terakhir melalui jalan bebas hambatan yg lancar maka AVG nya bisa mencapai 1:9.3. (AVG=Average / Rata2)

Oleh karena itu bagusnya di RESET langsung sehingga kita bisa tau AVG sebenarnya sejak pertama kali kita bawa. Nah itulah yang paling tepatnya.

Dulu saya ambil dari showroom konsumsi AVG 1:2.4 !!! Sempat kaget, tapi AVG segitu baru jalan 21km (mungkin dari pabrik ke trailernya kemudian ke gudang dan showroom). Nah kalau ini tidak perlu di RESET karena baru jalan 21km. Beberapa hari setelah saya pakai, AVG mulai naik 1:4, 1:5 dan terus naik hingga 1:7 untuk pemakaian dalam kota selama 3 minggu (diisi Pertamax Plus). Baru dapet realnya antara konsumsi dan jarak tempuh.

Kebalikan dari bro, karena pemakai sebelumnya mungkin pakai di tol (contoh Cipularang) bisa sampe 1:9 atau lebih. Maka ketika bro pake (tanpa RESET) dan digunakan dalam kota terus menerus maka AVG nya terus menurun. 1:9.3 kemudian 1:7.6 lalu 1:7.

Harusnya bro juga melakukan RESET setiap mau mengukur mana yang lebih irit, Premium, Pertamax, atau Pertamax Plus dll.
Karena kalau tidak di RESET hasilnya tidak akan akurat.

Begitu juga kalau mau melakukan pengukuran seberapa irit konsumsi CRV di dalam kota, luar kota atau kombinasi. Selalu lakukan RESET.
Berdasarkan hasil perhitungan saya, CRV 2.4 untuk:
- Dalam kota AVG 1:6.8 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Luar Kota AVG 1:13.5 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus)
- Kombinasi AVG 1:9.4 (RESET ke 0.0 saat diisi Pertamax Plus kemudian dipakai di dalam kota beberapa hari, saat mau ke Jkt melalui Cipularang diisi Pertamax Plus lagi tapi tidak melakukan RESET). Nah dapet AVG kombinasinya.

Semoga membantu :)
Rupanya "kaki" loe ma gw sama ya, gw pk crv 2.4 jg kira2 FC nya segitu.
klo RB gw sedikit lbh irit padahal mesin sama cm gw rs krn gear rationya beda jadi hasilnya beda2 dikit. Klo boil gw yg 3 ltr 6 cyl kira2 1:5.5 .
Dgn perbandingan ini gw bilang FC CRV masi wajar segitu
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Seputar CRV

Post by remedusakti »

GTR wrote:berarti FC dalkot CRV 2400cc 1:6,8 dan combine 1:9,4 masih rata2 dibanding grandis.
ada info FC dalkot GV, xtrail, Captiva?
CRV 2.4 dapet segitu lumayan lah. nah gw punya yang 2.0 aj ya ga jauh2 dr itu.
tp emang tergantng bgt ama cara mengemudi n kondisi jalan.

CRV 2.0 2006 selama satu minggu, dari rumah daerah permata hijau ke RS fatmawati, jalan pagi lumayan lancar, pulang padet dapetnya 1: 7an deh. tp kl diperhatikan emang byk BBM terbuang selama satu minggu dlm keadaan mobil statis, misal kl pagi panasin mobil sekitar 3-5 mnt kali aj tujuh hari udh berapa byk kebuang.belum lagi sebelum pulng dr fatmawati nyalain mobil dl 2-4 menitan sambil nunggu mobil adem. mobil di jemur panas terik, selama 7 hari sdh berapa byk premium yang nguap.

untuk Xtrail dengan rute sama dapetnya mirip2 dgn CRV 2.0 tp sedikit lebih irit ( lebih irit 0,sekian km/l ) dengan catatn bawa smooth.

keduanya bawa sama2 smooth, tp kerasa injekan gas CRV lebih dalem drpd xtrail mungkn terkait Power to Weight ratio bagusan xtrail.
gw pikir untuk SUV ukuran X trail, CRV dan sejenisnya emang lebih cocok mesin > 2000 cc at least 2300 - 2500 cc karena Power to weight ratio lebih pas ketimbang mesin 2000 cc.

GV ga punya n blum pernah nyoba, cuma escudo 2.0 mesin sama ama GV J20A waduh boros bgt. lebih boros dr x trail n CRV. tp katanya kl di GV udh ada penyempurnaan jd lebh hemt.