Sejarah SUV dari Honda

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Sejarah SUV dari Honda

Post by €lj€p€ »

Sekarang Honda sudah sangat terkenal dengan produk-2 SUV seperti HR-V, CR-V, Pilot, Crossroad, Acura RDX, MDX.. Pick Up Ridgeline, semuanya sukses bahkan menjadi trend setter di jenis SUV (Softroader/crossover)
Bayangkan bagaimana hebatnya Honda masuk ke pasar SUV dalam waktu singkat.
Liburan akhir tahun ini, iseng-2 lihat katalog mobil yang lama-2....
Tahun 1995 Honda belum membuat SUV. Mereka masih me rebadge SUV dari Isuzu dan Land Rover...
Honda Jazz sebetulnya adalah SUV dari Isuzu Mu/Amigo. Oleh sebab itu Honda Jazz kalau di Jepang bernama Honda Fit...
Honda Passport yang aslinya adalah Isuzu Rodeo, sedangkan Isuzu Trooper di rebadge sebagai Honda Horizon.
Top of the line nya... Land Rover Discovery yang menggunakan nama Honda Crossroad. Sekarang Crossroad sudah dibuat oleh Honda sendiri....
Berikut foto-2 :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by avansa »

Honda jass..Setahu saya masuk katagori City Car.Apa aku yang keliru,yah...? Di benak saya dan keabanyakan orang,honda identik sama sedan. Tapi kok masa lalunya laen yah. tapi mobil mobil di atas kayaknya jarang liat di jalan.
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by €lj€p€ »

avansa wrote:Honda jass..Setahu saya masuk katagori City Car.Apa aku yang keliru,yah...? Di benak saya dan keabanyakan orang,honda identik sama sedan. Tapi kok masa lalunya laen yah. tapi mobil mobil di atas kayaknya jarang liat di jalan.
Tahun 1995 untuk pasaran dalam negeri Jepang/JDM (Japan Domestic Market).
Dari Solo ke Oslo
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by GTR »

hmm... very interesting.
looks like honda strive to learn something to build suv on its own, like its diesel engine.
since sudah "berani" tidak re-badge lagi dari brand lain, means harusnya semua line-up suv nya (hrv crv rdx mdx) itu kualitas & performa lebih baik dari produk kembarnya even dari land rover discovery yah.
honda malah bikin kontroversial produk lagi yah walaupun blm tentu diterima pasar (seperti jaman dulu dengan fwd), yaitu ridgeline => unibody truck.
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by HS »

IMHO....Mungkin honda ingin mencoba penetrasi pasar double cabin & melengkapi line upnya yg ada di seluruh dunia yah,mengingat line up honda sudah lumayan lengkap,seperti sedan,mpv,suv,hatchback,sports car,dll,kecuali hanya double cabin yg belum..
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by flexiblebil »

setau saya ridgeline ini khusus untuk pasar amerika utara, di sana pikap gede (atau istilah mereka truck) laku banget terutama di daerah2 bukan perkotaan. mirip dengan indonesia yang demennya sama mpv, atau thailand yang demen sama double cab, di sana pikap gede gini laku keras.

ukurannya lebih gede dari double cab lokal, mesinnya 5000 cc ke atas 300 hp lebih. orang2 amerika itu suka sama power, dan karena jalanan di sana lebar2, mobil besar pun nggak masalah. dan mungkin honda juga pengen kebagian porsi jualan, jadi mereka bikin pikap gede :). langkah yang bagus menurut saya, membuktikan kalo honda juga sanggup bikin pikap besar.. mungkin tinggal truk aja yang belum hehehe..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by GTR »

honda lagi pikirin design truck bisa unibody dan FWD (car ride) seperti Ridgeline..
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by Yusaku »

SUV murni honda, Honda CR-V 1st gen

-Monoque body
-4 wheel independent double wishbone
-Real time 4wd
-pengembangan dari civic
-mesin B20 yang merupakan overbore dari b18 dengan pencabutan vtec

bagi beberapa orang suv ini dianggap banci karena:
-harusnya ladder frame
-ada selector 4wd
-mesin bensin dengan torsi kurang kuat
-tuas matik di kolom setir kaya colt L300

dan memang suv ini bukan untuk dibwa ke rute off road seperti warngler cj-7 atau land cruiser, tetapi saya dibuat kagum ama handlingnya kalau dibandingin dengan suv sekelasnya seperti rav-4, pengendalian ama agilitynya hampir seperti bawa civic aja. dan lebih empuk daripada generasi ke 2 cr-v.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by GTR »

mungkin maksudnya "tidak ada selector 4wd".
iya honda memang selalu 'ada2 aja' sepanjang masa, udah dulu kontroversial honda life (juga civic accord) pakai FWD saat masih bayi,
sekarang malah Ridgeline pakai unibody dan trasversely mounted powertrain truck layaknya FWD cars dan in normal-mode driving.
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by Yusaku »

GTR wrote:mungkin maksudnya "tidak ada selector 4wd".
iya honda memang selalu 'ada2 aja' sepanjang masa, udah dulu kontroversial honda life (juga civic accord) pakai FWD saat masih bayi,
sekarang malah Ridgeline pakai unibody dan trasversely mounted powertrain truck layaknya FWD cars dan in normal-mode driving.
:thanks: atas pembetulannya bro GTR
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Sejarah SUV dari Honda

Post by boilers »

imo honda ridgeline itu Honda's first attempt buat masuk ke pasar truck di amerika. So far sih hasilnya sepertinya masih dissaponting dan jauh jika dibanding dengan Body on Frame Trucks di US. Penjualan Honda ridgeline hanya sekitar 40K unit di taun 2007 dibanding dengan Toyota Tundra (196k unit), Toyota Tacoma (173k unit), Nissan Titan (65k unit), Dodge Ram (358k unit), Ford F-series (690k unit).

Tapi untuk unibody SUV sih sepertinya baik yah ke depannya, mengingat harga BBM yang semakin mahal, lama kelamaan konsumen body on frame SUV akan berpindah ke mobil2 crossover yang berbasis unibody. Ini sudah dibuktikan dengan Honda CRV sebagai best selling SUV in USA :)