Apakah sering menginjak Kopling, kampas kopling cepat habis?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

metanol
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Mon Aug 22, 2005 7:25

Apakah sering menginjak Kopling, kampas kopling cepat habis?

Post by metanol »

Ada pendapat umum di masyarakat supaya jangan sering-sering menginjak pedal kopling karena bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis.

Jika kita sering menginjak pedal kopling ketika mobil sedang jalan terutama saat jalanan padat, macet, apakah bisa menyebabkan kopling cepat habis?

Di jalan yang padat sebentar jalan sebentar stop, dimana kita sering harus mengurangi kecepatan setelah sesaat mobil lari, adalah mengirit BBM jika menginjak pedal kopling supaya mobil bisa meluncur lancar tanpa menggunakan tenaga mesin (RPM turun karena mesin tidak menggerakkan roda), sampai kemudian mengerem untuk jaga jarak dan menurunkan gigi persneling untuk dapat torsi lebih untuk lari lagi jika mobil di depan telah lari lagi.

Apakah tindakan seperti itu (menginjak pedal kopling dalam-dalam,supaya mobil meluncur tanpa terhubung ke penggerak) bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis?

Mungkin dari para ahli mekanik transmisi mesin mobil di forum ini bisa memberikan masukan-masukan dan analisanya. Berhubung saya belum pernah membongkar kopling dan belum tahu bagaimana mekanisme cara kerja kopling maka saya masih awam tentang ini.

Bagaimana sih sebenarnya cara kerja kopling di transmisi tenaga mobil ?
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Plat kopling akan habis jika sering terjadi gesekan antara plat kopling dan flywheel yang disebabkan karena penyesuaian antara mesin dan tansmisi misalnya sering injak setengah kopling (nahan ditanjakan) dan sering terkena beban berat (nanjak full loaded) sehingga sering kopling slip..
Kalo injak penuh kopling malah kontak antara plat kopling dan flywheel terputus... gak banyak bikin kopling aus... karena toh pas kopling dilepas akan terjadi pergesekan juga ya antara plat dan flywheel...CMIIW
lihat aja di "howstuffworks"
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

iya, setengah kopling yang biasanya bikin cepet abis kanvas plat kompling. tapi kalo nggak diinjek bisa mati mesinnya kala rpm rendah apalagi pas tanjakan. udah resiko mah... mo awet ya jalan lansam dan datar terus nggak macet.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Apakah sering menginjak Kopling, kampas kopling cepat ha

Post by r1210g »

metanol wrote:Ada pendapat umum di masyarakat supaya jangan sering-sering menginjak pedal kopling karena bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis.
salah.. Bukan platnya yang habis, tapi pernya bisa cepet kendor..
Yang berdampak tekanan untuk bergesek kurang, dan sering terjadi slip yang mengakibatkan akhirnya plat cepet habis juga...
metanol wrote:Jika kita sering menginjak pedal kopling ketika mobil sedang jalan terutama saat jalanan padat, macet, apakah bisa menyebabkan kopling cepat habis?
udah dijawab diatas...
metanol wrote: Di jalan yang padat sebentar jalan sebentar stop, dimana kita sering harus mengurangi kecepatan setelah sesaat mobil lari, adalah mengirit BBM jika menginjak pedal kopling supaya mobil bisa meluncur lancar tanpa menggunakan tenaga mesin (RPM turun karena mesin tidak menggerakkan roda), sampai kemudian mengerem untuk jaga jarak dan menurunkan gigi persneling untuk dapat torsi lebih untuk lari lagi jika mobil di depan telah lari lagi.
boleh koq.. asal jangan diturunan aja. bahaya, ga ada engine brake..
Trus kalo mobil yang di depan udah mau jalan... Kalo blom ya mending jalan pelan2 aja..
Soalnya plat kopling lebih cepat habis ketika mobil awal mau jalan, soalnya beban gesekan terbesar disana...
metanol wrote:Apakah tindakan seperti itu (menginjak pedal kopling dalam-dalam,supaya mobil meluncur tanpa terhubung ke penggerak) bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis?
idem..
metanol wrote:Mungkin dari para ahli mekanik transmisi mesin mobil di forum ini bisa memberikan masukan-masukan dan analisanya. Berhubung saya belum pernah membongkar kopling dan belum tahu bagaimana mekanisme cara kerja kopling maka saya masih awam tentang ini.
saya ga ahli, dan blom pernah bongkar sendiri...
Tapi tau secara teori.. He3...
metanol wrote:Bagaimana sih sebenarnya cara kerja kopling di transmisi tenaga mobil ?
Intinya kalo kita injek/ tekan pedal kopling, kopling itu jadinya ga bergesekan/menempel...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Yup bener banget, kalu mau nyelonong aja, dinetralin aja. Tapi syaratnya kecepatan cukup rendah dan jarak ke depan cukup utk menghentikan mobil dgn rem saja (tanpa mendadak tentunya).

Tapi dalam praktek, agak susah kalu ga sering2 nginjek kopling. Wong jalanan banyakan macetnya daripada lancarnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Setiap lampu merah hobinya aku nahan kopling..kalau antrian panjang kebiasaan lupa lepas kopling di rpm bawah,,buntutnya mesti stater lagi k...k..k..
Image
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

Dilampu merah apalagi antri lama mending transmisi netral saja, tarik rem tangan, jadi bisa santai rest sebentar... kalo nggak mau repot pake mobil transmisi otomatis saja.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

mansetha wrote:Dilampu merah apalagi antri lama mending transmisi netral saja, tarik rem tangan, jadi bisa santai rest sebentar... kalo nggak mau repot pake mobil transmisi otomatis saja.
Iyahseh, cuman kadang lupa.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Tips supaya kopling anda tidak cepat habis.

Usahakan serendah mungkin putaran mesin anda pada saat anda melepas kopling. Misalkan di 1200rpm, kopling anda sudah terlepas.

Pada saat macet, terapkan hal ini. dan kendaraan akan bergerak pelan2.
Kalau setelah melepas kopling dan anda tidak ngegas.....ada kemungkinan rpm turun dibawah 1000rpm. Coba imbangi / naikin dikit supaya kondisi mesin lebih stabil.


Kebiasaan orang pada umumnya adalah dengan menginjak gas agak dalam sampe kisaran 1700-2000rpm, setelah itu baru melepas kopling.
Hal ini akan membuat kopling cepat aus.

cmiiw
Image
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

dari pengalaman gw , selama ini , serta pengalaman dari balap.., untuk misal bejek di rpm tinggi trus lepas kopling ga terlalu ngabisin kopling..
rata2 orang2 yg suka bejek2 apa lagi yg suka ke asia afrika (seminggu 2x jumat ma sabtu) mereka bisa narik 6-12 kali .. separah2 nya kopling mereka masih bisa 1 taun lebih..

di banding dengan orang yg cenderung slip kopling lg macet2an , biarpun di rpm rendah trus sering ngegantung kopling.. takut mobilnya mati (umumnya ibu2 )
dalam 6 bulan tu kopling dah abis cepet banget..
(pengalaman nyokap dgn mobilnya) ..

ga cuman kopling, dekrup juga bisa kemakan...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

widiw... 6 bulan?
Accurate V5 Accounting System Consultant