rush boros ya

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Ga koq... namanya juga pendapat..
Mungkin yang satunya kali yang udah hebat... Jadi pendapat orang dibilang asbun...
User avatar
satiragi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Tue May 29, 2007 7:15

Post by satiragi »

Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.

Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?

So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??


Transimisinya apa sih? MT? or AT?
grandispratama
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Fri Jun 08, 2007 7:42
Location: rawamangun, jakarta, indonesia

Post by grandispratama »

yuhi bos satiragi..setau saya mah rush versi asli 5 seater...ya dasar orang indonesia aj nyari mobil suv tp ngarep penumpang bisa banyak...

iy..vios terkenal iritnya..emng g beda jauh siy..tp bos satiragi..kan terasa yang harusnya misalkan 1:10 jd 1:8..lumayan 2 liter kalo minum pertamax bos...

kalo di bawa`ngebut ya boros..kalo g salah m/t ato a/t jaman sekarang beda tipis banget..bahkan hampir g ngaruh,,bener g?..ada yang punya info lengkap?
User avatar
satiragi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Tue May 29, 2007 7:15

Post by satiragi »

Hehheehe, maksud saya juga gitu, mestinya ngk sampe separah gitu. Masa sampe 1:8
Tebakan saya mah kalo segala2nya normal 1:10 buat dipake tol dalam kota mah bisa.

Padahal mbl 7seater juga mostly dipake 2 seater kali yah? Like mine! :-)

Temen saya yg bawa innova AT bisa 1:9 loh, mostly dalam kota :-O.
Ada yg bilang u/ mbl tertentu AT lbh irit dibanding MT.
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Kalo di SUV yg kecil...baris ke-3 memang tujuannya buat occasional use. Sekali2 kalo kakek nenek cucu dan pembantu perlu ikut, bisa diangkut. Jadi dapet gagahnya SUV, tapi kalo sekali2 perlu jadi angkot pun bisa. Kalo gak perlu ya lipet aja kursinya, cohtohnya Captiva bisa fold flat baris ketiganya...keliatannya kaya 5-seater jadinya.
Dan kemampuan sekali2 ini berguna sekali. BMW X5 generasi terbaru naik kursi juga jadi 7-seater, dan tetap tujuannya buat occasional use (masih kecil juga). Jangankan SUV kecil, MPV kecil juga begitu - sempit juga baris ke-3 nya.

Apakah salah sebuah bisnis menyesuaikan diri dengan selera pasar lokal? Kenyataannya org kita suka angkut banyak orang, tapi daya beli rata2 relatif kecil, dan SUV sedang trendy. Masa orang gak boleh keliatan gagah? gak boleh angkut banyak orang? Kalo mau angkut org mesti gaya ibu rumah tangga dgn MPVnya? TAM pinter baca pasar...kalo mau gagah dgn SUV, tapi masih ada kemampuan angkut org dgn harga terjangkau bermerek Toyota, ada Rush. Mau MPV sekelasnya, beli Avanza. Laku keras, laris manis.

Sama kaya mobil coupe 2+2, Ferrari pun ada yg 2+2 nya. Tapi kursi belakang ya most of the time buat pajangan - tapi kalo perlu angkut cewe 2 biji lagi...bisa!
ya dasar orang indonesia aj nyari mobil suv tp ngarep penumpang bisa banyak...


Memang pasar Indonesia unik, tapi bukan berarti itu sesuatu yg lebih buruk. Just different. Apa gunanya kita menjelek2kan bangsa sendiri?
Last edited by FortunerMan on Wed Aug 29, 2007 15:55, edited 1 time in total.
grandispratama
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Fri Jun 08, 2007 7:42
Location: rawamangun, jakarta, indonesia

Post by grandispratama »

iy tuw bos himmia29..itu ngitung dari mana?apa pake meteran khusus apa ngeliat jarum bahan bakar?
coz hati2..cacat produksi kan bisa terjadi..kadang literan bbm suka ngaco...makanya coba cek ke toyota langsung aja bos himmia29....

bwat bos satiragi...lum tidur niy jam segini?saya aj dah mw tdur...kayaknya emng tuk sementar (khususnya innova) lebih irit matik,,coz temen2 saya yang manual ngeluh bensia 1:8..padahal rumah ada yang bogor lewat tol speed rata2 80-90km/j...tetep aja 1:8..mana tenaga loyo lg...kata temen saya gituw..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

grandispratama wrote:iy..vios terkenal iritnya..emng g beda jauh siy..tp bos satiragi..kan terasa yang harusnya misalkan 1:10 jd 1:8..lumayan 2 liter kalo minum pertamax bos...
1:8 ke 1:10 artinya bukan ngirit 2 liter bensin bro :D dan kalo gw bilang innova tetep lebih iritan yang MT deh daripada yang AT :D
User avatar
satiragi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Tue May 29, 2007 7:15

Post by satiragi »

Bner juga. Maklum udah malem, bukan 2ltr tapi 20%.
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Post by shochu »

dari 1:8 ke 1:10 bukannya 25% tuh bedanya?
User avatar
satiragi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Tue May 29, 2007 7:15

Post by satiragi »

bner lagi, berarti tadi kepagian.
HAHAHAHAHAHA
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

satiragi wrote:Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.

Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?

So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??


Transimisinya apa sih? MT? or AT?
what the? Rush TIDAK PAKAI mesin vios.. vios pake mesin toyota 1NZ-FE.. Rush pake 3SZ-VE.. yang emang udah jelas kalah irit dari mesin vios bahkan walaupun dipasang di sedan.. Vios G M/T 1020 kg, rush S M/T 1185 kg.. Ya jelas aja orang yang sama dengan cara menyetir yang sama akan merasa pake vios lebih irit.. Vios pun gak segitu iritnya koq.. di kaki gw vios dalkot pake pertamax plus cuman bisa 1:9.. padahal ama sopir gw bisa 1:11.. Tol ama gw bisa 1:11, ama sopir gw bisa 1:18.. Gimana rush?

Bener kata oom Fortunerman.. coba selidiki dulu di website aslinya..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Anggap aja itu price for style.. :D

Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).

BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?

Sorry kalo kurang gaul... :D :D
User avatar
satiragi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Tue May 29, 2007 7:15

Post by satiragi »

Ops, salah yah, sorry
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

uch wrote:Anggap aja itu price for style.. :D

Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).

BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?

Sorry kalo kurang gaul... :D :D
Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Terios
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

datsu wrote:
satiragi wrote:Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.

Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?

So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??


Transimisinya apa sih? MT? or AT?
what the? Rush TIDAK PAKAI mesin vios.. vios pake mesin toyota 1NZ-FE.. Rush pake 3SZ-VE.. yang emang udah jelas kalah irit dari mesin vios bahkan walaupun dipasang di sedan.. Vios G M/T 1020 kg, rush S M/T 1185 kg.. Ya jelas aja orang yang sama dengan cara menyetir yang sama akan merasa pake vios lebih irit.. Vios pun gak segitu iritnya koq.. di kaki gw vios dalkot pake pertamax plus cuman bisa 1:9.. padahal ama sopir gw bisa 1:11.. Tol ama gw bisa 1:11, ama sopir gw bisa 1:18.. Gimana rush?

Bener kata oom Fortunerman.. coba selidiki dulu di website aslinya..
vios juga bodinya jauh lebih aerodinamis dari rush yang tinggi.....tentunya hambatan angin jg berpengaruh pada konsumsi bahan bakar :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

maxx wrote:
uch wrote:Anggap aja itu price for style.. :D

Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).

BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?

Sorry kalo kurang gaul... :D :D
Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Terios
kenapa gak langsung aja beli terios ya kalo pengen kursi 3 baris...wong kembar koq... :D
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

Kalo gw medingan RUSH tipe G A/T sudah ada 2 airbag. Lalu tinggal tambah kursi aja.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Risol1 wrote:
maxx wrote:
uch wrote:Anggap aja itu price for style.. :D

Kalo nggak puas jg, bisa aja ganti Avanza. Tinggal ganti ban yg lebih gede, buat ngejar ground clearance. Lg pula, kalo di mata gw lama2 Avanza lebih bagus dari Ruster. Lebih simple. Ruster pas pertama2 liat doang yg keliatan gagah. Lama2 jadi aneh.. (sorry, cuman taste doang).

BTW, Bukannya Rush = 5 Seater, Terios = 7 seataer...?

Sorry kalo kurang gaul... :D :D
Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Terios
kenapa gak langsung aja beli terios ya kalo pengen kursi 3 baris...wong kembar koq... :D
Emblem Toyota vs emblem Daihatsu .. :D :D
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

yupp.. its about emblem and aksesoris.
uch wrote:
Risol1 wrote:
maxx wrote: Rush ada option u/ tambah jok baris ke 3 spt Terios
kenapa gak langsung aja beli terios ya kalo pengen kursi 3 baris...wong kembar koq... :D
Emblem Toyota vs emblem Daihatsu .. :D :D
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Leonhearts wrote:Kalo gw medingan RUSH tipe G A/T sudah ada 2 airbag. Lalu tinggal tambah kursi aja.
Yup. Terios mana ada airbag. Hari gini masih gak pake airbag...atau 1 airbag...kasian bener istri lo gak dikasi airbag hahaha...lo doang...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: rush boros ya

Post by piterr »

imsus2c wrote:
himmia29 wrote:mau sharing aja ya, saya baru pake rush yang s man mulai awal agustus 07. Setelah isi bensin beberapa kali & sambil dihitung-hitung kok boros ya. Pemakaian sering di tol dlm kota mentoknya cuman 1:8 doang. Paling mentok 1:8.5. Sebelumnya pake suzuki sidekick 01 1600cc konsumsinya kok sama saja.Pakenya premium, kl dibanding temen pake grand vitara 2000cc a/t aja dapetnya sama lho 1:8.
Ada yang nisa sharing pengalaman pake rush.Nyesel deh, awalnya mau ambil sx4 tp berhubung di media katanya rush bisa 1:10 ternyata kagak. Tau gini mending sx4 ya lebih ngirit.
1:8 :shock: :shock: :shock: , ah yg beneer boss?
Itu mesin kan cuma 1500cc doang? Apalagi sudah injeksi plus embel2 VVT-i? Kalo dapetnya segitu kebangetan deh :roll: :roll: :roll:
Ato jgn2 dapet yg cacat produksi nech? Atau mungkin bro_himmia29 udah mdif tuh boil plus suka angkut max capacity or nyetirnya agresif? Kan itu semua juga ngaruh ke konsumsi BBM tuh?

