Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ada yg punya pengalaman dgn generasi seri 5 yg ini? Udah murah nih...yg thn an 97-2000an...udah 100-200 jutaan.
Saya pengen jadiin ini mobil "proyek"...alias mobil buat diutik utik...
Dr tampang sih indah sekali..di rendahkan sedikit, pelek 18 murah meriah, shadowline trim (di hitamkan semua)...seperti ini lah kira2...
Kalo buat fast moving serta parts2 kecil nggak usah kawatir oom Fortuner, air filter / filter BBM E39 itu murah (MAN filter - Jerman), utk tie rod end juga ntar pake ama Lemforder punya, cuman utk shock memang agak mahal, termasuk yg Bilstein hitam sekalipun.
Parts2 plastik interior juga nggak gitu mahal spt knob elecric seat, sedang utk shock bagasi memang agak sedikit mahal.
Parts E39 yg harganya agak mahal (jika harus diganti), adalah sistem AC (kompressornya biar pake ND tapi type-nya beda sendiri dgn komp ND utk mobil2 Jepang).
Lalu yg perlu diperhatikan adalah oli ATF nya, berhubung d manual tertulis permanently filled biasanya ATF nggak diganti oleh2 user2 terdahulu, tapi ada baiknya jika mobil udah 8 tahun ke atas ATF nya diganti, nah ini yg rese karena nggak ada dispticknya, jadi pengukuran fluid level musti diraba di lubang pengisian kayak transmisi manual, ganti ATF pake ATF changer, ATF nya bisa pilih ESSO LT 71141 / Amsoil Universal ATF atau ATF lain yg comply dgn ESSO LT 71141 tadi.
Sistem shift lock saat parkir memang tuas ga bisa dipindah ke N, tapi dgn modifikasi sedikit di bag. rumah kunci setir bisa.
Secara keseluruhan reliability mobil ini udah cukup dekat dgn mobil2 Jepang (menurut pengalaman ane)
saya suka nih mubil... karena harganya jg sih, mengingat E-class taun 97 masih main di 250jtan. Orang mapan lebih suka mercy.
tp anak muda dinamis ya BMW donk...
komponen mesin saya kira ngga ada masalah (banyak tersedia dan murmer) karena mesin M52 menjamur di mana2 (kaya kacang goreng) seri 3, juga pake mesin ini.
komponen suspensi beda dengan seri-3 yg BT&Murmer, tapi pakai aftermarket saya kira harganya jauh dari original dealer BMW, mungkin 1/2-1/3 harga.
shocks, wah pakai aftermarket SACHS murah tuh sekitar 2.5jtan 1set. kalau ori BMW made by SACHS (dengan logo BMW) itu yg mahal bisa 6jtan buat 4biji shocks.
anyway kalo demen performance sekalian aja beli yg BILSTEIN 3.5jtan 4biji.
kalo yg mungkin mahal adl AC, interior, bodi parts, komputer, ECU.
mengenai AC sendiri, kompressor kijang itu 3.5jtan hemmmm padahal peugeot resmi ORI cuma 2.5jt hemmmm, AC seri-5 ngga tahu, saya kira masih di sekitar 2jtan yaaa...
Gw pk seri E39 sdh 10 thn. pertama 528 thn 98 blm D vanos & sejak thn 2000 ganti yg D vanos. ( masih 528 jg). problem sih relatif ga ada, cuman pernah ganti tombol2 ac krn retak2, karet pintu krn sdh kempes & power window blk kanan( krn jarang banget dibuka jadi motornya macet). selebihnya cuman part2 yg habis pake & aus seperti wiper ,oli mesin+filter,coolant, Brake Fluid ,pwr steering fluid,Air filter & accu( setelah 7 thn dipake ni accu akhirnya drop jg) sekarang odonya sdh 36K+ & lagi mikir gimana klo mau ganti ATF krn kt beres ga bs diganti krn disealed. Emg sih transmisinya ga bermasalah cuman ngeri aja krn sdh 7thn lebih dipakenya. Cuman 1 aja keluhan gw utk boil ini, klo keluar kota n sdh jalan berjam2 ACnya jadi ga dingin krn sptnya didlm saluran ACnya timbul es. Setelah gw matiin AC tapi blower ACnya gw stel full selama beberapa menit , Ac gw nyalain lagi & normal dingin lagi.
Halo, saya ada 525iA'01, e39 nih. Saya dah pake kira kira almost 2thn, nih mobil super enak bgt dan gak penyakitan sm skali, paling cuma rutinitas servis aja dan kemaren ganti sensor asc/abs aja yg di roda itu jg 900rb aja. dl pake 528i 98 enak jg tp bermasalah ya itu dia a/c dan electronicnya ringkih. Sy saranin kl servis mending jgn di bmw saya selalu analisa di bmw lalu saya bw ke specialist bmw aja untuk pembenerannya abisan bmw dealership mahal bgt sih padahal sama aja. btw mbl 525iA saya mau di jual nih full std thn 01 rp 176jt nego, pengen e60 go bimmers.
salam dari newbie... pak, saya dpt tawaran dr temen 520i '94 manual nih kebetulan knob/electric seat nya uda ga fungsi, trus kalo mau stel kemiringan kursi (driver) kok jatuhnya kebelakang mulu? (bukannya kedepan). Nah untuk perbaikan kedua item ini bisa gak ya? trus perkiraan biaya nya brp?
thanks..
koolrider wrote: lagi mikir gimana klo mau ganti ATF krn kt beres ga bs diganti krn disealed. Emg sih transmisinya ga bermasalah cuman ngeri aja krn sdh 7thn lebih dipakenya.
Ganti ATF bisa pake ATF changer, tapi berhubung nggak ada disptick nanti Top Up nya kayak trans manual oom, ada baut pengisian oli di A/T unit.
ATF nya bisa pake ESSO LT atau Amsoil Universal ATF yg comply dgn standard ESSO LT.
koolrider wrote: lagi mikir gimana klo mau ganti ATF krn kt beres ga bs diganti krn disealed. Emg sih transmisinya ga bermasalah cuman ngeri aja krn sdh 7thn lebih dipakenya.
Ganti ATF bisa pake ATF changer, tapi berhubung nggak ada disptick nanti Top Up nya kayak trans manual oom, ada baut pengisian oli di A/T unit.
ATF nya bisa pake ESSO LT atau Amsoil Universal ATF yg comply dgn standard ESSO LT.
Penasaran Gw tanya bengkel klo E39 bs ganti ATFnya ato ngga. Bengkel bilang ga bs krn ga ada lubang buat pengisian ato pembuangan n gearbox di sealed. kecuali turun/bongkar gearbox baru bisa. jadi bingung nih.