Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Lebih jauh mengenai supercharger dan turbocharger..

Post by electrofuq »

apa sih beda keduanya dan spesifikasi lebihjauhnya?
Demonium

Post by Demonium »

supercharge :
menggunakan putaran mesin utk memutar turbin nya, ada 2 tipe, tapi lupa apa aja hehehe

keunggulan :
langsung bekerja ketika mesin nyala, jadi sejak anda mulai nge gas, itu supercharge nya dah ON

kerugian :
menggunakan putaran mesin = membebani mesin = mesin lebih berat kerjanya.


turbocharge :
menggunakan sisa gas buang utk memutar turbin, ada bbrp tipe, ball bearing turbo dll

keuntungan :
lebih efektif dan tidak membebani mesin, perhatikan mobil2 yg super super kenceng, rata2 pake turbo di bandingkan pakai supercharge

kerugian :
membutuhkan waktu utk boost optimal, tidak seperti supercharge karena, kumpulan gas buang tadi baru kick down di rpm tinggi, mis 3500 / 4000

ke 2 nya mengakibatkan udara yg masuk ke ruang bakar menjadi panas, karena tekanan nya dan juga karena efek dari panas gas buang ( pada turbo )
oleh karena itu di pasang yang namanya INTERCOOLER

sekian dulu

terima kasih
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Wah, boljug tuh infonya... :)

Tapi kalau untuk harian mungkin lebih pantes make supercharger ya...(Mercy itu yang namanya Kompressor bukan si....) karena tidak perlu putaran mesin tinggi buat ngeluarin boost maximal...

Sepertinya turbocharger lebih pantes buat mobil sport, yang emang mainnya diputaran atas terus.... hehehhee.... hedop redline lah!!! :lol:

Emang ada yang mo install ya? Ada yang tau ga merk turbo/super yang baik buat mesin mobil tertentu? Misalnya Honda make apa, Toyota make apa, Mitsubishi make apa, Mazda make apa. Yang aftermarket kalo buat Honda, abisnya Honda ga ngluarin mesin turbo, kata mereka mesin N/A kami dah cukup bisa ngejer kok, ngapain make turbo? Sombong ye....

Trus persyaratan untuk make turbo apa ya? Oli, timing ignition, bahan bakar, perpipaan, rasio kompresi, ECU, timer, etc...

Terima kasih atas infonya...
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Demonium

Post by Demonium »

baronth wrote:Tapi kalau untuk harian mungkin lebih pantes make supercharger ya...(Mercy itu yang namanya Kompressor bukan si....) karena tidak perlu putaran mesin tinggi buat ngeluarin boost maximal...
bener...di mercy namanya kompressor, buat boost max sih seperti tetep hrs putaran at least agak tinggi ya, karena sekali lagi kan menggunakan putaran mesin, makin tinggi rpm = makin tinggi juga rpm si supercharge

tapi bisa diakalin tuh
pulley supercharge nya buat lagi yg diameter nya lebih kecil...jadi misalnya tadinya ukuran nya 1:4 di banding pulley mesin ; 1 putaran mesin = 4 kali putaran puleey supercharge

nah di kecilin jadi misalnya 1:6 kan otomatis jadi lebih buanyak putaran tuh supercharge = boost nya bisa lebih gede

sekian dulu

silahkan bung baronth utk penjelasan nya
Demonium

Post by Demonium »

merk sih ga ada yg spesifik ya buat ini pake ini itu pake itu

biasanya sih kalo ga garret ihi nissan, palagi ya lupa deh....
Honda ama mitsu spt evo biasanya sih garret TD04 / 05
kalo buat Honda, abisnya Honda ga ngluarin mesin turbo, kata mereka mesin N/A kami dah cukup bisa ngejer kok, ngapain make turbo? Sombong ye.
base on fact kok kata saya sih..maklum maniak Honda
Demonium

Post by Demonium »

syarat turbo ya
maksudnya kalo N/A mau di buat turbo kali ya

mungkin gini :
pas saat turbo nembak ( nge boost) itu kompresi yg di hasilkan bisa nambahnya gila2 an oom baron

mungkin bisa naek antara 6 - 8 ( tergantung besar boost nya berapa Bar / psi ) 1 bar = 14 psi kalo ga salah, maklum dah lama ga menggauli mobil

so kira2 buat bung baron sih dah tahu donk apa y hrs di kerjain kalo nambah kompresi segede gitu ?

turunin kompresi standar nya, misalnya dari 9,5 : 1 jadi 8 : 1, bisa sih ga turun kompresi tapi maen low boost, ato di bawah 1 Bar/14 psi tadi
aman sih aman, tapi terus terang rada ngeri juga, terutama soal piston takut leleh, kebayangan aja donk tuh piston di paksa kerjanya gimana...hehehehe

tambah lagi
kalo kompresi gede atomatis pasokan bensin juga hrs buanyak dong....jadi setting ECU utk campuran bnsin juga perlu di rubah, timing juga, fuel pump juga, kalo udah agak extreme injector juga hrs di ganti ke yg lebih besar kemampuan semprotan nya misalnya 440 cc/ menit etc


oli sih lebih encer lebih bgs kali ya buat semua mobil juga, tapi ya itu jadi sering abis karena cepet nguap

perpipaan maksud nya ?

air pam ???

tahu sih ....tapi nanti ah..dah panjang capek ngetiknya

sekian bung baronth heheeheeh
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Berarti :

Supercharge itu dipake sama Mercy juga yah? Cuma kalo di Mercy namanya jadi KOMPRESOR ?

