SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

remedusakti wrote: gw setuju si bro ama ente, V6 pastinya lebih boros dibanding I4. XL-7 bisa dapet 1:7 di kota jujur aj ga percaya. kecuali dipakenya hari sabtu or minggu.
HAHAHAHAA... kok pada ribut soal Fuel Efficiency.... mobil gue.... kalau mau coba boleh lah... bengkel yang pernah coba yaitu Suzuki Radio Dalam dan Suzuki Pondok Indah. Pernah gue tinggal beberapa hari di bengkel itu.
Gue pakainya justru Hari Senin sampai Jum'at.

Pagi ETD 2200 hrs Zulu (05.00 wib) penumpang 3-4 orang. Jalurnya Margonda Raya, Lenteng Agung, TB Simatupang, Warung Buncit, Slipi, Tol Merak, Keluar di Puri, terus ke Lingkar luar barat (+/- 37 km) ETA 2315 hrs Zulu (06.15 WIB)

Pulang ETD 0830 hrs Zulu (15.30 wib) penumpang 3-4 orang. Jalurnya Lingkar Luar Barat, Puri, Sekolah Notre Dame, Jalan Meruya Ilir, Perumahan Intercon, Pos Pengumben, Raya Kebayoran Lama, Arteri Simprug (Simprug Mobil), Arteri Pondok Indah, Kostrad, Raya Ciputat, FedEx, Tol Pondok Indah, TB Simatupang, Lenteng Agung, Depok.ETA 1230 hrs Zulu (17.30 WIB).(+/-40 km)

Average speed pagi 30 - 40 km/hr, sore 20 - 30 km/hr.

Gue rasa yang banyak mempengaruhi fuel efficiency suatu mobil yaitu apabila mobil digunakan stop & go / jalanan macet parah. Mobil gue bisa turun sampai 6.25 - 6.5 km/l.

moga-2 gue gak salah hitung...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by remedusakti »

Turboman wrote:
remedusakti wrote:ada yang bs kasi pencerahan bro : :angel:
gw puny CR-V 2.0 2006 standard riwayat servs rajin n X-trail 2005 standard riwayat servs rajin. selama gw pake keduanya ternyata x-trail bermesin gambot lebih irit sedikit dibanding CR-V.
Sudah jalan brp CR V nya ?

Kalau sudah jalan jauh / sering stop & go pernah bersihkan ruang bakar pakai DCS SEC / G zox / Spirit ngga ?
skrng si KM udh 50rban. pemakaian luar kota. DCS SEC / G zox / Spirit semacam engine cleaner bro ? kl ya, pastinya sdh dung.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by poeticmind »

€lj€p€ wrote:
remedusakti wrote: gw setuju si bro ama ente, V6 pastinya lebih boros dibanding I4. XL-7 bisa dapet 1:7 di kota jujur aj ga percaya. kecuali dipakenya hari sabtu or minggu.
HAHAHAHAA... kok pada ribut soal Fuel Efficiency.... mobil gue.... kalau mau coba boleh lah... bengkel yang pernah coba yaitu Suzuki Radio Dalam dan Suzuki Pondok Indah. Pernah gue tinggal beberapa hari di bengkel itu.
Gue pakainya justru Hari Senin sampai Jum'at.

Average speed pagi 30 - 40 km/hr, sore 20 - 30 km/hr.

Gue rasa yang banyak mempengaruhi fuel efficiency suatu mobil yaitu apabila mobil digunakan stop & go / jalanan macet parah. Mobil gue bisa turun sampai 6.25 - 6.5 km/l.

moga-2 gue gak salah hitung...
saya percaya kok om... :D
makanya ajarin sihir mesin nya... sentuhan tangan ke mesin kan beda2... seperti bikin kue gitu. hahahaha!
salut deh, om! :e-clap:
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by Risol1 »

Kalo diliat dari rutenya, dapetlah 1:7 buat XL7nya pak Eljepe soalnya jalannya belom pas jam "sibuk". Gw aja masih bisa dapet 1:8 pake CRV 2.4 rute dalkot kombinasi (kadang2 juga kena macet total bubaran jam kantor) :D
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by imsus2c »

