[ask] pemilihan SAE pada oli

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

[ask] pemilihan SAE pada oli

Post by desuk »

bro bro..

saya ini newbie dalam pemilihan oli bagus atau nggak, karena banyak banget produk oli yang bilang kalau produk mereka itu nomor satu dan terbaik..
tapi mungkin semua itu kembali pada SAE dari oli yang dikeluarin biar cocok ma motor kita..

yang bikin saya bingung, bagaimana cara memilih SAE yang tepat
misalnya Supra X 125, berapa SAE yang tepat, atau motor yang laen..

saya punya Shogun SP 125.. dan saya pernah nyobain berbagai macam oli.. dari ESSO, Global Petro America, Shell Advance, dan yang terakhir Shell Helix.. dengan SAE yang berbeda-beda

dan pendapat saya pribadi, saya tidak terlalu merasakan pengaruh terlalu besar pada tenaga motor.. atau mungkin saya ini newbie yang nggak tau perbedaan power motor..

mungkin bro2 sekalian yang punya Shogun SP atau motor yang lain bisa ngasi saran pada saya agar memakai oli dengan SAE berapa..

terima kasih atas pencerahannya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Kalo untuk harian saja, bukan untuk kebut-kebutan, baiknya pake SAE15-50W atau SAE20-50W aja, Bro.

SAE 10-40W diperuntukkan bagi yang sering memacu motornya dengan RPM tinggi dalam waktu yang lama.
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Post by 123stu »

efek kalo sering ngebut tapi pake SAE diatas 10-40W, apa bro?
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

SAE10-40W itu encer, jadi pelumasannya bisa lebih cepat dan merata, cocok untuk karakter mesin racing.

Kalo SAE di atas itu cenderung lebih kental, jadi kalau dipake untuk racing, pelumasannya kurang optimal, dan tarikan mesin menjadi lebih berat. Akibatnya mesin juga lebih cepat panas kalau dipacu dgn RPM tinggi terus-terusan.

Ini ada artikel ttg oli, di dalamnya terdapat bbrp referensi yang lebih mendetail lagi ttg perolian tsb.

http://saft7.com/?p=223

Tapi semuanya kembali kepada penggunanya masing-masing. Pemilihan oli spt sering dibilang sama orang-orang, itu cocok-cocokan karena gaya berkendara yang berbeda-beda. Ada yang merasa cocok pake merek A, ada juga merasa cocok memakai merek B. Jadi tergantung selera masing-masing. ;)
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Tambahan lagi, berhubung aku bukan pakar oli, hanya sebatas pengguna. Rasanya pantas bila aku bubuhkan CMIIW pada info di atas. :oops:
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

oli

Post by ibar78 »

kalo soal pemilihan oli, satu yg dilihat budget bos. kalo dana ente lebih n buat servis atau emang danany tetep setiap bulannya segitu, kalo bisa beli oli yang mudah dibeli di toko. atau mungkin kalo lebih baik punya toko langganan atau di bengkel yang menyediakan olinya. kan enak tuh, jadi ga usah ribet cari oli dulu baru servis. ya kan. one stop shoping n servis aja bro. buat oli yg ga terlalu mahal ya untuk ukuran seliter boleh deh tuh SGO, Shell, yamahalube, federal. yang penting ganti oli, filter oli n servis rutin sebulan sekali bos, dijamin mesin terawat dengan baik.
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Post by flexiblebil »

Kalau menurut saya sih milih oli nggak perlu bingung, yang utama ikutin rekomendasi pabrik. Biasanya di manual book tertulis oli yang digunakan SAE (tingkat kekentalan) berapa & grade yang mana (SF, SG, SL dst). Mestinya, pabrikan kan yang lebih ngerti, mereka jual mesin dengan teknologi apa jadi butuh oli yang mana.

Tapi seandainya kita mau make oli dengan kekentalan yang beda, lebih encer atau lebih kental ya sah2 aja, tapi resiko ditanggung sendiri.

Sekedar info, makin kecil angka SAE-nya berarti makin encer, makin gampang masuk ke celah2 kecil di dalam mesin. 10-40W berarti ketika panas kekentalannya 10, dan W (winter) berarti ketika dingin kekentalannya 40.. CMIIW juga ya.
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

TUFF Stough wrote:SAE10-40W itu encer, jadi pelumasannya bisa lebih cepat dan merata, cocok untuk karakter mesin racing.

Kalo SAE di atas itu cenderung lebih kental, jadi kalau dipake untuk racing, pelumasannya kurang optimal, dan tarikan mesin menjadi lebih berat. Akibatnya mesin juga lebih cepat panas kalau dipacu dgn RPM tinggi terus-terusan.

Ini ada artikel ttg oli, di dalamnya terdapat bbrp referensi yang lebih mendetail lagi ttg perolian tsb.

http://saft7.com/?p=223

Tapi semuanya kembali kepada penggunanya masing-masing. Pemilihan oli spt sering dibilang sama orang-orang, itu cocok-cocokan karena gaya berkendara yang berbeda-beda. Ada yang merasa cocok pake merek A, ada juga merasa cocok memakai merek B. Jadi tergantung selera masing-masing. ;)
waduh saya salah kaprah nie bro..
membaca artikel yang bro kasi udah membuka mata saya..
soalnya kemarin temen sempat nyaranin saya make Shell Helix dan Pedagangnya juga bilang bagus untuk Shogun SP saya..
dasar newbie saya sih nurut aja..
tapi setelah membaca artikel itu yang bilang oli mobil tidak boleh di kasi ke motor, saya jadi sadar.. dan langsung beli Oli yang standar JASO MA..

biar lebih cepat saya beli aja ESSO PACE
karena dulu waktu di beres sempat nanya ke mekaniknya pake ESSO PACE
akhirnya saya kembali lagi make oli pertama.

eksperimen yang berbahaya..

mohon bro bro yang lain jangan salah seperti saya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...