VIOS Owner & solving problem

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

4speed SuperECT utk 1.5ltr itu teknologi kemarin, sekarang itu (baru sekarang) lebih advanced dgn CVT-i spt pada Ist-150.
Poor, & unlike honda, produsennya tidak aplikasikan di vios (ada diskriminasi pasangan mesin dgn varian transmisi nya).
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

Super ect tuh jadi kurang responsif dibanding dengan yang cvt seperti yang dipake di jazz??

tapi ko katanya city matik lebih lambat daripada vios matik?

eh beda cvt-i ma cvt apa yah? apa cuma upgrade firmware di modul komputer transmisi aja yah?
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by datsu »

Hahahaa.... ada yang benci toyota dan cinta mati ama honda rupanya....

Akselerasi VIOS TBW lebih kenceng dari kawat? SINI MANA LAWAN GW!! jangan OMDO!! hehehe... sori esmosi.. gak punya mobilnya berani omdo di bagian yang gak capable... lama2 gw rindu ama conan disini... :D

ayo mana city, jazz pitek baik yang manual dan CVT silahkan kalo mau ikutan.. yang penting jangan suruh gw lawan mitsu n sedan2 dgn mesin 2000cc keatas yee.. :beer:

btw, untuk topspeed antara TBW dan kawat gak beda jauh, tapi untuk masalah lag akselerasi, TBW gak bisa di-apa2in.. karena diatur komputer.. kalo kawat ada lag masih bisa diatasin dengan permainan kopling.. huh... banyak alesan... dan ini lag juga paling banyak 1 detik.. siapa yang mau komplain! yang bakal komplain nanti pembalap TTI.. liat ajah!!

jangankan vios yang mesinnya sama, gw aja kadang2 ngeras LGX 1800cc EFI th 2000 aja masih lebih cepet AKSELERASI nya dari innova 2005.. karena ketika gw ngerasa lag, masih bisa maen kopling.. sedangkan di innova, bisa juga maen kopling, tapi lagnya gak akan ilang..

matic, mau konvensional kek, mau teknologi baru kek, diciptakan untuk nyaman dan seirit mungkin, tapi masih ada giginya... hehehe..

CVT mah gak ada giginya.. mana cocok diaplikasikan ke sedan dengan slogan SPEEDMAKER? hehehe... aneh!! mau beli mobil yang bagus, lengkap banget fiturnya, ya beli kuda jingkrak ajah..

Data2 HP bung satyr itu on engine.. bukan on wheel... dan rata2 loss di drivetrain itu bukan 15%, ampir 20%...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

Super ECT tuh mantep bgt. walaupun gak sehalus CVT

tp CVT honda lebih rentan putus daripada ECT. soal durability jgn harap deh honda menang dari toyota.

(pengalaman pribadi)

ama toyota.. bukan ToyoDA ya (alias toyota rasa daihatsU) :D

CVT advance?? i don't think so.liat aja mobil2 mewah pada pake CVT gak??

pasti pakenya streptronic.
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

GTR wrote:Apa ga salah data2 power di dyno tsb?
drivetrain loss (m/t) itu sekitar 15%, how could the result is bigger than spec (flywheel)?

<"(swift std di dyno rata2 103-104 hp, jazz kisaran 106-107 hp, dan yaris 110-112)

as usual honda overrated dan toyota under rated)

contoh gampang dyno corolla 1.8 standar di brosur 120 hp, tp pas dyno run standar dapet 123 hp (tested di mobil sendiri)" >

honda sering overrated, data darimana, apa ada source komprehensif?
kalo bener, uda pasti cuma bunuh diri dan dikomplain habis, mereka produsen sudah malang melintang di industri dan racing, masih mau do such thing like overrated power?
makin tidak mungkin jika korelasikan dgn dari data2 akselerasi mobil honda.
Kenaikan / refinement seri2 mesin nya 5ps saja sangat di-Noticeable sama honda koq.

4speed a/t sangat mungkin unggul saat hard-accelleration/WOT & mungkin juga di jalan datar, tapi CVT lebih byk advantages saat light accelleration (little open throtle/real most driving condition) & ini terutama lebih unggul atau sangat terasa ketika mendaki(/turun) krn ratio menyesuaikan continuously realtime. tidak perlu "jeda waktu" dan tekan gas lebih dalam frequently.

