Ada pendapat umum di masyarakat supaya jangan sering-sering menginjak pedal kopling karena bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis.
Jika kita sering menginjak pedal kopling ketika mobil sedang jalan terutama saat jalanan padat, macet, apakah bisa menyebabkan kopling cepat habis?
Di jalan yang padat sebentar jalan sebentar stop, dimana kita sering harus mengurangi kecepatan setelah sesaat mobil lari, adalah mengirit BBM jika menginjak pedal kopling supaya mobil bisa meluncur lancar tanpa menggunakan tenaga mesin (RPM turun karena mesin tidak menggerakkan roda), sampai kemudian mengerem untuk jaga jarak dan menurunkan gigi persneling untuk dapat torsi lebih untuk lari lagi jika mobil di depan telah lari lagi.
Apakah tindakan seperti itu (menginjak pedal kopling dalam-dalam,supaya mobil meluncur tanpa terhubung ke penggerak) bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis?
Mungkin dari para ahli mekanik transmisi mesin mobil di forum ini bisa memberikan masukan-masukan dan analisanya. Berhubung saya belum pernah membongkar kopling dan belum tahu bagaimana mekanisme cara kerja kopling maka saya masih awam tentang ini.
Bagaimana sih sebenarnya cara kerja kopling di transmisi tenaga mobil ?
Apakah sering menginjak Kopling, kampas kopling cepat habis?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Mon Aug 22, 2005 7:25
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Plat kopling akan habis jika sering terjadi gesekan antara plat kopling dan flywheel yang disebabkan karena penyesuaian antara mesin dan tansmisi misalnya sering injak setengah kopling (nahan ditanjakan) dan sering terkena beban berat (nanjak full loaded) sehingga sering kopling slip..
Kalo injak penuh kopling malah kontak antara plat kopling dan flywheel terputus... gak banyak bikin kopling aus... karena toh pas kopling dilepas akan terjadi pergesekan juga ya antara plat dan flywheel...CMIIW
lihat aja di "howstuffworks"
Kalo injak penuh kopling malah kontak antara plat kopling dan flywheel terputus... gak banyak bikin kopling aus... karena toh pas kopling dilepas akan terjadi pergesekan juga ya antara plat dan flywheel...CMIIW
lihat aja di "howstuffworks"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Apakah sering menginjak Kopling, kampas kopling cepat ha
salah.. Bukan platnya yang habis, tapi pernya bisa cepet kendor..metanol wrote:Ada pendapat umum di masyarakat supaya jangan sering-sering menginjak pedal kopling karena bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis.
Yang berdampak tekanan untuk bergesek kurang, dan sering terjadi slip yang mengakibatkan akhirnya plat cepet habis juga...
udah dijawab diatas...metanol wrote:Jika kita sering menginjak pedal kopling ketika mobil sedang jalan terutama saat jalanan padat, macet, apakah bisa menyebabkan kopling cepat habis?
boleh koq.. asal jangan diturunan aja. bahaya, ga ada engine brake..metanol wrote: Di jalan yang padat sebentar jalan sebentar stop, dimana kita sering harus mengurangi kecepatan setelah sesaat mobil lari, adalah mengirit BBM jika menginjak pedal kopling supaya mobil bisa meluncur lancar tanpa menggunakan tenaga mesin (RPM turun karena mesin tidak menggerakkan roda), sampai kemudian mengerem untuk jaga jarak dan menurunkan gigi persneling untuk dapat torsi lebih untuk lari lagi jika mobil di depan telah lari lagi.
Trus kalo mobil yang di depan udah mau jalan... Kalo blom ya mending jalan pelan2 aja..
