Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..
apa sih beda keduanya dan spesifikasi lebihjauhnya?
supercharge :
menggunakan putaran mesin utk memutar turbin nya, ada 2 tipe, tapi lupa apa aja hehehe
keunggulan :
langsung bekerja ketika mesin nyala, jadi sejak anda mulai nge gas, itu supercharge nya dah ON
kerugian :
menggunakan putaran mesin = membebani mesin = mesin lebih berat kerjanya.
turbocharge :
menggunakan sisa gas buang utk memutar turbin, ada bbrp tipe, ball bearing turbo dll
keuntungan :
lebih efektif dan tidak membebani mesin, perhatikan mobil2 yg super super kenceng, rata2 pake turbo di bandingkan pakai supercharge
kerugian :
membutuhkan waktu utk boost optimal, tidak seperti supercharge karena, kumpulan gas buang tadi baru kick down di rpm tinggi, mis 3500 / 4000
ke 2 nya mengakibatkan udara yg masuk ke ruang bakar menjadi panas, karena tekanan nya dan juga karena efek dari panas gas buang ( pada turbo )
oleh karena itu di pasang yang namanya INTERCOOLER
sekian dulu
terima kasih
menggunakan putaran mesin utk memutar turbin nya, ada 2 tipe, tapi lupa apa aja hehehe
keunggulan :
langsung bekerja ketika mesin nyala, jadi sejak anda mulai nge gas, itu supercharge nya dah ON
kerugian :
menggunakan putaran mesin = membebani mesin = mesin lebih berat kerjanya.
turbocharge :
menggunakan sisa gas buang utk memutar turbin, ada bbrp tipe, ball bearing turbo dll
keuntungan :
lebih efektif dan tidak membebani mesin, perhatikan mobil2 yg super super kenceng, rata2 pake turbo di bandingkan pakai supercharge
kerugian :
membutuhkan waktu utk boost optimal, tidak seperti supercharge karena, kumpulan gas buang tadi baru kick down di rpm tinggi, mis 3500 / 4000
ke 2 nya mengakibatkan udara yg masuk ke ruang bakar menjadi panas, karena tekanan nya dan juga karena efek dari panas gas buang ( pada turbo )
oleh karena itu di pasang yang namanya INTERCOOLER
sekian dulu
terima kasih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Wah, boljug tuh infonya... 
Tapi kalau untuk harian mungkin lebih pantes make supercharger ya...(Mercy itu yang namanya Kompressor bukan si....) karena tidak perlu putaran mesin tinggi buat ngeluarin boost maximal...
Sepertinya turbocharger lebih pantes buat mobil sport, yang emang mainnya diputaran atas terus.... hehehhee.... hedop redline lah!!!
Emang ada yang mo install ya? Ada yang tau ga merk turbo/super yang baik buat mesin mobil tertentu? Misalnya Honda make apa, Toyota make apa, Mitsubishi make apa, Mazda make apa. Yang aftermarket kalo buat Honda, abisnya Honda ga ngluarin mesin turbo, kata mereka mesin N/A kami dah cukup bisa ngejer kok, ngapain make turbo? Sombong ye....
Trus persyaratan untuk make turbo apa ya? Oli, timing ignition, bahan bakar, perpipaan, rasio kompresi, ECU, timer, etc...
Terima kasih atas infonya...

Tapi kalau untuk harian mungkin lebih pantes make supercharger ya...(Mercy itu yang namanya Kompressor bukan si....) karena tidak perlu putaran mesin tinggi buat ngeluarin boost maximal...
Sepertinya turbocharger lebih pantes buat mobil sport, yang emang mainnya diputaran atas terus.... hehehhee.... hedop redline lah!!!

Emang ada yang mo install ya? Ada yang tau ga merk turbo/super yang baik buat mesin mobil tertentu? Misalnya Honda make apa, Toyota make apa, Mitsubishi make apa, Mazda make apa. Yang aftermarket kalo buat Honda, abisnya Honda ga ngluarin mesin turbo, kata mereka mesin N/A kami dah cukup bisa ngejer kok, ngapain make turbo? Sombong ye....
Trus persyaratan untuk make turbo apa ya? Oli, timing ignition, bahan bakar, perpipaan, rasio kompresi, ECU, timer, etc...
Terima kasih atas infonya...
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
bener...di mercy namanya kompressor, buat boost max sih seperti tetep hrs putaran at least agak tinggi ya, karena sekali lagi kan menggunakan putaran mesin, makin tinggi rpm = makin tinggi juga rpm si superchargebaronth wrote:Tapi kalau untuk harian mungkin lebih pantes make supercharger ya...(Mercy itu yang namanya Kompressor bukan si....) karena tidak perlu putaran mesin tinggi buat ngeluarin boost maximal...
tapi bisa diakalin tuh
pulley supercharge nya buat lagi yg diameter nya lebih kecil...jadi misalnya tadinya ukuran nya 1:4 di banding pulley mesin ; 1 putaran mesin = 4 kali putaran puleey supercharge
nah di kecilin jadi misalnya 1:6 kan otomatis jadi lebih buanyak putaran tuh supercharge = boost nya bisa lebih gede
sekian dulu
silahkan bung baronth utk penjelasan nya
merk sih ga ada yg spesifik ya buat ini pake ini itu pake itu
biasanya sih kalo ga garret ihi nissan, palagi ya lupa deh....
Honda ama mitsu spt evo biasanya sih garret TD04 / 05
biasanya sih kalo ga garret ihi nissan, palagi ya lupa deh....
Honda ama mitsu spt evo biasanya sih garret TD04 / 05
base on fact kok kata saya sih..maklum maniak Hondakalo buat Honda, abisnya Honda ga ngluarin mesin turbo, kata mereka mesin N/A kami dah cukup bisa ngejer kok, ngapain make turbo? Sombong ye.
syarat turbo ya
maksudnya kalo N/A mau di buat turbo kali ya
mungkin gini :
pas saat turbo nembak ( nge boost) itu kompresi yg di hasilkan bisa nambahnya gila2 an oom baron
mungkin bisa naek antara 6 - 8 ( tergantung besar boost nya berapa Bar / psi ) 1 bar = 14 psi kalo ga salah, maklum dah lama ga menggauli mobil
so kira2 buat bung baron sih dah tahu donk apa y hrs di kerjain kalo nambah kompresi segede gitu ?
turunin kompresi standar nya, misalnya dari 9,5 : 1 jadi 8 : 1, bisa sih ga turun kompresi tapi maen low boost, ato di bawah 1 Bar/14 psi tadi
aman sih aman, tapi terus terang rada ngeri juga, terutama soal piston takut leleh, kebayangan aja donk tuh piston di paksa kerjanya gimana...hehehehe
tambah lagi
kalo kompresi gede atomatis pasokan bensin juga hrs buanyak dong....jadi setting ECU utk campuran bnsin juga perlu di rubah, timing juga, fuel pump juga, kalo udah agak extreme injector juga hrs di ganti ke yg lebih besar kemampuan semprotan nya misalnya 440 cc/ menit etc
oli sih lebih encer lebih bgs kali ya buat semua mobil juga, tapi ya itu jadi sering abis karena cepet nguap
perpipaan maksud nya ?
air pam ???
tahu sih ....tapi nanti ah..dah panjang capek ngetiknya
sekian bung baronth heheeheeh
maksudnya kalo N/A mau di buat turbo kali ya
mungkin gini :
pas saat turbo nembak ( nge boost) itu kompresi yg di hasilkan bisa nambahnya gila2 an oom baron
mungkin bisa naek antara 6 - 8 ( tergantung besar boost nya berapa Bar / psi ) 1 bar = 14 psi kalo ga salah, maklum dah lama ga menggauli mobil
so kira2 buat bung baron sih dah tahu donk apa y hrs di kerjain kalo nambah kompresi segede gitu ?
turunin kompresi standar nya, misalnya dari 9,5 : 1 jadi 8 : 1, bisa sih ga turun kompresi tapi maen low boost, ato di bawah 1 Bar/14 psi tadi
aman sih aman, tapi terus terang rada ngeri juga, terutama soal piston takut leleh, kebayangan aja donk tuh piston di paksa kerjanya gimana...hehehehe
tambah lagi
kalo kompresi gede atomatis pasokan bensin juga hrs buanyak dong....jadi setting ECU utk campuran bnsin juga perlu di rubah, timing juga, fuel pump juga, kalo udah agak extreme injector juga hrs di ganti ke yg lebih besar kemampuan semprotan nya misalnya 440 cc/ menit etc
oli sih lebih encer lebih bgs kali ya buat semua mobil juga, tapi ya itu jadi sering abis karena cepet nguap
perpipaan maksud nya ?
air pam ???
tahu sih ....tapi nanti ah..dah panjang capek ngetiknya
sekian bung baronth heheeheeh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Kebanyakan mobil Drag amerika menggunakan Supercharge. Sedangkan Australia, Eropa dan Jepang hampir semuanya mengandalkan Turbo. Kenapa hal ini bisa terjadi?
