plus minus volvo S70 th 98
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
plus minus volvo S70 th 98
kawan2 saya mohon pencerahan ini lagi mau beli mobil volvo s 70 or 960. kemarin sudah lihat iklan S70 '98 harga 60 jt km 134.000 dan 65 jt km 80.000 an, mohon bantuannya tentang plus dan minusnya, trutama harga partnya, konsumsi BBM dan pajaknya sdh barang tentu.
terima kasih sebelum pada semuanya
Inoz
terima kasih sebelum pada semuanya
Inoz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
wah, musti tanya PPT neh...kan dulu (lupa thread-nya mana) PPT bilang pernah punya volvo ginian. Kemana PPT ya...lama ga OL
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
1. Maunya yang FWD (Front Wheel Drive) atau yang RWD (Rear Wheel Drive) ? ... S70 adalah FWD sedang V960 adalah RWD.
2. Konsumsi BBM S70 Lebih hemat dibandingkan dengan V960 ... cuman jika mau ngoprek ... V960 bisa lebih Hemat dari S70
3. S70 udah banyak menggunakan electronic, sedang V960 electronic nya relatif lebih sedikit. Karena sukanya ngoprek ... gw lebih suka yang V960.
4. S70 itu kalau udah sampai pada servic AC ... mesti buka Dashboard ... kalau ketemu yang gak ahlinya ... waktu masang balik ... mesti ada yang ketinggalan dan biasanya dashboard akan jadi bunyi. Sedang V940 gak perlu buka dashoard.
5. Dari segi ruangan mesin ... V960 lebih leluasa ... sedang S70 ruangannya sempit ... kalau mau servis dan ngoprek akag susahan.
6. Harga Part V960 relatif lebih murah ketimbang S70 dan V960 (V940-LPT) lebih reliable dibanding S70.
7. Dari segi contour Body dua-duanya boxy ... cuman S70 lebih mendingan walaupun koeffisien tahanan aerodynamiknya keduanya hampir sama.
8. S70 menggunakan mesin 5 silinder (B5400 series) dan V940 cukup dengan 4 cylinder (B230 series).
9. S70 ada yang 2 liter ada juga yang 2.5 liter ... sedang V960 yang ada di Indonesia 2.3 Liter dipakaiin Turbo Mitsubishi TD04-13 ... boost pressure cukup 4 psi ... mulai boosting pada putaran mesin 1800 - 2000 RPM, maksimum speednya 190 km/jam ... jika dioprek dikit bisa nyampai ke 200 km/jam.
Apalagi yaak ... ntar disambung lagi.
2. Konsumsi BBM S70 Lebih hemat dibandingkan dengan V960 ... cuman jika mau ngoprek ... V960 bisa lebih Hemat dari S70
3. S70 udah banyak menggunakan electronic, sedang V960 electronic nya relatif lebih sedikit. Karena sukanya ngoprek ... gw lebih suka yang V960.
4. S70 itu kalau udah sampai pada servic AC ... mesti buka Dashboard ... kalau ketemu yang gak ahlinya ... waktu masang balik ... mesti ada yang ketinggalan dan biasanya dashboard akan jadi bunyi. Sedang V940 gak perlu buka dashoard.
5. Dari segi ruangan mesin ... V960 lebih leluasa ... sedang S70 ruangannya sempit ... kalau mau servis dan ngoprek akag susahan.
6. Harga Part V960 relatif lebih murah ketimbang S70 dan V960 (V940-LPT) lebih reliable dibanding S70.
7. Dari segi contour Body dua-duanya boxy ... cuman S70 lebih mendingan walaupun koeffisien tahanan aerodynamiknya keduanya hampir sama.
8. S70 menggunakan mesin 5 silinder (B5400 series) dan V940 cukup dengan 4 cylinder (B230 series).
9. S70 ada yang 2 liter ada juga yang 2.5 liter ... sedang V960 yang ada di Indonesia 2.3 Liter dipakaiin Turbo Mitsubishi TD04-13 ... boost pressure cukup 4 psi ... mulai boosting pada putaran mesin 1800 - 2000 RPM, maksimum speednya 190 km/jam ... jika dioprek dikit bisa nyampai ke 200 km/jam.
Apalagi yaak ... ntar disambung lagi.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
waduh thank bung penyuturbo atas pencerahannnya, emang betul beda keduanya klo 960 termasuk executive car sedang S70 masuk midsize executive car dan agak kecil
klo sy lihat di wikimedia ada beberapa jenis S70 mulai dari base, GL, GLT. TR5 . klo yg base ada hanya manual.
saya agak condong mau beli S70, tp gimana dg BBM nya S70 brp km/l ? trus klo odometernya udah tinggi apa yg mesti hati2,
apa ada kelemahan mesin atau kaki klo udah agak berumur sekitar 80 rb km apalagi 134 rb km ?
trus brp harga pasaran yg masih reasonable tuk th 98 ?
tks
klo sy lihat di wikimedia ada beberapa jenis S70 mulai dari base, GL, GLT. TR5 . klo yg base ada hanya manual.
saya agak condong mau beli S70, tp gimana dg BBM nya S70 brp km/l ? trus klo odometernya udah tinggi apa yg mesti hati2,
apa ada kelemahan mesin atau kaki klo udah agak berumur sekitar 80 rb km apalagi 134 rb km ?
trus brp harga pasaran yg masih reasonable tuk th 98 ?
tks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Dari sekian banyak varian S70 ... sekiranya ada ... ambil yang S70 2.0T ... bagusan lagi kalau bisa dapet V70-T5.inoz wrote:waduh thank bung penyuturbo atas pencerahannnya, emang betul beda keduanya klo 960 termasuk executive car sedang S70 masuk midsize executive car dan agak kecil
klo sy lihat di wikimedia ada beberapa jenis S70 mulai dari base, GL, GLT. TR5 . klo yg base ada hanya manual.
saya agak condong mau beli S70, tp gimana dg BBM nya S70 brp km/l ? trus klo odometernya udah tinggi apa yg mesti hati2,
apa ada kelemahan mesin atau kaki klo udah agak berumur sekitar 80 rb km apalagi 134 rb km ?
trus brp harga pasaran yg masih reasonable tuk th 98 ?
tks
Fuel Consumption S70 2.0T :
FC DaKot : 6 km/liter ke 7 km/liter
FC 50% DaKot 50% LuKot : 8 km/liter ke 9 km/liter.
FC 100 % LuKot : 11 km/liter.
Odometer udah tinggi gak jadi masalah, yang penting :
1. Periksa Mesin dari Kolong Boil ... sekiranya kering gak ada basah-basah oli ... OK.
2. Buka Tutup Pengisian Oli ... Check dalamannya ... pakai senter .... Jika bersih ... OK.
3. Periksa dipstick oli ... lihat olinya dan dipstick nya ... jika bersih ... OK.
4. Buka Tutup reservoir coolant ... kotor apa gak ... berminyak apa gak ... jika bersih dan gak berminyak ... OK
5. Start Boil .... Check AC ... kalau asih dingin OK ... kemudian
6. Belokkan stir mentok ke kiri beberapa detik (3 detik) ... dengarkan ada bunyi-bunyian gak .... begitu juga putar kekanan mentok selama 3 detik juga ... dengarkan lagi ada bunyi-bunyian gak .... kalau gak ada OK.
7. Jalankan boil pelan-pelan dengan stir belok mentok ... kekiri dan kekanan .... periksa ada bunyi-bunyian apa gak ... kalau gak ada OK.
8. Jalankan boil pada jalan yang gak rata ... ada bunyi-bunyian gluduk-gluduk gak ... kalau gak ada OK.
9. Jalankan boil di jalan toll (Test Drive untuk A/T) ... jalankan pada kecepatan 60 km/jam .... lalu tekan pedal gas (bejek) setengah mentok dalam beberapa detik kemudian lanjutkan bejek sampai mentok ... jika ada shift down dua kali ... berarti transmisinya OK.
10. Jalankan Boil pada jalan yang baik ... rasakan perpindahan gigi ... jika ada hentakan pada saat pindah gigi (ini untuk A/T) ... hati-hati dengan transmisinya ... mungkin udah gak beres ... jika perpindahannya masih mulus (smooth) ... OK.
11. Jalankan boil ditempat yang gak ramai pada kecepatan 60 km/jam ... REM secara mendadak (emergency Brake) ... jika dirasakan pada kaki ada pulsa bolak-balik ... berarti ABS nya masih berfungsi dan OK. Sekalian check juga PS Fluid nya.
12. Jika udah dibeli ... buru-buru :
a. Ganti Oli Mesin.
b. Ganti atau Flush Oli Transmisi.
c. Ganti dan Flush Radiator Coolant ... kalau perlu ganti sekalian THERMOSTAT-nya.
d. Ganti Filter Bensin.
e. Ganti dan Flush PS Fluid nya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
thank bro tambahannya
yang bagus pilih yang manual or AT tuk S70
klo lihat konsumsi besninya agak boros juga yaa, sy pernah pake carnival GS 2000 sekitar 9 km/l kadang 8 km/L
ane lirik kmarin ada yang S70 Manual th 98 dg km 143 rb dg harga 60 jt ex dirut, tapi ada juga S70 tipe AT dg Km 80 rb,
kiranya yang baik ambil yang mana ?
thank sbelumnya
yang bagus pilih yang manual or AT tuk S70
klo lihat konsumsi besninya agak boros juga yaa, sy pernah pake carnival GS 2000 sekitar 9 km/l kadang 8 km/L
ane lirik kmarin ada yang S70 Manual th 98 dg km 143 rb dg harga 60 jt ex dirut, tapi ada juga S70 tipe AT dg Km 80 rb,
kiranya yang baik ambil yang mana ?
thank sbelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Wah kalau yang kayak gini udah selera ... karena gw udah 1/2 abad ... jadi pilihan jatuh di AT ... cuman kalau mau yang lebih irit ... memang pilih yang manual ... Irit di Bensin ... Boros di Energi dalam Badan ... hehehehehehe .... Its Up To You.inoz wrote:thank bro tambahannya
yang bagus pilih yang manual or AT tuk S70
klo lihat konsumsi besninya agak boros juga yaa, sy pernah pake carnival GS 2000 sekitar 9 km/l kadang 8 km/L
ane lirik kmarin ada yang S70 Manual th 98 dg km 143 rb dg harga 60 jt ex dirut, tapi ada juga S70 tipe AT dg Km 80 rb,
kiranya yang baik ambil yang mana ?
thank sbelumnya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kalo udah bawa volvo enakan pake matik bro....inoz wrote:thank bro tambahannya
yang bagus pilih yang manual or AT tuk S70
klo lihat konsumsi besninya agak boros juga yaa, sy pernah pake carnival GS 2000 sekitar 9 km/l kadang 8 km/L
ane lirik kmarin ada yang S70 Manual th 98 dg km 143 rb dg harga 60 jt ex dirut, tapi ada juga S70 tipe AT dg Km 80 rb,
kiranya yang baik ambil yang mana ?
thank sbelumnya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
thank banget bro infonya
ternyata yg gue ince ehh pada manual semua, sesuai dg saran para senior, gue hunting lagi deh
emang ane punya dana sekitar rp 60-70 jt, pengennya sih dapet boil yg agak muda taonnya tapi jenis volvo
ane lihat2 yg seri 960 juga macem2 jenis, juga yang 940, mohon pencerahan yg harga terjangkau budget tp boil bagus gitu
ane sering lihat volvo ex KTT th 92 dan ex APEC 94, apa ini emang tipe boil luxury, trus gimana dg umurnya yg sdh agak tua
apa aja yg mesti hati2 ?, kmarin sdh dikaish saran cara lihat kondisi boil bagus thank
gue pengen boil sekend keren tapi harga terjangkau, emang gue blm pernah sih pakai mbl eropa
mohon pencerahan deh
thanks sebelumnya
ternyata yg gue ince ehh pada manual semua, sesuai dg saran para senior, gue hunting lagi deh
emang ane punya dana sekitar rp 60-70 jt, pengennya sih dapet boil yg agak muda taonnya tapi jenis volvo
ane lihat2 yg seri 960 juga macem2 jenis, juga yang 940, mohon pencerahan yg harga terjangkau budget tp boil bagus gitu
ane sering lihat volvo ex KTT th 92 dan ex APEC 94, apa ini emang tipe boil luxury, trus gimana dg umurnya yg sdh agak tua
apa aja yg mesti hati2 ?, kmarin sdh dikaish saran cara lihat kondisi boil bagus thank
gue pengen boil sekend keren tapi harga terjangkau, emang gue blm pernah sih pakai mbl eropa
mohon pencerahan deh
thanks sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
thank banget bro infonya
ternyata yg gue ince ehh pada manual semua, sesuai dg saran para senior, gue hunting lagi deh
emang ane punya dana sekitar rp 60-70 jt, pengennya sih dapet boil yg agak muda taonnya tapi jenis volvo
ane lihat2 yg seri 960 juga macem2 jenis, juga yang 940, mohon pencerahan yg harga terjangkau budget tp boil bagus gitu
ane sering lihat volvo ex KTT th 92 dan ex APEC 94, apa ini emang tipe boil luxury, trus gimana dg umurnya yg sdh agak tua
apa aja yg mesti hati2 ?, kmarin sdh dikaish saran cara lihat kondisi boil bagus thank
gue pengen boil sekend keren tapi harga terjangkau, emang gue blm pernah sih pakai mbl eropa
mohon pencerahan deh
thanks sebelumnya
ternyata yg gue ince ehh pada manual semua, sesuai dg saran para senior, gue hunting lagi deh
emang ane punya dana sekitar rp 60-70 jt, pengennya sih dapet boil yg agak muda taonnya tapi jenis volvo
ane lihat2 yg seri 960 juga macem2 jenis, juga yang 940, mohon pencerahan yg harga terjangkau budget tp boil bagus gitu
ane sering lihat volvo ex KTT th 92 dan ex APEC 94, apa ini emang tipe boil luxury, trus gimana dg umurnya yg sdh agak tua
apa aja yg mesti hati2 ?, kmarin sdh dikaish saran cara lihat kondisi boil bagus thank
gue pengen boil sekend keren tapi harga terjangkau, emang gue blm pernah sih pakai mbl eropa
mohon pencerahan deh
thanks sebelumnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
kayaknya volvo paling keren itu V70 deh.....designnya ok bgt.....inoz wrote:thank banget bro infonya
ternyata yg gue ince ehh pada manual semua, sesuai dg saran para senior, gue hunting lagi deh
emang ane punya dana sekitar rp 60-70 jt, pengennya sih dapet boil yg agak muda taonnya tapi jenis volvo
ane lihat2 yg seri 960 juga macem2 jenis, juga yang 940, mohon pencerahan yg harga terjangkau budget tp boil bagus gitu
ane sering lihat volvo ex KTT th 92 dan ex APEC 94, apa ini emang tipe boil luxury, trus gimana dg umurnya yg sdh agak tua
apa aja yg mesti hati2 ?, kmarin sdh dikaish saran cara lihat kondisi boil bagus thank
gue pengen boil sekend keren tapi harga terjangkau, emang gue blm pernah sih pakai mbl eropa
mohon pencerahan deh
thanks sebelumnya
kalo mau sporty, coba liat S40....udah 2.0 turbo
kalo 960 itu ada beberapa tipe mesin:
2.3ltr 4 cly, ada yang 2.3ltr tapi pake turbo, ada juga yang royal......3000cc 6 cyl
ciri2nya, kalo yang royal, headlampnya lebih "sipit" trus, lampu sein belakangnya sudah warna putih
Last edited by ween on Thu Nov 15, 2007 3:32, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
volvo model 960 biasa (bukan model royal yg mata sipit) yang ex ktt/apec itu juga mesinnya 3000cc 6 silinder
(beda di bentuk wiper dan alloy wheel)
kalo yang tipe 940 itu gak masuk indo bro.....yang ada di indo cuma 960.