Soalnya plat kopling lebih cepat habis ketika mobil awal mau jalan, soalnya beban gesekan terbesar disana...
idem..metanol wrote:Apakah tindakan seperti itu (menginjak pedal kopling dalam-dalam,supaya mobil meluncur tanpa terhubung ke penggerak) bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis?
saya ga ahli, dan blom pernah bongkar sendiri...metanol wrote:Mungkin dari para ahli mekanik transmisi mesin mobil di forum ini bisa memberikan masukan-masukan dan analisanya. Berhubung saya belum pernah membongkar kopling dan belum tahu bagaimana mekanisme cara kerja kopling maka saya masih awam tentang ini.
Tapi tau secara teori.. He3...
Intinya kalo kita injek/ tekan pedal kopling, kopling itu jadinya ga bergesekan/menempel...metanol wrote:Bagaimana sih sebenarnya cara kerja kopling di transmisi tenaga mobil ?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Yup bener banget, kalu mau nyelonong aja, dinetralin aja. Tapi syaratnya kecepatan cukup rendah dan jarak ke depan cukup utk menghentikan mobil dgn rem saja (tanpa mendadak tentunya).
Tapi dalam praktek, agak susah kalu ga sering2 nginjek kopling. Wong jalanan banyakan macetnya daripada lancarnya.
Tapi dalam praktek, agak susah kalu ga sering2 nginjek kopling. Wong jalanan banyakan macetnya daripada lancarnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Tips supaya kopling anda tidak cepat habis.
Usahakan serendah mungkin putaran mesin anda pada saat anda melepas kopling. Misalkan di 1200rpm, kopling anda sudah terlepas.
Pada saat macet, terapkan hal ini. dan kendaraan akan bergerak pelan2.
Kalau setelah melepas kopling dan anda tidak ngegas.....ada kemungkinan rpm turun dibawah 1000rpm. Coba imbangi / naikin dikit supaya kondisi mesin lebih stabil.
Kebiasaan orang pada umumnya adalah dengan menginjak gas agak dalam sampe kisaran 1700-2000rpm, setelah itu baru melepas kopling.
Hal ini akan membuat kopling cepat aus.
cmiiw
Usahakan serendah mungkin putaran mesin anda pada saat anda melepas kopling. Misalkan di 1200rpm, kopling anda sudah terlepas.
Pada saat macet, terapkan hal ini. dan kendaraan akan bergerak pelan2.
Kalau setelah melepas kopling dan anda tidak ngegas.....ada kemungkinan rpm turun dibawah 1000rpm. Coba imbangi / naikin dikit supaya kondisi mesin lebih stabil.
Kebiasaan orang pada umumnya adalah dengan menginjak gas agak dalam sampe kisaran 1700-2000rpm, setelah itu baru melepas kopling.
Hal ini akan membuat kopling cepat aus.
cmiiw

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
dari pengalaman gw , selama ini , serta pengalaman dari balap.., untuk misal bejek di rpm tinggi trus lepas kopling ga terlalu ngabisin kopling..
rata2 orang2 yg suka bejek2 apa lagi yg suka ke asia afrika (seminggu 2x jumat ma sabtu) mereka bisa narik 6-12 kali .. separah2 nya kopling mereka masih bisa 1 taun lebih..
di banding dengan orang yg cenderung slip kopling lg macet2an , biarpun di rpm rendah trus sering ngegantung kopling.. takut mobilnya mati (umumnya ibu2 )
dalam 6 bulan tu kopling dah abis cepet banget..
(pengalaman nyokap dgn mobilnya) ..
ga cuman kopling, dekrup juga bisa kemakan...
rata2 orang2 yg suka bejek2 apa lagi yg suka ke asia afrika (seminggu 2x jumat ma sabtu) mereka bisa narik 6-12 kali .. separah2 nya kopling mereka masih bisa 1 taun lebih..
di banding dengan orang yg cenderung slip kopling lg macet2an , biarpun di rpm rendah trus sering ngegantung kopling.. takut mobilnya mati (umumnya ibu2 )
dalam 6 bulan tu kopling dah abis cepet banget..
(pengalaman nyokap dgn mobilnya) ..
ga cuman kopling, dekrup juga bisa kemakan...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang