antara inline, V , Boxer, Rotary..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
antara inline, V , Boxer, Rotary..
apa sih alasan brand tertentu buat make tipe tipe mesin itu ?
dan apa saja kelebihan dan kekurangannya masing masing..
dan apa saja kelebihan dan kekurangannya masing masing..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
mesin jenisnya ada
Inline
I-4 ,I-6 = I "Inline" 4 itu dari "4" jumlah silinder..
jadi jenis mesinya 4 silinder Segaris.. kalo I-6 , yah enam silinder segaris .. jadi posisi piston / Silinder itu lurus segaris ..
kalo V-6 itu kongfigurasi silindernya berupa Huruf V 6 silinder dimana satu sisinya masing-masing 3 silinder sejajar, 3 silinder sejajar, kalo V-8 yah sama cuman terdapat 8 silinder dimana sisinya 4 silinder
Kalo subaru berusaha buat ciri khas sendiri , dia ngebuat silinder nya ber tipe flat .. yaitu seperti V cuman dia Flat alias saling berlawanan arah dan datar.. Misal I-4 berarti 4 silinder flat 2-2 di bagi satu sisi 2 slilinder, biasanya yang menggunakan teknologi ini yaitu Subaru dan Porsche
sekarang pun ada udah ada kongfigurasi W malahan .. , fungsi mesin kongfigurasi V yaitu lebih menghemat tempat dibanding Inline karena kalo Mesin Inline lebih cenderung Memanjang , dan mesin V membuat getaran lebih halus.. , biasanya mesin V buat mobil yang berjumlah 6 silinder keatas.. , Coba bayangin kalo mesin I-10 .. panjang amet yah mesinya.. makanya dibuat V10.. ,
Mesin Iniline :
V Engine:
Inline
I-4 ,I-6 = I "Inline" 4 itu dari "4" jumlah silinder..
jadi jenis mesinya 4 silinder Segaris.. kalo I-6 , yah enam silinder segaris .. jadi posisi piston / Silinder itu lurus segaris ..
kalo V-6 itu kongfigurasi silindernya berupa Huruf V 6 silinder dimana satu sisinya masing-masing 3 silinder sejajar, 3 silinder sejajar, kalo V-8 yah sama cuman terdapat 8 silinder dimana sisinya 4 silinder
Kalo subaru berusaha buat ciri khas sendiri , dia ngebuat silinder nya ber tipe flat .. yaitu seperti V cuman dia Flat alias saling berlawanan arah dan datar.. Misal I-4 berarti 4 silinder flat 2-2 di bagi satu sisi 2 slilinder, biasanya yang menggunakan teknologi ini yaitu Subaru dan Porsche
sekarang pun ada udah ada kongfigurasi W malahan .. , fungsi mesin kongfigurasi V yaitu lebih menghemat tempat dibanding Inline karena kalo Mesin Inline lebih cenderung Memanjang , dan mesin V membuat getaran lebih halus.. , biasanya mesin V buat mobil yang berjumlah 6 silinder keatas.. , Coba bayangin kalo mesin I-10 .. panjang amet yah mesinya.. makanya dibuat V10.. ,
Mesin Iniline :
V Engine:
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
hehe.. gue gak ada hubungan kuliah sama mesin wong gak ada nyambung2nya Komputer Akutansi sama Mesin koq..
gue cuman hobi ajah sejak SMP.. nguprek2 mobil sama sering2 maen ke bengkel.. ato tempat Balap.., dan belajar dari internet juga.. hueahuehie..
oh iya Gelo gue sampe lupa soal rotary...
rotary engine tuh gak pake piston , dia itu pakenya wangkel
kaya RX 7-8
2 wangkel yang kapasitasnya 613cc di 1 wangkel nya jadi 2 wangkel x2 di buletin jadi 1300cc plus turbo..
gue cuman hobi ajah sejak SMP.. nguprek2 mobil sama sering2 maen ke bengkel.. ato tempat Balap.., dan belajar dari internet juga.. hueahuehie..
oh iya Gelo gue sampe lupa soal rotary...
rotary engine tuh gak pake piston , dia itu pakenya wangkel
kaya RX 7-8
2 wangkel yang kapasitasnya 613cc di 1 wangkel nya jadi 2 wangkel x2 di buletin jadi 1300cc plus turbo..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine.htm
buat yg belum tau cara kerja rotari......
wah pokoke saya angkat topi dah buat takumi....gw aja yg cekolah na automotif masih kalah........
buat yg belum tau cara kerja rotari......
