Kompresi Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Kompresi Mesin

Post by mansetha »

PAs kEmaRin selesai TuneUp, tes tekanan kompressi didapat dengan alat 12kg/cm, bagaimana ya ngitung perbandingan kompressi mesinnya, mesin DOHC 1600cc. thanks.

kalo itungan saya 1600cc : 4 cylinder = 400 cc/cylinder

so 400cc : 12kg/cm = 33,33333

nah yg binun bore (diameter) dan langkah stroke (dalam cm) nya, serta ruang bakarnya yang nggak tahu..... :mrgreen:

lanjutannya gimana? :roll:
Dennif
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32

Re: Kompresi Mesin

Post by Dennif »

mungkin ngitungnya begini boss,
perbandingan tekanan antara kompressi saat piston diposisi paling bawah dibandingkan saat piston posisinya di paing atas.
misal terukur saat dibotom 0 psi trus saat ti top 10Psi, maka perbandingan kompressinya 1 :10.
(CMIIW)
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Kompresi Mesin

Post by r1210g »

wah2..
kenya ada sih nih linknya..
Standardnya 12psi...
http://saft7.com/?p=282
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Kompresi Mesin

Post by mansetha »

Perbandingan kompresi memang perbandingan antara volume seluruh isi cylinder dengan volume saat kompresi TMA (Titik Mati Atas) di ruang bakar. cuman cara mengukurnya itu, saya pernah mengukur dengan alat didapat 12kg/cm (dibengkel). itu artinya apakah 1:12 atau hanya tekanan kompresi doang. mohon penjelasannya....trims.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Kompresi Mesin

Post by POS VETT »

LOL, banyak amat salah kaprahnya. Yg di webpage-nya kang Saftari agak salah, harusnya kg/cm^2, bukan psi (lb/in^2).

12kg/cm^2 = tekanan hasil dari tes kompresi statis. Angka ini tidak bisa dipakai untuk mengukur rasio kompresi krn bbrp alasan. Ada kebocoran, kompresi udara yg tidak adiabatic, blah blah blah (boring stuff). Hasil tes ini mesti dibandingkan dengan angka yang dikeluarkan oleh pabrik. Misalnya, menurut repair manual mesti 12.5 kg/cm^2 +/- 1 kg/cm^2 dan variasi antar silinder tidak boleh melebihi 0.5 kg/cm^2.

Menghitung perbandingan kompresi mesti tahu bore, stroke dan head volume. Dasarnya:

Rasio kompresi = volume silinder total/(head volume + volume silinder pada TMA)

Volume silinder total = head volume + volume silinder + volume pada TMA

Volume silinder = stroke * 3.14 * bore^2 / 4

Volume pada TMA = volume antara piston crown dan dek atas blok mesin = mesti diukur

Head volume = mesti diukur :)

Ukurnya gimana ? Pelan2 menggunakan syringe, isi dengan air. Silinder head mesti dibuka. Ribet.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Kompresi Mesin

Post by GTR »

setuju bung posvett, pakai fluida yg agak kental than air.
volume fluida posisi piston @ TMA vs volume fluida posisi piston @ TMB.
bukan 12 psi, Kalo ga salah kompresi mesin di kisaran 250 psi kalo pakai compression tester.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Kompresi Mesin

Post by mansetha »

bener, berarti untuk mengukur bore dan stroke pada silinder enaknya saat OH atau 1/2 OH, ukur diameter silinder dan stroke pistonnya, serta ukur volume ruang pembakaran, yang susah ukur volume ruang pembakaran dong, kan bentuknya terkadang nggak simetris. kalo dengan mengisi silinder dengan cairan bisa didapat berpa ml atau cc nya. tapi ini agak susah menentukan TMB dan TMAnya...

Rasio kompresi (CR) mesin memang ada rumusnya, cuman mau isi varabel rumusnya itu yang agak susah, abis kudu ukur bore stroke dan volume...

mungkin ada cara lain yang lebih mudah ...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Kompresi Mesin

Post by GTR »

TMB TMA sptnya bisa diliat di cam-gear, lancer dan gan hrsnya ada deh.
rumusnya rumit, krn tergantung sudut squish ruang pembakaran,
for instance :
Angka volume(cc) per cylinder yg sesuai spec (kapasitas mesin dibagi jumlah cyl 4 or 6 dsb) ditambah volume(cc) di ruang bakar(TMA);
lalu angka tsb dibagi dgn isi volume (cc) ruang bakar (TMA) itu.

Misal : volume per cyl mesin 1600cc = 400cc, volume(cc) fluida yg masuk (bisa melalui salah satu lubang busi saat TMA) = 40cc;

maka CR = 11:1
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Kompresi Mesin

Post by mansetha »

GTR wrote:TMB TMA sptnya bisa diliat di cam-gear, lancer dan gan hrsnya ada deh.
rumusnya rumit, krn tergantung sudut squish ruang pembakaran,
for instance :
Angka volume(cc) per cylinder yg sesuai spec (kapasitas mesin dibagi jumlah cyl 4 or 6 dsb) ditambah volume(cc) di ruang bakar(TMA);
lalu angka tsb dibagi dgn isi volume (cc) ruang bakar (TMA) itu.

Misal : volume per cyl mesin 1600cc = 400cc, volume(cc) fluida yg masuk (bisa melalui salah satu lubang busi saat TMA) = 40cc;

maka CR = 11:1
maaf koreksi dikit kali, 400:40 = 10:1 barangkali....

se7, ... cara mudahnya ruang pembakaran di head cylinder diisi air/coolant, lalu diukur berapa cc. kemudian 400cc : hasil pengukuran tadi... didapat perbandingannya. cara ini perlu di copot dulu head cylindernya...hehehe... :mrgreen: