Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
banyak pemakai mobil matik ingin menaikan performa dengan mengganti filter udara standar dengan replacement, karena memakai open air filter dan ngempos tenaga bawahnya. kira2 logikanya kenapa bisa begitu ya
Mobil nya apa ya? Tucson saya matic dan pakai open air filter gak ngempos tuh. Malah mayan galak dari bawah sampai atas.
Banyak orang cuma asal beli open air sitem tanpa memperhitungkan ukuran pipa dan filter nya. Ini yang membuat ngempos. Untuk menentukan ukuran pipa, ukur diameter throttle body (TB) nya. Misalkan size TB nya 58mm (+/- 2-1/4"), jangan pakai pipa yg 3".
Mobil saya sih Swift. Pengen coba pake intake racing suction bolt on. Tapi beberapa teman menyarankan mending pake box standar dan ganti air filter replacement saja. Karena pemakaian open air filter, low end jd ga responsif.
menurut gw, ini masalah efisiensi volumetrik dan bacaan matik dri putaran mesin...
Kalo pake yang terbuka, putaran bawah, silinder kebanyakan udara+BBM, jadinya tenaga buat tekan tuh campuran jadi besar... nah kalo putaran tinggi kan tenaga untuk press dah gede, jadi rasa ngempos ga ada malah karena udara+BBm banyak, malah bertenaga...
maitik kan ada sensor segala macemnya tuh...
Mungkin karena berat ini, sensornya ngaco..
gitu..
CMIIW
poeticmind wrote:karena penggantian air open filter tidak direset ECU nya...
utk mobil2 tertentu, tidak otomatis ngebaca...
lebih baik pengantian dilakukan oleh bengkel performance... jadi mereka yg akan seting. free kok...
pun kalo bayar, seharga tune up standar saja.
se7, untuk mesin injeksi, biasanya ada sensor air flownya, kalo ganti open filter apakah mempertimbangkan sensor tersebut, jangan2 nggak terbaca oleh sensornya. Yup kayaknya perlu reset ECU dan seting ECU juga tuh atau pake piggy back aja.
poeticmind wrote:karena penggantian air open filter tidak direset ECU nya...
utk mobil2 tertentu, tidak otomatis ngebaca...
lebih baik pengantian dilakukan oleh bengkel performance... jadi mereka yg akan seting. free kok...
pun kalo bayar, seharga tune up standar saja.
se7, untuk mesin injeksi, biasanya ada sensor air flownya, kalo ganti open filter apakah mempertimbangkan sensor tersebut, jangan2 nggak terbaca oleh sensornya. Yup kayaknya perlu reset ECU dan seting ECU juga tuh atau pake piggy back aja.
Yg dimaksud dengan Reset ECU disini hanya dengan mencopot kepala aki kan? Biar jelas untuk reader lain nya. Nanti dipikir remaping ECU lagi, kan serem tuh biaya nya
Waktu Tucson di ganti Open Air Filter, saya melakukan soft reset ECU dengan mencopot kepala aki. Tanpa melakukan soft reset pun lama kelamaan ECU akan membaca perubahan ini dan menyesuaikan, cuma perlu kurang lebih 1-2 minggu. Jadi IYA, lebih baik sehabis mengganti komponen performance seperti Open Air Filter/Replacement, Busi high performance, Throttle Body, dsb untuk paling minim dilakukan soft rest ECU. Dan lebih bagus nya lagi di dyno.
Mengenai sensor MAFnya sih ada tempatnya karena berhubung saya pasang yang bolt on. Ya akan saya coba deh open airnya sekalian retuned Unichip, biar lebih pas. Thx ya bros.
gue udah pasang open air, tapi masih belum retune unichip.
ngempos bro di rpm +-2500 sampai rpm +-2800.
tp dari +-2800 ke atas sampai rpm 7000 wah.. entengg
suara mesin sewaktu narik lebih halus, dulu kayak yg teriak kl dah rpm tinggi (jgn denger suara open air-nya).
pakai gigi rendah pun suara mesin lebih halus daripada sebelumnya.
fc ngak berubah, sama saja dalam kota nyampe 1:12,..
gue udah pasang open air, tapi masih belum retune unichip.
ngempos bro di rpm +-2500 sampai rpm +-2800.