Drive by wire ga bikin kenceng,
Sptnya ini belum tentu benar 100%, or hanya dibungkus jadi mitos oleh salah satu majalah itu? kan krn ada mpv2 produsen ternama yg lag pakai tbw.

Akselerasi Vios ETCSi kalah dari kawat, justru akselerasi vios ETCSi menang dari vios kawat.
CRV 3rd gen itu TBW, kalo kita test terasa sensitive & reponsif sekali thdp pedal gasnya saat dibutuhkan/diperintahkan; apalagi di civic 8th gen, sangat tangkas response mesin thdp pedal gasnya. sptnya blm ada komplain berarti crv / civic / vios terakhir lag berlebihan krn TBW.
mas. semua mobil emang ada data SIMPANGAN nya. masi wajar kalo meleset sedikit. mungkin aja dynamometer Honda emang kalibrasinya beda. tau sendiri hp ga selalu sama. (bahkan hp di bandung n di jkt kalo diukur belom tentu sama)

byk faktor. mau nuntut?? silakan aja kalo mau diketawain ama honda nya

mitos majalah?? ini tuh dari HASIL DYNOTEST bengkel2 ternama jakarta bro. gw gak akan ngomong kalo ini hasil majalah (tau sendiri di majalah Livina aja dibilang 1:36 WTF???)

Civic 8th gen? terus terang gw penasaran ama mobil ini. blom pernah adu tarik ma gw di tol. kali2 ada yg mau coba lawan corolla tua gw. orang2 bilang civic 1.8 kurang kenceng gara2 bobotnya berat

walau situ fanatik honda. tp harus liat kenyataan lapangan. jangan jadi subjektif bro.

drive by wire bikin respon telat. itu betul. kerasa kok. Makanya menurut gw Vios lama ama yg baru enakan yg lama (sepertinya.. tp final gear vios baru kalo ga salah lebih besar = harusnya lebi responsif)

CVT itu kalo ga salah lebih ke economic. tau sendiri kenapa mobil2 super car ga CVT... tp pake streptronic
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by r1210g »

aduh bos2 sekalian.. inget donk.. tujuan utama mobil disinikan buat transportasi memudahkan manusia, trus teknologi2 kan buat meng-irit-kan BBM + membantu manusia juga.. jangan dipake buat balap2 donk.. Kalo mau balap, ya silahkan beli ferrari, ato sekalian mobil f1... mau dipake dijalan?
ya kalo buat balap ya balap, adu deh tuh teknologi... kalo buat sehari2 ya sehari2.. Maunya digabung aja nih.. Hue3... Indonesia banget... Maunya semuanya... wakakakak...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

waduh jangan pada berantem dong....
" @datsu
Akselerasi VIOS TBW lebih kenceng dari kawat? SINI MANA LAWAN GW!! jangan OMDO!! hehehe... sori esmosi.. gak punya mobilnya berani omdo di bagian yang gak capable... lama2 gw rindu ama conan disini..."

mungkin maksud Om @datsu TBW tuh yang ga pake kawat yah?

Ok kesimpulan gw...thortle by wire alias menggunakan kabel gas lebih cepat dengan yang tidak menggunakan kabe gas alias drive by wire? (walaupun hanya berkisar 1 detik doang)

bener gak? mohon pencerahanya
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

@r1210g: kalo ente mau beliin gw ga nolak bos :D mayan Ferrari

gw jual aja beli Camry 3.5Q. sisanya ditabung buat masa depan :p

gw sih ga butuh mobil balap secara gw pake mobil jg harian, jarang ngebut (kecuali terpaksa)

bensin mahal euyyyyyyy

yg lucu. orang pengen kenceng.. tp tetep irit. itu baru INDONESIA :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

belum tentu juga yang unya mobil kenceng tiap jalan selalu gas poLLLLLLLLLLLL.................

banyak juga, hampir semua malah yang punya ferari jalanya pelan,sambil menikmati perjalanan
Seeing is believing[*][/size]
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by Risol1 »

DhanZ wrote: mungkin maksud Om @datsu TBW tuh yang ga pake kawat yah?

Ok kesimpulan gw...thortle by wire alias menggunakan kabel gas lebih cepat dengan yang tidak menggunakan kabe gas alias drive by wire? (walaupun hanya berkisar 1 detik doang)

bener gak? mohon pencerahanya
Datsu yg bener tuh.....
Throttle by Wire tidak menggunakan kabel/kawat gas melainkan SAMA aja dengan drive by wire alias tidak menggunakan kawat/kabel gas...atau nama lainnya electronic throttle control..... :D
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

OK TBW ma DBW ternyata sama kalo yang menggunakan kabel gas istilah kerenya apa yah?