Padahal kalo dilihat dari jalannya (spek mobil standar pake superchg/turbochg) di amerika lebih cocok Turbo karena panjang dan lenggang. Otomatis putaran bawah dikorbankan ndak masalah kan?
Padahal kalo dilihat dari jalannya (spek mobil standar pake superchg/turbochg) di amerika lebih cocok Turbo karena panjang dan lenggang. Otomatis putaran bawah dikorbankan ndak masalah kan?
mungkin ya......drag amerika itu kan supercharge dah segede sapi gitu
mereka bener2 dah kejar puteran bwh atas tengah semua kali ya
terus terang SC ama turbo sih jauh enak turbo kemana2 sih yg saya pernah rasain..
ntar deh saya selidik lebih jauh kenapanya ya
tapi kalo di US yg drag mobil import ( jepang ) rata2 pake turbo kok
mereka bener2 dah kejar puteran bwh atas tengah semua kali ya
terus terang SC ama turbo sih jauh enak turbo kemana2 sih yg saya pernah rasain..
ntar deh saya selidik lebih jauh kenapanya ya
tapi kalo di US yg drag mobil import ( jepang ) rata2 pake turbo kok
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Turbocharger (TC) dan Supercharger (SC) sama-sama erat hubungannya dengan penambahan tenaga. Tetapi sebenarnya ada perbedaan orinsip pada kedua peranti ini.
Untuk meningkatkan tenaga mesin .TC dan SC adalah dua system yang seringkali di pakai. Meskipun sering di sebut,tak urung muncul keracunan mengartikan keduanya .
Menurut Society of Automotive Engineers (SAE), TC berfungsi menambah tekanan dan keperekatan dari cairan – dalam hal ini campuran udara dan bensin – yang masuk ke ruang baker mesin bensin. Untuk itu digunakan kompresor yang digerakan turbin melalui pemanfaatan tenaga dan tekanan gas sisa pembakaran. Bila mengacu pada kamus bahasa otomotif, supercharger adalah sebuah kompresor yang bekerja secara mekanis, digerakan puli crankshaft dengan bantuan tali pengerak (belt driven).
Di sisi lain, ada kesamaan dalam prinsip dasar unjuk kerjanya. Turbocharger (dan Supercharger) berfungsi seperti pompa uang menambah tenaga mesin piston dengan cara memberi tekanan kebih besar pada udara tambahan ke dalam stiap silinder. TEkanan yang di hasilkan kompresor di peroleh berkat bantuan sepasang gigi nanas dengan putaran berlawanan arah. Penambahan tekanan udara tadi berhubungan langsung dengan peningkatan perbandingan kompresi. Pemasangan turbo atau super charger pada mesin standar bias meningkatkan performa hingga 50% tanpa perlu menambah kapasitasnya.
Kelebihan supercharger ialah tersedianya tenaga seketika (instant power) pada putaran mesin rendah. Sehingga tidak terjadi kesenjangan waktu antara tekanan pedal gas dan reaksi mesin seperti pada Turbocharger. Soalnya, supercharger langsung menghasilkan tekanan ketika mesin dihidupkan.
Sayangnya,selian berat bentuknya pun banyak menyita kompartemen mesin. Peranti ini juga akan terus berfungsi walaupun pengemudi tidak memerlukan tenaga tambahan sehingga pemakaian bahan baker lebih boros. Untuk mengatasi kekurangan tersebut saat ini di temukan jalan keluarnya dengan memasang kopling elektronik yang akan mengerakan supercharger pada putaran tertentu. Supercharger terbaru ini sudah di gunakan Mercedes SLK.
