Help/Minta pencerahan mengenai mobil baru taon 2006?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Help/Minta pencerahan mengenai mobil baru taon 2006?
Sesepuh2x, bos2x numpang tanya dong,
Baru dapet penawaran nih buat e60 530i baru yg tapi taon produksinya(NIK kalo nggak salah) 2006 dengan harga menarik. Karena gw baru balik ke Indo gw kurang ngerti mengenai produksi mobil ckd di Indo, maksudnya apa jualan mobil taon lawas sebagai mobil baru itu normal dan apa memang ini kejadian biasa di market kita? dan apa akan mempengaruhi resale value yg sudah hancur hancuran?
Memang kemarin(2 bln lalu) gw sudah ambil e90 320i yg juga tahun produksinya 2006 tapi gw nggak pusing karena ada buy back guarantee dari bmw jadi gw pikir bodo amat mau taon produksinya berapa yg penting 2 tahun gw pake kalo di jual lagi masih ada valuenya. Nah utk yg 530i ini sedikit dilema karena 1.) Nggak ada buy back 2.)gw pikir taon 2008 kan udah deket berarti mobil ini kan udah 2 taon umurnya walaupun belom pernah dipakai.
Jadi minta tolong inputnya dong, apa penawaran/kondisi seperti ini normal di market kita? juga mendingan mana antara saya ambil 523i CBU produksi 2008 atau 530i CKD produksi 2006 yg kalau bedanya cuma sekitar +/- 60jt?
TQ
Baru dapet penawaran nih buat e60 530i baru yg tapi taon produksinya(NIK kalo nggak salah) 2006 dengan harga menarik. Karena gw baru balik ke Indo gw kurang ngerti mengenai produksi mobil ckd di Indo, maksudnya apa jualan mobil taon lawas sebagai mobil baru itu normal dan apa memang ini kejadian biasa di market kita? dan apa akan mempengaruhi resale value yg sudah hancur hancuran?
Memang kemarin(2 bln lalu) gw sudah ambil e90 320i yg juga tahun produksinya 2006 tapi gw nggak pusing karena ada buy back guarantee dari bmw jadi gw pikir bodo amat mau taon produksinya berapa yg penting 2 tahun gw pake kalo di jual lagi masih ada valuenya. Nah utk yg 530i ini sedikit dilema karena 1.) Nggak ada buy back 2.)gw pikir taon 2008 kan udah deket berarti mobil ini kan udah 2 taon umurnya walaupun belom pernah dipakai.
Jadi minta tolong inputnya dong, apa penawaran/kondisi seperti ini normal di market kita? juga mendingan mana antara saya ambil 523i CBU produksi 2008 atau 530i CKD produksi 2006 yg kalau bedanya cuma sekitar +/- 60jt?
TQ
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
wah musti cari nih faceliftnya kayak apa, kalo cuma dikit aja sih ok gw lebih khawatir dengan teknologi yg udah ketinggalan spt joystick transmission dan nggak tau apa lagi. Karena mobil disini di spek down abiesss jadi rada susah untuk buat perbandingan dengan yg standard sebetulnya. Contoh e60 520i gw di jerman udah ada bi xenon adaptive light, voice command, blue tooth and split folding rear seat kemaren waktu di pinjemin 523i ckd parts/fitur yg gw sebut nggak ada kesel juga kadang kadang mikirnya heheheWP wrote:tapi bentar lagi mau masuk yg udah facelift lho
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
^^
gw pernah dipinjemin 535i 08 yg udah facelift dari dealer, bedanya dr pengamatan gw sendiri:
1. joystick trans
2. lampu depan agak sedikit beda (lebih sipit......walaupun sekilas sama)
3. lampu belakang LEDnya pas nyala bentuknya seperti kipas.....horizontal bersusun.
