Mohon saran masukan = motor yang pas apa ya ....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Mohon saran masukan = motor yang pas apa ya ....
Salam sejahtera untuk semua pecinta motor... gue lagi milih2 motor baru yang pas apa ya.... Tinggi gue 177cm, berat 75kg, kayaknya gue cenderung memilih di antara Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Bajaj Pulsar (mana yang lebih kencang larinya dan tangguh mesinnya ?).... sayangnya Suzuki Thunder 250cc sudah gak dijual lagi ya.... dan sayangnya motor2 tersebut semuanya model sporty.... Gue suka model semi choper cruiser seperti Honda Phantom atau Kawasaki Eliminator..... Mungkin ada kawan2 yang sudah pernah memodif rangka/body/kaki2 Tiger/Scorpio/Bajaj sehingga mirip Phantom/Eliminator ? Maksudku, rider duduk di jok jadi lebih rendah, foot peg depan lebih maju, handle bar boleh model drag atau standar kayak Tiger..... Body keseluruhan jadi nampak rendah dan panjang...... Kalo ada, mohon gambarnya, dan info modifnya, dan bengkel yang membangunnya...... Lalu Scorpio apakah bisa dinaikkan cc-nya jadi 250 atau 300cc ? Ditunggu masukannya...... Thanx
Last edited by JESKONENG on Wed Oct 31, 2007 14:15, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Sekedar kesan visualku = Tiger gagah tongkrongannya, tapi kabarnya larinya kurang kencang ya.... Scorpio larinya kayak RX-King, tapi kok tongkrongannya terlalu kurus ramping, kurang kekar dan jarak antar roda terlalu dekat, kurang jauh.... Bajaj bobotnya paling berat ya, jadi larinya kurang cepet dong ? Mungkin solusinya, Scorpio diganti roda belakang yang agak tebal, pakai velg 16, swing arm ganti yang agak panjang, tangki diganti model teardrop gembung, monoshock blakang distel/diganti supaya body jadi lebih rendah, shock depan diganti yang lebih kekar..... ??? Mohon masukan....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
cuma masukan nih bos:
tiger:tekhnologi biasa aja,cuma spare part murah(banyak Subtitusi),irit.
Scorpio:kalo larinya emang bener nih motor ga ada habisnya,suer...tapi sparepart masih jarang yang ga ori,boros bener tapi setimpal dengan kencengnya.
pulsar:pendatang baru yang bikin heboh,tapi jangan salah walupun berat,larinya nih motor kenceng,kan tekhnologi dua busi
tiger:tekhnologi biasa aja,cuma spare part murah(banyak Subtitusi),irit.
Scorpio:kalo larinya emang bener nih motor ga ada habisnya,suer...tapi sparepart masih jarang yang ga ori,boros bener tapi setimpal dengan kencengnya.
pulsar:pendatang baru yang bikin heboh,tapi jangan salah walupun berat,larinya nih motor kenceng,kan tekhnologi dua busi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
he..he..he... nggak tau juga sih, tapi kalau ngeliat motogp kan kayanya keren tuh, lagian walaupun mereka ringnya 16-16,5 profil bannya kan ngedukung jadi tetep keliatan sperti pake ban yang ring 17.
cuma mustinya depannya mustinya sama dengan belakang juga.
Eh ngomong ngomong ternyata ban belakangnya diablo tuch ring 15 ya, wih itu sih emang kecil ya
cuma kalau diganti ke ring yang lebih besar misalnya ring 17 punyanya tiger atau scorpio, cakram belakang yang deket gir nggak bisa kepake dong (jadi pake yang sebelah kanan aja (belakang aja kali ya yg diganti, jadinya keren tuh kalau depannya lebih kecil dibanding yg belakang ring depan 16, ring belakang 17)
cuma mustinya depannya mustinya sama dengan belakang juga.
