Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hi Bro & Sis,
Mau nanya tentang perbedaan steering system "Ball & Nut" dengan "Rack & Pinion". Apakah kelebihan dan kekurangan dari masing2 system? Thanks buanget ya..
ball and nut kayanya banyak dipake sama jip & mobil2 besar.. mungkin karena lebih kokoh ya.
apa suv & double cab sekarang masih ada yang pake ball & nut?
Ball steering
Kalau untuk tujuan nyaman/comfort Variable Ball Steering jauh lebih enak. Ini system steering favorit Mercedez sampe thn 2006. Thn 2007 mereka mulai "murtad" setelah merasa Rack & Pinion buatan mereka udah bisa menyamai kenyamanan Ball steering. BMW kayaknya lebih dulu murtad.
Kelebihannya yg tidak didapat dari rack & pinion, adalah "Isolated your steer from tyres".
Kekurangannya :
- Berat dan butuh power yg lebih besar dibanding Rack pinion.
- Lebih butuh perawatan agar tidak spelleng (kosong) di tengah. Terasa nya saat mobil diam, setir digerak2in roda meneng aee. Kalo udah jalan sih nggak terasa. Tau2 mobil koq jalan nya agak miring. Biasanya kalo jalan nggak rata.
Rack & Pinion
Cocok untuk yg suka karakter sporty.
Kelebihannya :
- Ringan (bahkan kadang terlalu ringan kalau sudah jalan)
- Communicative dan Direct feeling to tyres. Cocok untuk driver yg ingin "menyatu" dengan roda. Tapi kalo bagi gw sih sih ini kekurangan. Sampe ada yg bilang di kontur jalan yg ekstrem, tendangan balik roda "can break your thumbs". (Versi Om Wikipedi).
Kekurangannya :
- Biasanya ratio nya fix (kecuali yg sekarang biasa dipake mobil mewah). Ini yg bikin mobil dengan Rakpin biasanya makin kencang stir nya semakin ringan dan "liar". Malah kadang lebih parah dari Ball steering yg udah spelleng ditengah.
- Direct feeling to tyres. Nggak cocok bagi yg suka kenyamanan. Roda melindas batu kecil aja langsung terasa di setir.
Tapi ujung2nya sih semua tergantung racikannya. Kalo dulu hampir semua mobil mewah (non sport) pake Ball Steering, sekarang sebagian besar mulai beralih ke Adjusted Rack & Pinion With variable ratio and speed sensor. halah..panjang banget itu istilah.
bbrp waktu lalu, dekat rumah ada showroom mobil CBU, trus ada CRV 2.4 CBU, iseng liat2 interior dan mesin. Lalu ada yg aneh (ato mata ku yg error),sewaktu liat2 di balik kap mesin. Aku tidak melihat batang kemudi (apa nama benernya ya?) yang keluar dari firewall menuju roda depan. Apakah stir nya sudah pakai sistem elektronis? aku intip sana sini , emang tidak terlihat ada batang kemudi yg nongol..
kayanya seharusnya ada deh bro abu2. kalau nggak salah sih ada teknologi steer-by-wire, cuma kayanya belum dipake di mobil2 di indonesia, bahkan di mobil mewah sekalipun.
saya pernah ngolong di bawah crv, steering rack-nya emang ada di belakang as roda depan & di bawah. batang kemudi mestinya terhubung ke sini, jadi agak di bawah. mungkin karena batang kemudi keluar dari firewall agak di bawah jadi nggak kelihatan..
flexiblebil wrote:kayanya seharusnya ada deh bro abu2. kalau nggak salah sih ada teknologi steer-by-wire, cuma kayanya belum dipake di mobil2 di indonesia, bahkan di mobil mewah sekalipun.
saya pernah ngolong di bawah crv, steering rack-nya emang ada di belakang as roda depan & di bawah. batang kemudi mestinya terhubung ke sini, jadi agak di bawah. mungkin karena batang kemudi keluar dari firewall agak di bawah jadi nggak kelihatan..
bisa jadi sih bro, mungkin aku kurang jeli liatnya, tapi seandai nya bener CRV CBU itu pake electronic Sterring, hebat jg teknologi nya ya..
