CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

Sodara2 pengguna motor yang speedlovers... adakah yang sudah pake CDI BRT ? terutama yang jenis Smart Click atau yang I-Max programmable.... gimana akselerasi bawah dan top speed setelah pake CDI BRT apakah ada peningkatan substansial ? Gue pengguna Pulsar 200 cc lagi menimbang2 untuk pasang CDI BRT smart click tapi pingin tau dulu gimana masukan dari yang sudah pakai....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by novasonic »

^
ALow bro Jeskoneng......
Dulu anggota Pulsar Owners Club di Surabaya ada yg sempet pake CDI BRT.....
Tapi setelah biz dipasang (masangnya di dealer loh), trus di geber ditempat, setelah itu mesin langsung mati.....
Setelah di cek ama mekanik dealer Bajaj tsb, klo gak salah klep out nya patah dan in nya bengkok.....
Alhasil, kudu ganti klep baru.....

Kalo gw berpendapat diameter klep P180 ukurannya terlalu tipis, sehingga gak tahan kalo digeber diatas RPM 8000 (-Mungkin lampu merah di speedo Pulsar kedip2 saat digeber -/+ 8000 RPM, serta limiter dipatok cuma sampe -/+ 9000 RPM gara2 durability dari klep standar cuma sampe segitu doang).

So, kalo bro mo ganti CDI BRT, mendingan konsultasikan dengan yg sudah berpengalaman terhadap karakteristik mesin Pulsar. Jangan asal main ganti karena kebelet......

Selama ini yg berhasil mengaplikasikan CDI BRT di Bajaj Pulsar cuma Bengkel khusus Bajaj yaitu MJ Motor. Coba bro tanya2 di http://pulsarcommunity.org Disono banyak pakarnya tuhh.....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

Bro Novasonic.... thanx inponya... gue udah ke bengkel MJ, udah pasang CDI BRT Smart Click, diset pengapian pada 36 drajat, RPM di limit di 11.000 rpm.... seblmnya P-200 gue jg oleh bengkel MJ, sudah dilakukan port n polish, dan potong pulser untuk ngilangin ngorok mesin... Jadinya review gue sendiri nih atas CDI Smart Click BRT :
- tenaga mesin dari RPM bawah terasa jauh lebih padat, suara mesin juga lebih "meledak" lebih garing walau secara umum masih tergolong lembut tanpa noise sama sekali.
- tarikan jelas lebih ringan
- Saat digeber, pada saat jarum RPM sampai 10.000 memang lampu peringatan merah menyala, tapi jarum naik terus dan mesin teriak terus tanpa tersendat sampai 11.000 rpm dan syukurlah tidak ada kendala... Cuma nyobanya hanya sampai gigi 4 di rpm 11.000 sebelum oper ke gigi lima. Mohon maap lupa liat brapa speednya saat itu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by Tners »

di up ah.
review penggunaan sampe skearang gimana nih bro?
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by hanx13 »

ane pengen pasang CDI programmable Cheetah Power tipe CP350 single band x 2 biji @ Rp500.000,- ....:D

1 CDI untuk 1 koil dan 1 busi.

pengen yg dual band sih biar bisa disesuaikan ama beban motor + kondisi jalan...


biaya +/- Rp.1jt..... :e-doh:

sapa ya yg mau ngasih sumbangan segitu... :e-think: :mrgreen:
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by Cloud »

kalo ganti CDI tipe Racing, harusnya pake bahan bakar oktan tinggi, kalo nggak, bisa spt kejadian di atas, mesin ancur. mending kalo cuma buat harian pake aja yang gk full racing,
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

Tners wrote:di up ah.
review penggunaan sampe skearang gimana nih bro?
Bro.. review-nya udah sering aku muat di topik "review Pulsarl-200"... intinya : dengan spec mesin yang udah port n polish, PJ ukuran 22,5 paling bagus setting di CDI BRT smart click pada 36 drajat dan bukaan airscrew antara 4-5 x, dan selama ini aku selalu konsultasi langsung dengan Tomy Huang, pencipta CDI BRT itu, dan katanya paling bagus jika :
- warna busi kemerahan (persis kayak warna busiku)
- dipasang switch on/off untuk mengaktifkan pengapian pada 36 drajat saat akselerasi, dan 34 drajat saat top speed.... Cuma aku belum pasang switch itu...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by hanx13 »

Cloud wrote:kalo ganti CDI tipe Racing, harusnya pake bahan bakar oktan tinggi, kalo nggak, bisa spt kejadian di atas, mesin ancur. mending kalo cuma buat harian pake aja yang gk full racing,
gak mesti bro... tergantung timing pengapiannya jg,klo terlalu advance ya musti pake bbm oktan tinggi. Klo gak, bisa bolong sehernya...
Kejadian mesin ancur yg di atas itu gara2 klep floating alias kecepatan nutup per klep dah kalah cepet dibanding kecepatan seher, jadinya seher nubruk klep, n klep bengkok,.Biasanya kejadian gitu klo mesin std digeber di atas rpm limiter std..:D

