Gimana konsumsi bensin SX4?

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by evolution21 »

Risol1 wrote:
evolution21 wrote:untuk keiritan BBM
pada rute dalkot teririt akan jadi milik yaris kemudian swift
Bos, kalo diliat HANYA dari data diatas bukannya swift yg mustinya paling irit? secara beratnya paling enteng?
Ini gw juga cuma liat dari angka diatas kertas doang lho ya, gak bener2 rasain realnya.
karena power to weight rasio nya yaris yg terbaik
torsinya juga lebih besar dari swift <- ini hal yang penting untuk dalkot
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by ShadowLenZ »

abenk80 wrote:Udah pernah nyetir Neo Baleno om ShadowLenz...Kl mbl masih baru semua, sy yakin semua keheningannya krg lbh samalah. Ga bisa bedain kl ga pake alat. Baru ketahuan kl udah long term use.
Tipe mesin SX4 dan Aerio sama, sedikit-bnyk (pasti) mewarisi sifat2 yg lama. Oya, 1 pertanyaan saya, karena ga nemu di brosurnya, untuk maticnya SX4/neo baleno/swift udah pakai elektronik seperti: Grade Logic Control di Honda atau Super ECT di Toyota ga ya?? :e-think:

Seperti yg udah dibilang, yg susah adalah meracik komposisi yg pas untuk sebuah mbl jalanan (road car). Bukan cm kecepatan akselerasi 0-100 aja. 0-100 boleh kenceng, tp respon dan akselerasi pertengahannya lambat, percuma. :e-dance:
Ilustrasinya begini, Lambo Murcialago akselerasi 0-100 boleh menang dari Nissan GTR. Tp kl udah terjun ke sirkuit ato jalan biasa, dimana sebuah mobil dikerahkan semua kemampuannya secara utuh (baik itu mesin, transmisi, suspensi, chasis, dsb), GTR jauh lebih cepat dr Lambo. (note: GTR mengalahkan catatan waktu Lambo di sirkuit nurburging).

Oya ada tambahan info, di Tes Jalan Majalah Au**Bi**, New jazz matic 0-100= 10,5 dtk. Dan Yaris matic= 11,1dtk. Sayang Suzuki ga ada di komparasi.
Justru itu bro.

Akselerasi SX4 Sedan justru paling lambat di kec 0-100, di atas itu justru cepat. :mrgreen:

Nah lambatnya itu ya kira2 seperti yang terera tadi di video. (pastinya lebih lambat dari new jazz di kec 0-100)

Di atas kec. itu, kalo sama jazz vtec pernah diadu, dan Neo Baleno masih menang (3 kali coba dan hasil sama)

Kalo sama new jazz juga pernah tapi baru sekali, menang. Cuma karena baru sekali doank gw belum berani klaim.
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by ShadowLenZ »

evolution21 wrote:
Risol1 wrote:
evolution21 wrote:untuk keiritan BBM
pada rute dalkot teririt akan jadi milik yaris kemudian swift
Bos, kalo diliat HANYA dari data diatas bukannya swift yg mustinya paling irit? secara beratnya paling enteng?
Ini gw juga cuma liat dari angka diatas kertas doang lho ya, gak bener2 rasain realnya.
karena power to weight rasio nya yaris yg terbaik
torsinya juga lebih besar dari swift <- ini hal yang penting untuk dalkot
Setuju bro :beer:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by Risol1 »

evolution21 wrote:
Risol1 wrote:
evolution21 wrote:untuk keiritan BBM
pada rute dalkot teririt akan jadi milik yaris kemudian swift
Bos, kalo diliat HANYA dari data diatas bukannya swift yg mustinya paling irit? secara beratnya paling enteng?
Ini gw juga cuma liat dari angka diatas kertas doang lho ya, gak bener2 rasain realnya.
karena power to weight rasio nya yaris yg terbaik
torsinya juga lebih besar dari swift <- ini hal yang penting untuk dalkot
Kalo diliat dari power to weight ratio, kenapa yg no 2 bukan Jazz? soalnya gw liat jazz punya power to weight rationya masih lebih bagus dari swift dan juga torsi nya lebih gede dari swift. :e-think:
Sekali lagi kita menganalisa hanya berdasar angka2 diatas kertas lho ya, bukan di rasain langsung
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by abenk80 »