4. gw tanya salesnya katanya juga ada option active cruise control (mobil bisa stop and go otomatis)
5. mesin pastinya: yang 535 gantiin 530. juga 528 gantiin yang 525
gw pernah dipinjemin 535i 08 yg udah facelift dari dealer, bedanya dr pengamatan gw sendiri:
1. joystick trans
2. lampu depan agak sedikit beda (lebih sipit......walaupun sekilas sama)
3. lampu belakang LEDnya pas nyala bentuknya seperti kipas.....horizontal bersusun.
4. gw tanya salesnya katanya juga ada option active cruise control (mobil bisa stop and go otomatis)
5. mesin pastinya: yang 535 gantiin 530. juga 528 gantiin yang 525
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Bro, we're talking about dealer in the states right? any comments for the joystick transmission or it is just a marketing gimmick?. Mengenai active cruise control kalo di jakarta seh mendingan nggak usah deh kasian sama komputernya musti setiap millisecond musti ngadepin cr@ppy traffic situation baik di tol or non tol.Risol1 wrote:^^
gw pernah dipinjemin 535i 08 yg udah facelift dari dealer, bedanya dr pengamatan gw sendiri:
1. joystick trans
2. lampu depan agak sedikit beda (lebih sipit......walaupun sekilas sama)
3. lampu belakang LEDnya pas nyala bentuknya seperti kipas.....horizontal bersusun.
4. gw tanya salesnya katanya juga ada option active cruise control (mobil bisa stop and go otomatis)
5. mesin pastinya: yang 535 gantiin 530. juga 528 gantiin yang 525
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
^^
yup dealer di US.
joystick shifter/electronic shifter cuma bikin interior terlihat lebih bagus aja (lebih futuristik), dan juga kita engga perlu geser tuas "naik turun" tapi cukup dengan sedikit sentuhan spt kalo lagi pegang joystick aja
kalo dilihat dari segi fungsi, menurut saya joystick shifter tidak memberikan fungsi lebih dari model sebelumnya (sama2 6 speed steptronic)......atau mungkin juga perpindahan gigi di mode "manual"nya bisa lebih cepet kalo pake joystick ini tapi saya juga gak tau ya.....
kalo buat saya lebih penting i-drivenya yang bisa access navi, bluetooth, preset radio channel, dll......
oh ya, mobil BMW pinjeman saya juga ada sensor (terus bikin setirnya jiggle) kalo kita pindah jalur tanpa lampu sein atau kita drifting ke jalur lain which is pretty impressive warning kalo kita lagi ngantuk
yup dealer di US.
joystick shifter/electronic shifter cuma bikin interior terlihat lebih bagus aja (lebih futuristik), dan juga kita engga perlu geser tuas "naik turun" tapi cukup dengan sedikit sentuhan spt kalo lagi pegang joystick aja

kalo dilihat dari segi fungsi, menurut saya joystick shifter tidak memberikan fungsi lebih dari model sebelumnya (sama2 6 speed steptronic)......atau mungkin juga perpindahan gigi di mode "manual"nya bisa lebih cepet kalo pake joystick ini tapi saya juga gak tau ya.....

kalo buat saya lebih penting i-drivenya yang bisa access navi, bluetooth, preset radio channel, dll......
oh ya, mobil BMW pinjeman saya juga ada sensor (terus bikin setirnya jiggle) kalo kita pindah jalur tanpa lampu sein atau kita drifting ke jalur lain which is pretty impressive warning kalo kita lagi ngantuk

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
^^
I like the jiggly part
jadi bro sebetulnya perubahan yg signifikannya terjadi pada engine capacitynya dari 530->535 other than that kelihatannya cuma marketing gimmick change aja. Thanks for the info mungkin ini bisa gw jadiin "senjata" buat diskon yg lebih gede harga terakhir yg mereka tawarin 875jt dari 930jt , kalau mereka bisa kasih discount segitu berarti margin mereka pasti lebih dari itu coba deh gw teken lagi.