poeticmind wrote:
€lj€p€ wrote:
remedusakti wrote: gw setuju si bro ama ente, V6 pastinya lebih boros dibanding I4. XL-7 bisa dapet 1:7 di kota jujur aj ga percaya. kecuali dipakenya hari sabtu or minggu.
HAHAHAHAA... kok pada ribut soal Fuel Efficiency.... mobil gue.... kalau mau coba boleh lah... bengkel yang pernah coba yaitu Suzuki Radio Dalam dan Suzuki Pondok Indah. Pernah gue tinggal beberapa hari di bengkel itu.
Gue pakainya justru Hari Senin sampai Jum'at.
Average speed pagi 30 - 40 km/hr, sore 20 - 30 km/hr.
Gue rasa yang banyak mempengaruhi fuel efficiency suatu mobil yaitu apabila mobil digunakan stop & go / jalanan macet parah. Mobil gue bisa turun sampai 6.25 - 6.5 km/l.
moga-2 gue gak salah hitung...
saya percaya kok om... :D
makanya ajarin sihir mesin nya... sentuhan tangan ke mesin kan beda2... seperti bikin kue gitu. hahahaha!
salut deh, om! :e-clap:
Bukan saya yg ga percaya lho pak eljepe,...malah sy yg pertma kasih comment salut 8)
BTW, itu xl-7 dikasih ritual perawatan dan ramuan apa aja ya pak? Supaya ga terlalu manja ma BBM. Tentunya selain dibersihkan....yg ini pak Eljepe juga jagonya....
Siapa tau bisa ditularkan ke boil yg lain gitu :)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

Risol1 wrote:Kalo diliat dari rutenya, dapetlah 1:7 buat XL7nya pak Eljepe soalnya jalannya belom pas jam "sibuk". Gw aja masih bisa dapet 1:8 pake CRV 2.4 rute dalkot kombinasi (kadang2 juga kena macet total bubaran jam kantor) :D
Maklumlah, subsidi BBM dari kantor cekak banget. Karena XL_7 sudah jadi mobil paling cocok, terpaksalah menyiasati cara lain penghematan BBM yaitu berangkat pagi. Yang penting pulang dari kerja, dirumah masih bisa bantuin anak bikin PR/Tugas dan dengerin anak latihan main piano... udah khan, masalah Fuel Efficiency XL_7 terpecahkan hehehhehehehee
Dari Solo ke Oslo
Image
satiman
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Oct 09, 2007 0:20

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by satiman »

€lj€p€ wrote:
Risol1 wrote:Kalo diliat dari rutenya, dapetlah 1:7 buat XL7nya pak Eljepe soalnya jalannya belom pas jam "sibuk". Gw aja masih bisa dapet 1:8 pake CRV 2.4 rute dalkot kombinasi (kadang2 juga kena macet total bubaran jam kantor) :D
Maklumlah, subsidi BBM dari kantor cekak banget. Karena XL_7 sudah jadi mobil paling cocok, terpaksalah menyiasati cara lain penghematan BBM yaitu berangkat pagi. Yang penting pulang dari kerja, dirumah masih bisa bantuin anak bikin PR/Tugas dan dengerin anak latihan main piano... udah khan, masalah Fuel Efficiency XL_7 terpecahkan hehehhehehehee
Om €lj€p€, apa sekarang XL-7 masih ada produksi yang baru? XL-7 memang menarik, karena cukup banyak muat penumpang ya?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

satiman wrote:
Om €lj€p€, apa sekarang XL-7 masih ada produksi yang baru? XL-7 memang menarik, karena cukup banyak muat penumpang ya?
Di Suzuki Jepang sudah tidak membuat lagi. Hanya di Amerika Utara/Selatan (mungkin). Karena sudah ganti platform. Sekarang pakai platform dari GM. Di Seraya ini ada forum + foto-2 yang membahas XL7 (sekarang tidak pakai hyphen/underscore) yang baru ini...coba search saja.
Tidak mungkin masuk Indonesia karena bentuknya agak-2 station wagon, mesin harus besar V6 3.5 L. Kalau ganti mesin kecil, tidak akan kuat mengangkat...
yang model lama, baris ke 3 lebih cocok untuk anak kecil. Kalau orang dewasa, kurang nyaman. Tapi kalau dipaksakan bisa juga (lumayan tambah 2x Rp.7.500 hehehheee)
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

Maaf, di Indonesia sudah tidak diproduksi lagi. Terakhir tahun 2005.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by ZombiEE »

hi...ilustrasi nya begini..gimana kalo mesin dgn tenaga berbeda di tugaskan menggendong beban yg sama?logic nya saya rasa sih daya yg akan dihabiskan mesin buat menggendong beban jelas lbh unggul mesin dgn tenaga lbh besar..tapi itu saja blm cukup menentukan efisiensi BBM sih..soalnya masi byk faktor yg lain:)
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