wah pokoke saya angkat topi dah buat takumi....gw aja yg cekolah na automotif masih kalah........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
kelebhian mesin rotary itu Ringan ,sama Mesin nya cuman butuh ruangan Dikit.. , coba lu bandingin sama mesin2 laen.. mesin Rotary itu aluuss banget.. , trus yang ada suara Turbo sama muffler doang..
jeleknya buat di indo Mekanik yang bisa itu gak ada Sebelah tangan yang bisa.. soalnya tu mesin Jarang dan lebih rumit.. , mungkin rotary karburator Forbarrel bisa cuman gue jamin Rotary Injection bener angkat tangan.. sekedar setel2 doank masih mungkin 1-2 orang bisa.. kalo turun mesin udah pusing huehaueha..
jeleknya buat di indo Mekanik yang bisa itu gak ada Sebelah tangan yang bisa.. soalnya tu mesin Jarang dan lebih rumit.. , mungkin rotary karburator Forbarrel bisa cuman gue jamin Rotary Injection bener angkat tangan.. sekedar setel2 doank masih mungkin 1-2 orang bisa.. kalo turun mesin udah pusing huehaueha..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Emang mesin rotary paling aneh dan ga jarang mekanik di sini banyak yang ngga bisa menanganinya.
Klo mobil bermesin rotary di Indo ada Mazda RX-8.
Dan Mesin Rotary itu udah di hak paten kan oleh MAZDA. Soalnya cuma MAZDA aja yang mempelopori dan mengembangkan mesin jenis ROTARY. Boleh jadi mesin Rotary paling canggih yaitu buatan MAZDA.
Klo mobil bermesin rotary di Indo ada Mazda RX-8.
Dan Mesin Rotary itu udah di hak paten kan oleh MAZDA. Soalnya cuma MAZDA aja yang mempelopori dan mengembangkan mesin jenis ROTARY. Boleh jadi mesin Rotary paling canggih yaitu buatan MAZDA.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
hehe.. mazda bisa kalo perbaiki ajah dan itu pun keadaan standar, dan paling di oper2 dulu ke cabang yang bisa.. , kalo yang udah di oprek2 angkat tangan dah...
bang Digigit: Mesin rotari buat Mobil Tercangih emang mazda..
tapi Mesin rotary biasa tuh banyak loh.. rata2 pesawat2 turbpop (yang baling2) kan mesinya rotary semua bro..
bang Digigit: Mesin rotari buat Mobil Tercangih emang mazda..
tapi Mesin rotary biasa tuh banyak loh.. rata2 pesawat2 turbpop (yang baling2) kan mesinya rotary semua bro..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Bung Takumi sekedar tambahan pesawat propeler bukan memakai mesin rotari tetep pakai mesin konvensional cuman bentuknya melingkar.
Kalo mesin rotary sangat berbeda tidak pakai piston. Gampangnya seperti sebuah segitiga dalam sebuah lingkaran dan titik tengah lingkaran sebagai pusatnya. Masing-masing ruangan punya fungsi sendiri jadi ada 3 ruangan dari masuk terkompresi meledak dan dibuang, dan segitiga tersebut akan berputar akibat adanya ledakan pada ruang bakarnya.
Kelemahan mesin ini terletak pada daya tahan mesinnya umur pakai pendek karena saking simpelnya. Bayangkan saja mesin konfensional, saat piston ma ringnya aus maka dapat diganti kedua bagian tersebut. Kalo mesin rotari aus yang diganti ibarat kruk asnya lengkap dengan pistonnya....sama aja mesin baru nih.......
Kalo mesin rotary sangat berbeda tidak pakai piston. Gampangnya seperti sebuah segitiga dalam sebuah lingkaran dan titik tengah lingkaran sebagai pusatnya. Masing-masing ruangan punya fungsi sendiri jadi ada 3 ruangan dari masuk terkompresi meledak dan dibuang, dan segitiga tersebut akan berputar akibat adanya ledakan pada ruang bakarnya.
Kelemahan mesin ini terletak pada daya tahan mesinnya umur pakai pendek karena saking simpelnya. Bayangkan saja mesin konfensional, saat piston ma ringnya aus maka dapat diganti kedua bagian tersebut. Kalo mesin rotari aus yang diganti ibarat kruk asnya lengkap dengan pistonnya....sama aja mesin baru nih.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Datsun jaman dulu jg ada yg pake mesin rotary
Btw ada yg blom dibahas.. mesin boxer
[gak mau kalah mode : on]
Mesin boxer sebenarnya sama dgn mesin V, hanya bersudut 180%. Yg terkenal jelas pada sepeda motor buatan BMW. Mesin ini punya kelebihan di tenaga menengah. Gak heran motor2 BMW lebih diutamakan utk touring. Misalnya pada rally Dakkar.
Btw ada yg blom dibahas.. mesin boxer
[gak mau kalah mode : on]
Mesin boxer sebenarnya sama dgn mesin V, hanya bersudut 180%. Yg terkenal jelas pada sepeda motor buatan BMW. Mesin ini punya kelebihan di tenaga menengah. Gak heran motor2 BMW lebih diutamakan utk touring. Misalnya pada rally Dakkar.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
tambahan lagi keunggulan mesin2 dari konsumsi bensin...
dari yang paling irit (naturally aspirated ya)
Inline-4
V-6, Boxer, Inline-6, Renesis Mazda (RX-8), Inline-4 Honda (Type R)
Rotary Mazda (RX-7)
V-8
V-10
V-12 (ini gak ngerti deh... gimana borosnya)
Untuk soal konsumsi bensin inilah kenapa beberapa produsen masih milih untuk ngembangin teknologi I-4, contohnya Honda. Akan tetapi, bakalan ada evolusi konsumsi bensin untuk mesin V. Dimulai dari GM yang mempelopori mesin V-6 yang silindernya bisa dimatiin setengah (cuma jalan 3 kalo cruising) di tahun 80an... tapi ampun deh mesinnya bergetar gak keruan dan sering mati, dan akhirnya ditinggalin ama GM.
Eh... tahun ini, Honda ngeluarin VCM (Vaiable Cylinder Management) yang berfungsi sama kayak dulu GM bikin, tapi tanpa masalah. Mesin ini pertama kali muncul di Honda Inspire (Accord ganti mesin). Power V-6, Torque V-6, konsumsi bensin kalo cruising I-4... senangnya...
Terus Lexus R400H, Hybrid V6, torque V-6, konsumsi bensin I-4
tapi... pengen ngomong lebiiiiiiiiiiihhhhh banyak lagi, tapi baca ini aja deh
http://waw.wardsauto.com/ar/auto_best_engines_6/
10 mesin terbaik dunia 2003
dari yang paling irit (naturally aspirated ya)
Inline-4
V-6, Boxer, Inline-6, Renesis Mazda (RX-8), Inline-4 Honda (Type R)
Rotary Mazda (RX-7)
V-8
V-10
V-12 (ini gak ngerti deh... gimana borosnya)
Untuk soal konsumsi bensin inilah kenapa beberapa produsen masih milih untuk ngembangin teknologi I-4, contohnya Honda. Akan tetapi, bakalan ada evolusi konsumsi bensin untuk mesin V. Dimulai dari GM yang mempelopori mesin V-6 yang silindernya bisa dimatiin setengah (cuma jalan 3 kalo cruising) di tahun 80an... tapi ampun deh mesinnya bergetar gak keruan dan sering mati, dan akhirnya ditinggalin ama GM.
Eh... tahun ini, Honda ngeluarin VCM (Vaiable Cylinder Management) yang berfungsi sama kayak dulu GM bikin, tapi tanpa masalah. Mesin ini pertama kali muncul di Honda Inspire (Accord ganti mesin). Power V-6, Torque V-6, konsumsi bensin kalo cruising I-4... senangnya...
Terus Lexus R400H, Hybrid V6, torque V-6, konsumsi bensin I-4
tapi... pengen ngomong lebiiiiiiiiiiihhhhh banyak lagi, tapi baca ini aja deh
http://waw.wardsauto.com/ar/auto_best_engines_6/
10 mesin terbaik dunia 2003
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Setau Daku :
Inline : kelebihannya biaya pembuatannya lebih murah, kekurangannya makan tempat. Jadi gak bisa utk mesin dgn banyak silinder.
V : kelebihan irit tempat, sehingga bisa utk mesin dgn banyak silinder. Kekurangannya biaya pembuatannya lebih mahal dan disainnya lebih ribet karena melihat sudut V-nya jg. Belum lagi konfigurasi macem-macemnya.
Rotary : kelebihannya lebih ringan dan kuat, dengan kapasitas lebih kecil bisa menyamai kemampuan mesin berkonfigurasi V dgn kapasitas di atasnya. Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda).
Hybrid : kelebihannya irit bahan bakar, karena menggunakan kombinasi 2 mesin bakar dan listrik. Kekurangannya adalah dibiaya. Namanya jg beli 2 mesin.