Betul Om Risol1, kl dari data aja si harusnya urutannya: Yaris, Jazz, Swift, SX4.
Tp pd prakteknya bisa beda, walaupun treknya lurus aja jg dipengaruhi dari: rasio transmisi, setting suspensi, sistem pemindah daya (koplingnya, kecepatan perpindahan gigi-nya), dsb. Kl lht dari karakteristik Honda, kynya masih menang jazz dari yaris.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by piterr »

abenk80 wrote:Udah pernah nyetir Neo Baleno om ShadowLenz...Kl mbl masih baru semua, sy yakin semua keheningannya krg lbh samalah. Ga bisa bedain kl ga pake alat. Baru ketahuan kl udah long term use.
Tipe mesin SX4 dan Aerio sama, sedikit-bnyk (pasti) mewarisi sifat2 yg lama. Oya, 1 pertanyaan saya, karena ga nemu di brosurnya, untuk maticnya SX4/neo baleno/swift udah pakai elektronik seperti: Grade Logic Control di Honda atau Super ECT di Toyota ga ya?? :e-think:
mesin aerio/ neo baleno beda dengan mesin swift atau sx4, keduanya sama sama berkode M15A tapi beda versi.... versi di sx4 dan swift high comp, manifold dan TB nya berbeda.....
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by abenk80 »

piterr wrote:
abenk80 wrote:Udah pernah nyetir Neo Baleno om ShadowLenz...Kl mbl masih baru semua, sy yakin semua keheningannya krg lbh samalah. Ga bisa bedain kl ga pake alat. Baru ketahuan kl udah long term use.
Tipe mesin SX4 dan Aerio sama, sedikit-bnyk (pasti) mewarisi sifat2 yg lama. Oya, 1 pertanyaan saya, karena ga nemu di brosurnya, untuk maticnya SX4/neo baleno/swift udah pakai elektronik seperti: Grade Logic Control di Honda atau Super ECT di Toyota ga ya?? :e-think:
mesin aerio/ neo baleno beda dengan mesin swift atau sx4, keduanya sama sama berkode M15A tapi beda versi.... versi di sx4 dan swift high comp, manifold dan TB nya berbeda.....
Betul mesin M15A-nya beda, tp cm sekadar revisi dan improvement aja.
Oya, setau sy (koreksi jk salah), intake manifold SX4 udah dari depan ato masih dari belakang mesin ya? Soalnya kl mesin2 modern (ambil contoh HR15DE di GL dan 1NZ-FE di Yaris/Vios) kan udah nerapin intake manifold dari depan (manifoldnya udah dari plastik) dan knalpot keluar dari belakang mesin. Katanya si sistem ini lebih baik dari segi performance efisiensi dan tenaga. Soalnya yg sy lht di Aerio, masih pake sistem lama (manifold di belakang, knalpot dari depan). :ungg:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by GTR »

semua M15A dari aerio s/d SX4-neo masih aplikasi intake-manifold dari belakang.
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by abenk80 »

Oh...berarti ini pengaruh ke FC donk ya...
Kebetulan banget baru aja beli Majalah Au**Bi*d terbaru (edisi 142), di rubik "KLINIK TEKNIK" ada yang menanyakan tentang Mesin Suzuki M15A (Mesin SX4, Swift & Neo Baleno), judulnya "TANYA MESIN SUZUKI", isinya begini: (nih diketikin persis sama, soalnya gbr difoto ma HP 2MP doang, jd ga gt jelas) :e-dance:

Tanya:
Kenapa mesin berkode M15A milik Suzuki, tidak dapat seirit mesin Toyota Vios, meski sudah dilengkapi teknologi Variable Valve Timing dan Electronic Power Steering? Komponen manakah yang menjadi penyebabnya?

Jawab:
Banyak penyebab satu mobil dapat lebih irit dari model lainnya meski memiliki kapasitas mesin yang sama. Perlu diketahui bahwa bobot kendaraan, desain body, material hingga desain mesin, merupakan penyumbang perbedaan konsumsi BBM.
Hal ini terjadi pada Suzuki dengan mesin M15A dan Toyota dengan mesin 1NZ-FE. Dapur pacu M15A masih menerapkan posisi intake dan exhaust manifold konvensional, yakni exhaust berada di depan dekat radiator. Berbeda dengan Toyota, Honda atau Nissan yang telah mengubah layout dengan menempatkan intake manifold di bagian depan.
Keuntungan dari ubahan ini ada pada efisiensi BBM. Minimnya tekukan pada exhaust manifold membuat performa mesin meningkat sehingga pemilik kendaraan tak perlu menekan pedal gas terlalu dalam.
Sedangkan teknologi VVT merupakan salah satu cara produsen mobil untuk meningkatkan performa di tiap rentang putaran mesin. EPS sendiri mampu mengurangi beban mesin karena tak diputar oleh mesin, selain juga mengurangi jumlah komponen yang bergesekan.


Btw, Mesin M15A Suzuki udah pake EPS belum ya?? :e-think: :e-think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Gimana konsumsi bensin SX4?

Post by GTR »

powersteering sx4-neo udah EPS.