imsus2c wrote: Bukan saya yg ga percaya lho pak eljepe,...malah sy yg pertma kasih comment salut 8)
BTW, itu xl-7 dikasih ritual perawatan dan ramuan apa aja ya pak? Supaya ga terlalu manja ma BBM. Tentunya selain dibersihkan....yg ini pak Eljepe juga jagonya....
Siapa tau bisa ditularkan ke boil yg lain gitu :)
Mesin standard abis, busi,saringan oli/udara pakai yang murah asli dari bengkel resmi. Setiap 2500 km, saluran bensin di flush pakai REDLINE. Kalau dompet lagi tipis, beli yang lebih murah tetapi volumenya lebih besar. Di Depok sudah ada Ace Hardware, jalan kaki saja sudah sampai.
Sekarang di Suzuki Jip Indonesia sudah banyak yang mulai pakai XL_7 karena harganya sudah terjangkau. Sebelumnya mereka uji coba pakai mobil saya.... gitu lho......
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by poeticmind »

if so, intinya hanya disiplin perawatan saja... bener ga om? dan penambahan rawatan flush sana sini... saringan oli/udara sehat... dll.
make sense... Xtrail saya yg sangat disiplin perawatan lebih irit dibanding Xtrail kantor... so again, it's a matter of love and care... ya om €lj€p€ ? sama pinter2 milih timing buat jalan... :)

hari ini ke jkt, sebelum berangkat beli pertamax ternyata udah naek lagi jadi 7700 perak!
Image
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by liat2aja »

CR-V 2003 2.0l A/T punya bokap sekitar 1:6.5 selama ini, disupirin n pakai Shell Super.
belakangan kilometernya udah tembus 105,000 km malah jadi irit, dapet sekitar 1:7.5
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by ZombiEE »

makin kalem kali bang kaki kanannya injak gas...makanya makin hemat..hahahaha
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by remedusakti »

poeticmind wrote:if so, intinya hanya disiplin perawatan saja... bener ga om? dan penambahan rawatan flush sana sini... saringan oli/udara sehat... dll.
make sense... Xtrail saya yg sangat disiplin perawatan lebih irit dibanding Xtrail kantor... so again, it's a matter of love and care... ya om €lj€p€ ? sama pinter2 milih timing buat jalan... :)

hari ini ke jkt, sebelum berangkat beli pertamax ternyata udah naek lagi jadi 7700 perak!
pinter milih timing buat jalan, setuju bgt bro.. mobil irit sekalepum kl kejebak macet pastinya boros.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

Karena penasaran, minggu kemarin saya ukur lagi... ini update nya.....
Hari Senin tgl. 14 Jan isi full tank
Hari Sabtu tgl.19 Jan isi full tank masuk 56 L. (kapasitas fuel tank 65 L) Premium 88.
Panjang perjalanan menunjukkan 390 km.(389.9 km)
Pemakaian BBM rata-2 masih 6.96 km/l
Umur kendaraan Oktober 2003 - Des 2007 = 4 tahun 2 bulan.
Odometer = 93000 km....
Mesin masih standar, Oli pakai Indomobil 10W - 40 (Tidak tahu rebrand dari merk apa)

Kondisi jalan pagi masih sama. Meskipun di Warung Buncit ada busway tetapi karena jalan subuh, tidak ada pengaruhnya.
Perjalanan pulang agak berbeda karena sepanjang jalan panjang, arteri permata hijau dan arteri pondok indah sudah ada busway (meskipun belum beroperasi). Kemacetan mulai dari jalan layang permata hijau/simprug, underpass simprug mobil, underpass kebayoran lama, underpass gandaria sampai belokan ke RS.Kostrad. Selebihnya : Raya Ciputat, FedEx, Tol Pondok Pinang, Tanjung Barat, Lenteng Agung, Depok... masih sama.

True Depok Story nih heheheheeeee....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

Ada yang terlewat... Khusus Jum'at 18 Jan kemarin, pulang melalui jalur yang berbeda. Dari Puri Kembangan, Kebon Jeruk, Kemanggisan, Slipi, setelah Peninsula masuk Tol arah Cawang, keluar di Tebet. Masuk Jalan Raya Pasar Minggu. Macet mulai dari Pancoran, Pengadegan, Kalibata terus sampai Empang Tiga... setelah itu lancar. Agak tersendat lagi di putaran Volvo, setelah itu lancar lagi sampai Depok...