TBW or DBW keunggulanya apa sih dibanding yang menggunakan kabel gas? ko diatas dibilang TBW lwbih lemot darpada yang menggunakan kabel gas...
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

datsu wrote: jangankan vios yang mesinnya sama, gw aja kadang2 ngerasa LGX 1800cc EFI th 2000 aja masih lebih cepet AKSELERASI nya dari innova 2005.. karena ketika gw ngerasa lag, masih bisa maen kopling.. sedangkan di innova, bisa juga maen kopling, tapi lagnya gak akan ilang..
ga usah ngerasa... emang begitu pastinya... :)
Image
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

jadi lgx 18 ma innova akselersinya emang lebih cepat lgx ? emang Innova da ga pake kabel gas?
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by HilmanZ »

Innova bknnya msh pake kabel gas y?? BTW teori DBW itu buat ngirit bensin kan tp ko kayanya sama aja c.Vios lama and baru kira2 iritnya sama.Jadi fungsi DBW di Vios baru mending ga usa diterapin dnk ya..mlh jbkn d lag..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

Bro2 diatas silakan liat review test akselerasi Vios kawat dan TBW,
memang angka itu vios yg TBW di majalah autobild kalo ga salah sekitar 9 detik, disini tentu toyota (juga produsen lain) merancang vios TBW semaksimal mungkin tidak lag bagi pengemudi.

Juga akselerasi Civic 8th gen, ada banyak informasinya berapa detik; & juga kalo udah tes sensitivity / respon gasnya, apakah ada yg sampai mengganggu spt dikeluhkan?
Tentu semua mobil akan pakai TBW, baik mobil sports maupun economycars, produsen merancang ini tentu semaksimal mungkin Lag tidak noticeable,
hanya saja melulu ada indikasi/persepsi meng-korelasikan dgn : prioritas maslaah pd lag TBW mobil tsb jika sebenarnya tenaga mesin yg kurang.

Steptronic a/t vs cvt? coba liat varian kastanya yg pakai ini, tinggi mana mobil yg pakai steptronic atau CVT (kelas cc kecil / 6 cyl ke bawah yah).
Masalah belt CVT putus apa ada angkanya ya? dari informasi di TOV, CVT bermasalah kurang lebih sama dgn A/t bermasalah.

Future transmission untuk Sports-Car (or Manual Transmision) "speedmaker", akan evolusi ke => Steptronic Dual-clucth (bukan steptronic a/t konvensional).
Untuk economy-cars automatic konvensional, transmisi automatic akan evolusi ke => CVT.

Hasil dyno flywheel meleset 15% (due to drivetrain loss) tentu bukan nilai yg sedikit.

Kijang LGX lebih cepat dari Innova itu dari sugesti / "rasanya".
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

gampang deh. liat aja ada gak mercy CC kecil pake CVT??

pake nya streptronic kan?

knapa jg macem toyota kasta atas pake streptronic bukan CVT?

15-20% loss itu buat M/T... emang bukan jumlah sedikit.

kalo buat A/T lebi gede lagi loss nya setau gw

tp hasil dyno (saat ini di indo) rata2 aneh resultnya kalo di tes di mobil A/T

gw jg ga tau kenapa
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by Risol1 »

Tapi Nissan dengan 08 altima (kelasnya accord dan camry), maxima (sport sedan), dan 09 murano mulai pake CVT lho di semua tipenya :D
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by liongkiky »

Varian2 model yg ada Cvt sebenarnya cukup banyak : audi (cukup banyak s/d A4), mitsubishi(invecsIII), mercedes (autotronic A&B class s/d CLK 430 & CLK55 AMG?) , BMW (pada Mini), toyota (cvt-i), daihatsu, ford, nissan (Xtronic), nah nissan ini ada varian HR15DE/MR18DE nya yg dipakai GL juga sebenarnya dirancang dgn cvt tapi tidak dipasangkan pd GL.
Most economy cars di jepang pakai cvt.
Bosch asal jerman itu juga developer Cvt.