CRV 2gen yah?
CMIIW: ini sptnya memang beda, udah lebih advanced dari sekedar rack&pinion.
long tie-rodnya langsung menyambung ke upper-wishbone suspensi depan.
Ini mirip Audi A4 kalo ga salah, istilahnya lupa.
Iseng2 gw search google dan ketemu salah satu tulisan yg rada ngawur di salah satu media lokal. Nggak enak nyebut media nya. Cukup diquote tulisannya.
Model rack & pinion mengunakan semacam batang panjang yang didalamnya terdapat garis-garis bernama rack. Pada rack ini diletakkan gigi pinion yang memutarkan batang rack. Sedangkan konstruksi recirculating ball lebih rumit karena berbentuk rumah komponen yang di dalamnya terdiri dari steel balls, nut, worm shaft, dan sector shaft. Model ini memiliki keterbatasan bobot sehingga hanya dipakai untuk mobil penumpang berukuran kecil.
Recirculating ball katanya hanya dipakai untuk mobil penumpang kecil. Salah ketik apa joke nih..
flexiblebil wrote:ball and nut kayanya banyak dipake sama jip & mobil2 besar.. mungkin karena lebih kokoh ya.
apa suv & double cab sekarang masih ada yang pake ball & nut?
ford everest 2007 msh pake ball&nut, makanya saya kok ngerasa setir nya rada kurang presisi, tidak seperti mobil2 yang pernah saya pakai (xtrail, crv, fortuner dll). Ternyata mobil2 yang pernah saya punya itu pakai nya rack&pinion... Ternyata everst kuno juga ya... atau mungkin memang ball&nut lebih memadai utk everest karena ukuran mobil nya gede? Tapi kok fortuner yg gambot gak pakai ball&nut? jadi bingung deh
flexiblebil wrote:ball and nut kayanya banyak dipake sama jip & mobil2 besar.. mungkin karena lebih kokoh ya.
apa suv & double cab sekarang masih ada yang pake ball & nut?
ford everest 2007 msh pake ball&nut, makanya saya kok ngerasa setir nya rada kurang presisi, tidak seperti mobil2 yang pernah saya pakai (xtrail, crv, fortuner dll). Ternyata mobil2 yang pernah saya punya itu pakai nya rack&pinion... Ternyata everst kuno juga ya... atau mungkin memang ball&nut lebih memadai utk everest karena ukuran mobil nya gede? Tapi kok fortuner yg gambot gak pakai ball&nut? jadi bingung deh
Kurang presisi atau rasio putaran setir dengan roda terlalu jauh..? Kalo kurang presisi bisa diperbaiki/distel koq. Tapi kalo rasio nya terlalu jauh dibanding yg pake rack & pinion, emang sudah dari sono karakternya. Itu sebabnya tidak cocok buat mobil karakter sporty yg suka meliuk-meliuk.
Justru steering system recirculating ball & nut ini berjasa "menciptakan" imej BMW dan Mercedez benz (or boil yurop lainnya) di Indonesia sebagai mobil yg makin kenceng makin enak. Konon katanya 220kmh masih terasa seperti 100kmh boil japan yg pake R&P
Maybach 62S tahun 2007, masih pake recirculating ball & Nut
Juga Benz G500 2007, Grand Cherokee, Chevy Tahoe, Porche Cayenne juga pake recirculating ball & nut. CMIIW.
Steering sytem paling canggih saat ini dirancang dimobil ini.