Eh ngomong ngomong ternyata ban belakangnya diablo tuch ring 15 ya, wih itu sih emang kecil ya
cuma kalau diganti ke ring yang lebih besar misalnya ring 17 punyanya tiger atau scorpio, cakram belakang yang deket gir nggak bisa kepake dong (jadi pake yang sebelah kanan aja (belakang aja kali ya yg diganti, jadinya keren tuh kalau depannya lebih kecil dibanding yg belakang ring depan 16, ring belakang 17)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
bener tuh..tambahan lg..SCORPIO Z udah pake monosok yg lain blm.swift wrote:cuma masukan nih bos:
tiger:tekhnologi biasa aja,cuma spare part murah(banyak Subtitusi),irit.
Scorpio:kalo larinya emang bener nih motor ga ada habisnya,suer...tapi sparepart masih jarang yang ga ori,boros bener tapi setimpal dengan kencengnya.
pulsar:pendatang baru yang bikin heboh,tapi jangan salah walupun berat,larinya nih motor kenceng,kan tekhnologi dua busi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
ok lah bro h3ndryq, ntar kalo ada duit dpn blkg gw ganti ama ring 17"-kalo di dealer si sedia ring 17" yg bisa dtkr tambah ama pelek lama kita tp ya ttp rada mahal jg (dpn bs double disc tp blkgnya emang ga bs kaya sblmny-lgian doubledisk yg belakang sering trouble, punya gw aja dicopot satu).
oya, lupa kasih opini. kalo gw sih prefer ke scorpio, mesinnya gede!-jd tetep nice looking kalo dimodif ala moge. performa jg dah kebukti tinggal ubah dikit2x aja biar ga keliat kurus...kalo sparepart yg pasti lebih gampang dicari drpd bajaj (yg msh baru) meski ga semurah honda.
oya, lupa kasih opini. kalo gw sih prefer ke scorpio, mesinnya gede!-jd tetep nice looking kalo dimodif ala moge. performa jg dah kebukti tinggal ubah dikit2x aja biar ga keliat kurus...kalo sparepart yg pasti lebih gampang dicari drpd bajaj (yg msh baru) meski ga semurah honda.
Last edited by blackpit on Sat Nov 03, 2007 11:31, edited 1 time in total.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Oct 24, 2007 6:06
Buat gw..awalnya mo motor idaman tigi..tp setelah menimbang-nimbang duit yang cekak!!!
dari semua motor sport yg ada, setelah survei sana-sini, tanya sana-sini..akhirna dengan tekad bulat pilihan gw jatuh ma Pulsi....
Buat gw yg tinggi 170an n berat 50-60 Kg..ga pernah nimbang soalna...Black Lychan mang muantappp..walopun ada beberapa kekurangan tentunya
..tp gw dah coba pake mudik ke bandung..trus gw lengkapi ma sidebag kiri-kanan plus Box Siomay Givi E45 n ban BT 45 depan belakang ...OK bangeetttt bro,...ga da yg namanya kehabisan tenaga tuch...
Ya menurut gw sich Worth it lah..ni Pulsi...
Black Lychan
Opanowski

Buat gw yg tinggi 170an n berat 50-60 Kg..ga pernah nimbang soalna...Black Lychan mang muantappp..walopun ada beberapa kekurangan tentunya

Ya menurut gw sich Worth it lah..ni Pulsi...
Black Lychan
Opanowski
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
- Location: JABOTABEK
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Wow.... Setelah memperhatikan masukan2 dengan seksama.... hehehe.... kayaknya pilihan tinggal antara Scorpio, Pulsar (mgkn nunggu yang 200cc ya ?) atau Diablo (ini motor modelnya kyk apa seh ?).... Gue misih ngiler sama model Phantom/Eliminator... tapi dimodif di mesin sehingga larinya makin mak nyoss.... Atau kalo keluar Tiger 250 bagus untuk diambil basis mesinnya ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
@bro jeskoneg, diabo 200s itu motor cina type sport bro. tampilanya emang gahar meski main comot sana sini: mesin mirip tiger, rangka & buritan mirip scorpio, cuman kaki2 aja yg beda. tp yg namanya motor cina (lokal) pasti ya..kualitasnya kalah ama motor jepang, meski blm tentu dlm soal larinya. sekarg ane jg lg pk diblo tp ga rekomendasiin ke org laen utk ikutan pk, kecuali dah tau sendiri kurang lebihnya.
setuju bro, ntar beli aja pulsar yg 200/220cc. nah, yg udah punya pulsar 180cc jg pd beli yak, jd natr ane bs beli secondnya lebih murah lagi..???!!!
setuju bro, ntar beli aja pulsar yg 200/220cc. nah, yg udah punya pulsar 180cc jg pd beli yak, jd natr ane bs beli secondnya lebih murah lagi..???!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Bro Jeskoneng kalau mau lihat bentuk diablo bisa lihat di thread yang ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... sc&start=0
Ane pernah liat dimana ya thread yang ngomongin motor yang model phantom ataupun eliminator. disitu ada motor china 250cc mesinnya model V, 2 piston. Lupa mereknya apa
Ane pernah liat dimana ya thread yang ngomongin motor yang model phantom ataupun eliminator. disitu ada motor china 250cc mesinnya model V, 2 piston. Lupa mereknya apa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
@ bro Blackpit, thanx penjelasan ttg Diablo-nya... tapi kalo memang cukup puas memakainya, ya gak usah ragu merekomendasikan sama kita2 dooong..... Diablo berapa cc, ada gambarnya kah ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
@bro jeskoneng
dr awal produksi thn 2005 smp skrg mesin diablo kapasitasnya 200cc begitupun dgn type trailnya. tp untuk produksi tahun 2008 ntar, kmgkinan mesinnya bakal diupgrade jd 225 cc. gw dah nyoba prototipe-nya, mantab! lebih enteng dan lebih agresif. oya, ada beberapa hal unik yg gw tau ttg diablo ini; (1)dalam keadaan standar, performa tiap motor diablo beda2x-mklum untuk perakitan & QC masih manual tgn dan feeling manusia. (2) settingan mesinnya adalah hasil racikan engineer balap senior di smrg, om jhon panggilannya (makanya performa msnnya beda dgn honda meski serupa bentuknya). gw ga gitu tau profilnya tp dia cukup terkenal di sini.(3)meski diproduksi di smrg, kebanyakan produk diablo larinya ke luar kota ato ke luar jawa.
sebenernya untuk performa mesin gw dah cukup puas, akselerasi dan powernya ok (bs ngebut pas nanjak), tampilan mogenya jg dah proposional. tp menurut gw bnyk komponen yg hrs dgnti krn kualitasnya kurang bagus, meski bs fungsi tp sy yakin kekuatan dan umur komponen tsb ga akan lama. itulah mengapa gw pikir ni motor blm layak u direkomendasikan..
untuk foto2 diablo dah ada di thread yg laen, tp gw jg sebenernya pgn upload foto motor gw sendiri, gw dah prnh coba2x tp ga muncul terus. sorry br pertama kalinya ikut forum online, anyone can help me?
dr awal produksi thn 2005 smp skrg mesin diablo kapasitasnya 200cc begitupun dgn type trailnya. tp untuk produksi tahun 2008 ntar, kmgkinan mesinnya bakal diupgrade jd 225 cc. gw dah nyoba prototipe-nya, mantab! lebih enteng dan lebih agresif. oya, ada beberapa hal unik yg gw tau ttg diablo ini; (1)dalam keadaan standar, performa tiap motor diablo beda2x-mklum untuk perakitan & QC masih manual tgn dan feeling manusia. (2) settingan mesinnya adalah hasil racikan engineer balap senior di smrg, om jhon panggilannya (makanya performa msnnya beda dgn honda meski serupa bentuknya). gw ga gitu tau profilnya tp dia cukup terkenal di sini.(3)meski diproduksi di smrg, kebanyakan produk diablo larinya ke luar kota ato ke luar jawa.