Mobil kapasitas besar tentu belum menggunakan cvt selain due to torque load limitations, orientasi mesin kapasitas besar sebagian untuk sportscar yg spt dijelaskan di atas, preferensi future manual transmission nya ber-evolusi ke Dual-clutch steptronic.

Tentu di usia nya yg masih muda ini, juga spt konvensional a/t, cvt masih ada disadvatages spt reliability, sooner or later ini akan di-improve. mirip honda jaman 70an yg pakai fwd sendiri yg banyak mitos simpang siur saat itu, namun saat ini most economy cars malah pakai fwd.

Toyota ist-150 terbaru itu pakai cvt, toyota fielder ada varian cvt, prius, juga akan banyak economy-cars lain.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

Varian2 model yg ada Cvt sebenarnya cukup banyak : audi (cukup banyak s/d A4), mitsubishi(invecsIII), mercedes (autotronic A&B class s/d CLK55 AMG?) , BMW (pada Mini), toyota (cvt-i), daihatsu, ford, nissan (Xtronic), nah nissan ini ada varian HR15DE/MR18DE nya yg dipakai GL juga sebenarnya dirancang dgn cvt tapi tidak dipasangkan pd GL.
Most economy cars di jepang pakai cvt.
Bosch asal jerman itu juga developer Cvt.

Mobil kapasitas besar tentu belum byk menggunakan cvt selain due to torque load limitations issues; orientasi mesin kapasitas besar sebagian untuk fungsi sportscar, preferensi future manual transmission nya ber-evolusi ke Dual-clutch steptronic.

Tentu di usia nya yg masih muda ini, juga spt konvensional a/t, cvt masih ada disadvatages spt reliability, sooner or later ini akan di-improve. mirip honda jaman 70an yg pakai fwd sendiri yg banyak mitos simpang siur saat itu, namun saat ini most economy cars malah pakai fwd.

Toyota ist-150 terbaru itu pakai cvt, toyota fielder ada varian cvt, prius, juga akan banyak economy-cars lain.
Last edited by r1210g on Tue Feb 05, 2008 9:40, edited 1 time in total.
Reason: koq di copy bung GTR?
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

wadoj jadi bingun tentang transmisi nih...setau saya yang paling bagus saat ini yang dipakai oleh VW DSG (dual-Clutch sequential gearbox) kalo ga salah lho.... yang sekarang dipakai di vw golf gti R......

maaf kalo salah...

mana varian yang pake CVT di indo cuma jazz pula (ATPM resmi) jadi ga bisa bandingin ma boil yang pake cvt lainya...


civic 8th gen tuh yang mana sih? yang sekarang beredar di indo ini kan?

berarti cvt untuk yang santai
sementara
yang demen bejek gas pakai steptronik..... (asal mula steptronik dual clutch) ??
Seeing is believing[*][/size]
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by Risol1 »

DhanZ wrote:civic 8th gen tuh yang mana sih? yang sekarang beredar di indo ini kan?
tul bos :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

Utk keperluan sportscar (manual replacement) = Dual clutch, selain golf ini juga pada produk populer GTR dan EXO X-SST (Sports Shift Transmission), menyusul sportscar M/T lainnya banyak akan pakai ini.
Mitsubishi Lancer 2002 ATPM resmi itu sudah CVT (invecsIII),
Audi versi ATPM resmi Indo juga sudah CVT juga sejak 2005 (or before ? kalo ga salah).
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by datsu »

Yaelah... bandel yaahh...

lihat hasil review?? WT*? gw punya vios lama.. dan ketika ni boil masuk bengkel bodi yang notabene 5-6 kali setahun, 5 bulan belakangan gw selalu dapet pinjeman vios terbaru.. ini berdasarkan pengalaman gw, dua2nya bisa lari 0-100 lebih cepet dari review majalah dan TAM!! dua2nya bisa dibawah 9 detik!! dan dua2nya bisa nyampe 200KPH!!

Tapi feeling gw vios lama gw yang udah berumur masih lebih cepet akselerasinya daripada yang baru.. maybe karena gw pake Mobil 5w-30 dan pertamax plus, sdngkn vios baru cuman pake pertamax dan shell 10w-40... yang jelas mobil gw lebih kenceng!!

*PAKE REVIEW MAJALAH AJA SOMBONG AMAT!!* hehehe... gw cuman sekali test drive livina, menurut gw kurang responsif, tapi kalo ada pemilik livina yang punya kijang juga bilang livina lebih lelet ato lebih responsif dari kijang, gw gak perlu komplain, toh kaki pemilik tersebut menunjukkan hasil tersebut dengan jujur.. bukan dengan review majalah aja!!