Enaknya pake programmable kan bisa nyesuain kondisi mesin + bbm nya...:)
Mau pake premium, pertamax, pertamax plus, kompresi rendah,kompresi tinggi, semua oke, tinggal set timing nya aja.... :e-dance:
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

Ya.. CDI BRT Smart Click kan bisa diubah2, mau pengapian 20 drajat sampai 37 drajat bisa aja, tinggal putar switchnya di angka yang dikehendaki...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by Cloud »

Kalo kasus klep patah karena floating, solusinya ganti per klep dong, kan standarnya sudah ada limiter. nah, kalo tanpa limiter dengan kekuatan per standar, ya bahaya,
kalo per diganti, klep juga sekalian ganti, dikhawatirkan malah klep nggak kuat. tapi yang cocok pake klepnya apa ya?
nah, kalo udah ganti, sudah aman buat geber2an rpm tinggi,
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by hanx13 »

Cloud wrote:Kalo kasus klep patah karena floating, solusinya ganti per klep dong, kan standarnya sudah ada limiter. nah, kalo tanpa limiter dengan kekuatan per standar, ya bahaya,
kalo per diganti, klep juga sekalian ganti, dikhawatirkan malah klep nggak kuat. tapi yang cocok pake klepnya apa ya?
nah, kalo udah ganti, sudah aman buat geber2an rpm tinggi,
iya bro... emang limiter gunanya seperti itu. Makanya banyak orang yg salah kaprah, ganti CDI non-limiter pengen kenceng,tapi jerohan mesin standar punya, ya jebol-lah hasilnya... :shrug:

lagian rpm di atas limiter apa masih ada tenaganya , bukannya udah sangat drop, jd gak nambah power lagi..:D dan seharusnya CDI & pengapian itu ngikutin kemauan/kemampuan mesin, bukan mesin yg ngikutin CDI, jatohnya malah lebih banyak + ribet... :ungg:


per klep yg terkenal sonic punya :mrgreen:, tp entah jg ya musti dites pake pengukur beban jg.

Yup klo udah ganti, lebih aman buat geber2 rpm tinggi...:beer:
Image
User avatar
Tners
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Sun Jan 06, 2008 3:57

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by Tners »

kalo buat mesin std, ganti koil ajah udah cukup.
ga usa maen CDI buat RPM tinggi.
JFC air filter udah tersedia.
yg berminat bisa kemarih:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p223689
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

Kalo mesin P-200 masih standar, cuma port n polish aja, dan telanjur pasang CDI BRT Smart Click, inget2 aja : setting / click max adalah 36 drajat, itupun harus BBM pertamax.. kalo belum port n polish dan bbm cuma premium, max setting pengapian boleh maju adalah 35 drajat... jangan pernah set pada pengapian lebih dari 36 drajat kalo gak pengen klep patah !! Paling aman, dan hari ini baru aja aku praktekkan, pasang switch yang disambung pada socket CDI BRT yang udah tersedia, jadi saat akselerasi kita switch ke 36 drajat, dan saat gigi puncak, kita switch ke 34, untuk memaksimalkan top speed....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by hanx13 »

^^^
jadi berapa bro topspeednya?? :D
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

topspit sih gak jauh beda dengan standarnya... dengan berat tubuhku yang 75kg, bisa mencapai 124 -125 kpj di jalan datar... tapi tarikan/akselerasi yang sangat terasa beda banget... Kalo mau meningkatkan topspit secara signifikan, kayaknya harus rubah perbandingan gigi yang standarnya 14/38 menjadi 15/38 atau 14/36.. cuma belum ada info gir apa yang bisa langsung plek pasang sesuai dengan rantai 520 standar P-200..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by hanx13 »

^^^
124-125kpj itu gigi 5 rpm berapa bro??
penasaran gw ma top speed nih motor...:D

iya aku jg lg cari2 gear depan 15.
Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: CDI BRT = REVIEW-NYA DOONG...

Post by JESKONENG »

Itu di gigi 5 bro... tapi coba aja, minta tolong kawan yang punya Ninja RR\Ninja 250 atau Scorpio (3 jenis motor itu yang masih bisa ngikutin larinya P-200, kalo yang lain bakal ketinggalan hehehe) untuk ngikutin larinya P-200 kita secara berdampingan, motor kita lari 110 atau 120 kpj di spido kita, di spido Ninja/Scorpio menunjukkan angka berapa ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999