Dalam pengukuran kekuatan tekananya. Supercharger memilii satuan berbeda walau ada kesepakatan mengacu pada Pounds-persquare-inch (Psi), tapi di eropa umumnya ukuran tekanan supercharger memakai satuan Bar, Sementara di arena Indycar dikenal istilah iches of boost, kependekan dari Inches of mercury manifold boost pressure.
Turbocharger sendiri memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger berbentuk mirip sudut (keong). Oleh sebuah poros, kipas atau turbin di hubungkan ke kipas atau turbin dihubungkan ke kipas kompresor yang di pasang di sebelah lain dari rumah turbo charger. Beberapa kelebihan turbocharger disbanding supercharger antara lain bobotnya ringan, dimensinya kecil sehingga memudahkan penempatanya. Turbo juga tidak membutuhkan suplai bahan baker lebih banyak dalam pemakaian normal, karena hanya memanfaatkan gas buang.
Dibalik keunggulanya turbocharger pun memiliki kekurangan yang kerap dijumpai, turbo-lag. Yakni, keterlambatan reaksi karena ada jeda waktu ketika pedal gas di tekan sampai tercapainya tekanan gas buang yang cukup memutar turbin. Untuk menghindari kelemahan ini, banyak pabrikan memilih memasang dua unit turbo kecil yang tidak membutuhkan tekanan tinggi dan dapat bereaksi lebih cepat sekaligus mampu memompa udara lebih banyak sehingga meperbaiki daya akselerasi. Tapi cara tersebut tidak selalu menjadi pilihan utama. Toyota misalnya, memasang dua turbo yang berbeda kemampuanya. Sebuah turbocharger kecil berfungsi sebagai pemicu akselerasi pada putaran rendah. Lalu saat mesin mencapai putaran tinggi, Fungsi turbo kecil tadi diambil alih turbo yang lebih besar. Sistem ini dikenal dengan nama sequential turbocharger . Yang perlu menjadi perhatian suhu pelumas mesin turbo umumnya lebih tinggi sehingga pemakaian oli perlu di jaga secara teratur.
Karena itu ,dalam perkembangan fungsi dan kebutuhanya, turbo dan supercharger modern di lengkapi intercooler yang biasanya di pasang pada posisi yang berhubungan langsung dengan aliran udara dari luar di bawah bemper atau tepat di balik kap mesin. Udara yang di keluarkan dari saluran buang mesin menuju ke saluran masuk turbo atau supercharger, mempunyai suhu tinggi yang akan terus menghasilkan tenaga maksimal termperatur udara yang amat tinggi sering membuat kipas, turbin dan rumah turbo jadi membara.
Itu sebabnya udara panas tadi dialirkan lebih dahulu ke intercooler. Disini, udara panas tadi dialirkan melewati kisi-kisi intercoler yang dilapisi water jacket untuk didinginkan .
Sekarang, pilih mana dari kedua piranti ini agar sesuai dengan kebutuhan?
Untuk meningkatkan tenaga mesin .TC dan SC adalah dua system yang seringkali di pakai. Meskipun sering di sebut,tak urung muncul keracunan mengartikan keduanya .
Menurut Society of Automotive Engineers (SAE), TC berfungsi menambah tekanan dan keperekatan dari cairan – dalam hal ini campuran udara dan bensin – yang masuk ke ruang baker mesin bensin. Untuk itu digunakan kompresor yang digerakan turbin melalui pemanfaatan tenaga dan tekanan gas sisa pembakaran. Bila mengacu pada kamus bahasa otomotif, supercharger adalah sebuah kompresor yang bekerja secara mekanis, digerakan puli crankshaft dengan bantuan tali pengerak (belt driven).
Di sisi lain, ada kesamaan dalam prinsip dasar unjuk kerjanya. Turbocharger (dan Supercharger) berfungsi seperti pompa uang menambah tenaga mesin piston dengan cara memberi tekanan kebih besar pada udara tambahan ke dalam stiap silinder. TEkanan yang di hasilkan kompresor di peroleh berkat bantuan sepasang gigi nanas dengan putaran berlawanan arah. Penambahan tekanan udara tadi berhubungan langsung dengan peningkatan perbandingan kompresi. Pemasangan turbo atau super charger pada mesin standar bias meningkatkan performa hingga 50% tanpa perlu menambah kapasitasnya.