CMIIW
Inline : kelebihannya biaya pembuatannya lebih murah, kekurangannya makan tempat. Jadi gak bisa utk mesin dgn banyak silinder.
V : kelebihan irit tempat, sehingga bisa utk mesin dgn banyak silinder. Kekurangannya biaya pembuatannya lebih mahal dan disainnya lebih ribet karena melihat sudut V-nya jg. Belum lagi konfigurasi macem-macemnya.
Rotary : kelebihannya lebih ringan dan kuat, dengan kapasitas lebih kecil bisa menyamai kemampuan mesin berkonfigurasi V dgn kapasitas di atasnya. Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda).
Hybrid : kelebihannya irit bahan bakar, karena menggunakan kombinasi 2 mesin bakar dan listrik. Kekurangannya adalah dibiaya. Namanya jg beli 2 mesin.
CMIIW
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34
Rotary itu beneran di patenin sama Mazda gak sih? gw gak jelas banget ama nih mesin.Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda)
Soalnya gw maren liat di tipi, discovery channel, ada orang bikin mesin rotary buat basis mobil terbang/personal plane, dan Mazda gak disebut sebut.
Setau gw... tolong direvisi sejarahnya kalo ada yang salah, namanya juga inget2...
Felix Heinrich Wankel (jerman) menciptakan nenek moyang rotary pada tahun 1928 yang diberi nama drehkolbenmaschine (matek gw... lupa abies namanya) yang dipatenin tahun 1936. Baru setelah matenin tuh mesin dia pake nama dia sendiri di mesinnya, jadi Wankel Rotary engine (rotationskolbenmaschinen).
Tahun 1950an, om Wenkel kerjasama ama NSU (gak ada singkatannya) untuk bikin mobil, yang namanya NSU Prinz, dan Wankel Spider di tahun 60an. NSU nantinya dibeli ama VW/Audi. Nah sebelum kerjasama, si om Wankel bikin Wankel GmbH yang memegang royalti atas mesin rotary. Dan karena om ini kerjasama ama NSU, NSU juga kebagian sebagai pemegang royalti.
Gembar gembor mesin Wankel yang unconventional nyampe ke kuping GM, Mercedez, john deere dan Mazda. Singkatnya, cuma Mazda yang berhasil ngedevelop rotary engine dengan sempurna. Meskipun begitu, rotary pada kenyataannya dulu tidak stabil sama sekali... kalo ada yang pernah tau, rotary dinobatkan sebagai mesin terburuk di tahun 80an. Forbes atau majalah apa gitu.
Reliabilitas 13B (mesin RX7) masih jadi pertanyaan untuk pecinta otomotif. Mesin 1.3L yang bisa nyentuh 1000+ Hp ini dikatakan cukup labil ditangan orang yang kurang ngerti mesin. Soalnya temen gw pernah beli RX-7 ifini di New Zealand, dipake balap, ada bagian mesin yang retak gitu deh, berhubungan dengan oli, dan gak cuma temen gw doang. Mazda 787B dengan 2.6L Rotary engine menang di Le Mans 1991, tapi entah kenapa, sekarang ilang kabarnya. Dan juga, mesin Rotary 2L dulu udah siap produksi, tapi karena masalah reliabilitas, kita cuma dapet 1.3L doang. Bayangin aja tuh 2L, 1.3L aja NA bisa 280 Bhp, apalagi 2L... bisa nyentuh 400bhp stok!!!
jadi setau gw, gak ada lagi yang ngembangin rotary selain mazda karena susah banget bikinnya.
eh lupa... om Wenkel tahun 1974 bikin institut riset namanya TES (bahasa jerman, lupa) yang disupport ampe tahun 1993, oleh Daimler-Benz/Daimler-Chrysler.
nah jadi... paten rotary engine itu punya sapa? Mazda setau gw cuma pembeli license doang, bukan pemegang paten, bingung euy. Seharusnya patennya dipegang sama VW/AUdi sekarang, tapi gak jelas banget
http://www.wankel-rotary.com/
http://www.rotaryengineillustrated.com/index.html
p.s. Felix Wenkel dan Soichiro Honda itu dua orang sesepuh favorit gwMost major vehicle manufacturers bought a license and pursued programs of varying extent. Major players like GM and Mercedes committed the most resources and seemed to be making the greatest strides towards volume production but, for various reasons, it was a small Japanese company named Toyo Kogyo (later renamed Mazda, after its most successful division) that became the standard bearer as others dropped out.