Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Guys,mau tanya donk.tadi siang kan adik gw pake karimun mesinnya overheat.terus radiator ny pas gw buka,air nya da ga nyisa.tangki cadangan air radiator nya jg gitu.terus gw panggil org bengkel dtg ke rmh..kt org bengkel ky gitu gr2 water pump nya rusak and harganya kira2 300-400rb.bnr ga c y?maren2 ga perna napa2 trs tb2 ky gt masa lsg dibilg water pump ny rsk..help ya bagi yang tau.. thx..
Penyebab Over Heat, memang bisa jadi waterpumpnya rusak, tapi untuk mobil tergolong masih baru (sekitar 5th-an) biasanya water pump masih bagus,.. coba isi ulang radiatornya sampai penuh, hidupkan mesin lihat airnya di lubang radiator bila mengalir berarti waterpump masih jalan/hidup.
kalo sudah diisi lihat juga dibagian waterpumpnya, ada yang netes nggak... kalo iya, waterpumpnya bermasalah memang.
kalo nggak ada masalah disitu bisa jadi penyebab Overheat dari tempat lain.
Cek sendiri aja dulu. Jangan2 cuma karena lupa ngisi air aja. Kalu seperti itu mudah. Trus kalu udah diisi, nyalain mesin, liat airnya bergerak2 gak? Kalu ngeliat ngalir atau ga rada sulit kyknya ya. Soalnya radiatornya kan ga transparan. Trus kalu airnya keliatan bergerak (mengalir), liat ada tetesan di kolong mesin gak? Kalu ada tetesan air, berarti ada yg bocor tuh. Liat bagian yg bocor ada di sebelah mana. Kalu di sambungan selang, tinggal kasih sealer aja koq. Tapi trus terang nyari kebocoran musti kudu sabar. Seringnya netesnya di bagian ini, bocornya bisa di bagian yg lain.
kalo air radiator + cadangannya habis ya berarti ada yang bocor di cooling systemnya (waterpump, radiator atau selang2)......probabilitynya kecil sekali karena lupa isi air
Mobil gw jg pernah gitu dulu.....akhirnya ketauan yg bocor itu radiator. Cuma karena lubangnya halus banget jd wkt pertama di cek ga ketauan, soalnya airnya nguap krn panas dr radiatornya.......
Risol1 wrote:kalo air radiator + cadangannya habis ya berarti ada yang bocor di cooling systemnya (waterpump, radiator atau selang2)......probabilitynya kecil sekali karena lupa isi air
yup betul.kaya nya c water pump ny yg rusak.pas ngisi air ke radiator,netes air nya di kolong mobil jd cpt bgt
sory bro ikut nimbrung nih,kl gw lain lg bro kl py gw keadaan over heat justru kl pas mobil bwt dibawa kenceng.trutama kl d tol.padahal radiator+cadangan penuh.tp kl d jalan biasa alias ga kenceng temp. normal.padahal br di bersihin d bengkel honda resmi.kira2 kenapa ya...thx b 4
^^biasana malah pas kenceng karena kena terpaan angin tuh jadi adem mobilna,kalo kenceng panas itu biasanya masalah dari dalam mesin bukan dari mekanisme pendinginan seperti radiator ,fan or else.karena saking panasnya mesin,jadi mekanisme pendinginan ga bisa mengimbangi.
paling apes ya kalo sampai tuh silinder headnya yang kena...tapi mudah-mudahan ga sih bro
saya juga masih bnun ama CIBO nih,ni lagi diganti fannya,mudah-mudahan setelah ganti fan kelar usrusan "panas"nya.kalo ga ,deg-degan juga ama kop silinder.
gw pikir jg gt bro,otomatis kl kenceng pasti pendinginannya justru makin banyak.mudah2 kagak kena headnyalah.olinya cukup tuh ya masih di range batas'a.brarti kemungkinan cm dr mesinnya x ya?
akhirnya ketemu masalah pada MB C180 yang berkaitan overheat..
tuh radiataor mercy mo dikorok sampe berapa kalipun tetep aja panas..
solusinya lumayan mantap n bikin rada miris..ganti radiator n visco clucth,ga mo pake acara korok radiator segala tuh mercy...mercyna jadi adem ayem sekarang.
just for note,masalah radiator adalah masalah biasa bagi MB C180 95...yah namanya aja mobil berumur bos..