Tapi emang sih, kayaknya si Rush ini terlalu dipaksain, mesin cuma 1500cc dipasang di SUV, biasanya penggemar SUV kan pinginnya power besar, BBM nomor 2 deh (CMIIW).


Kayaknya emang mendingan SX4, dia ga ngaku full SUV, tapi crossover alias silangan he..he.. Jadi ada excuse kalo ga senyaman sedan dan ga setangguh SUV, kan dia ada diantara keduanya.

Maaf, saya bukan pemakai keduanya but this is quite usefull sharing, thanks
gak kebangetan lah, bukannya rush emang konsumsi nya berkisar di 1:8 - 10 an, dalkot? meskipun 1500cc, tapi rush itu penggerak roda belakang. jadi koefisien gesek nya tinggi, beda ama sx4, meskipun sx4 lebih berat dibanding rush tapi dia penggerak roda depan. jadinya lebih ngirit. cuma balik baliknya sih tetep aja perilaku pengemudinya pegang peranan penting banget di masalah boros kagaknya.
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

satiragi wrote:Memang rush lbh cocok dibikin 5 seater.
Kl ngk salah versi asli-nya memng 5 seater kan?
Tp gara2 u/ disesuaikan ke selera nusantara yah ditambahin baris ke-3.
CRV gen 2, akhirnya balik lagi ke versi asal 5 seater. They should learned!!!! :-)
Back 2 the point, the issue kan rush dibawa kebanyakan di tol dalam kota
(yg biasa juga macet tp jarang paaaarrrraaaaahhhh bgt) konsumsi 1:8.

Padahal mesin yg dipake sama vios sama. & vios terkenal sama iritnya. Mau beda juga ngk parah sampe 1:8 kali, tul ngk?

So: driving style? spbu ngaco? kondisi mesin??


Transimisinya apa sih? MT? or AT?
Rush dan Vios mesinnya beda. yang mirip, ini "mirip" lho ya, cuma kapasitas mesinnya aja. sama sama 1500cc
nah kalo mesinnya rush dan avanza yg 1.5 memang sama plek. sama-sama bikinan daihatsu.

Vios----> 1nz-fe
Rush----> 3sz-ve
seperti yg bro datsu bilang.
dari kode mesinnya ada udah beda, udah pasti jeroannya beda, dan pastinya outputnya juga pasti beda.

kalo menurut gw, TAM terlalu maksa ngeluarin produk dari daihatsu. udah harga jual lebih mahal (toyota gitu lho), tapi QC kurang. menurut saya Rush, avanza kaga mencerminkan toyota sama sekali.

cobain d bedanya, yg udah pernah bawa mobil toyota yg bener2 dibuat sama toyota (eg. corolla). sama yg di rebadge dari daihatsu. beda jauh bgt qualitynya.
TAM terlalu pede sama nama besarnya.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: rush boros ya

Post by imsus2c »

@boss piterr
iya deh boss...mungkin emang ga kebangetan :D :D peace!
Soalnya saya ngebandingin sama penegeluaran saya ngasih minum santi saya sebagai sesama SUV (2400cc, thn 2001, dan kayaknya belum pake teknologi vvt ato vvti ato cvvt ato apalah...), dapetnya 1:6 ~ 1:7.5 pake premium (pake dalkot plus tol dikit; porong-sidoarjo-surabaya, dulu sih sampe exit gempol).
Makanya saya agak bingung tuh :roll: , kan mesin hampir separuhnya (1500cc vs. 2400cc), sama - sama SUV tp dgn teknologi rush yg lebih modern (vvt-i :e-dance: kan teknologi ini katanya supaya efisien BBM, eh..maksudnya efisien itu berarti irit ga sih? CMIIW, kok rasanya agak2 menyesatkan gitu), dan dari testi bro himmia29 diawal thread; dapetnya ga beda - beda jauh. Itu aja sih...
Kijang Kapsul milik kantor (2000 cc EFI, tahun 2000) aja 1:7 - 1:8an, padahal yg namanya mobil kantor kan yg naik rame-rame (pemakaian dalkot surabaya) dan sama-sama rwd meskipun bukan kasta SUV.

Tapi emang karakter pengemudi cukup berpengaruh terhadap konsumsi BBM, yg ini saya setuju sekali...

@bro himmia29, gimana nech? udah join di http://forum.teruci.org ?
Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24

Post by Blazy DK »

shochu wrote:dari 1:8 ke 1:10 bukannya 25% tuh bedanya?
1:8 ke 1:10= 20% bedanya 8)
shochu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10

Post by shochu »

( 10-8 ) / 8 = 25%
Last edited by shochu on Fri Aug 31, 2007 1:50, edited 1 time in total.