Turbocharge itu apa selalu pake Intercooler untuk mendinginkan mesinnya? Berarti KIA Carnival Turbo Diesel + Intercooler juga sudah pake Turbocharger yah?

Sorri masih awam ...
Demonium

Post by Demonium »

betul sebaiknya kalo ga pengen sering beli mesin ya pake intercoler
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

kembali lagi.. biaya nya mahal hehehe..

dasar kerja keduanya sama?
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Kebanyakan mobil Drag amerika menggunakan Supercharge. Sedangkan Australia, Eropa dan Jepang hampir semuanya mengandalkan Turbo. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Padahal kalo dilihat dari jalannya (spek mobil standar pake superchg/turbochg) di amerika lebih cocok Turbo karena panjang dan lenggang. Otomatis putaran bawah dikorbankan ndak masalah kan?
Demonium

Post by Demonium »

mungkin ya......drag amerika itu kan supercharge dah segede sapi gitu

mereka bener2 dah kejar puteran bwh atas tengah semua kali ya

terus terang SC ama turbo sih jauh enak turbo kemana2 sih yg saya pernah rasain..

ntar deh saya selidik lebih jauh kenapanya ya

tapi kalo di US yg drag mobil import ( jepang ) rata2 pake turbo kok
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Turbocharger (TC) dan Supercharger (SC) sama-sama erat hubungannya dengan penambahan tenaga. Tetapi sebenarnya ada perbedaan orinsip pada kedua peranti ini.

Untuk meningkatkan tenaga mesin .TC dan SC adalah dua system yang seringkali di pakai. Meskipun sering di sebut,tak urung muncul keracunan mengartikan keduanya .
Menurut Society of Automotive Engineers (SAE), TC berfungsi menambah tekanan dan keperekatan dari cairan – dalam hal ini campuran udara dan bensin – yang masuk ke ruang baker mesin bensin. Untuk itu digunakan kompresor yang digerakan turbin melalui pemanfaatan tenaga dan tekanan gas sisa pembakaran. Bila mengacu pada kamus bahasa otomotif, supercharger adalah sebuah kompresor yang bekerja secara mekanis, digerakan puli crankshaft dengan bantuan tali pengerak (belt driven).

Di sisi lain, ada kesamaan dalam prinsip dasar unjuk kerjanya. Turbocharger (dan Supercharger) berfungsi seperti pompa uang menambah tenaga mesin piston dengan cara memberi tekanan kebih besar pada udara tambahan ke dalam stiap silinder. TEkanan yang di hasilkan kompresor di peroleh berkat bantuan sepasang gigi nanas dengan putaran berlawanan arah. Penambahan tekanan udara tadi berhubungan langsung dengan peningkatan perbandingan kompresi. Pemasangan turbo atau super charger pada mesin standar bias meningkatkan performa hingga 50% tanpa perlu menambah kapasitasnya.

Kelebihan supercharger ialah tersedianya tenaga seketika (instant power) pada putaran mesin rendah. Sehingga tidak terjadi kesenjangan waktu antara tekanan pedal gas dan reaksi mesin seperti pada Turbocharger. Soalnya, supercharger langsung menghasilkan tekanan ketika mesin dihidupkan.

Sayangnya,selian berat bentuknya pun banyak menyita kompartemen mesin. Peranti ini juga akan terus berfungsi walaupun pengemudi tidak memerlukan tenaga tambahan sehingga pemakaian bahan baker lebih boros. Untuk mengatasi kekurangan tersebut saat ini di temukan jalan keluarnya dengan memasang kopling elektronik yang akan mengerakan supercharger pada putaran tertentu. Supercharger terbaru ini sudah di gunakan Mercedes SLK.

Dalam pengukuran kekuatan tekananya. Supercharger memilii satuan berbeda walau ada kesepakatan mengacu pada Pounds-persquare-inch (Psi), tapi di eropa umumnya ukuran tekanan supercharger memakai satuan Bar, Sementara di arena Indycar dikenal istilah iches of boost, kependekan dari Inches of mercury manifold boost pressure.

Turbocharger sendiri memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger berbentuk mirip sudut (keong). Oleh sebuah poros, kipas atau turbin di hubungkan ke kipas atau turbin dihubungkan ke kipas kompresor yang di pasang di sebelah lain dari rumah turbo charger. Beberapa kelebihan turbocharger disbanding supercharger antara lain bobotnya ringan, dimensinya kecil sehingga memudahkan penempatanya. Turbo juga tidak membutuhkan suplai bahan baker lebih banyak dalam pemakaian normal, karena hanya memanfaatkan gas buang.