kalo gw sih mending ambil S70 At (kalo demen tenaga gede bisa ambil S70 T5) dari pada seri 960 karena 960 itu interiornya terlihat "tua" sekali........apalagi tuas pembuka pintunya di dalam panel pintunya bentuknya aneh.....hehehe.......musti digeser mundur gitu......kalo yg S70 masih mending lah.
Kalo V70 kayaknya bukan selera gw deh...soalnya stwg.

kalo yang tipe 940 itu gak masuk indo bro.....yang ada di indo cuma 960.
kalo gw sih mending ambil S70 At (kalo demen tenaga gede bisa ambil S70 T5) dari pada seri 960 karena 960 itu interiornya terlihat "tua" sekali........apalagi tuas pembuka pintunya di dalam panel pintunya bentuknya aneh.....hehehe.......musti digeser mundur gitu......kalo yg S70 masih mending lah.
Kalo V70 kayaknya bukan selera gw deh...soalnya stwg.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
setuju bro dengan koment2 di atas
emang gue lihat tipe 960 itu kayaknya tuk org2 yg sdh mapan tua nya
gue pikir tipe ex KTT dan Apec itu kayaknya keren gitu dan luxury banget sebab jadi mobil tamu negara khan, pasti kualitasnya nomer wahid dan dipesan khusus, tapi tadi saran para senior, gue jadi manut eh
yaa he eh gua lagi hunting yg S70 AT, banyaknya yg manual mungkin harga barunya agak lebih murah kali dari yg AT,
tapi gue belum nemu S70 AT yg pas dibudget gue
ditunggu lagi deh klo ada pengalaman pengguna yang lainnya
thank bro
emang gue lihat tipe 960 itu kayaknya tuk org2 yg sdh mapan tua nya
gue pikir tipe ex KTT dan Apec itu kayaknya keren gitu dan luxury banget sebab jadi mobil tamu negara khan, pasti kualitasnya nomer wahid dan dipesan khusus, tapi tadi saran para senior, gue jadi manut eh
yaa he eh gua lagi hunting yg S70 AT, banyaknya yg manual mungkin harga barunya agak lebih murah kali dari yg AT,
tapi gue belum nemu S70 AT yg pas dibudget gue
ditunggu lagi deh klo ada pengalaman pengguna yang lainnya
thank bro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
IMO, mungkin lebih tepatnya yang gantiin S70 itu adalah S60 kali soalnya S70 itu kelas medium size sedan.inoz wrote:yang saya tahu S70 AT yang ada di indo mulai dari 1997 sd 2001 sebab setelah itu produk ini diganti dengan S40
smoga benar maaf klo salah
kalo S40 itu kan udah termasuk small size sedan......karena pake platformnya mitsu carisma (sekelas lancer)

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Oct 03, 2011 6:55
Re: plus minus volvo S70 th 98
old posting but still nice info,... thanks
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Jun 27, 2020 14:36
Re: plus minus volvo S70 th 98
Aufklarung information..
Pas banget nih, ane lagi naksir berat sama S70 silver manual 98.
Makasih ilmu nya Senior..
Pas banget nih, ane lagi naksir berat sama S70 silver manual 98.
Makasih ilmu nya Senior..