VIOS Owner & solving problem

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

@poetic: bener. gw dulu pake beru di twincam. skr? K20 denso. murah meriah awet

tp mending daripada 206 temen gw. 300 rb bossssssssss

merk bosch

amit2. gak iridium pula
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

waks! kalo itu gue setuju... 300rb buat bosch, itu pasti platinum... ga ada gunanya. gue udah nyoba, bukannya awet... malah pengapian jadi ngaco.
just for note : ada busi dingin dan panas.

oke, gue no comment kalo beru... belum pernah pake. hanya review dari temen2 aja... but... kalo dibandingin sama k20, jelas gue milih k20 denso dong... or NGK BKR6E-11 (gue pake sekarang...)

secara gue bilang, pake busi mahal hanya bertahan sementara... pasti ujung2nya balik lagi ke standar. so, utk dicoba tidak ada salahnya...
iridium, platinum copper dsb buat yg ngebangun performance, baru kerasa.

then, gue tunggu review new vios pake busi iridium... seberapa jauh bedanya... -?-
Image
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

gw pake iridium awet bgt nih. hehe

IK20

tadinya mau BKR6EIX tp lebih mahal n diameternya 0,6 mm
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

iya sih, awet... but gue balik kestandar aja. hehe
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...

mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by r1210g »

kalo iridium tuh gimana sih? ga ngerti...
bukannya tiap mobil punya ukuran dameter dan panjang ulir yang berbeda?
koq banyak yang pake IK20? cr-v juga waktu itu pake IK20..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

datsu wrote:
sebetulnya gw gak tau teorinya bro, cuman menurut gw yang udah gw lakukan lumayan memaksa vios nyampe tenaga maks nya lebih cepet n gak terlalu limbung..

Shock depan: Kayaba Excel-G
Shock belakang: Bilstein yang murmer (entah jenis yang mana, enakan pake yang mahal kayanya,mau lebih mantep lagi ganti pernya, kalo gak salah banyak buat vios)
Volt stabilizer, ignition stabilizer, ground cable (merek apa aja sama)
Air filter replacement K&N (pake simota juga boleh, lebih bagus lagi open air filter)
NGK Iridium BKR5IX (denso IK16 juga gpp, udah pernah coba juga)
Strut bar
Oli 5w-30 mobil 1 ato 5w-40 total.. (cuman dua ini yang pernah gw pake yang bagus)
Dan tentunya pake pertamax plus bro... kompresi mesin vios harus dikasih pertamax plus

yang paling penting, jangan ganti velg ampe 17" keatas.. hehe.. kalo ini namanya vios cantik yang udah dandan.. bukan buat ngebut.. :P kecuali mau ganti brake set nya sekalian pake brembo... :P

ini mah yang murah2 n gampang2nya aja.. kalo punya duit lebih bisa PnP, pasang turbo, dll.. gw sih gak maniak tuning.. gw cuman mau ni mobil kalo jalan pelan n konstan lebih irit dari standar, kalo ngebut bisa lebih gampang narik dari yang standar.. dan gak jauh2... :D

ni aja dah bikin kenceng versi standar, kata bng datsu :e-dance:
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by datsu »

poeticmind wrote:iya sih, awet... but gue balik kestandar aja. hehe
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...

mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...
Vios 2003 gw pake IK16 ama BKR5IX... kalo cuman ganti busi gak kerasa bro... harus bareng ama yang laen2 yang gw bilang tadi.. ganti busi dibarengin ama ganti air filter biar udara lebih bagus, pasang stabilizer+ground cable biar listrik lancar, trus pake oli encer biar pistonnya lebih gampang gerak.. kalo maen performance mah gak ada abis2nya bro... nyambung semua... tentu gak guna ganti busi kalo cuman maen busi ajah, pake air filter standar, oli 20w-50 *ini gila*, ama grounding mobilnya blm bagus.. Gw sebelum pasang grounding, ternyata lumayan ada listrik yang bocor walaupun cuman 0,5 volt.. tapi setelah diground jadi ilang.. dan yang gw tau dari mekanik katanya lumayan ngefek memperlancar aliran voltase itu. CMIIW gw gak tau teori aslinya gmana..