Dibalik keunggulanya turbocharger pun memiliki kekurangan yang kerap dijumpai, turbo-lag. Yakni, keterlambatan reaksi karena ada jeda waktu ketika pedal gas di tekan sampai tercapainya tekanan gas buang yang cukup memutar turbin. Untuk menghindari kelemahan ini, banyak pabrikan memilih memasang dua unit turbo kecil yang tidak membutuhkan tekanan tinggi dan dapat bereaksi lebih cepat sekaligus mampu memompa udara lebih banyak sehingga meperbaiki daya akselerasi. Tapi cara tersebut tidak selalu menjadi pilihan utama. Toyota misalnya, memasang dua turbo yang berbeda kemampuanya. Sebuah turbocharger kecil berfungsi sebagai pemicu akselerasi pada putaran rendah. Lalu saat mesin mencapai putaran tinggi, Fungsi turbo kecil tadi diambil alih turbo yang lebih besar. Sistem ini dikenal dengan nama sequential turbocharger . Yang perlu menjadi perhatian suhu pelumas mesin turbo umumnya lebih tinggi sehingga pemakaian oli perlu di jaga secara teratur.

Karena itu ,dalam perkembangan fungsi dan kebutuhanya, turbo dan supercharger modern di lengkapi intercooler yang biasanya di pasang pada posisi yang berhubungan langsung dengan aliran udara dari luar di bawah bemper atau tepat di balik kap mesin. Udara yang di keluarkan dari saluran buang mesin menuju ke saluran masuk turbo atau supercharger, mempunyai suhu tinggi yang akan terus menghasilkan tenaga maksimal termperatur udara yang amat tinggi sering membuat kipas, turbin dan rumah turbo jadi membara.
Itu sebabnya udara panas tadi dialirkan lebih dahulu ke intercooler. Disini, udara panas tadi dialirkan melewati kisi-kisi intercoler yang dilapisi water jacket untuk didinginkan .

Sekarang, pilih mana dari kedua piranti ini agar sesuai dengan kebutuhan?
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Wah besok gw kalo ujian TC ma SC dapet nilai 10.

Thanx alot...Mr Takumi. Sekedar iseng aja nih kalo baut mesin 2-tak bisa nggak ya?? :lol: :lol: .....tapi saya serius tanya lho! :twisted:
Demonium

Post by Demonium »

duh ni org ngetik apa ga pegel ya....

nice nice takumi
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Lengkap kap kap banget ! Thanks Mr Takumi !
Sekarang saya ngerti perbedaannya ...

Thanks again ! =)
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

indy wrote:Wah besok gw kalo ujian TC ma SC dapet nilai 10.

Thanx alot...Mr Takumi. Sekedar iseng aja nih kalo baut mesin 2-tak bisa nggak ya?? :lol: :lol: .....tapi saya serius tanya lho! :twisted:
Baut?.. , buat kali.. huehue.. ngg gue rasa sih susah ya .. kan 2 tak masih pake oli samping.. , bisa2 abis duluan oli nya.. , bisa nya kan buat yang 4 tak.. , satu2 nya motor pabrikan yang pake turbo gue cuman baru liat tuh Suzuki Hayabusa..
anrjit kenceng nya najiz ....
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

OOT... :P

Kebayang ga Xenia harga segitu make twin sequential turbo unit? :lol:
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Demonium

Post by Demonium »

kebayang....saya kebayang nge rem nya aja
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

ya mari kita cerdaskan kehidupan bangsa dengan mengikuti terus forum seraya motor.. aminh.. :)
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

kalo supercharger ada suara ces ces nya ga kaya di turbo? hihihi :) maklum blom pernah denger suara supercharger
Demonium

Post by Demonium »

semua yg muter suaranya nge JUIT, tapi ga se kenceng turbo sih
nah yg ces ces ces ( pasti di ps ya hehehe)
itu suara blow off valve nya
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Supercharger lu kalo liat Mercy kaya Cclass 240 Kompressor gitu ato yang laen tulisan"Kompresor" gitu lu deketin ajah .. gak bakal kedengeran bunyi nya.. senyap.. hehe, btw tar Vios Ngeluarin Vios Turbo loh... sereemm buat naekin nama yang dia jadi Taksi soalnya..
Demonium

Post by Demonium »

jelek kali sc nya mercy takumi heheehe
temen gua dulu pernah pake toyota apaan gitu pake sc...bunyi tuh...apa bunyi belt yg kering ya..ehhehe

vios turbo ? di indo ?
cool
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

gimana denga wastegate?...kayaknya belum dibahas deh.........
terima kasih.......
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Wastegate kan cuman buat buang gas yang masuk kedalam turbo saat gas di lepas , karena udara yang kencang pas di gas lalu tiba2 di lepas gas ada tekanan balik.. biar gak ngerusak turbo di buang lah dengan Wastegate itu.. dan wastegate tuh posisinya jadi satu sama turbo ..