sebenernya untuk performa mesin gw dah cukup puas, akselerasi dan powernya ok (bs ngebut pas nanjak), tampilan mogenya jg dah proposional. tp menurut gw bnyk komponen yg hrs dgnti krn kualitasnya kurang bagus, meski bs fungsi tp sy yakin kekuatan dan umur komponen tsb ga akan lama. itulah mengapa gw pikir ni motor blm layak u direkomendasikan..
untuk foto2 diablo dah ada di thread yg laen, tp gw jg sebenernya pgn upload foto motor gw sendiri, gw dah prnh coba2x tp ga muncul terus. sorry br pertama kalinya ikut forum online, anyone can help me?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Bro Blackpit, keren juga Diablo ya... boleh nanya2 ?
- Top speed bisa berapa Kpj ? Bisa ngelewatin Tiger kan ?
- Brapa ukuran velg/roda ?
- Komponen apa aja yg sebaiknya diganti (dengan milik Tiger/Scorpio) ?
- Top speed bisa berapa Kpj ? Bisa ngelewatin Tiger kan ?
- Brapa ukuran velg/roda ?
- Komponen apa aja yg sebaiknya diganti (dengan milik Tiger/Scorpio) ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
dulu pas beli ya itu alasannya bro, keliatan gede, "keren" dan beda! faktor2 lain ga kepikiran selain drpd sparepatnya yg bisa dioplos dgn motor laen. maklum msh amatiran soal motor. ok, jwb pertanyaan bro jeskoneng;
akselerasi: beranilah diadu sama honda GL series standar
power; jagonya tanjakan, yah..wajarnya 200cc
top speed: dari beberapa rider diablo yg prnh gw tanya si ada dikisaran 130-150kpj brdsrkan spedometer aslinya. gw sendiri pernah nyampe 142 kpj tp stelah ganti jeroan speedometer dgn pnya tiger ga pernah nyampe segitu plg cmn 130-an kpj.
ukuran roda: depan 100/90-16 dan blkg 110/90-15, aneh yak? tp untuk diablo 2007 sdh pk velg racing palang 3 ring 17. gw si pgnnya dpn-blkng ring 16 tp ssh nyarinya.
sepengalaman gw ada beberapa faktor yg menghambat laju diablo; bobot motor yg cukup berat, terutama dr rodanya. faring dan bentuk velg yg krg aerodinamis, apalagi kalo ada angin dr samping yg cukup besar. dan kerena gedenya itu jg, dibandingin motor lain diablo krg gesit dijalanan kota.
overall kualitas mocin diablo masih dibawah motor jepang, makanya biar tambah PD makenya sedikit2 gw lakuin upgrade (terutama penampilannya), yah..meski bs dibilang pemborosan:
-mesin blm byk gw ubah, cmn ujung poros noken as nya aja yg gw kasih laker
-suspensi dpn blkg gw kerasin dikit.
-kelistrikan (kabel body, regulator, accu, holder kiri kanan) gw ganti punya tiger. pgn gnti
kumparan jg tp mahal
-selang oil cooler ganti dgn yg lbh kuat (krn ga pk pipa besi kecil kaya di fu, klo pk selang biasa bkl
cpt mlepuh)
-setelan rantai (pk scorpio) dan busing as roda blkng custom, aslinya kurang persisi.
-box accu, box & elemen filter ganti punya scorpio, aslinya krg tebel.
-spion kawasaki ninja 150 rr, aslinya cermin datar.
-footstep ganti pnya scorpio (depan) dan satria fu (blkng). aslinya mirip scorpio tp jelek.
-jeroaan speedo meter pny tiger. aslinya mgkn krg akurat
-busa jok scorpio, aslinya kurang empuk. sayang plat jok-nya mirip tp ga pas di diablo.