satu2nya part performance yang gw pake yang langsung kerasa gunanya begitu diinstall itu cuman strut bar..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

strur bar untuk kesatabilan bos?

kenyamananya gimana bos?
katany kalo pasang strutbar jadi lebih keras yah?
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

datsu wrote:
poeticmind wrote:iya sih, awet... but gue balik kestandar aja. hehe
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...

mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...
Vios 2003 gw pake IK16 ama BKR5IX... kalo cuman ganti busi gak kerasa bro... harus bareng ama yang laen2 yang gw bilang tadi.. ganti busi dibarengin ama ganti air filter biar udara lebih bagus, pasang stabilizer+ground cable biar listrik lancar, trus pake oli encer biar pistonnya lebih gampang gerak.. kalo maen performance mah gak ada abis2nya bro... nyambung semua... tentu gak guna ganti busi kalo cuman maen busi ajah, pake air filter standar, oli 20w-50 *ini gila*, ama grounding mobilnya blm bagus.. Gw sebelum pasang grounding, ternyata lumayan ada listrik yang bocor walaupun cuman 0,5 volt.. tapi setelah diground jadi ilang.. dan yang gw tau dari mekanik katanya lumayan ngefek memperlancar aliran voltase itu. CMIIW gw gak tau teori aslinya gmana..

satu2nya part performance yang gw pake yang langsung kerasa gunanya begitu diinstall itu cuman strut bar..
kalo teori ini gue setuju... itu makanya saya bilang diatas kalo hanya ganti busi, hampir ga ada gunanya... hehehehe!

soal grounding itu sangat wajar kok bro... gini gini.. grounding mobil dari pabrikan sangat standar, apalagi jika dilihat kabelnya sendiri... bukan kabel berkualitas mahal. dan storing muncul setelah penggantian beberapa parts upgrade kadang2 ada.
dengan penambahan grounding, jelas aliran (-) semakin sempurna, dan aliran voltase semakin bagus.
utk mobil2 yg sudah lama, penambahan grounding sangat direkomendasikan... mengingat semakin lama mobil, konektor grounding ke mesin dan body sudah lemah...
tips utk mobil diatas 5tahun : ini bisa dicoba, tambahkan kabel grounding panjang sekitar 35-40cm dari mesin ke body. setelah itu tambahkan kabel grounding dari aki (-) ke body sekitar 20-25cm.
kabel dapat dibeli di toko aki/spareparts dan lain2... (performance shop juga menyediakan).
hasilnya, pasti kelistrikan jadi oke...

@Dhanz : bukan menjadi keras, tapi penambahan strutbar menjadi lebih rigid... stabil dan handling ter-upgrade.
coba bro bandingkan... sebelum pake jalan2 ke puncak (bogor) /lembang (bdg) turun naek gunung berliku... setelah itu pake strutbar... rasakan bedanya..
nyaman? jelas... didalem tidak seperti naek perahu... hehehe
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DigitALL »

poeticmind wrote:dibanding sama city, memang lebih lega sedikit... tadi gue cek... risol bener, hehehe! tapi actually ga ada masalah sih dengan vios, dipake ke jogja duduk dibelakang ga capek2 amat sih... cuma bantingan lebih empuk mobil gue, baleno nextG. wekekekekeke! :)

new vios belum pernah nyoba, tanya om digitall aja...
Ok saya bantu jawab, sekalian pertanyaan dari bro DhanZ.

Kalau Vios baru dengan City, jauh lebih lega Vios baru. Dari ruang kaki jg sudah terasa lebih luas, sedangkan City rada mentok (untuk postur tubuh sekitar 175cm). Ruang kepala Vios jg lebih unggul.

Kalau Vios lama dengan City, ruang kepala City sedikit lebih unggul.
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

DigitALL wrote:
poeticmind wrote:dibanding sama city, memang lebih lega sedikit... tadi gue cek... risol bener, hehehe! tapi actually ga ada masalah sih dengan vios, dipake ke jogja duduk dibelakang ga capek2 amat sih... cuma bantingan lebih empuk mobil gue, baleno nextG. wekekekekeke! :)

new vios belum pernah nyoba, tanya om digitall aja...
Ok saya bantu jawab, sekalian pertanyaan dari bro DhanZ.

Kalau Vios baru dengan City, jauh lebih lega Vios baru. Dari ruang kaki jg sudah terasa lebih luas, sedangkan City rada mentok (untuk postur tubuh sekitar 175cm). Ruang kepala Vios jg lebih unggul.

Kalau Vios lama dengan City, ruang kepala City sedikit lebih unggul.
Terimakasih Oom DIgitAll atas pencerahanya...
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

Kalo Vios ga ada masalah Bawaan ato salah konstruksi di suspensi yah bro?
Seeing is believing[*][/size]
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

bukannya engine mounting nya yg agak kuarang kokoh yah?
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DhanZ »

wedew kalo engine mountuing kurang kuat kenapa dijadiin taxi yah?....bukan nya engine mounting tugasnya dimulai saat mobil nyala.... ga peduli mo jalan kencang ato bermacet ria ato sekedar nunggu orang di dalam mobil.....
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by satyr »

blom pernah denger. setau gw toyota engine mountingnya kuat
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

bukan kuat nya, maksudnya kokohnya.
saya tes itu agak getar tiap saat starter, juga dulu saat launching, vibrasi juga terasa drpd mobil lain saat main di rpm tinggi.
kalo ga salah vios ini masih pakai tiga buah engine mounting yah?
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

kokoh dan kuat sama aja.. hehe mungkin maksud bro GTR adalah getaran nya... gue rasa sih emang wajar, tapi masih dalam batas normal... waktu gue coba yaris ga begitu keras kok getaran nya... sama kan sama vios harusnya...

tapi yg namanya getaran susah utk dibandingkan... karena tergantung dengan kondisi mesin, jalan, cara nyetir, sistem peredam-an pabrikan dan lain2. dan jangan lupa jenis tipe mesin itu sendiri...
seperti 4-AGE ga mungkin bisa sekalem M15A suzuki... or J20 suzuki ga bisa sekalem 1NZ-FE. ... dan seterusnya...
Image
MrBiG
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Feb 05, 2008 12:07

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by MrBiG »

engine mounting apaan sih??????
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

kokoh disini maksud saya, mampu "meredam getaran" dgn baik, tahap ini aja; belum ke durablenya loh (kalo "kuat" disini mungkin ada arti juga durable).
coba saat starter deh, beda antara vios (lama) dan yaris, kondisi sama2 baru ya.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

vios lama memang lebih bergetar, karena yg saya coba memang dah lama...hehehe ga ada yg punya baru... hehehehe
kalo yaris ama new vios, ga tau ya... belom coba, yg pasti yaris(2008) lebih halus... dari vios lama(2004).

@MrBig : bantal bobo-nya mesin...
Image
MrBiG
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Feb 05, 2008 12:07

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by MrBiG »

hah?? bantal bobonya mesin?? maksudnya???? duh gak ngerti..??? ngrasain getar ngganya tuh pas didalam kabin pada saat kita start mesin atau???????
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by GTR »

Eng mounting = karet/shockabsorber pemegang mesin dari chassis.
itu selain memegang mesin, juga mereduce vibrasi, dengungan, getaran2 lain ke body.
MrBiG
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Feb 05, 2008 12:07

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by MrBiG »

guys!!! Sori bkn gw pengkhianat ya. . Hehe... Stlh2 dipikir2 mending gw ambil grand vitara aja dh, lbh cocok ma bdan gw kyknya,.. Tpi kalo ada rejeki gw bli vios dh ksian.. Hehe, Thx n good bye..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by poeticmind »

hehehe kok penghianat sih? it's your choice laaaah... :D
have fun!
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: VIOS Owner & solving problem

Post by DigitALL »

poeticmind wrote:vios lama memang lebih bergetar, karena yg saya coba memang dah lama...hehehe ga ada yg punya baru... hehehehe
kalo yaris ama new vios, ga tau ya... belom coba, yg pasti yaris(2008) lebih halus... dari vios lama(2004).
Vios baru punya saya getaran mesinnya halus. Baik pada saat start engine ataupun sudah jalan. Cuma saat di kick-down saja suara mesing menggerung yg terdengar di dalam kabin, tp menurut saya itu wajar dan di mobil sekelasnya juga begitu.