*gw rindu conan yang selalu objektif kalo muji/caci mobil lain*

btw, daripada nyuruh liat review dan nyuruh nyari data di internet, kenapa gak TOLONG dicoba aja paparkan datanya disini?! paparkan juga sumbernya!! banyak perintah aja!! :P oya, ada yang bilang meleset 15% itu kecil? ada buktinya? mau on wheel pun, data2 dari bung satyr tinggal dikurangi 15% tetep honda lebih kecil! hehehe...

LGX lebih responsif dari innova cuman sugesti? innova lebih kenceng iya!! responsif hampir sama!! tapi ketika dua2nya pake premium dan ada lag, LGX lebih cepet comeback.. innova lebih lama!! gak tau deh kalo innova pake pertamax!! huhu.. udah pernah bawa belom sih? sebetulnya punya mobil gak sih? hehehe... curiga orang majalah...:D

Btw, emangnya tenaga mesin vios kurang yah? yang dibandingin kan vios lama dan baru.. perbandingan tenaga mesin langsung dibuang.. tinggal penyalur tenaganya aja yang dibandingin.. Lagnya mungkin gak kerasa buat orang awam.. tapi buat orang yang udah sering bawa 1NZ-FE (vios, new vios, n yaris) bedanya kerasa bos!!

Tentu TBW bagus untuk masa depan dan keiritan mbl!! Tapi ingat, tiap teknologi ada kelemahan dan kelebihan. mobil kenceng gak bisa irit banget!! mobil irit gak bisa kenceng banget!!

Ketika sebuah vios jadi speedmaker, dia gak jadi fuelsaver, begitu pula sebaliknya.. tapi alhamdulillah vios bisa jadi dua2nya walaupun cuman bisa jadi satu untuk satu waktu..

Gw punya perbandingan pribadi.. konstan cipularang jakarta-bandung speed rata di 100-120KPH dapet lebih dari 1:18 KM/L..

Tapi ketika 80% cruise diatas 160KPH di rute yang sama, bensin drop jadi 1:10-11 KM/L....

AYA AYA WAE!! :beer:

@Dhanz&Hilmanz: Innova udah pake TBW. Ciri2: 1. di gas udah gak ada kabel yang ditarik. 2. Di throttle body udah gak ada kabel. Vios baru pake ETCS-i karena bobot vios baru bertambah 20-30 kg dari yang lama.. Ini bakal lumayan bikin lebih boros.. makanya pake ETCS-i supaya bisa seirit vios lama. Disini toyota ngorbanin akselerasi vios, tapi bukan topspeednya.. makanya slogannya tetep speedmaker dan fuelsaver, bukan speedreacher ato acceleration maker.. hehehe..

Oya, pernah baca dimana gitu lupa (gw jujur bilang lupa sumbernya!), TBW honda lebih rentan rusak karena sensor ketutup debu daripada TBW toyota.. katanya ada bagian yang bisa menumpuk debu di TBW honda.. huhu.. tapi dulu gw cuman baca2 di majalah.. lupa dimana.. jadi jangan dipercaya kalo gak mau.. hehehe..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by datsu »

DhanZ wrote: berarti cvt untuk yang santai
sementara
yang demen bejek gas pakai steptronik..... (asal mula steptronik dual clutch) ??
CVT buat santai betul..

BUat yang demen bejek gas pake manual.. hehehe... respon dan feeling manusia masih lebih baik dari komputer.. :P

Steptronik itu bagus buat semua..buat yang santai dan demen bejek gas.. kalo lagi santai pake automatic, lagi pengen bejek pake semi manual... tapi masih mahal kayanya yah.. (gw gak tau price dari teknologi ini)
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

livina gw pernah tes. secara tenaga bawahnya kayak kopong. atasnya mayan (tp gw ga bisa tes lebi jauh. WONG CUMA DI KOMPLEK NISSAN). emang ada lag kalo gas pol. dia kaya bengong dulu (gw tes yg A/T)

dan gak sekencang kata review majalah. hehehe.
yg agak mirip tenaganya ma livina itu proton gen 2 (pernah coba jg). karakternya mirip. rpm bawahnya bolot.

tp masi enak livina


pelitnya. tes drive 325i aja boleh ke jalan -_-
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211