Menurut saya, dua jalur itu (Pondok Pinang & Pasar Minggu) yang kemacetannya paling minimum.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by poeticmind »

hehehehe! om €lj€p€ kalo tinggal di bali kali bisa lebih irit lagi ya... :D

jadi pengen jual cherokee ganti XL-7 nih... hahahahaha! j/k.
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

poeticmind wrote:hehehehe! om €lj€p€ kalo tinggal di bali kali bisa lebih irit lagi ya... :D

jadi pengen jual cherokee ganti XL-7 nih... hahahahaha! j/k.
Kalau cherokee nya warna putih dan versi Country..... saya mau tukeran deh hehehehehee.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by poeticmind »

€lj€p€ wrote:
poeticmind wrote:hehehehe! om €lj€p€ kalo tinggal di bali kali bisa lebih irit lagi ya... :D

jadi pengen jual cherokee ganti XL-7 nih... hahahahaha! j/k.
Kalau cherokee nya warna putih dan versi Country..... saya mau tukeran deh hehehehehee.
apalagi kalo stir kiri dan hibahan dari kedutaan, ya om? hahahahaha!... saya juga mau bgt. :)
Image
daguqijang
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Jan 06, 2008 0:34

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by daguqijang »

remedusakti wrote:ada yang bs kasi pencerahan bro : :angel:
gw puny CR-V 2.0 2006 standard riwayat servs rajin n X-trail 2005 standard riwayat servs rajin. selama gw pake keduanya ternyata x-trail bermesin gambot lebih irit sedikit dibanding CR-V. ada yang bs kasi pencerahan 2500cc lbh hemat dari 2000cc ?
CRV memang boros bensin, gw punya th2003, beli baru, boros juga bensinnya, malah kolngnya berisik lagi, bantingannya keras kaya bajaj, yang duduk dibangku belakang pusing, klo sedang lari kenceng dan banyak nikung.......
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by remedusakti »

€lj€p€ wrote:Karena penasaran, minggu kemarin saya ukur lagi... ini update nya.....
Hari Senin tgl. 14 Jan isi full tank
Hari Sabtu tgl.19 Jan isi full tank masuk 56 L. (kapasitas fuel tank 65 L) Premium 88.
Panjang perjalanan menunjukkan 390 km.(389.9 km)
Pemakaian BBM rata-2 masih 6.96 km/l
Umur kendaraan Oktober 2003 - Des 2007 = 4 tahun 2 bulan.
Odometer = 93000 km....
Mesin masih standar, Oli pakai Indomobil 10W - 40 (Tidak tahu rebrand dari merk apa)

Kondisi jalan pagi masih sama. Meskipun di Warung Buncit ada busway tetapi karena jalan subuh, tidak ada pengaruhnya.
Perjalanan pulang agak berbeda karena sepanjang jalan panjang, arteri permata hijau dan arteri pondok indah sudah ada busway (meskipun belum beroperasi). Kemacetan mulai dari jalan layang permata hijau/simprug, underpass simprug mobil, underpass kebayoran lama, underpass gandaria sampai belokan ke RS.Kostrad. Selebihnya : Raya Ciputat, FedEx, Tol Pondok Pinang, Tanjung Barat, Lenteng Agung, Depok... masih sama.

True Depok Story nih heheheheeeee....
kl liat itung2nya, rute n timing jalannya subuh bisa dapat 1:7 percaya deh om €lj€p€.
sorry sempat ga percaya itungan om €lj€p€coz ane pikir rutenya pendek2 n macet abis. :e-clap:
btw, mau tanya om, XL_7 bantingannya enak ga ? ane pernah punya 2.0 th01 bantingannya keras bgt. trus mesin responsif ga ? :thanks:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by €lj€p€ »

remedusakti wrote: btw, mau tanya om, XL_7 bantingannya enak ga ? ane pernah punya 2.0 th01 bantingannya keras bgt. trus mesin responsif ga ? :thanks:
Kalau suspensi memang sudah saya ganti dengan Calmini (http://www.calmini.com). Jadi stance nya sudah lebih tinggi sekitar 4.5 - 5 cm. Coil spring semua dari Calmini. Strut depan pakai standard (asli XL_7), shock belakang pakai Calmini. Bantingannya nyaman sekali.. Apalagi khan wheelbase nya panjang.... Untuk saya mesin ok saja.. Tapi teman-2 dari Suzuki Jip Indonesia (SJI) menyesalkan pemakaian bensin Premium. Jadi mereka kurang suka dengan kemampuan mesin.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by r1210g »

kalo boleh tau abis berapa pak ELJEPE?
Siapa tau kalo ada budget Escudo juga bisa saya upgrade...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: SUV 2000 cc tdk lebih hemat dari 2500 cc

Post by poeticmind »

r1210g wrote:kalo boleh tau abis berapa pak ELJEPE?
Siapa tau kalo ada budget Escudo juga bisa saya upgrade...
upgrade calmini? ngeri nanya nya juga bro... :)
Image