-beberapa mur & baut jg gw ganti dgn yg lebih bagus kualitasnya.
sementara cmn itu bro yg gw ubah, ntar kalo udah kebukti performa mesinnya bagus, gw berani keluar duit untuk modif lebih lanjut.
akselerasi: beranilah diadu sama honda GL series standar
power; jagonya tanjakan, yah..wajarnya 200cc
top speed: dari beberapa rider diablo yg prnh gw tanya si ada dikisaran 130-150kpj brdsrkan spedometer aslinya. gw sendiri pernah nyampe 142 kpj tp stelah ganti jeroan speedometer dgn pnya tiger ga pernah nyampe segitu plg cmn 130-an kpj.
ukuran roda: depan 100/90-16 dan blkg 110/90-15, aneh yak? tp untuk diablo 2007 sdh pk velg racing palang 3 ring 17. gw si pgnnya dpn-blkng ring 16 tp ssh nyarinya.
sepengalaman gw ada beberapa faktor yg menghambat laju diablo; bobot motor yg cukup berat, terutama dr rodanya. faring dan bentuk velg yg krg aerodinamis, apalagi kalo ada angin dr samping yg cukup besar. dan kerena gedenya itu jg, dibandingin motor lain diablo krg gesit dijalanan kota.
overall kualitas mocin diablo masih dibawah motor jepang, makanya biar tambah PD makenya sedikit2 gw lakuin upgrade (terutama penampilannya), yah..meski bs dibilang pemborosan:
-mesin blm byk gw ubah, cmn ujung poros noken as nya aja yg gw kasih laker
-suspensi dpn blkg gw kerasin dikit.
-kelistrikan (kabel body, regulator, accu, holder kiri kanan) gw ganti punya tiger. pgn gnti
kumparan jg tp mahal
-selang oil cooler ganti dgn yg lbh kuat (krn ga pk pipa besi kecil kaya di fu, klo pk selang biasa bkl
cpt mlepuh)
-setelan rantai (pk scorpio) dan busing as roda blkng custom, aslinya kurang persisi.
-box accu, box & elemen filter ganti punya scorpio, aslinya krg tebel.
-spion kawasaki ninja 150 rr, aslinya cermin datar.
-footstep ganti pnya scorpio (depan) dan satria fu (blkng). aslinya mirip scorpio tp jelek.
-jeroaan speedo meter pny tiger. aslinya mgkn krg akurat
-busa jok scorpio, aslinya kurang empuk. sayang plat jok-nya mirip tp ga pas di diablo.
-beberapa mur & baut jg gw ganti dgn yg lebih bagus kualitasnya.
sementara cmn itu bro yg gw ubah, ntar kalo udah kebukti performa mesinnya bagus, gw berani keluar duit untuk modif lebih lanjut.
Last edited by blackpit on Tue Nov 06, 2007 1:10, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Trims Blackpit... Memang lingkar rodanya aja yang nampak agak aneh.... Lumayan banyak ya yang perlu diubah... Gimana dengan dayatahan mesinnya ? Mudah2an produk Diablo dari taun ke taun makin meningkat ya kualitasnya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Fri Oct 19, 2007 2:45
- Location: 024-mataram
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
IMO kok nggak langsung ambil Phantom aja bro ? soalnya yah.... biaya modif itung2 ntar jatuhnya ampir sama juga
itupun klo nemu modifikator yang jago, yang ngerti balance antara fungsi dan looks (MEFRIK istilanye
)
klo modifikatornya asal... ya... susah de
tapi tergantung orangnya sih, gw nggak begitu demen modif try n error soalnya
omong2... ini motor mo dipake harian kota2 plus turing, ato harian kota2 aja ?
itupun klo nemu modifikator yang jago, yang ngerti balance antara fungsi dan looks (MEFRIK istilanye

klo modifikatornya asal... ya... susah de
tapi tergantung orangnya sih, gw nggak begitu demen modif try n error soalnya
omong2... ini motor mo dipake harian kota2 plus turing, ato harian kota2 aja ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys