Ikut meramaikan aja... maap kalo OOT....
Saya bicara dari merk aja ya....
1. Honda. Dulu dikenal dengan spareparts yang mahal. Tapi sekarang ga tuh!! Yang masih mahal cuma jeroan mesin.... tapi yang lainnya malah bisa lebih murah dari Toyota sekalipun.. Rewelnya biasa di bagian kaki kalo yang punya dulu senengnya ceper ato jalan rusak maen hajar aja. Trus juga biasanya bagian sistem pendingin mesin, karena orang kita suka sembarangan ngisi aer radiator make aer biasa...ketika usia mulai lanjut, bermasalah tuh water jacket, jalur aer, ato radiator ply...
Untuk tipe Genio sering juga bermasalah di kaliper rem. Sering bunyi "gruduk-gruduk" kalo jalan keriting (conblok). Kalo dah parah malah bisa sampe "klinting-klinting" kaya lonceng sapi...serius...

. Penyebabnya baut dudukan rumah caliper yang berfungsi sebagai floating buat rem, sudah aus rumahnya. Biasanya di dealer dibalut ama pelat tipis tuh baut jahanam, bertahan kira-kira 3 tahun dalam pemakaian normal. Informasi dari HPM 1 dari 100 Genio bermasalah disini. Kayanya cacat prabik deh...
2. Mitsubishi. Spare part mahal dan susah dicari alias harus pesan dulu. Tapi dari segi ketahanan mungkin bisa menang. Lagian Mitsubishi namanya kondang kalo ini mobil kenceng, tapi mungkin cuma yang GTi ya.... Penyakit biasa di kaki juga, sebabnya mungkin sama dengan yang diatas. Yang lain kurang tau, mungkin bisa dibantu ama bung digitALL...
3. Toyota. Bengkel dimana-mana ada, banyak yang ngerti mesinnya. Dulu s
Utarlet sempat jadi raja jalanan sebelum keluar Nouva kalo ga salah. Spare part mudah dicari, mau yang asli apa palsu kualitas nomer 24 juga ada! Harga spare part asli setau saya lebih mahal dikit dari Honda...maaf kalo keliru. Tapi agak repot, karena starlet masi make platina kalo ga salah.
4. Karimun. Bagian perawatan lebih gampang lagi, hampir setiap bengkel bisa megang, basis mesin sama seperti Katana, Jadi umum sekali. Sparepart murah meriah, trus kemarin di Surabaya muat 40 orang tuh katanya. Banyak banget kan?
Mesin ga rewel, semua yang diatas sepertinya relialble kalo bagian mesin. Sparepart gampang dan murah, IMHO cuma Toyota, Honda, Suzuki.
Masalah perawatan, IMHO mending yang injeksi. Yang karburator harus agak sering overhaul karburator berhubung bensin kita jelek. Saluran banyak yang mengecil meski ga sampe tersumbat. Disemprot make Carb Spray/Carb Jet kadang ga bantu karena yang kena cuma jalur udaranya. Jalur bensin sih ga. Lagian karburator ada membran pompa akselerator, yang kalo sudah usia suka getas/keras/robek. Akselerator bermasalah kalo untuk merk Toyota kayanya ada repair kitnya. Kalo Untuk Suzuki kayanya ga ada deh.
Kalo untuk injeksi bisa tune-up ndiri. Stel klep (untuk yang masih harus disetel), bersihin filter bensin dan udara, oli+filter, semprot throttle body make carb spray/carbjet/dcs, stel gap busi, bersihin distributor, udah deh. Ga usah setel karburator lagi...biar aja ECU yang mikir...
Ini cuma pendapat saya... ditunggu komentar rekan-rekan yang lain...
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....