Kelebihan supercharger ialah tersedianya tenaga seketika (instant power) pada putaran mesin rendah. Sehingga tidak terjadi kesenjangan waktu antara tekanan pedal gas dan reaksi mesin seperti pada Turbocharger. Soalnya, supercharger langsung menghasilkan tekanan ketika mesin dihidupkan.
Sayangnya,selian berat bentuknya pun banyak menyita kompartemen mesin. Peranti ini juga akan terus berfungsi walaupun pengemudi tidak memerlukan tenaga tambahan sehingga pemakaian bahan baker lebih boros. Untuk mengatasi kekurangan tersebut saat ini di temukan jalan keluarnya dengan memasang kopling elektronik yang akan mengerakan supercharger pada putaran tertentu. Supercharger terbaru ini sudah di gunakan Mercedes SLK.
Dalam pengukuran kekuatan tekananya. Supercharger memilii satuan berbeda walau ada kesepakatan mengacu pada Pounds-persquare-inch (Psi), tapi di eropa umumnya ukuran tekanan supercharger memakai satuan Bar, Sementara di arena Indycar dikenal istilah iches of boost, kependekan dari Inches of mercury manifold boost pressure.
Turbocharger sendiri memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger berbentuk mirip sudut (keong). Oleh sebuah poros, kipas atau turbin di hubungkan ke kipas atau turbin dihubungkan ke kipas kompresor yang di pasang di sebelah lain dari rumah turbo charger. Beberapa kelebihan turbocharger disbanding supercharger antara lain bobotnya ringan, dimensinya kecil sehingga memudahkan penempatanya. Turbo juga tidak membutuhkan suplai bahan baker lebih banyak dalam pemakaian normal, karena hanya memanfaatkan gas buang.
Dibalik keunggulanya turbocharger pun memiliki kekurangan yang kerap dijumpai, turbo-lag. Yakni, keterlambatan reaksi karena ada jeda waktu ketika pedal gas di tekan sampai tercapainya tekanan gas buang yang cukup memutar turbin. Untuk menghindari kelemahan ini, banyak pabrikan memilih memasang dua unit turbo kecil yang tidak membutuhkan tekanan tinggi dan dapat bereaksi lebih cepat sekaligus mampu memompa udara lebih banyak sehingga meperbaiki daya akselerasi. Tapi cara tersebut tidak selalu menjadi pilihan utama. Toyota misalnya, memasang dua turbo yang berbeda kemampuanya. Sebuah turbocharger kecil berfungsi sebagai pemicu akselerasi pada putaran rendah. Lalu saat mesin mencapai putaran tinggi, Fungsi turbo kecil tadi diambil alih turbo yang lebih besar. Sistem ini dikenal dengan nama sequential turbocharger . Yang perlu menjadi perhatian suhu pelumas mesin turbo umumnya lebih tinggi sehingga pemakaian oli perlu di jaga secara teratur.
Karena itu ,dalam perkembangan fungsi dan kebutuhanya, turbo dan supercharger modern di lengkapi intercooler yang biasanya di pasang pada posisi yang berhubungan langsung dengan aliran udara dari luar di bawah bemper atau tepat di balik kap mesin. Udara yang di keluarkan dari saluran buang mesin menuju ke saluran masuk turbo atau supercharger, mempunyai suhu tinggi yang akan terus menghasilkan tenaga maksimal termperatur udara yang amat tinggi sering membuat kipas, turbin dan rumah turbo jadi membara.
Itu sebabnya udara panas tadi dialirkan lebih dahulu ke intercooler. Disini, udara panas tadi dialirkan melewati kisi-kisi intercoler yang dilapisi water jacket untuk didinginkan .
Sekarang, pilih mana dari kedua piranti ini agar sesuai dengan kebutuhan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Baut?.. , buat kali.. huehue.. ngg gue rasa sih susah ya .. kan 2 tak masih pake oli samping.. , bisa2 abis duluan oli nya.. , bisa nya kan buat yang 4 tak.. , satu2 nya motor pabrikan yang pake turbo gue cuman baru liat tuh Suzuki Hayabusa..indy wrote:Wah besok gw kalo ujian TC ma SC dapet nilai 10.
Thanx alot...Mr Takumi. Sekedar iseng aja nih kalo baut mesin 2-tak bisa nggak ya??![]()
.....tapi saya serius tanya lho!
anrjit kenceng nya najiz ....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man