BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
Bro nanya donk, apa sih bedanya oil cooler (sekilas kayak radiator tapi mini) dengan tabung pernapasan oli (yang bentuknya kayak botol dengan satu selang aja, ada juga yang dua selang, n suka dipake di roadrace)
1. apakah fungsinya sama2 utk membantu mendinginkan oli?
2. Klo oil cooler instalasinya kan mesti bobok bak kopling (kecuali yang udah ada jalur nipelnya kayak Scorpio), nah kata yang jual klo tabung pernapasan oli itu cuma dipasang di jalur out aja ga pake bobok2 segala (gw ga ngerti 'jalur out', trus kenapa ada yang model dua selang dan satu selang apa bedanya)
3. karena proses instalasi tsb gw merasa oil cooler 'lebih beresiko' apabila terjadi kebocoran, temen gw cerita, megapronya dipasangin oil cooler, pas turing ke kerawang ada kebocoran dan jebol, malah jadi lebih ngerepotin, mesin jadi ga bisa nyala katanya "mending gw ga usah pasang aja". Apa benar demikian?lagipula oil cooler lebih mahal harganya (yg paling murah sekitar 300rb-an) dari tabung pernapasan (klo tabung ini 125 rb aja udah dapet).
Gw mo cari info dulu dari bro semua sebelum gw pasang di bengkel nih. Tujuan gw sih supaya mesin jadi lebih adem saat di jalan.
1. apakah fungsinya sama2 utk membantu mendinginkan oli?
2. Klo oil cooler instalasinya kan mesti bobok bak kopling (kecuali yang udah ada jalur nipelnya kayak Scorpio), nah kata yang jual klo tabung pernapasan oli itu cuma dipasang di jalur out aja ga pake bobok2 segala (gw ga ngerti 'jalur out', trus kenapa ada yang model dua selang dan satu selang apa bedanya)
3. karena proses instalasi tsb gw merasa oil cooler 'lebih beresiko' apabila terjadi kebocoran, temen gw cerita, megapronya dipasangin oil cooler, pas turing ke kerawang ada kebocoran dan jebol, malah jadi lebih ngerepotin, mesin jadi ga bisa nyala katanya "mending gw ga usah pasang aja". Apa benar demikian?lagipula oil cooler lebih mahal harganya (yg paling murah sekitar 300rb-an) dari tabung pernapasan (klo tabung ini 125 rb aja udah dapet).
Gw mo cari info dulu dari bro semua sebelum gw pasang di bengkel nih. Tujuan gw sih supaya mesin jadi lebih adem saat di jalan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
gue sih kurang paham soal mesin, tapi logikanya kalo ruang mesin kagak ada lubang hawa. panasnya gak bias keluar bisa2 mesin nya meledak kepanasan.
oil cooler, oli nya di alirkan ke "radiator" trus ketiup angin jadi lebih adem.
kalo pasang oil cooler gak benar dan bocor, maka oli nya habis, ya ancur dong mesinnya.
gue gak ngerti tabung pernapasan macam apa itu ya
oil cooler, oli nya di alirkan ke "radiator" trus ketiup angin jadi lebih adem.
kalo pasang oil cooler gak benar dan bocor, maka oli nya habis, ya ancur dong mesinnya.
gue gak ngerti tabung pernapasan macam apa itu ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
untuk oil cooler, gw setuju ama bro pitbull
Tabung pernapasan berupa selang yg ujungnya disambungkan ke tabung, sedangkan ujung satunya dipasang ke lubang oli dimesin.
selangnya jg gak panjang2 bgt, tergantung tabungnya ditaruh dmn...
kl niat, bisa buat sendiri kok... tinggal beli selang yg biasa dipake buat oil cooler... trus ujungnya dipasang kaleng, ujung lainnya dipasang di lubang oli (lubang yg biasanya buat masukin oli ke mesin)... usahakan ujung yg dipasang ke lubang oli dapat menutupi lubang tsb dgn rapat...
kalengnya jg hrs dilubangin dikit agar panas dari dalam mesin dapat disalurkan keluar, nah lubang ini hrs bs dibuka tutup agar pada saat hujan tidak kemasukan air... CMIIW
Tabung pernapasan berupa selang yg ujungnya disambungkan ke tabung, sedangkan ujung satunya dipasang ke lubang oli dimesin.
selangnya jg gak panjang2 bgt, tergantung tabungnya ditaruh dmn...
kl niat, bisa buat sendiri kok... tinggal beli selang yg biasa dipake buat oil cooler... trus ujungnya dipasang kaleng, ujung lainnya dipasang di lubang oli (lubang yg biasanya buat masukin oli ke mesin)... usahakan ujung yg dipasang ke lubang oli dapat menutupi lubang tsb dgn rapat...
kalengnya jg hrs dilubangin dikit agar panas dari dalam mesin dapat disalurkan keluar, nah lubang ini hrs bs dibuka tutup agar pada saat hujan tidak kemasukan air... CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
bro, oil cooler beda ma tabung pendingin / pernafasan. oil cooler dilewati oli panas, lalu oli panas itu keluar jadi berkurang suhunya (jadi lebih dingin), sebab melewati kisi2 logam (bisa almu ato tembaga) yang didinginkan oleh udara.
Sedangkan tabung pernafasan, berfungsi melepas blow by gas (udara panas di bak mesin). Blow by gas itu berupa uap oli, gas dari oli yang terbakar, gas hasil pembakaran di ruang bakar yang bocor lewat celah piston, atau campuran udara dan bahan bakar yang bocor dari celah piston (serapat2nya piston, masih ada kebocoran, meski sangat sedikit). Bow by gas jika tidak dibuang, akan mempengaruhi kualitas pelumas, dan bisa saja mengakibatkan sil-sil karet jebol karena tekanannya terlalu tinggi jika tak dibuang. tapi sebenarnya udara di bak mesin sudah ada salurannya, jadi sejak dulu memang dirancang agar udara di bak mesin bisa bersirkulasi. bedanya, pada mesin dulu udara panas dari bak mesin dilepas begitu saja keluar. Efeknya, dapat menimbulkan polusi udara. itu sama dengan tabung pernafasan tadi. sedangkan pada mesin-mesin sekarang rata2 sudah mengalirkan blow by gas ke filter udara, buat dihisap lagi ke dalam mesin, dibakar, jadi lebih rendah emisi.
so, penambahan tabung pernafasan tidak mempengaruhi performa mesin secara signifikan, mungkin menambah gaya, memang iya (relatif). Mending pasang oil cooler, cukup signifikan mengoptimalkan kinerja mesin, terutama yang suka turing, ato balap. yang perlu diperhatikan, pemasangan oil cooler harus tepat, jangan sampai jalurnya salah (bisa menghambat pelumasan) atau pemasangannya kurang kuat (bisa jebol, karena tekanan oli cukup tinggi).
Sedangkan tabung pernafasan, berfungsi melepas blow by gas (udara panas di bak mesin). Blow by gas itu berupa uap oli, gas dari oli yang terbakar, gas hasil pembakaran di ruang bakar yang bocor lewat celah piston, atau campuran udara dan bahan bakar yang bocor dari celah piston (serapat2nya piston, masih ada kebocoran, meski sangat sedikit). Bow by gas jika tidak dibuang, akan mempengaruhi kualitas pelumas, dan bisa saja mengakibatkan sil-sil karet jebol karena tekanannya terlalu tinggi jika tak dibuang. tapi sebenarnya udara di bak mesin sudah ada salurannya, jadi sejak dulu memang dirancang agar udara di bak mesin bisa bersirkulasi. bedanya, pada mesin dulu udara panas dari bak mesin dilepas begitu saja keluar. Efeknya, dapat menimbulkan polusi udara. itu sama dengan tabung pernafasan tadi. sedangkan pada mesin-mesin sekarang rata2 sudah mengalirkan blow by gas ke filter udara, buat dihisap lagi ke dalam mesin, dibakar, jadi lebih rendah emisi.
so, penambahan tabung pernafasan tidak mempengaruhi performa mesin secara signifikan, mungkin menambah gaya, memang iya (relatif). Mending pasang oil cooler, cukup signifikan mengoptimalkan kinerja mesin, terutama yang suka turing, ato balap. yang perlu diperhatikan, pemasangan oil cooler harus tepat, jangan sampai jalurnya salah (bisa menghambat pelumasan) atau pemasangannya kurang kuat (bisa jebol, karena tekanan oli cukup tinggi).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
Kalau prinsip kerja HRP atau termignoni gimana ya? Ada hubungan dgn pendinginan oli?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
wah apalagi tuh?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
Kalo ngga salah termignoni itu merk knalpot dari itali yg dipake motornya Rossi di MotoGP?
Ane setuju ame Bung Cloud.....
menurut gue riskan pake penafasan oli, kalo lagi hujan kemasukan air....... berabe tuh mesin! isinya jadi kopi susu deh.
Ane setuju ame Bung Cloud.....
menurut gue riskan pake penafasan oli, kalo lagi hujan kemasukan air....... berabe tuh mesin! isinya jadi kopi susu deh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
Wahh mantap penjelasannya jelas bgt, jadi lebih efektif oil cooler yah.. tengkyu, gw masih rada khawatir dgn instalasinya itu Bro, gara2 dgr cerita temen gw yang bocor.Cloud wrote:bro, oil cooler beda ma tabung pendingin / pernafasan. oil cooler dilewati oli panas, lalu oli panas itu keluar jadi berkurang suhunya (jadi lebih dingin), sebab melewati kisi2 logam (bisa almu ato tembaga) yang didinginkan oleh udara.
Sedangkan tabung pernafasan, berfungsi melepas blow by gas (udara panas di bak mesin). Blow by gas itu berupa uap oli, gas dari oli yang terbakar, gas hasil pembakaran di ruang bakar yang bocor lewat celah piston, atau campuran udara dan bahan bakar yang bocor dari celah piston (serapat2nya piston, masih ada kebocoran, meski sangat sedikit). Bow by gas jika tidak dibuang, akan mempengaruhi kualitas pelumas, dan bisa saja mengakibatkan sil-sil karet jebol karena tekanannya terlalu tinggi jika tak dibuang. tapi sebenarnya udara di bak mesin sudah ada salurannya, jadi sejak dulu memang dirancang agar udara di bak mesin bisa bersirkulasi. bedanya, pada mesin dulu udara panas dari bak mesin dilepas begitu saja keluar. Efeknya, dapat menimbulkan polusi udara. itu sama dengan tabung pernafasan tadi. sedangkan pada mesin-mesin sekarang rata2 sudah mengalirkan blow by gas ke filter udara, buat dihisap lagi ke dalam mesin, dibakar, jadi lebih rendah emisi.
so, penambahan tabung pernafasan tidak mempengaruhi performa mesin secara signifikan, mungkin menambah gaya, memang iya (relatif). Mending pasang oil cooler, cukup signifikan mengoptimalkan kinerja mesin, terutama yang suka turing, ato balap. yang perlu diperhatikan, pemasangan oil cooler harus tepat, jangan sampai jalurnya salah (bisa menghambat pelumasan) atau pemasangannya kurang kuat (bisa jebol, karena tekanan oli cukup tinggi).
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun May 25, 2008 6:46
- Location: Pontianak
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
maaf, g saranin pake olicooler tetapi jalurnya dirubah. pada lazimya, pompa oli yang akan kesilinder head di bypas ke cooler sehingga pasokan oli ke silinder head terlambat yang bagus adalah pemasangan setelah melewati silinder head.(saran mekanik ahli)
kalo tabung hawa, juga samma baiknya tetapi tergantung pemasangan juga yang berdampah pada sirkulasi san suhu.jadi pandai2 lah mencari mekanik yang asli bukan mekanin bego tapi tampilan+gayanya lumutan soal mesin.
kalo tabung hawa, juga samma baiknya tetapi tergantung pemasangan juga yang berdampah pada sirkulasi san suhu.jadi pandai2 lah mencari mekanik yang asli bukan mekanin bego tapi tampilan+gayanya lumutan soal mesin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
klo pasang oil cooler perlu tambah volume oli ngak? misalnya mesin dgn kapasitas oli 1200cc dipasangin oil cooler yg volume nya 300cc. apa perlu tambah 300cc oli jadi total 1500cc supaya waktu sirkulasi, mesin ngak kekurangan oli?
ホンダ NSR レヌ バィク
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun May 25, 2008 6:46
- Location: Pontianak
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
perlu banget.klo dihitung pada slang oli+cooler 300ml jadi harus tambah 300ml.biar tidak over heat.
klo bro sekalian mau mesin adem ayem +- turun 10celcius pakai MoS2 atau molydenum disulfida berfungsi sebagai pelapis yang menghindari gesekan. yang bubuk seperti pada piston motor baru lapisan itemnya itu MoS2 agar head tidak Kepanasan.
klo bro sekalian mau mesin adem ayem +- turun 10celcius pakai MoS2 atau molydenum disulfida berfungsi sebagai pelapis yang menghindari gesekan. yang bubuk seperti pada piston motor baru lapisan itemnya itu MoS2 agar head tidak Kepanasan.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sat Apr 26, 2008 4:50
- Location: Yogyakarta
Re: BEDA OIL COOLER DENGAN TABUNG PERNAPASAN OLI MOTOR
sekedar menambahkan ...........
kalo ditambahkan oil cooler ya kapasitas oli ditambah juga
misalnya nih kapasitas asli dari motor adalah 1 liter
sedang kapasitas oi cooler 200 ml
jika oli tidak ditambahkan maka oli yang ada di bak mesin cuma 800 ml jadi berkurang kan kapasitasnya di mesin sehingga perlu ditambahkan oli sejumlah kapasitas oil cooler
jadi kalo ditambahkan jadi 1200 ml
juga tambahan dikit nih ....
untuk yang mau memasang oil cooler sebaiknya selangnya beli yang tahan panas... karena aku pengalaman nih pake oil cooler cuma selangnya pakai yang biasa digunakan untuk water cooler untuk perjalanan jauh bisa pecah selangnya. aku eprnah pecah selangnya saat perjalanan sekitas jauhnya 400 km
kalo ditambahkan oil cooler ya kapasitas oli ditambah juga
misalnya nih kapasitas asli dari motor adalah 1 liter
sedang kapasitas oi cooler 200 ml
jika oli tidak ditambahkan maka oli yang ada di bak mesin cuma 800 ml jadi berkurang kan kapasitasnya di mesin sehingga perlu ditambahkan oli sejumlah kapasitas oil cooler
jadi kalo ditambahkan jadi 1200 ml
juga tambahan dikit nih ....
untuk yang mau memasang oil cooler sebaiknya selangnya beli yang tahan panas... karena aku pengalaman nih pake oil cooler cuma selangnya pakai yang biasa digunakan untuk water cooler untuk perjalanan jauh bisa pecah selangnya. aku eprnah pecah selangnya saat perjalanan sekitas jauhnya 400 km