beda rem belakang cakram dan tromol
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
beda rem belakang cakram dan tromol
Mo tanya donk guys perbedaan rem blakang tromol dan cakram.. biasa liad kalo rem tromol itu dipake MPV gitu ya..kalo rem blakang cakram biasa yang pake kaya sedan gt kan..knp begt? trs kayanya suzuki di indo ga perna gunain rem blakang cakram..ga kaya honda or toyota.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
itu semua tergantung kepelitan & ketidak pelitan dari produsen masing2... 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
tapi bro...kalo rem terlalu pakem itu gak enak lho... 
makanya setiap produsen sudah memperhitungkan untuk pake rem tromol atau cakram...

makanya setiap produsen sudah memperhitungkan untuk pake rem tromol atau cakram...


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
pabrikan sdh menghitung, besar mesin dan jenis rem yg dipakai... dari cakram diameter sampai rem belakang tromol.
alasan lain, tidak ada gunanya memakai 4cakram jika 2cakram+2drum dirasa sudah cukup... mobil bisa ditekan biaya produksi nya... simple aja...
suzuki-asia, meski di belakang drum, sudah ABS - EBD.
note: Utk suzuki di US, front-rear menggunakan discbrake pabrikan... karena mesin 2000-2300CC.
atau utk performance, bisa dicustom... 4disc ront-rear. once again, sesuai kebutuhan.
alasan lain, tidak ada gunanya memakai 4cakram jika 2cakram+2drum dirasa sudah cukup... mobil bisa ditekan biaya produksi nya... simple aja...
suzuki-asia, meski di belakang drum, sudah ABS - EBD.
note: Utk suzuki di US, front-rear menggunakan discbrake pabrikan... karena mesin 2000-2300CC.
atau utk performance, bisa dicustom... 4disc ront-rear. once again, sesuai kebutuhan.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
rem tromol bagus banget buat beban berat. (makanya truk yg mahal pun pakai tromol)
di indo? kan seneng tuh rame2 diisi penuh mobilnya. ya tentu bagus pake kombinasi tromol
betul. cakram tromol vs cakram cakram ga beda jauh kok (kata garden speed). lebih penting upgrade rem depan daripada swap ke cakram belakang.
di indo? kan seneng tuh rame2 diisi penuh mobilnya. ya tentu bagus pake kombinasi tromol
betul. cakram tromol vs cakram cakram ga beda jauh kok (kata garden speed). lebih penting upgrade rem depan daripada swap ke cakram belakang.
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
emang truck pake drum? bukannya rem angin?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
rem angin itu hanya sistem... supaya waktu pengereman tidak berat. kekuatan kaki orang kan ada batasnya...author wrote:emang truck pake drum? bukannya rem angin?
kecuali superman...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
kalo ga salah cuman membantu pedalnya lebih enteng dipijak ajah kan?poeticmind wrote:rem angin itu hanya sistem... supaya waktu pengereman tidak berat. kekuatan kaki orang kan ada batasnya...author wrote:emang truck pake drum? bukannya rem angin?
kecuali superman...


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
truck yg rem sering dikira k*ntut..hahahahah:p
kalo ga salah..kelemahan tromol cuman satu...debris sisa remnya ga isa kebuang keluar...tapi unggul jg..dibanding cakram tuh tromol anti baling lho...CMIIW
kalo ga salah..kelemahan tromol cuman satu...debris sisa remnya ga isa kebuang keluar...tapi unggul jg..dibanding cakram tuh tromol anti baling lho...CMIIW
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
Rem cakram belakang biasanya cepat sekali panas...(rem belakang adl sistem pengereman utama, sama seperti spd motor)
Maka dr itu tromol lebih sering digunakan..(saya klo slalom jg pake tromol, lebih enak...)
Maka dr itu tromol lebih sering digunakan..(saya klo slalom jg pake tromol, lebih enak...)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
setuju...NYoman wrote:Rem cakram belakang biasanya cepat sekali panas...(rem belakang adl sistem pengereman utama, sama seperti spd motor)
Maka dr itu tromol lebih sering digunakan..(saya klo slalom jg pake tromol, lebih enak...)


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
ah masa sih... sepeda motor sistem pengereman nya kan ga bareng alias depan sendiri, belakang sendiri.... jadi yang dimaksud pengereman utama itu gimana? kalo motor kan terserah mau direm roda yang mana...
kalo meurut gw sih pengeraman yang lebih efektif tuh roda yang depan, (jd mungkin cenderrung lebih panas karena sering digunakan) apalagi untuk motor... dikarenakan mobil or motor melaju kedepan....rem belakang hanya untuk menjga kesatabilan tapi yang untuk benar benar mengurangi kecepaatan (deselerasi) yah roda depan....
coba aja kecepatan tinggi trus rem ruh roda depan...pasti jarak pengereman lebih pendek daripada saat mengerem roda belakang salah salah malah bisa ngepot ...
kalo meurut gw sih pengeraman yang lebih efektif tuh roda yang depan, (jd mungkin cenderrung lebih panas karena sering digunakan) apalagi untuk motor... dikarenakan mobil or motor melaju kedepan....rem belakang hanya untuk menjga kesatabilan tapi yang untuk benar benar mengurangi kecepaatan (deselerasi) yah roda depan....
coba aja kecepatan tinggi trus rem ruh roda depan...pasti jarak pengereman lebih pendek daripada saat mengerem roda belakang salah salah malah bisa ngepot ...
Seeing is believing[*][/size]
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
maksudnya, saya setuju utk yg soal slalom... hehehehe
pada motor, rem belakang sebagai pengereman utama, karena kebiasaan saja... tidak semua org yg naik motor menggunakan rem depan sebagai rem utama, karena takut utk terpelanting kedepan... berbeda dengan org yg mengerti karakter motor, speed, performance... pasti akan melakukan pengereman bergantian antara depan dan belakang.
tapi bro dhanz benar, rem utama ada didepan, belakang membantu tugas rem depan dan menjaga kestabilan berat kendaraan. sementara disatu sisi, ada yg beranggapan rem depan mempunyai tugas pertama pengereman, selanjutnya pengereman yg paling besar diserahkan ke rem belakang.
so, mungkin tergantung teknologi dan feature dari rem masing2 kendaraan, dan kebiasaan.
utk mobil, pengereman diatur automatically oleh master pump (pada mobil lama) dan ABS (mobil baru). dan sistem EBD (Electronic Brake-force Distributor), alat EBD ini mengatur kapan saat rem belakang melakukan pengereman, sensor akan menghitung dari berat saat kendaraan dipenuhi muatan/kosong.
kalo ABS udah pada tau lah ya...
karena, pada kendaraan roda 4 tanpa sistem ABS dan EBD, sistem pengereman belakang akan lebih cepat melakukan 'lock' dibanding rem depan... that's why pada mobil2 lama pengereman mendadak akan "spin".
silahkan koreksi saya... sama2 sharing yuk...
pada motor, rem belakang sebagai pengereman utama, karena kebiasaan saja... tidak semua org yg naik motor menggunakan rem depan sebagai rem utama, karena takut utk terpelanting kedepan... berbeda dengan org yg mengerti karakter motor, speed, performance... pasti akan melakukan pengereman bergantian antara depan dan belakang.
tapi bro dhanz benar, rem utama ada didepan, belakang membantu tugas rem depan dan menjaga kestabilan berat kendaraan. sementara disatu sisi, ada yg beranggapan rem depan mempunyai tugas pertama pengereman, selanjutnya pengereman yg paling besar diserahkan ke rem belakang.
so, mungkin tergantung teknologi dan feature dari rem masing2 kendaraan, dan kebiasaan.
utk mobil, pengereman diatur automatically oleh master pump (pada mobil lama) dan ABS (mobil baru). dan sistem EBD (Electronic Brake-force Distributor), alat EBD ini mengatur kapan saat rem belakang melakukan pengereman, sensor akan menghitung dari berat saat kendaraan dipenuhi muatan/kosong.
kalo ABS udah pada tau lah ya...
karena, pada kendaraan roda 4 tanpa sistem ABS dan EBD, sistem pengereman belakang akan lebih cepat melakukan 'lock' dibanding rem depan... that's why pada mobil2 lama pengereman mendadak akan "spin".
silahkan koreksi saya... sama2 sharing yuk...