Kemaren sih waktu ngobrol ngobrol salesnya bilang BMW INA lagi make decision mau tetep release 523 ato 525 next year gw pikir nggak make sense kalo bmw ina mau release 525 yg bakal di daerah > 850 jt dan punya 530 yg harganya 930jt price differencenya nggak terlalu signifikan. Mungkin lebih make sense 530 di ganti 535 dengan harga > 950jt atau pas di daerah 1m, 523 tetep di harga sekarang sebagai entry level dan 525 di tengah. But who knows kadang kadang jg gw bingung ngelihat decision atpm di sini dan juga dengan faktor euro yg naik terus tiap hari .
I like the jiggly part

Kemaren sih waktu ngobrol ngobrol salesnya bilang BMW INA lagi make decision mau tetep release 523 ato 525 next year gw pikir nggak make sense kalo bmw ina mau release 525 yg bakal di daerah > 850 jt dan punya 530 yg harganya 930jt price differencenya nggak terlalu signifikan. Mungkin lebih make sense 530 di ganti 535 dengan harga > 950jt atau pas di daerah 1m, 523 tetep di harga sekarang sebagai entry level dan 525 di tengah. But who knows kadang kadang jg gw bingung ngelihat decision atpm di sini dan juga dengan faktor euro yg naik terus tiap hari .

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
sebenernya 530 diubah ke 535 bukan karena kapasitas enginenya dirubah dari 3000cc ke 3500cc bro, melainkan 535i tetep pake mesin 3000cc inline 6 tapi ditambahin twin turbo yang bikin tenaganya terdongkrak ke 300hp.
.
begitu juga yang 528i sebenernya pake 3000cc inline 6 tanpa turbo (230hp)....biasalah BMW kadang2 ngaco emblemnya.

begitu juga yang 528i sebenernya pake 3000cc inline 6 tanpa turbo (230hp)....biasalah BMW kadang2 ngaco emblemnya.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
IMO, bukannya 523 dan 525 itu pake mesin yang sama ya? I6 2500cc?........cuma kadang2 BMW emang suka pake akhiran "x23" sebagai emblem untuk mesin 2500ccnya seperti yang terjadi pada BMW 323 E36 dan 523 E39 lawas?bushkntl wrote:^^
Kemaren sih waktu ngobrol ngobrol salesnya bilang BMW INA lagi make decision mau tetep release 523 ato 525 next year gw pikir nggak make sense kalo bmw ina mau release 525 yg bakal di daerah > 850 jt dan punya 530 yg harganya 930jt price differencenya nggak terlalu signifikan. Mungkin lebih make sense 530 di ganti 535 dengan harga > 950jt atau pas di daerah 1m, 523 tetep di harga sekarang sebagai entry level dan 525 di tengah. But who knows kadang kadang jg gw bingung ngelihat decision atpm di sini dan juga dengan faktor euro yg naik terus tiap hari .

apa yang new 523 mao dipakein mesin 520 yg sekarang (I6 2200cc)?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
TQ all for the input, about the turbo on the 535 ... kayaknya nggak sreg nih apalagi di jakarta kan udara panas dan lembab setau gw sih turbo nggak bisa effisien kerjanya dalam climate seperti ini soalnya dulu audi TT 1.8t gw kalo lagi summer di NC(hot&humid) berasa lebih berat daripada waktu spring/fall.
Tadi saya juga sempet test drive lexus gs300 di jalan proklamasi(?) overall it's a nice car cocok buat dipakai buat ngademin suasana yg chaotic di jakarta. So ini sedikit impression/review mengenai gs300 yg di testdrive:
- Km udah 10,000+
- Suara mesin tetap halus dan noise insulationnya bener bener impressive walaupun under load engine noise yg masuk ke kabin hanya minimal selain itu semua suara lain dari luar teredam dengan baik(a bit spooky actually)
- Spacious interior space for both front and rear passengers. Tapi trunknya lebih kecil dari seri 5
- No stupid RFT
- a blend of agressive and conservative look
Power plant:
-a compact V6 developing 260-/+ BHP(cmiiw) punya nice response but pada waktu gas di bejek acceleration sensationnya masih kalah dengan bmw, very very quiet and as silky as the i6nya bmw.