tp dari +-2800 ke atas sampai rpm 7000 wah.. entengg
suara mesin sewaktu narik lebih halus, dulu kayak yg teriak kl dah rpm tinggi (jgn denger suara open air-nya).
pakai gigi rendah pun suara mesin lebih halus daripada sebelumnya.
fc ngak berubah, sama saja dalam kota nyampe 1:12,..
segitu dulu laporannya. thx bros.
mobilnya apa om? ane pake njezz matic jg pgn pake open filter nih sekali2, kalo harian pake yg replacement aja. ntar settingan open pod filter sm pake downpipe pengganti CC ditaruh di map khusus..
biaya retune unichip masih sama ato udah naek yah?
poeticmind: so far so good. yah paling lagi pas ujan gd, gue bawanya ga terlalu kenceng, takut kesedot air. enak ditol sih menurut gue, tapi dibejek jg khan tetep ada lag. lg ganti replacement sih mantap bgt bawahnya aja, lagnya kecil bgt, ga gitu kerasa.
alim: waduh ngak tau nih, belum retune lagi. tp kalo mo ganti2 gitu harga retunenya lebih mahal kali ya.
ya gue sih replacement masih ada, simpen aja. kecuali dah diretune lalu lebih enak bawahnya, jual aja
ada temen gue sih nyaranin jgn pake open pod, tapi pake cai kalo matic. bawahnya jd ga ilang, tp tengah dan atas nariknya kurang dibanding open pod.
ga usah khawatir... waktu hujan ga masalah... tidak seheboh itu utk menyedot air. kecuali posisi filter deket ke bawah...
oh please... siapa yg bilang matic ga bisa pake open air filter...?! sini coba mobil gue, matic juga... pake k&n open filter... kalo ngempos gue beliin replacement gratis!
@alim ulama : buat apa punya 2, bro? hehehehe... malah bingung setiap ganti harus seting sana sini lagi... utk seting unichip dll... gini nih, pas ganti replacement or open air filter usahakan di bengkel performance saja... jadi mereka langsung seting mesin setelahnya... ketauan tidak 2 kali kerja dan hasil langsung bisa dirasakan.
oh gitu bro. haha.. parno kali pertama kali pakai open air. oh ya ada laporan lagi.. hari ini gue keluar kota, setelah 15 menit pakai mobil, kok ngemposnya jadi ilang. kurang lebih yah bawahnya jadi sama seperti pakai replacement. apa ecu ngebacanya udah pas kali ya? paling enak ditanjakan torsi berlimpah.
tp ngak enaknya ngerem mesti lebih jauh dari jarak biasanya, ada plus ada min
rem? gimana maksudnya? memang secanggih itu bedanya ya? hahahaha! hati2 saja, sering2 liat dan cek remnya... tapi kalo gue pikir, itu karena bro lebih sering maen gas sekarang... jadi pengen nya kenceng terus...
makanya rem jadi harus agak jauh dari biasanya... gitu aja.
@poeticmind
banyak bro yang bilang matic ngempos kalo pake open air.. gw sendiri blom pengalaman seh, ga punya matic..
Temen ogud aja (jazz matic) mau ganti gitu ga boleh ama toko penjualnya (bayangin "TOKO PENJUAL"), toko ini dah terbukti dengan terkenalnya dan baragnya yang bagus di daerah PMK...
Akhirnya pakenya replacement deh dia...
hmmm... no comment deh, tapi selama ini gue pasang di beberapa mobil ga masalah...
mobil gue pun pake (baleno nextG matic), kalo mau dicoba... hehehe silahkan...
sharing nih..menurut satu website produsen saringan hawa terkenal,..di sarankan sewaktu mengganti air filter kita melepas kepala aki selama bbrp jam.,..trus mobil nya dibawa dgn gaya agak aggresive biar terasa improvements nya..supaya ECU me record kebiasaan mengemudi dan air fuel ratio yg baru..dulu jazz saya juga digituin, tenaga improve dikit, tapi throttle response nya mantab lhar:)
thanks
saya rasa ngempos nya mgkn itu ECU nya blm gitu membaca air fuel mixture yg baru...coba test cabut kepala aki dulu bro..hehehe..dulu mobil saya jg matic..absolutely no ngempos...