Re: beda rem belakang cakram dan tromol
Hah? Emang sepeda motor ada rem nya ya? Coba deh ke Denpasar...pasti anda akan mengira motor gak ada rem nya deh hehe
...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
betul! kalo dibali paket penjualan motor memang tanpa rem...FortunerMan wrote:Hah? Emang sepeda motor ada rem nya ya? Coba deh ke Denpasar...pasti anda akan mengira motor gak ada rem nya deh hehe...

dan, jangan kaget kalo ke toko org masih pake helm, karena helm di bali ada kunci otomatis hanya bisa dibuka setelah sampai dirumah.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
ealah.. serius nih?poeticmind wrote:betul! kalo dibali paket penjualan motor memang tanpa rem...FortunerMan wrote:Hah? Emang sepeda motor ada rem nya ya? Coba deh ke Denpasar...pasti anda akan mengira motor gak ada rem nya deh hehe...
![]()
dan, jangan kaget kalo ke toko org masih pake helm, karena helm di bali ada kunci otomatis hanya bisa dibuka setelah sampai dirumah.
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
hahahahaha j/k laaaaa bro!
yg bener, kalo ke bali hati2 sama pengendara motor... karena mereka males maen rem. makanya banyak yg bilang, beli motor disana paketnya tanpa rem...
udah banyak kejadian, so careful... mending kita ngalah laaah...
urusan helm, first mereka ga mau helm nya ilang... 2nd, males. terakhir...helm mahal...gaya.
hehehe! gue ga jelek2in bali... ya! besides all, bali adalah rumah tercinta gue disamping bandung. anggep aja kekonyolan sehari2...
yg bener, kalo ke bali hati2 sama pengendara motor... karena mereka males maen rem. makanya banyak yg bilang, beli motor disana paketnya tanpa rem...
udah banyak kejadian, so careful... mending kita ngalah laaah...
urusan helm, first mereka ga mau helm nya ilang... 2nd, males. terakhir...helm mahal...gaya.
hehehe! gue ga jelek2in bali... ya! besides all, bali adalah rumah tercinta gue disamping bandung. anggep aja kekonyolan sehari2...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
He3x...
Klo berani jln2 aj d malam hari pk mobil or motor, pasti di salip sama yg naik motor(terutama org mabuk)
Hus.. Lha kok ngomongin bali..back to topick
Sebenarnya utk yg satu ini yg bisa jawab cm orang pabrik yg mendesain... Masalahnya pake tromol/disk brake semuanya sudah di atur/di uji oleh pabrik, tergantung karakter mobil itu sendiri...
Klo berani jln2 aj d malam hari pk mobil or motor, pasti di salip sama yg naik motor(terutama org mabuk)
Hus.. Lha kok ngomongin bali..back to topick
Sebenarnya utk yg satu ini yg bisa jawab cm orang pabrik yg mendesain... Masalahnya pake tromol/disk brake semuanya sudah di atur/di uji oleh pabrik, tergantung karakter mobil itu sendiri...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
Pantat mobil saya udah jadi bulan2an motor2 Bali...dah pasrah aja...ntar kalo dah balik Jakarta baru perbaiki...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
wah baru tau kalo rem terlalu pakem itu tidak baik
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
lhaaaa muncul lagi?! kemana aja bro? ke bdg kok ga mampir?kutkuy wrote:wah baru tau kalo rem terlalu pakem itu tidak baik

mobil gue di bali udah jadi sandaran motor di lampu merah... pasrah, dikira pohon kali...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
hehhehe sorry sakit nih bos..... ga online jadinya....poeticmind wrote:lhaaaa muncul lagi?! kemana aja bro? ke bdg kok ga mampir?
mobil gue di bali udah jadi sandaran motor di lampu merah... pasrah, dikira pohon kali...
mobilnya warna apa bro disandarin sama motor gitu? hahahahaa.... gua pikir orang2 bali lebih tau diri
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
ijo! beneran dikira pohon...kutkuy wrote:hehhehe sorry sakit nih bos..... ga online jadinya....poeticmind wrote:lhaaaa muncul lagi?! kemana aja bro? ke bdg kok ga mampir?
mobil gue di bali udah jadi sandaran motor di lampu merah... pasrah, dikira pohon kali...
mobilnya warna apa bro disandarin sama motor gitu? hahahahaa.... gua pikir orang2 bali lebih tau diri

bali itu banyak pendatang. so mana tau itu wong bali/bukan... di kuta aja gue banyak nemu urang sunda.. beda gang aja udah nemu wong sby ma arek malang...
apa sih hubungan nya ma rem... lupa gue...


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: beda rem belakang cakram dan tromol
jadi kebanyakan mobil sperti yaris, jazz, swift, brake biasnya lebih ke depan ya ?, sehingga dicondongkan untuk upgrade rem depan? bro satyrsatyr wrote:rem tromol bagus banget buat beban berat. (makanya truk yg mahal pun pakai tromol)
di indo? kan seneng tuh rame2 diisi penuh mobilnya. ya tentu bagus pake kombinasi tromol
betul. cakram tromol vs cakram cakram ga beda jauh kok (kata garden speed). lebih penting upgrade rem depan daripada swap ke cakram belakang.