The Lexus a luxury car from Toyota can park itself, at the Tokyo Motor Show last fall, Nissan demonstrated the Pivo 2, a three-seat experimental car intended for use in crowded urban areas. It was driven by a robot. GM wants to take technology two steps further by producing a vehicle that can drive itself for all practical purposes. Automobile companies and universities have worked on several driver less car projects over the last 30 years, some of them developed in government-sponsored competitions. however not many have taken a bold stand like that of GM's current initiative to build one in 10years. The vehicle that G.M. is showing this week won a contest sponsored by the Defense Department that required vehicles to drive themselves for 60 miles in a mock urban setting. The government believes this type of technology can dramatically reduce traffic deaths, most of which occur as a result of human
Aku sering bawa kendaran pabrik, biasa di panggil Porklip tapi ini lebih gede bodi dan roda .Setirnya ringan dan respon sekali sama Ban yang jelas Sangat besar. Kira kira pakai steering system yang mana itu yah..?
flexiblebil wrote:ball and nut kayanya banyak dipake sama jip & mobil2 besar.. mungkin karena lebih kokoh ya.
apa suv & double cab sekarang masih ada yang pake ball & nut?
ford everest 2007 msh pake ball&nut, makanya saya kok ngerasa setir nya rada kurang presisi, tidak seperti mobil2 yang pernah saya pakai (xtrail, crv, fortuner dll). Ternyata mobil2 yang pernah saya punya itu pakai nya rack&pinion... Ternyata everst kuno juga ya... atau mungkin memang ball&nut lebih memadai utk everest karena ukuran mobil nya gede? Tapi kok fortuner yg gambot gak pakai ball&nut? jadi bingung deh
Kurang presisi atau rasio putaran setir dengan roda terlalu jauh..? Kalo kurang presisi bisa diperbaiki/distel koq. Tapi kalo rasio nya terlalu jauh dibanding yg pake rack & pinion, emang sudah dari sono karakternya. Itu sebabnya tidak cocok buat mobil karakter sporty yg suka meliuk-meliuk.
Justru steering system recirculating ball & nut ini berjasa "menciptakan" imej BMW dan Mercedez benz (or boil yurop lainnya) di Indonesia sebagai mobil yg makin kenceng makin enak. Konon katanya 220kmh masih terasa seperti 100kmh boil japan yg pake R&P
Maybach 62S tahun 2007, masih pake recirculating ball & Nut
Juga Benz G500 2007, Grand Cherokee, Chevy Tahoe, Porche Cayenne juga pake recirculating ball & nut. CMIIW.
so..jangan terlalu cape...
Bro Uch,
thanks for the reply. Mungkin saya yang belum terbiasa dan harus beradaptasi karena biasanya bawa xtrail yang pake r&p. Memang stir nya kurang presisi dan rasio putaran stir terlalu besar. Tapi kok setir nya benz c240 elegance 2002 kok lebih mantap rasanya dan lebih presisi meskipun pakai ball & nut..
secara umum, R&P masih lebih presisi dari B&N, spt pada kijang super 87-91(B&N), & Kijang 92-95/dst (R&P).
Steering R&P modern, speed-sensing, mantap(tidak ringan) saat hi-speed, terutama honda udah terapkan ini sejak lama.
GTR wrote:secara umum, R&P masih lebih presisi dari B&N, spt pada kijang super 87-91(B&N), & Kijang 92-95/dst (R&P).
Steering R&P modern, speed-sensing, mantap(tidak ringan) saat hi-speed, terutama honda udah terapkan ini sejak lama.
Honda (dan mobil lain) yg sudah electronic power steering emang relatif sudah bisa mengatasi masalah steer terlalu ringan di hi speed berkat "electronic power" nya yg mudah diatur, tapi belum bisa mengatasi masalah "isolasi" roda dengan stir. Alias stirnya "masih punya sensor permukaan jalan"... Nggak tau deh kalo R&P yg dipake mobil kelas atas. Setau gw BMW itu dulu bolak-balik antara R&P, kemudian tahun/model berikutnya balik lagi ke ball&nut, balik lagi ke R&P, banyak komplen, kembali ke ball&nut sampe kemudian menemukan system steering R&P yg "tidak dikomplen" lagi.
avansa wrote:Aku sering bawa kendaran pabrik, biasa di panggil Porklip tapi ini lebih gede bodi dan roda .Setirnya ringan dan respon sekali sama Ban yang jelas Sangat besar. Kira kira pakai steering system yang mana itu yah..?
Ringan, tapi setir mutar 10 kali 360 derajat dulu baru ban belok...