Gadgets/standard equipments:, disini gs300 jauh lebih unggul daripada 530i karena:
- bluetooth+voice command sudah standard(530 yg saya incer sampai hari ini nggak jelas apa bisa di retofit bluetooth)
- Center console touchscreen interface for audio,climate and car settings gw nggak tau apa ini lebih baik dari iDrive harus ada test jangka panjang tapi yg jelas user interfacenya lebih "liberal" compare to idrive
- Mark levinson sound system + dvd player
- Adaptive biXenon headlights,
- Sunroof
- Fanned front seat
- Keyless security system, LED ambient lightning and etc, etc.
Overall standard features yg ada di gs300 dengan harga OTR 950jt dengan 5 years/unlimited miles service and warranty are quite impressive(spek downnya nggak banyak
) and quite a bargain jika di banding dengan 948 jt utk 530i.
Ada 2 hal yg bikin gw nggak jadi consider gs300 dalam waktu dekat:
1.)Driving dynamics yg masih agak kurang di banding bmw cars dan ini dapat di mengerti karena lexus mencoba untuk strikes the balance on performance and luxury. Tapi untuk di jakarta yg macet melulu kayaknya gs300 bisa untuk bikin lebih "tenang" daripada seri 5.
2.)faktor yg kedua dan fatal menurut saya, gs300 yg ada sekarang tidak mempunyai fitur autolock dan tidak bisa di program dari car settings(spt melalui iDrive bmw) untuk saya pribadi ini adalah deal breaker memang ini masalah simple yg bisa di solve dengan tekan door lock setiap kali mau jalan tapi ini sulit di ingat jika kita memakai beberapa mobil lainnya yg sudah ada feature ini. Menurut dealernya utuk gs300 produksi tahun depan(2008) feature ini sudah akan ada jadi until then the gs300 is off my list.
Sedikit tambahan, waktu tadi datang ke dealer saya ditemani oleh salesman dan after sales service personel kedua duanya punya knowledge yg baik untuk produk lexus dan competitornya juga jadi mereka bisa membandingkan kelebihan lexus atas competitornya dan mereka tidak mencoba untuk push menjual mobilnya so another point for lexus there.
Tadi saya juga sempet test drive lexus gs300 di jalan proklamasi(?) overall it's a nice car cocok buat dipakai buat ngademin suasana yg chaotic di jakarta. So ini sedikit impression/review mengenai gs300 yg di testdrive:
- Km udah 10,000+
- Suara mesin tetap halus dan noise insulationnya bener bener impressive walaupun under load engine noise yg masuk ke kabin hanya minimal selain itu semua suara lain dari luar teredam dengan baik(a bit spooky actually)
- Spacious interior space for both front and rear passengers. Tapi trunknya lebih kecil dari seri 5
- No stupid RFT
- a blend of agressive and conservative look
Power plant:
-a compact V6 developing 260-/+ BHP(cmiiw) punya nice response but pada waktu gas di bejek acceleration sensationnya masih kalah dengan bmw, very very quiet and as silky as the i6nya bmw.
Gadgets/standard equipments:, disini gs300 jauh lebih unggul daripada 530i karena:
- bluetooth+voice command sudah standard(530 yg saya incer sampai hari ini nggak jelas apa bisa di retofit bluetooth)
- Center console touchscreen interface for audio,climate and car settings gw nggak tau apa ini lebih baik dari iDrive harus ada test jangka panjang tapi yg jelas user interfacenya lebih "liberal" compare to idrive
- Mark levinson sound system + dvd player
- Adaptive biXenon headlights,
- Sunroof
- Fanned front seat
- Keyless security system, LED ambient lightning and etc, etc.
Overall standard features yg ada di gs300 dengan harga OTR 950jt dengan 5 years/unlimited miles service and warranty are quite impressive(spek downnya nggak banyak

Ada 2 hal yg bikin gw nggak jadi consider gs300 dalam waktu dekat:
1.)Driving dynamics yg masih agak kurang di banding bmw cars dan ini dapat di mengerti karena lexus mencoba untuk strikes the balance on performance and luxury. Tapi untuk di jakarta yg macet melulu kayaknya gs300 bisa untuk bikin lebih "tenang" daripada seri 5.
2.)faktor yg kedua dan fatal menurut saya, gs300 yg ada sekarang tidak mempunyai fitur autolock dan tidak bisa di program dari car settings(spt melalui iDrive bmw) untuk saya pribadi ini adalah deal breaker memang ini masalah simple yg bisa di solve dengan tekan door lock setiap kali mau jalan tapi ini sulit di ingat jika kita memakai beberapa mobil lainnya yg sudah ada feature ini. Menurut dealernya utuk gs300 produksi tahun depan(2008) feature ini sudah akan ada jadi until then the gs300 is off my list.
Sedikit tambahan, waktu tadi datang ke dealer saya ditemani oleh salesman dan after sales service personel kedua duanya punya knowledge yg baik untuk produk lexus dan competitornya juga jadi mereka bisa membandingkan kelebihan lexus atas competitornya dan mereka tidak mencoba untuk push menjual mobilnya so another point for lexus there.
Last edited by bushkntl on Mon Nov 26, 2007 16:29, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
ES nggak masuk indo, kata dealernya sih karena ES cuma ada left hand drive configuration jadi nggak bisa masuk ke indo. Yg masuk ke Indonesia cuma IS,GS,RX,LS which are competing directly with BMW 3,5,X5,7 or Mercedes C,E,ML,S. Lagi pula bro mungkin karena Modelnya ES cukup deket dengan Camry atpmnya mikir gimana cara memposisikannya.Risol1 wrote:@bushkntl
Lexus ES masuk indo nggak bro?
Yg bakal interesting adalah RX vs Harrier yg kalo nggak salah(Harrier) 100jt lebih murah gw mau tau siapa yg KO duluan atau mungkin dua duanya survive di market masing masing karena cukup pembelinya, bingung lho dibilang ekonomi mandek tapi yg ngantri beli lexus banyak juga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
wah bro kalo udah di level 900-1M, mending ambil merek eropa aja deh sekalian......E280 atau 530........daripada ambil GS. dibilang perawatan mbl eropa lebih mahal juga kan masih digaransi dan untuk BMW malah dapet servis gratis 5 tahun.
kalo gak salah juga harrier bakal distop produksinya sama toyota jepang, dan mereka hanya memproduksi lexus RX untuk pasar globalnya.
kalo gak salah juga harrier bakal distop produksinya sama toyota jepang, dan mereka hanya memproduksi lexus RX untuk pasar globalnya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Kalo mb belom dulu deh soalnya nggak suka modelnya, 530ckd as of today sudah di cek tetep tidak bisa pake integrated bluetooth dan menurut bmw ina semua mobil ckd nggak bisa di retrofit sama blue tooth and gw perlu option ini bro, soalnya di jakarta kan macet jadi biasanya gw call office buat kasih instruction sebelom gw dateng or conference call sewaktu gw kejebak macet. BTW lexus disini juga kasih 5 years unlimited service and warranty.Risol1 wrote:wah bro kalo udah di level 900-1M, mending ambil merek eropa aja deh sekalian......E280 atau 530........daripada ambil GS. dibilang perawatan mbl eropa lebih mahal juga kan masih digaransi dan untuk BMW malah dapet servis gratis 5 tahun.
kalo gak salah juga harrier bakal distop produksinya sama toyota jepang, dan mereka hanya memproduksi lexus RX untuk pasar globalnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21